Connect with us

Hits Banget

Suka Fotografi ? Food Photographer Adalah Salah Satu Bisnis Yang Menggiurkan Lho !

Published

on

Kuliner dan fotografi. Dua hal yang tidak bisa dipisahkan, seperti halnya motor dan helm, HP dan charger,  serta hujan dan kenangan. Belakangan bisnis kuliner semakin banyak diminati karena merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan jika dijalankan secara serius. Serius disini artinya telaten, selalu berinovasi dan yang tak kalah penting adalah strategi pemasaran. Apalah artinya jika sebuah tempat kuliner dengan menu yang lezat serta pelayanan yang ramah namun tak banyak orang yang tau ? Percuma kan ?

Nah salah satu faktor penting yang tidak boleh terlewat dalam membangun bisnis kuliner adalah marketing/ pemasaran. Sekarang ini pemasaran sebuah bisnis kuliner sudah dimudahkan oleh adanya sosial media. Kita pasti akan tertarik ketika melihat pemandangan sebuah kue dengan topping coklat yang sampe tumpeh-tumpeh bukan ? Nah disinilah peran penting seorang Food Photographer (Fotografi Makanan).

Profesi yang terdengar awam ini memang masih langka, namun beberapa owner restoran/ cafe yang ingin serius dalam mengelola bisnisnya tak jarang menggunakan jasa Food Photographer dalam mempromosikan bisnisnya.

Jadi, apa kamu hobi fotografi ? suka memotret makanan sesaat setelah pesanan datang ? Tak ada salahnya lho mencoba profesi ini !

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam Food Photography ?

  1. Menonjolkan sisi kelezatan makanan

Karena ini bisnis kuliner, jadi faktor yang paling penting dalam pengambilan gambar adalah menonjolkan sisi kelezatan. Siapa yang tidak tertarik dengan foto sebuah burger dengan mayonaise yang ndledek ditengahnya ?

burger via jeffreyamcdonald.com

  1. Gunakan background yang kontras dengan makanan

Background yang kontras akan lebih menonjolkan kelezatan makanan, karena fokus kita akan langsung tertuju ke makanan. Selain itu pemilihan background foto hendaknya tidak terlalu ramai agar penglihatan tidak terpecah kemana-mana.

dessert via digitalphotomentor.com

  1. Pencahayaan yang tepat

Tips untuk memotret makanan adalah tidak menggunakan flash dalam pengambilan gambar karena akan menghilangkan kesan alami pada makanan tersebut. Selain itu pencahayaan dengan dibantu tripod dan beberapa komponen lightning lainnya juga sangat membantu. Dalam hal ini, kalau bisa jangan cuma sendirian ya !

pencahayaan via lenstoweb.com

  1. Angle (sudut pandang) yang menarik

Jangan melulu memotret makanan dari atas saja, namun cobalah bereksperimen dengan angle (sudut pandang) yang berbeda. Niscaya nanti hasilnya pun akan menimbulkan rasa penasaran bagi yang melihat.

cookies via stephenconroy.com

  1. Menggunakan peralatan alami di dapur

Cobalah menggunakan peralatan yang ada di dapur saat memotret, di atas talenan misalnya. Atau bisa juga diprotret ketika sedang proses memasak, misalnya ketika menuangkan tepung, menaburkan gula halus, dll.

salmon grill via vividsnaps.com

  1. Bukan kameranya, namun kreativitas kita yang paling berperan

Mau kamera kamu secanggih apapun, jika ide-idemu kurang brilliant maka hasilnya pun akan sama saja. Maka rajin-rajinlah mencari ide pemotretan.

Bagaimana prospek ke depan bisnis ini ?

Karena kuliner dan fotografi tidak bisa dipisahkan, jadi otomatis prospek bisnis ini akan tetap eksis. Apalagi sekarang dimana-mana sudah menjamur tempat kuliner dengan berbagai konsep uniknya. Jadi, apakah kamu berminat mencoba profesi ini ?

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Gubernur Ridwan Kamil Merilis 3 Aplikasi Penunjang Pariwisata di Jawa Barat

Published

on

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lagi-lagi mengembangkan berbagai inovasi canggih dalam rangka memajukan pariwisata Jawa Barat. Kali ini Ridwan Kamil meluncurkan tiga aplikasi digital untuk menunjang pariwisata di tanah sunda.

Tiga aplikasi digital tersebut adalah sebagai berikut

  1. Gurilaps

    img: gurilaps.com

    Gurilaps adalah inovasi Pemprov Jabar via BUMD Jaswita yang dapat digunakan wisatawan untuk membooking paket wisata petualangan/ adventure di gunung, udara, rimba, laut, pantai dan sungai, yang sudah dikurasi dan terpercaya.

    Tanpa harus antri beli tiket kamu sudah bisa memilah dan memilih paket wisata mana yang akan kamu kunjungi lengkap dengan fasilitas dan daftar harganya. Gurilaps bisa diunduh secara gratis di play store dan kalau pengen lihat-lihat dulu bisa ke situsnya di https://www.gurilaps.com/

  2. Smartfishing

    img: global sources

    Smartfishing merupakan karya karya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat. Aplikasi ini khusus untuk orang yang suka dengan kegiatan memancing. Dengan menggunakan teknologi satelit, para nelayan dapat mencari ikan melalui aplikasi android. Aplikasi ini mempunyai daya pindai panas yang bisa membantu mencari lokasi ikan di lautan. Jadi nantinya nelayan akan makin canggih karena dia bisa pergi tanpa mengira-ngira (posisi) ikan.

    Wih, keren ya!

  3. Situs Wonderfulwestjava.com

Sementara itu situs Wonderfulwestjava.com dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Lewat situs ini diharapkan mempermudah aktivitas wisata masyarakat dan wisatawan di Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa pengembangan berbagai inovasi canggih ini menjadi bagian dari program kerja 100 hari Gubernur Jawa Barat 2018-2023. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini memiliki ambisi untuk menjadikan parisiwata sebagai lokomotif pembangunan provinsi Jawa Barat.

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Mengintip Monumen Kapsul Waktu yang Telah Diresmikan Oleh Presiden Jokowi

Published

on

Monumen Kapsul Waktu telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Jum’at (16/112018) di Merauke, Papua. Sekilas bentuknya mirip dengan logo Avengers, maka tak jarang orang menyebutnya sebagai “Markas Avengers”.

Lalu, apa itu Monumen Kapsul Waktu ? 

Monumen Kapsul Waktu merupakan bangunan tugu di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan pintu yang mewakili suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu, sebagai penjaga tugu. Di dalam monumen terdapat relief mengenai perjalanan RI, Pancasila, serta kebudayaan Papua. Sementara 1,5 hektare arealnya dijadikan alun-alun. Monumen Kapsul waktu memiliki lebar 17 meter, tinggi delapan meter dan panjang 15 meter dan terletak di dekat Bandara Mopah Merauke, Papua.

Berikut penampakan Monumen Kapsul Waktu

img: liputan6

Apa fungsi Monumen Ini ?

Berawal dari Ekspedisi Kapsul Waktu pada 2015 silam, anak-anak Indonesia melakukan pejalanan sejauh 24.089 kilometer dari Sabang hingga Merauke. Ekspedisi yang digelar di 43 kota di 34 provinsi tersebut menyimpan impian anak-anak Indonesia di 34 provinsi yang disimpan dalam sebuah kapsul.

View this post on Instagram

Nun di ujung timur Indonesia, tersimpan tujuh mimpi besar anak-anak Indonesia dalam kapsul-kapsul yang ditanam di Monumen Kapsul Waktu. Lokasinya di Merauke, Papua, tak jauh dari Bandara Mopah yang dapat dilihat saat pesawat mendarat. Saya meresmikan Monumen Kapsul Waktu itu, pagi ini, bersama anak-anak Merauke yang meletakkan kapsul-kapsul itu ke dalam cangkang di puncak monumen. Tujuh mimpi anak-anak muda Indonesia 2015-2085 itu dikumpulkan selama Ekspedisi Kapsul Waktu sejak 22 September 2015. Ekspedisi ini digelar di 43 kota di 34 provinsi sejauh 24.089 kilometer dari Sabang sampai Merauke. Di setiap provinsi, anak-anak muda menuliskan keinginannya dalam 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan permanen di monumen, sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita. Monumen Kapsul Waktu sendiri berupa bangunan tugu di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan pintu yang mewakili suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu, sebagai penjaga tugu. Di dalam monumen terdapat relief mengenai perjalanan RI, Pancasila, serta kebudayaan Papua. Sementara 1,5 hektare arealnya jadi alun-alun. Dari ketinggian, bentuknya seperti logo raksasa Avengers. Monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah. Selain menjadi ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke, Monumen Kapsul Waktu mudah-mudahan bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Di setiap provinsi, anak-anak muda menuliskan keinginannya dalam 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan permanen di monumen, sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh para penerus bangsa.

Dan berikut tujuh mimpi yang dituliskan anak-anak muda dalam kapsul waktu, yaitu:

1. SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
3. Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi.
5. Membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
6. Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia-Pasifik.
7. Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Nah, tujuh kapsul mimpi tersebut kini telah diletakkan di dalam cangkang di puncak monumen oleh Presiden Jokowi bersama anak-anak Merauke. Adapun ide pembangunan monumen untuk menyimpan kapsul waktu ini berasal dari Presiden Jokowi pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia tahun 2015 silam.

Karena dilihat dari ketinggian bentuknya mirip logo Avengers, Jokowi berharap monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah.

Selain menjadi ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke, harapannya Monumen Kapsul Waktu bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Begini Penampakan Kartu Nikah yang Begitu Simpel dan Praktis

Published

on

Kementerian Agama Republik Indonesia dalam waktu dekat akan segera meluncurkan kartu nikah sebagai pendamping buku nikah. Kartu nikah bagi warga yang baru menikah rencananya akan diterbitkan pada akhir November mendatang. Sedangkan untuk masyarakat yang telah menikah diharapkan mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan kartu nikah tanpa mencabut buku nikah yang telah dimiliki. Inovasi ini tentu adalah kabar yang menggembirakan melihat selama ini buku nikah yang merupakan dokumen bukti telah menikah kurang praktis untuk bisa dibawa kemana-mana.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fakta tentang kartu nikah yang akan segera diterbitkan

  1. Kini pasangan yang telah menikah tak hanya mendapatkan buku nikah namun juga kartu nikah yang berukuran sama dengan KTP atau kartu ATM

    img: sulawesita.com

  2. Dengan diluncurkannya kartu nikah, maka pasangan suami istri tak perlu repot-repot lagi membawa buku nikah ketika akan bepergian atau menginap di hotel

    img: bitcoin news

  3. Data-data didalamnya pun juga lengkap, yakni mencakup nama pasangan nikah, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, NIK, tanggal, dan tempat akad nikah

    img: fajar indonesia network

  4. Selain itu di Kartu Nikah juga terdapat kode QR, dimana jika discan menggunakan alat scanner akan terbaca data-data suami istri yang langsung terhubung ke Web SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah)
  5. Untuk masalah keamanan, kartu nikah didesain dengan fitur pengaman yang canggih sehingga tidak dapat dipalsukan

Bagaimana, canggih bukan ? Semoga yang belum menikah segera menika ya, biar bisa tau rasanya punya akrtu nikah, hehe.

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.