Hiburan, Hits Banget, Musik

Kenalin nih NDX a.k.a FAMILIA, grup Hip Hop Dangdut Ternama dari Kota Jogja

images : gp1.wac.edgecastcdn.net

Buat kamu yang sedang patah hati dan sedikit mengerti bahasa jawa, ada baiknya kalau kamu cepat-cepat  mengunduh lalu mendengarkan lagu-lagunya NDX a.k.a Familia. Dijamin, patah hati yang kamu tangisi akan segera hilang dan berganti menjadi “patah hati yang dijogeti”.

Yah, mungkin kamu masih asing dengan nama NDX a.k.a Familia. Apalagi aliran musik grup asal Imogiri Jogja ini adalah hip hop yang dipadukan dengan dangdut. Sebuah penggabungan musik yang bertujuan agar hip hop bisa diterima kalangan bawah yang kebanyakan adalah penggemar dangdut.  Grup musik yang dimotori oleh Yonanda Frisna Damara dan Fajar Ari ini mungkin belum  se-terkenal band-band papan atas dari Jogja seperti Shaggydog, Endank Soekamti, ataupun Sheila on 7. Namun jangan salah, penggemarnya sudah mencapai angka puluhan bahkan ratusan ribu.

Arti sebuah nama

Mungkin kamu bertanya-tanya, NDX itu artinya apa sih? NDX adalah kepanjangan dari Nanda Extreme.  Extreme disini adalah mencampurkan genre musik hip hop dengan dangdut sehingga bisa dibilang merupakan suatu hal yang extreme. Sedangkan a.k.a adalah as known as. Familia sendiri merupakan kelompok penggemar NDX.

Mengingat NDX menganggap bahwa fans adalah bagian dari keluarga, maka mereka pun menambahkan nama Familia dibelakang NDX sehingga nama grup musik tersebut menjadi NDX a.k.a Familia. Selain Familia, para penggemar NDX dari kaum hawa juga biasa disebut dengan sebutan Lady Fam.

Berawal dari kuli bangunan

Melihat kesuksesan NDX a.k.a Familia saat ini, jelas tidak terbayang kalau dulu Nanda dan Fajar adalah seorang kuli bangunan. Justru dari hasil menjadi kuli bangunan itulah mereka mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk kemudian memulai rekaman disetiap akhir pekannya. Mereka mengambil waktu akhir pekan karena pada saat akhir pekan itulah mereka mendapatkan bayaran sebagai kuli bangunan.

Kehidupan sebagai kuli bangunan dan menjadi orang yang tidak mampu bukannya membuat Nanda patah semangat. Justru kehidupan yang keras malah menjadi inspirasinya dalam menulis lagu. Apalagi kisah percintaannya. Lagu Ditinggal Rabi dan Kesandung Masa Lalu adalah contohnya. Oleh NDX lagu patah hati yang biasanya sedih dan membuat kita menangis justru layak untuk dibuat berjoget ria sambil mengungkapkan keluh kesah di hati.

Dari puluhan ribu hingga puluhan juta

Dengan jumlah penggemar yang mencapai ratusan ribu berapakah tarif NDX a.k.a Familia sekali manggung? Untuk tarif luar kota berada diantara angka 40 sampai 60 juta sekali manggung. Sedangkan untuk sekitar Jogja berkisar antara 30 jutaan. Padahal saat pertama kali manggung di TVRI Jogja tahun 2014 lalu, mereka hanya dibayar 75 ribu. Itupun memakai uang receh.

images : i.ytimg.com

Kisah inspiratifnya ini sampai membuat NDX a.k.a Familia diundang di acara Kick Andy yang tayang di Metro TV. Sebuah acara yang memang mengundang orang-orang yang mampu memberikan kisah inspiratifnya untuk dibagi. Yang terbaru tentu saja NDX a.k.a turut memeriahkan Prambanan Jazz Festival. Sebuah festival musik yang menghadirkan grup musik serta penyanyi papan atas baik nasional maupun internasional. Bagi NDX a.k.a Familia, diundang untuk mengisi acara itu merupakan suatu kehormatan. Sebab kapan lagi musik dangdut bisa satu panggung dengan musik jazz.

Hingga saat ini, NDX a.k.a Familia telah merekam setidak 46 lagu. 36 lagu diantaranya merupakan ciptaan mereka sendiri. Sedangkan 10 sisanya merupakan versi cover dari lagu-lagu musisi lain seperti Nike Ardila ataupun Dedi Dores. Lagu-lagunya itu mereka unggah di Reverbnation. Tujuannya jelas agar musik karya mereka bisa diunduh secara gratis oleh siapa saja yang menginginkannya.

Sampai sejauh ini, NDX a.k.a Familia telah menciptakan warna baru dalam dunia musik di negeri ini.  Mereka pun berharap suatu saat nanti bisa seperti Jogja Hip Hop Foundation dan Endank Soekamti, dua grup musik idola Nanda dan Fajar.

Comments

comments