Connect with us

Inspirasi

Parade 9 Potret Riasan Pernikahan Adat Sunda dengan Menggunakan Siger. Kecantikan Jadi Meningkat 100%

Published

on

Indonesia dikenal dengan berbagai macam budaya serta tentunya pakaian adatnya. Banyaknya suku serta pulau yang tersebar ternyata juga berpengaruh terhadap banyaknya busana pernikahan yang memiliki ciri khas pada tiap-tiap daerah. Sunda, yang terkenal dengan mojangnya yang geulis, juga punya ciri tersendiri pada baju pengantin, khususnya bagi sang mempelai wanitanya.

Siger menjadi daya tarik bagi si wanita dalam berbusana pengantin. Mahkota ala Sunda ini memang tak bisa dimungkiri bahwa membuat kecantikan sang pengantin naik 100%. Ternyata, tak sekadar penampilan saja, Siger juga punya makna khusus. Siger merupakan mahkota berbahan dasar logam dengan berat sekitar 1.5 hingga 2 kg. Siger di kepala pengantin wanita bermakna harapan terhadap rasa hormat, kearifan dan kebijaksanaan dalam suatu pernikahan.  Di belakang sanggul, dipasang enam buah hiasan kembang tanjung yang memiliki makna kesetiaan sang istri terhadap sang suami yang juga menjadi imamnya.

Untukmu yang sedang mencari inspirasi tentang busana pengantin ber-Siger, berikut hitsbanget telah merangkumnya.

1. Pada dasarnya Siger merupakan mahkota yang dikenakan dengan padanan rambut yang disanggul serta ‘dibungkus’ rangkaian kembang tanjung

img: https://id.pinterest.com/

2. Berhijab bukan halangan untuk tetap mengenakan Siger. Seperti ini contohnya

img: https://id.pinterest.com/

3. Model Siger pun bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah adanya manik-manik yang didesain menggantung pada bagian depan

https://www.instagram.com/makeupbylaode/

4. Tak melulu perak, Siger juga terdapat dalam warna emas agar sesuai dengan busana yang dikenakan

img: thebridedept.com

5. Atau, sah-sah saja mengenakan kebaya dengan corak warna berbeda. Siger memang pas dipadankan dengan hampir semua warna

img: https://twitter.com/familyrans_fc

6. Setuju nggak kalau dengan Siger, kecantikan sang pengantin bertambah 100%?

img: http://www.bintang.com

7. Tak harus bertema tradisional, Siger juga bisa dimodifikasi dengan balutan pernikahan konsep modern

img: http://thebridedept.com

8. Jika berhijab, pastikan warna hijab yang dikenakan senada dengan Siger yang akan dipakai ya. Semuanya demi penampilan yang sempurna

img: https://id.pinterest.com/

9. Siger dan riasan pernikahan yang manglingi tentunya akan membuat mas suami makin kesengsem

img: https://id.pinterest.com/

Bagaimana, jadi bikin kebelet nikah nggak?

Komentar

Inspirasi

Mengenal Lima Tipe Parfum Berdasar Tingkat Konsentrasinya

Published

on

Kamu tentu pernah mengalami ketika aroma parfum yang kamu pakai tidak tahan bertahan lama. Hal tersebut dikarenakan kandungan konsentrasi parfum asli didalamnya sangatlah sedikit. Dan dilansir dari laman Fragrance Advisor, ternyata ada lima tipe parfum berdasar tingkat konsentrasinya. Berikut urutan parfum dari konsentrasi paling rendah hingga paling tinggi. Ada eau fraiche, eau de cologne, eau de toilette, eau de perfume dan perfume. Apa perbedaan diantara lima tipe tersebut?

img: southernliving.com

  1. Eau de fraiche memiliki konsentrasi 1-3 persen
  2. Eau de cologne 2-4 persen
  3. Eau de toilette 5-15 persen
  4. Eau de parfum 15-20 persen
  5. Dan tertinggi ada perfume dengan tingkat konsentrasi 20-30 persen

img: menjistile.com

Lantas, apa ada korelasi antara tingkat konsentrasi dengan daya tahan aroma parfum? Tentu saja semakin rendah tingkat konsentrasi, semakin cepat menguap aromanya. Begitu pula sebaliknya, semakin tinggi tingkat konsentrasi, semakin tahan lama wangi parfum tersebut.

Untuk eau de fraiche biasanya tahan satu jam saja. Sementara, eau de cologne bisa bertahan hingga 2 jam, eau de toilette bertahan antara 2-3 jam dan eau de perfume sanggup bertahan lebih lama, yakni 4-6 jam.

Paling lama adalah perfume, yang bisa tahan hingga 8 jam lho! Dan semakin tinggi tingkat konsentrasi parfum, tentunya berbanding lurus dengan harganya yang semakin mahal pula.

Lantas, parfume punyamu yang tipe mana nih ?

Komentar
Continue Reading

Inspirasi

Cara Elegan Menolak Ajakan Bukber Saat Ramadan

Published

on

By

Salah satu adat tradisi saat ramadan yang tak boleh terlewatkan adalah bukber alias buka bersama. Undangan untuk buka bersama ini ada banyak macamnya, biasanya sih berbau reuni. Mulai dari bukber alumni TK ABA, bukber alumni SD Inpres, bukber alumni SMP satu atap, bukber alumni SMA Maju Jaya sampai bukber alumni kos murah belakang kampus.

Walaupun menyajikan nuansa nostalgia, tapi tak semua orang senang dengan adanya undangan bukber itu. Banyak hal yang bisa dijadikan alasan seperti ketemu mantan ataupun kantong sedang pas-pasan.

Buat kamu yang sedang kebingungan mencari alasan untuk menolak ajakan bukber, ijinkan kami untuk memberi sedikit solusinya.

  1. Katakan saja sedang kejar setoran

images: idntimes.com

Ini adalah alasan paling klasik tapi sangat masuk akal. Kebutuhan untuk merayakan hari raya idul fitri tentu lebih berharga daripada sebuah undangan buka bersama. Kamu bisa bilang sedang sibuk banget di tanggal itu untuk kejar setoran demi kantong yang aman saat lebaran. Niscaya teman-temanmu akan memahaminya.

2. Bilang kalau di tanggal itu kamu sudah ada jadwal bukber lain

images: indonesiainside.id

Sebagai manusia biasa kamu tentu tak bisa membelah diri layaknya amoeba. Oleh karena itu kamu tinggal bilang saja kalau sudah ada jadwal bukber lain yang terlanjur sudah disepakati. Kecil kemungkinan teman-temanmu akan mengganti jadwal bukbernya demi menyesuaikan jadwalmu. Kecuali kamu orang penting seperti bupati atau walikota.

3. Kamu tidak libur di tanggal yang ditentukan

images: inatimes.co.id

Pekerjaan tetaplah nomer satu, sebab pekerjaanlah yang akan memberimu THR, bukan buka bersama. Jadi kamu katakan saja kalau kamu tidak libur saat hari-H. Teman-temanmu mungkin bisa memahaminya.

4. Gak boleh orang tua

images: http://cdn3.tstatic.net

Alasan ini bisa kamu pakai untuk kamu yang berusia kurang dari 17 tahun. Restu orang tua sangatlah penting dalam melakukan apapun. Jadi dengan beralasan tidak mendapat izin orang tua, teman-temanmu pasti akan mengerti. Paling juga kamu dicap anak mami. Tapi abaikan saja, sebab sebaik-baik seorang anak adalah ia yang taat dan patuh kepada orang tuanya.

5. Fokus belajar

images: www.tipspengembangandiri.com

Puasa tahun ini bertepatan dengan momen ujian semester di beberapa sekolah. Jadi kamu bisa memakai alasan ingin fokus belajar. Klasik sih, tapi dipadukan dengan alasan nomer 4 diatas akan menjadi suatu alasan ampuh untuk menolak ajakan bukber. Jangankan cuma buat menolak ajakan bukber, fokus belajar juga bisa digunakan buat memutus pacar!

Jika setelah menolak ajakan bukber dengan 5 alasan diatas kamu terus dihujat ataupun dibully, terima saja. Yang penting kamu sudah punya alasan untuk menghindari ajakan buka bersama yang kamu tidak suka itu. Cuma alasan di atas sebaiknya jangan digunakan untuk menghindar saat ada ajakan buka bersama di panti asuhan, bisa kehilangan pahala nanti.

Komentar
Continue Reading

Desain Rumah

Mengintip Keindahan Masjid Hamidiye Camii, Desainnya Bernuansa Alam

Published

on

Sekilas tak ada yang menarik dari dasain Masjid dibawah ini. Seperti layaknya masjid timur tengah pada umumnya, masjid ini didesain dengan ukiran dan arsitektur khas timur tengah, lengkap dengan menara dan kubah besar.

img: hiveminer.com

Namun, siapa sangka jika kamu masuk ke dalamnya akan dibuat takjub dan terheran-heran dengan Masjid Hamidiye Camii yang berada di Turki ini.

Ya, Masjid Hamidiye Camii memang sedang menjadi perbincangan warganet lantaran desainnya yang unik dan indah. Desain masjid ini mengusung nuansa alam yang didominasi warna hijau dan biru muda. Kemudian, di bagian kiblatnya juga terdapat lukisan air terjun. Lukisan pepohonan dan langit biru yang menghiasi seluruh bagian ruangan juga membuat masjid tersebut tampak makin cantik. Dan yang tak kalah menarik adalah sajadah di masjid itu juga sengaja dibentuk menyerupai sebuah padang rumput hijau.

Masjid ini sendiri dibangun pada tahun 1910 oleh Amir Al Mu’minin Sultan Abdulhamid II Khan. Desain interior ini diketahui terinspirasi dari surat Al Baqarah ayat 22.

Isi surat tersebut yaitu, “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”

Dan berikut berbagai potret keindahan Masjid Hamidiye Camii di Turki

  1. Nuansa pohon cemara dan karpet sajadah yang disesain menyerupai rumput benar-benar sangat menyejukkan mata!

    img: https://ilmfeed.com

     

  2. Di tempat imam sholat, terdapat lukisan air terjun yang tampak begitu nyata.

    img: backpackerzmag.com

     

  3. Padahal di dalam Masjid, namun serasa lagi piknik di alam terbuka. So beautiful !

    img: http://cdn2.tstatic.net

     

  4. Yang tak kalah menarik, langit-langitnya pun dilukis dengan gambar awan dan langit biru. Wah kalo kaya gini masjidnya bisa bikin betah dong pastinya !

    img: ummahsonic

Komentar
Continue Reading

Trending