Connect with us

Inspirasi

Usia 25 Bukan Hanya Tentang Menikah dan Berkeluarga, tapi Bagaimana Berkarya dan Membangun Usaha

Published

on

images : Liputan6.com

Kapan nih mau nikah?

Mamah udah pengen punya cucu tuh…

Eh, temen kamu anaknya udah 2 lho…kamu kapan nyusul?

Pertanyaan-pertanyaan itu akan sering kamu dengar ketika usiamu mulai memasuki angka 25. Untuk kebanyakan orang, usia 25 tahun merupakan gerbang menuju masa depan. Ketika bisa memanfaatkannya, maka kamu akan menikmati hari tua dengan tenang. Namun jika gagal, jangan menyesal kalau hidupmu akan penuh drama dan perjuangan.

Kenapa di usia 25 sih? Tidak di usia 30 atau 35? Sebab di usia itu rata-rata orang sudah menamatkan seluruh jenjang pendidikannya, setidaknya sampai D3. Secara otomatis mereka akan mulai bekerja untuk mempersiapkan masa depannya. Baik laki-laki maupun perempuan, sebagian besar pasti akan mencari pekerjaan terlebih dahulu sebelum menikah.

Kamu tentu masih merasa punya hutang kepada orang tua kalau lulus kuliah belum bekerja. Karena itulah pekerjaan menjadi prioritas utama kamu. Nah kalau pekerjaan sudah didapat, maka yang dilakukan setelah itu adalah menikah. Pandangan hidup yang tidak salah, namun terlalu sederhana.

Boleh sih menikah, tapi apa kamu sudah benar-benar membahagiakan orang tuamu?

images : http://www.gulalives.co

Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua yang mampu menyekolahkan anaknya sampai jenjang tertinggi. Dengan sangat bangganya mereka akan cerita ke tetangga dan sanak saudara, “itu lho anakku sudah jadi sarjana”. Dan kebangaan itu tidak dapat ditukar dengan apapun. Meski selama kuliah nyaris seluruh harta-benda keluargamu terjual, namun kepuasan serta kebanggaan melihatmu menjadi sarjana sudah cukup untuk menebus itu.

Kebahagiaan mereka semakin bertambah ketika kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Seakan-akan kewajiban mereka sebagai orang tua sudah hampir selesai. Sayangnya tidak semua orang berfikir untuk membalas jasa kepada orang tuanya dulu. Mungkin kamu akan menyerahkan gaji pertamamu kepada mereka. Tapi setelah itu pikiranmu pasti akan penuh dengan rencana serta ambisi pribadimu saja.

Mulai dari rencana punya kendaraan pribadi, rumah sendiri sampai menikah dengan pujaan hati. Orang tua bagaimana? Ah, sisihkan saja sebagian dari gaji untuk mereka. Belum lagi kesibukanmu yang membuat waktu berinteraksi dengan mereka semakin terbatas.

Padahal yang diharapkan orang tua bukan sekedar itu saja. Mereka ingin melihatmu benar-benar dewasa sebelum nanti memutuskan berkeluarga. Saat kamu benar-benar dewasa, kamu berarti dapat dengan bijaksana membagi waktumu untuk pekerjaan dan orang tua. Kalau sekarang kamu saja masih bingung membaginya, bagaimana nanti kalau sudah berkeluarga?

Dengan keputusanmu untuk segera menikah, berarti kamu harus siap untuk membagi pikiranmu setidaknya untuk tiga hal, yaitu pekerjaanmu, keluargamu, dan orang tuamu. Kalau kamu kira-kira belum bisa melakukannya, ada baiknya kamu pikir baik-baik terlebih dahulu sebelum melangkah.

Bersyukur itu wajib, tapi jangan sampai berpuas diri

images : http://blog.laruno.com

Karena sudah memiliki pekerjaan yang sesuai, sudah sewajarnya kamu bersyukur dengan keadaanmu saat ini. Tapi apa iya cuma sampai disitu saja?

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain. Ketika kamu menjadi seorang pegawai, maka kamu akan memberikan manfaat bagi kantor tempatmu bekerja. Namun untuk masyarakat sekitarmu, bisa jadi kamu belum memberikan apa-apa. Berada di zona nyaman terkadang membuat orang lupa, kalau masih ada orang di sekitarnya yang membutuhkan bantuan.

Sesekali keluarlah dari zona nyaman yang saat ini kamu jalani. Mungkin teman-temanmu masih banyak yang belum punya pekerjaan sebagus kamu. Ajak mereka berkarya dan membangun usaha. Kamu bisa mengumpulkan modal dengan gaji yang kamu dapatkan dari kantormu. Ketika usahamu berhasil, tentu akan ada kepuasan tersendiri karena bisa membantu teman sekaligus mendapat keuntungan.

Satu hal yang perlu kamu pahami, berkarya dan membangun usaha itu tidak selalu harus disertai pengunduran diri dari tempat kerja. Banyak hal yang bisa dilakukan bersamaan. Tinggal bagaimana cara kamu mengatur waktu, sehingga semua dapat berjalan dengan baik. Kalau bisa punya 2, kenapa harus puas dengan 1 ?

Ingat, usia 25 adalah tahapan awal memasuki usia produktif. Manfaatkan itu sebaik mungkin. Jangan sampai  terlewatkan begitu saja. Kalau semua hal itu sudah kamu lakukan dan sudah merasa cukup dewasa untuk berkeluarga, maka artinya kamu sudah menjadi seorang calon suami/istri yang berkompeten. Punya titel sarjana, sudah membahagiakan orang tua, punya pekerjaan tetap, memiliki usaha sampingan dan berguna bagi masyarakat sekitar. Benar-benar menantu idaman mertua.

 

Komentar

Inspirasi

Berbagai Resep Infused Water Untuk Kecantikan Kulit

Published

on

Buat sobat spaneng yang pingin punya kulit yang cantik dan mulus namun takut untuk menggunakan skincare, ada baiknya kamu coba cara alami dari dalam, salah satunya dengan mengkonsumsi infused water. Ya, selain sebagai pelapas dahaga, air berisi rendaman potongan buah dan sayur ini dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh, mulai dari mengeluarkan racun, penunjang diet, menjaga imunitas, hingga untuk kecantikan kulit.

Dan berikut beberapa resep infused water yang berguna untuk kecantikan kulit kamu

  1. Lemon dan Daun Mint

    img: www.pinterest.com

    Tak dipungkiri lagi jika Lemon merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dan juga berperan dalam menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Sedangkan daun mint mengandung bahan antiseptik yang menjaga kulit tetap steril dan terhindar dari infeksi bakteri ataupun jamur. Apalagi daun mint juga memberikan sensasi rasa dingin dan semriwing yang menyegarkan.

  2. Lemon dan Stawberry

    img: tupperware.co.id

    Jika kamu suka dengan buah strawberry, kamu juga bisa membuat infused water dengan si merah ini. Strawberry juga tak kalah mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker, sebagai antioksidan, dan merawat kesehatan mata. Stroberi juga dikenal sebagai buah yang membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan kulit.

  3. Mangga dan Jahe

    img: 123rf.com

    Buat kamu yang ingin menegah penuaan dini terutama kulit keriput, ada baiknya mengonsumsi infused water yang terbuat dari mangga dan jahe. Karena perpaduan antara mangga dan jahe ternyata membuat infused water dilengkapi dengan antioksidan yang cukup melimpah. Sepeti yang diketahui antioksidan adalah bahan aktif yang mencegah radikal bebas, termasuk kulit berkeriput.

  4. Kayu Manis dan Apel.

    img: grid.id

    Mau kulit terbebas dari jerawat ? Tenang, kamu bisa melakukan pencegahan dari dalam terhadap munculnya jerawat dengan infused water. Caranya dengan mencampurkan kayu manis dan buah apel. Kayu manis ternyata dapat membantu mengurangi risiko munculnya jerawat pada kulit sekaligus dapat menurunkan kadar gula darah lho ! Sedangkan buah apel mengandung vitamin C, flavanoid, polifenol, vitamin A, dan beta-karoten yang tidak hanya berguna sebagai antioksidan yang baik, tetapi juga dapat mencegah terbentuknya sel kanker.

Itu dia beberapa resep infused water untuk kecantikan kulit. Jangan lupa, untuk hasil maksimal sebaiknya direndam dulu hingga semalam ya ! Infused water akan lebih nikmat dinikmati selagi masih dingin.

Komentar
Continue Reading

Inspirasi

Kumpulan Quote Bijak BJ Habibie

Published

on

Indonesia tengah berduka atas meninggalnya salah satu putera terbaiknya, Prof Dr Ing B.J Habibie pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Presiden RI ke-3 tersebut meninggal dunia akibat penyakit komplikasi yang dideritanya. Selain dikenal karena kejeniusan otaknya, BJ Habibie juga dikagumi berkat kisah cintanya dengan Ibu Ainun yang begitu menyentuh. Bahkan, kisah cinta keduanya diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Jadi tak salah jika banyak generasi milennial mengidolakan ilmuwan kelas dunia ini.

Bahkan, quote-quote bijak beliau kerap menjadi acuan motivasi banyak orang. Dan berikut kumpulan quote bijak BJ Habibie yang bisa kamu jadikan inspirasi.

  1. “Jadilah yang terbaik dimanapun berada. Berikan yang terbaik yang kamu bisa berikan”. Quote ini sangat cocok untuk kamu yang sedang memasuki lingkungan baru, entah lingkungan kerja atau tempat tinggal.

    img: okezone.com

     

  2. Salah satu quote BJ Habibie yang menggambarkan bahwa selain cerdas, beliau juga merupakan seorang penganut agama yang taat.

    img: pinterest

     

  3. Mungkin kamu saudah tak asing lagi dengan quote BJ Habibie berikut. Kesetiannya dan rasa cintanya pada sang Istri tak perlu diragukan lagi. Bahkan hingga akhir hayat Ibu Ainun, BJ Habibie tetap setia mendampinginya.

    img: jooinfoo.com

     

  4. Sebagai seorang negarawan yang begitu mencintai negerinya, BJ Habibie berpesan kepada generasi muda untuk bersama-sama membangun bangsa tanpa harus mengandalkan bangsa lain.

    img: GNFI

     

  5. Quote dibawah ini mungkin menjadi motivasi untuk para ibu yang berpendidikan tinggi namun memutuskan untuk memilih menjadi ibu rumah tangga. BJ Habibie berpesan jika seorang ibu itu harus mempunyai pengetahuan yang memadai untuk mencerdaskan anak-anaknya.

    img: brilio.net

     

  6. BJ Habibie juga pernah berpesan bahwa sebaiknya gunakan uang untuk mencari pengalaman bukan untuk sekedar keinginan. Cocok nih buat kamu yang lagi seneng-senengnya bekerja.

    img: kuadranbisnis

     

  7. Ketika kamu sedang dihina dan diremehkan orang lain, ingatlah quote berikut ini. Mungkin rasa kesalmu akan sedikit terobati.

    img: brilio

    Raga BJ Habibie raganya memang sudah tiada, namun ribuan petuahnya akan selalu dikenang banyak orang. Selamat jalan Pak Habibie, semoga segala amalmu menjadi jalan yang lapang menuju keabadian.

Komentar
Continue Reading

Inspirasi

Inspiratif! Souvenir Pernikahan Unik Tapi Punya Manfaat Ciamik

Published

on

By

Salah satu hal yang dipersiapkan ketika hendak melangsungkan pesta pernikahan adalah souvenir. Dengan adanya benda itu, mereka yang menikah berharap acaranya tersebut akan dikenang tamu yang datang lewat souvenir yang diberikan.

Bentuknya pun macam-macam. Ada yang mainstream seperti kipas, gelas, ataupun gunting kuku. Ada juga yang terkesan mewah seperti handuk, toples, ataupun boneka. Bahkan bagi mereka yang tergolong horang kayah terkadang tak ragu untuk memberikan souvenir uang yang sudah dibentuk menyerupai bunga.

Baru-baru ini dunia maya twitter diramaikan oleh sebuah twit dari akun @indiratendi. Dalam twitnya, @indiratendi bercerita bahwa ia diberikan souvenir pernikahan yang unik dari temannya yang menikah. Bukan centong nasi ataupun topi, akan tetapi souvenirnya adalah kotak P3K dan panduan menghadapi gempa bumi.

Menarik sekali bukan?

Usut punya usut, teman yang menikah itu berprofesi di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang kebetulan mendapatkan istri seorang perawat. Entah karena ingin memberikan benda yang bermanfaat sebagai souvenir pernikahannya atau karena ada alasan lain, yang jelas mereka sepakat untuk memberikan dua benda itu kepada para tamu undangan yang hadir.

Diketahui, teman @indiratendi yang menikah itu adalah pemilik akun twitter @stevansunarno. Sebenarnya @indiratendi belum izin kepada temannya itu saat memposting souvenir pernikahannya. Baru setelah twitnya viral, ia segera menghubungi @stevansunarno untuk meminta izin.

Untungnya @stevansunarno tidak masalah dengan twit seputar souvenir pernikahannya itu. Ia justru berterimakasih karena jadi banyak yang mendoakan.

Mengingat negara kita merupakan kawasan rawan bencana, rasanya souvenir pernikahan yang diberikan @stevansunarno adalah sesuatu yang sangat bermanfaat. Bahkan kalaupun tak terjadi bencana, pasti ada waktunya dalam hidup kita akan sangat memerlukan P3K. Ide souvenir yang bermanfaat seperti ini tampaknya bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang akan segera menikah.

 

Komentar
Continue Reading

Trending