Connect with us

Hits Banget

Sepenggal Cerita Tentang Jogja, Kota yang Tetap Istimewa Meski Zaman Sudah Berbeda

Published

on

images : http://www.dutawisata.co.id

Kamis pahing 7 Oktober 1756 menjadi hari yang sangat bersejarah bagi Jogja. Pada hari itu Sri Sultan Hamengkubuwono 1 untuk pertama kalinya memasuki Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sebelumnya Sultan beserta keluarganya tinggal di Pesanggrahan Ambarketawang. Prosesi boyongan inilah yang nantinya akan diperingati sebagai hari jadi kota Yogyakarta.

Itulah sepenggal kisah sejarah tentang Yogyakarta. Kamu mungkin lebih akrab dengan sebutan Jogja. Apapun itu, baik Djogja, Yogya, Yogyakarta, Ngayogyakarta ataupun Jogja pada intinya tetaplah sama, merujuk pada kota yang selalu istimewa ini.

Terkesan berlebihan dan fanatik memang. Namun begitulah adanya. Jogja selalu menawarkan keramahan yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Suasananya, tegur sapa penduduknya, sampai dengan adat istiadatnya. Semua itu berbalut menjadi satu dalam romantika kota Jogja.

Jogja merupakan representasi dari daerah-daerah lain di wilayah Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, atau biasa kita kenal dengan sebutan Provinsi D.I. Yogyakarta. Selain Kota Yogyakarta, DIY juga membawahi Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul serta Kabupaten Kulonprogo. Namun ketika kamu merantau dan ditanya akan mudik kemana, pasti banyak yang akan menjawab “pulang ke Jogja”, meskipun rumahnya di Bantul atau Sleman.

Membicarakan tentang Jogja berarti berbicara tentang romantikanya. Bagaimana kamu menikmati Malioboro dengan lesehannya di malam hari. Begitu juga asiknya bercerita bersama kawan seperjuangan sambil mendengar nyanyian pengamen di kawasan Code. Bahkan sekedar nongkrong di angkringan sampai larut malam pun akan menyisakan banyak kenangan.

Itu baru romantika bersama kawan. Belum lagi romantika bersama pasangan. Betapa syahdunya melewati malam dengan duduk berdua di nol kilometer Jogja sambil memandang kerlap-kerlip lampunya. Kamu bisa juga menikmati malam dengan naik sepeda hias keliling alun-alun selatan. Stasiun Tugu pun tak kalah romantisnya. Itu kalau kamu sedang mengantar pasanganmu yang akan pergi ke luar kota untuk waktu yang agak lama. Rasanya perpisahan di stasiun itu akan cukup membuatmu menangis semalaman.

Untuk kamu yang bukan orang Jogja tapi pernah kuliah di Jogja, pasti move on dari kota yang membuatmu memperoleh titel sarjana ini cukup sulit. Hari-hari mu di kampung halaman pasti akan dipenuhi oleh kenangan akan suasana Jogja. Kamu pasti akan rindu dengan sekatenan, sunday morning di UGM, ataupun juga beli mie rebus di burjonan. Semua hal yang kamu alami di kota ini akan selalu membekas di hati dan membuatmu ingin kembali.

Kota mana lagi yang penduduknya selalu menyapa ramah setiap pendatang, selain kota Jogja? Bahkan dengan mereka yang tidak dikenalnya pun warga Jogja selalu tegur sapa. Sopan santun dari anak-anak kecil pun masih terjaga. Bukti kalau adat istiadat jawa yang banyak mengajarkan tata krama masih terus dipelihara sampai saat ini.

Satu hal lagi yang tidak akan bisa dilupakan dari kota Jogja, yaitu harga-harga yang murah. Dimana lagi kita bisa makan dengan uang  10ribu, tapi menunya ayam goreng lengkap dengan lalapannya dan minumnya es teh manis kalau bukan di Jogja. Kalau tidak percaya, tanyakan saja pada mahasiswa yang pernah kuliah di Jogja. Masih kurang murah? Angkringan akan menjadi jawabannya.

Masih ragu dengan keistimewaan Jogja? Coba aja kamu lihat pendapat mereka tentang Jogja

images : trivia.id

images : trivia.id

images : trivia.id

images : trivia.id

Mungkin hal-hal itulah yang membuat orang selalu ingin kembali ke kota Jogja. Tidak heran kalau Katon Bagaskara sampai membuatkan lagu untuk Yogyakarta.

Walau kini kau tlah tiada kembali

Namun kotamu hadirkan senyummu abadi

Ijinkanlah aku tuk slalu pulang lagi

Bila hati mulai sepi tanpa terobati

 ~Yogyakarta-Kla Project~

 

Komentar

Artis

Selain Citra Kirana-Rezky Aditya, Artis-artis Ini Juga Pernah ‘Jagain Jodoh Orang’

Published

on

Aktor Rezky Aditya akhirnya resmi melamar Citra Kirana pada hari Sabtu (26/10/2019) di Bandung, Jawa Barat. Di momen bahaga yang akrab disapa Ciki tersebut mengenakan gaun warna biru dan terlihat anggun. Sedangkan Rezky memakai batik dengan warna senada.

img: popbela.com

Kabar bahagia tersebut cukup mengagetkan warganet lantaran sebelumnya Citra Kirana telah menjalin hubungan dengan Ali Syakieb sejak 2013 silam. Bahkan hanya berselang 3 bulan, Citra Kirana langsung menerima lamaran Rezky Aditya. Dari kisah cinta mereka, ada satu hal yang bisa Sobat Spaneng ambil hikmahnya. Bahwasanya yg pacaran lama akan kalah dengan yg berani melamar terlebih dahulu.

Dan selain pasangan Citra Kirana-Rezky Aditya, sederet selebriti berikut juga pernah mengalami kisah yang sama yaitu ‘jagain jodoh orang’. Yuk simak!

  1. Raisa-Hamish Daud

    img: jawapos

    Pasangan Raisa-Hamish pun pernah mengalami kisah yang sama, karena sebelum menikah dengan Hamish, Raisa pernah menjalin hubungan yan cukup serius dengan Keenan Pearce selama 4 tahun. Begitupun dengan Hamish yang sempat berpacaran dengan Nadine Chandrawinata.

    img: fimela.com

     

  2. Syahrini-Reino Barack

    img: grid.id

    Pasangan fenomenal Syahrini dan Reino Barack pun tak kalah mencengangkan publik, lantaran beberapa bulan sebelum menikah dengan Syahrini, Reino masih menjalin hubungan dengan Luna Maya. Bahkan hubungan keduanya sudah berlangsung selama lima tahun.

    img: dream.co.id

     

  3. Irish Bella-Amar Zoni

    img: nakita.grid.id

    Sebelum menikah dengan Irish Bella, Amar Zoni pun diketahui menjalin berpacaran dengan artis cantik Ranti Maria. Begitupun dengan Irish Bella yang sebelumnya berpacaran dengan Giorgino Abraham.

    img: liputan6.com

     

  4. Shireen Sungkar-Teuku Wisnu

    img: liputan6.com

    Kisah cinta Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu berawal dari cinta lokasi disebuah sinetron, dimana keduanya berperan sebagai sepasang kekasih hingga menjadi suami istri. Di sinetron itu pula, Shireen juga beradu akting dengan Adly Fayrus yang saat itu menjadi kekasihnya di dunia nyata. Namun hubungan keduanya kandas dan akhirnya Shireen menjalin hubungan dengan Teuku Wisnu hingga akhirnya menikah dan memiliki 3 orang anak.

    img: okezone.com

  5. Zaskia Sungkar-Irwansyah

    img: grid.id

    Pasangan yang terakhir Irwansyah dan Zaskia Sungkar pun juga mengalami kisah yang sama, karena sebelumnya Irwansyah sempat menjalin bubungan yang cukup lama dengan lawan main filmnya, Acha Septriasa.

    img: hot.detik.com

    Bagaimana, apa kamu juga pernah mempunyai kisah yang sama ?

Komentar
Continue Reading

Bola

Inilah 10 Stadion yang Akan Digunakan Dalam Ajang Piala Dunia U20 Tahun 2021

Published

on

Kabar baik hari ini datang dari FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok, bahwa Indonesia terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola Piala Dunia U20 tahun 2021 mendatang. Keputusan tersebut setelah FIFA melakukan general meeting di Shanghai, China, pada Kamis (24/10).

Indonesia berhasil menyisihkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Presentasi penentuan tuan rumah untuk menentukan tuan rumah tersebut dihadiri oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Presentasi yang dilakukan oleh Tisha menuai pujian dari FIFA hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.⠀

Menyambut ajang besar ini, Indonesia menyiapkan sepuluh stadion sepak bola: Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya). Berikut selengkapnya

  1. Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta)

    img: kompas.com

  2. Stadion Pakansari (Bogor)

    img: tirto.id

  3. Stadion Manahan (Solo)

    img: joss.co.id

  4. Stadion I Wayan Dipta (Bali)

    img: baliutd.com

  5. Stadion Mandala Krida (Yogyakarta)

    img: genpi.com

  6. Stadion Jakabaring (Palembang)

    img: bolaskor.com

  7. Stadion Wibawa Mukti (Cikarang)

    img: beritasatu.com

  8. Stadion Patriot (Bekasi)

    img: kumparan.com

  9. Stadion Jalak Harupat (Bandung)

    img: pinterest.com

  10. Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

    img: news.detik.com

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Susunan Lengkap Wakil Menteri Terpilih Kabinet Indonesia Maju

Published

on

By

Setelah pada hari Rabu (23/10/2019) kemarin Presiden Jokowi mengumumkan para menteri yang akan membantunya di Kabinet Indonesia Maju, kini Presiden Jokowi juga telah mengumumkan susunan wakil menteri yang akan membantu para menteri terpilih dalam 5 tahun ke depan.

Pemandangan di Istana Negara pun masih sama dengan pengumuman menteri pada hari Rabu kemarin. Dengan konsep yang sama, Jokowi-Ma’ruf terlihat duduk santai di tangga ruang tengah Istana Negara Merdeka, Jakarta Pusat pada, Jumat (25/10).

Dalam deretan daftar wakil menteri tersebut, yang paling terlihat dengan anggun adalah sosok Angela Tanoesoedibjo, putri dari Hari Tanoesoedibjo karena merupakan satu-satunya perempuan di antara wakil menteri lainnya. Angela terlihat menggunakan kebaya berwarna merah tua lengkap dengan sanggul di kepala.

Sementara itu, wakil menteri laki-laki menggunakan kemeja putih dengan dasi berwarna merah tua yang senada dengan kebaya Angela. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggunakan jas biru tua, berdasi dengan warna senada. Mereka juga dilengkapi dengan peci hitam.

“Saya dan Bapak Wapres ingin mengenalkan wamen yang telah kita pilih, tadi pagi sudah bertemu Beliau-beliau yang akan membantu tugas Menteri dan saya dalam rangka memperkuat Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi, Jumat (25/10).

Berikut nama-nama wakil menteri yang telah dipilih oleh Jokowi untuk membantu para menterinya di Kabinet Indonesia Maju:

1. Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin
2. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wiryoadmodjo
3. Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan): Sakti Wahyu Trenggono,
3. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf): Angela Tanoesoedibjo
4. Wakil Menteri Agama (Wamenag): Zainut Tauhid
5. Wakil Menteri ATR/BPN: Surya Tjandra
6. Wakil Menteri PUPR: John Wempi Wetipo
7. Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar
9. Wakil Menteri LHK: Aloe Dohong
10. Wakil Menteri Desa (Wamendes): Budi Arie Setiadi
11. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag): Jerri Sambuaga
12. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu): Suahasil Nazara

 

Komentar
Continue Reading

Trending