Hits Banget, Inspirasi

Suka Fotografi ? Food Photographer Adalah Salah Satu Bisnis Yang Menggiurkan Lho !

Kuliner dan fotografi. Dua hal yang tidak bisa dipisahkan, seperti halnya motor dan helm, HP dan charger,  serta hujan dan kenangan. Belakangan bisnis kuliner semakin banyak diminati karena merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan jika dijalankan secara serius. Serius disini artinya telaten, selalu berinovasi dan yang tak kalah penting adalah strategi pemasaran. Apalah artinya jika sebuah tempat kuliner dengan menu yang lezat serta pelayanan yang ramah namun tak banyak orang yang tau ? Percuma kan ?

Nah salah satu faktor penting yang tidak boleh terlewat dalam membangun bisnis kuliner adalah marketing/ pemasaran. Sekarang ini pemasaran sebuah bisnis kuliner sudah dimudahkan oleh adanya sosial media. Kita pasti akan tertarik ketika melihat pemandangan sebuah kue dengan topping coklat yang sampe tumpeh-tumpeh bukan ? Nah disinilah peran penting seorang Food Photographer (Fotografi Makanan).

Profesi yang terdengar awam ini memang masih langka, namun beberapa owner restoran/ cafe yang ingin serius dalam mengelola bisnisnya tak jarang menggunakan jasa Food Photographer dalam mempromosikan bisnisnya.

Jadi, apa kamu hobi fotografi ? suka memotret makanan sesaat setelah pesanan datang ? Tak ada salahnya lho mencoba profesi ini !

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam Food Photography ?

  1. Menonjolkan sisi kelezatan makanan

Karena ini bisnis kuliner, jadi faktor yang paling penting dalam pengambilan gambar adalah menonjolkan sisi kelezatan. Siapa yang tidak tertarik dengan foto sebuah burger dengan mayonaise yang ndledek ditengahnya ?

burger via jeffreyamcdonald.com
  1. Gunakan background yang kontras dengan makanan

Background yang kontras akan lebih menonjolkan kelezatan makanan, karena fokus kita akan langsung tertuju ke makanan. Selain itu pemilihan background foto hendaknya tidak terlalu ramai agar penglihatan tidak terpecah kemana-mana.

dessert via digitalphotomentor.com
  1. Pencahayaan yang tepat

Tips untuk memotret makanan adalah tidak menggunakan flash dalam pengambilan gambar karena akan menghilangkan kesan alami pada makanan tersebut. Selain itu pencahayaan dengan dibantu tripod dan beberapa komponen lightning lainnya juga sangat membantu. Dalam hal ini, kalau bisa jangan cuma sendirian ya !

pencahayaan via lenstoweb.com
  1. Angle (sudut pandang) yang menarik

Jangan melulu memotret makanan dari atas saja, namun cobalah bereksperimen dengan angle (sudut pandang) yang berbeda. Niscaya nanti hasilnya pun akan menimbulkan rasa penasaran bagi yang melihat.

cookies via stephenconroy.com
  1. Menggunakan peralatan alami di dapur

Cobalah menggunakan peralatan yang ada di dapur saat memotret, di atas talenan misalnya. Atau bisa juga diprotret ketika sedang proses memasak, misalnya ketika menuangkan tepung, menaburkan gula halus, dll.

salmon grill via vividsnaps.com
  1. Bukan kameranya, namun kreativitas kita yang paling berperan

Mau kamera kamu secanggih apapun, jika ide-idemu kurang brilliant maka hasilnya pun akan sama saja. Maka rajin-rajinlah mencari ide pemotretan.

Bagaimana prospek ke depan bisnis ini ?

Karena kuliner dan fotografi tidak bisa dipisahkan, jadi otomatis prospek bisnis ini akan tetap eksis. Apalagi sekarang dimana-mana sudah menjamur tempat kuliner dengan berbagai konsep uniknya. Jadi, apakah kamu berminat mencoba profesi ini ?

Comments

comments