Hits Banget

Setelah Dilarang Sekian Lama, Akhirnya Raja Salman Mengizinkan Wanita Mengemudi di Arab Saudi

images : http://www.buletinislami.com

Kabar gembira tengah menyelemuti kaum hawa di negeri petro dollar Arab Saudi. Setelah sekian lama, akhirnya pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan izin bagi kaum hawa untuk bisa mengemudikan kendaraan sendiri. Arab  saudi merupakan satu-satunya negara di dunia yang memberlakukan larangan tersebut.

Larangan mengemudi ini merupakan pengaruh dari pendapat kalangan ulama Wahabi yang memiliki kekuasaan cukup besar di struktur pemerintahan Arab Saudi. Perempuan dianggap sebagai kaum yang lemah sehingga membutuhkan perlindungan saat keluar rumah. Karena itulah mereka dilarang bepergian sendiri, yang berpotensi menjadi korban pelecehan seksual dan berbagai tindak kriminal lainnya.

Hal itu sebetulnya telah menimbulkan banyak kecaman dari dunia internasional. Para aktivis perempuan menganggap adanya larangan mengemudi merupakan suatu wujud pelanggaran HAM. Namun dalam beberapa tahun terakhir gerakan untuk memprotes larangan tersebut semakin besar. Hingga akhirnya, Raja Salman membuat kebijakan untuk mencabut larangan tersebut.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud telah mengeluarkan sebuah keputusan yang mengizinkan penerbitan lisensi mengemudi bagi wanita di kerajaan Arab Saudi.” Itulah potongan berita dari televisi Pemerintah Arab Saudi yang memberitakan kabar gembira itu.

Selain karena dianggap memicu tindak kriminal terhadap perempuan, larangan mengemudi ini juga disebabkan karena dengan mengemudi sendiri dikhawatirkan bisa merusak sel telur dari perempuan.  Sehingga bisa menghambat proses regenerasi di Arab Saudi. Kebanyakan ulama konservatif sangat mendukung larangan itu.

Karena banyaknya gelombang protes sempat mengakibatkan beberapa aktivis dipenjara. Namun dengan keluarnya keputusan Raja Salman itu, perjuangan para aktivis perempuan selama bertahun-tahun bisa dibilang tidak sia-sia dan sukses.

Namun sebelum perempuan benar-benar mendapatkan surat izin mengemudi, pemerintah Arab Saudi akan mempersiapkan segala infrastruktur dan fasilitas untuk para pengemudi baru tersebut. Rencananya izin mengemudi tersebut akan mulai berlaku pada bulan Juni 2018. Wah, selamat yaa kaum perempuan di Saudi Arabia. Kini kalian bisa merasakan sensasi berada di kockpit mobil ataupun menjadi  seorang riders.

Comments

comments