Parenting, Tips

11 Ilustrasi Menjadi Mamah Muda, Meski Ribet dan Melelahkan tapi Tetap Bahagia

Menjadi seorang mamah muda adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga. Di satu sisi menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena telah berhasil mengandung lalu melahirkan seorang bayi. Tapi di sisi lain perjuangan menjadi seorang mamah muda tentu tidaklah gampang.

Di usia yang sebenarnya masih pantas untuk bersenang-senang, seorang mamah muda harus bisa mengurus semua urusan rumah tangga. Kalau urusan mencuci, bersih-bersih ataupun memasak mungkin masih bisa ditangani dengan mudah. Tapi kalau mengurus bayi? tentu banyak sekali tantangannya. Apalagi untuk anak pertama. Semua kejadian yang dialami adalah untuk yang pertama kalinya.

Alih-alih mengeluh atau membagi ceritanya lewat tulisan, seorang mamah muda bernama Kara justru membuat ilustrasi tentang pengalamannya menjadi mamah muda. Beberapa suka duka menjadi mamah muda itu dituangkan dalam akun instagramnya @karacandraw.

Kamu yang sedang dalam fase menjadi mamah muda untuk anak pertama pasti pernah mengalami hal-hal berikut ini.

  1. Mengerjakan pekerjaan rumah memang mudah, cuma kalau si kecil ikut nimbrung yaa jadinya agak ribet. Konsentrasi jelas akan terbagi jadi dua, antara fokus dengan pekerjaan rumah dan mengawasi pergerakan si kecil.

2. Begini jadinya kalau si kecil tak mau ditinggal meski cuma beberapa menit saja. Untuk urusan mandi, meskipun dia sudah lebih dulu mandi tetap saja memaksa untuk ikut masuk ke dalam. Tidak jarang si kecil sehari bisa mandi 4 kali. Dua kali dimandikan ibunya dan dua kali ikut mandi bareng ibunya.

3. Mungkin niatnya membantu sih, tapi jadinya justru malah mengacak-acak. Terkadang si kecil juga punya niatan bagus dengan membantu kamu menata baju. Yah sayangnya niatan itu belum tersampaikan secara benar. Maklum, namanya juga anak kecil.

4. Untuk urusan yang satu ini mamah muda juga harus menguasai. Bukan masalah pelit atau ngirit, tapi si kecil belum tentu nyaman kalau rambutnya dipotong oleh orang lain. Benda-benda seperti mainan, remote ataupun benda menarik lainnya akan digunakan agar perhatian si kecil teralihkan.

5. Saking lelahnya, tak jarang si kecil masih sibuk bermain tapi si mamah justru sudah tertidur lelap. Yah, pada akhirnya terbangun juga sih karena si kecil menangis sebab dicuekin.

6. Pose tidur yang tak beraturan adalah keseharian. Kondisi tempat tidur yang tertata rapi hanyalah sebuah mitos. Guling yang biasa dipeluk pun harus ditaruh di pinggir kasur, agar si kecil tidak terjatuh dari tempat tidur.

7. Kalau sudah kehabisan ide bermain, maka menonton video lewat gadget adalah solusi ampuh untuk menenangkan si kecil. Untuk hal satu ini mamah muda tampaknya harus berterimakasih kepada pembuat youtube.

8. Saat kamu sedang bosan karena aktifitas rumah tangga yang padat, maka gadget dan media sosial adalah hal yang pas untuk menumpahkan segala rasa lelah. Kalau sudah asyik begitu biasanya si kecil sedikit terlupakan. Namun si kecil juga tak kehabisan ide. Ia akan datang sambil membawa mainan kesukaannya untuk mengingatkanmu.

9. Ini adalah salah satu best moment dalam hidup kamu, menidurkan si kecil dalam pelukan hangat. Oh….so sweet…

10. Ahhh…akhirnya suami datang juga. Moment inilah yang akan kamu tunggu-tunggu. Saat itulah kamu akan sedikit bebas dan kembali menemukan “me time” yang selama ini hilang.

11. Meski kebanyakan tidur dalam kondisi semrawut, kamu juga tetap akan mengalami moment bobok manis bersama suami dan si kecil. Life goal banget pokoknya.

Comments

comments