Hits Banget

Mahasiswa UGM ditemukan Gantung Diri di Kamar Mandi Kos

images : okezone.com

Seorang mahasiswa asal Lamongan bernama  Birahmatika Tsalasa Alail (21) ditemukan tewas gantung diri di kosnya di kawasan Caturtunggal, Depok, Sleman. Jenazah pria yang akrab disapa Yosa ini pertama kali ditemukan oleh temannya yang hendak mengambil laptop di hari Selasa (03/10/2017) jam  12.00 WIB.

Tubuh Yosa ditemukan tergantung dengan ikat pinggang yang melilit lehernya. Polisi pun segera mendatangi tempat kejadian perkara. Setelah melakukan evakuasi, jenazah Yosa  dibawa ke RSUP  Dr. Sardjito untuk keperluan otopsi. Dari hasil analisa, tidak diketemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh Yosa. Jadi hal itu murni tindakan bunuh diri.

evakuasi jenazah Yosa via detik.com

Yosa sendiri merupakan seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM. Namun berdasarkan pengakuan pemilik kos, Yosa saat ini lebih aktif di Institut Pertanian Yogyakarta. Dari keterangan yang dperoleh dari teman-temannya, Yosa dikenal sebagai pribadi yang asik, sopan, serta punya banyak teman. Hanya saja, untuk masalah pribadi ia cukup tertutup.

Bunuh Diri Bukanlah Solusi

ilustrasi rencana bunuh diri via liputan6.com

Ada banyak faktor yang membuat seseorang nekat melakukan tindakan bunuh diri. Beberapa diantaranya adalah faktor ekonomi, keluarga, pendidikan bahkan terkadang percintaan. Namun apakah dengan bunuh diri akan menyelesaikan masalah?

Kalau menyelesaikan masalahmu dengan dunia sih sudah pasti. Sedangkan untuk akhirat, kamu bisa mempelajarinya di kitab suci.  Tapi yang pasti buat keluarga yang ditinggalkan, tindakan bunuh diri yang dilakukan justru akan meninggalkan sebuah kenangan buruk bahkan stigma negatif masyarakat terhadap keluarga tersebut.

Dalam ajaran agama apapun, tidak dibenarkan adanya tindakan bunuh diri. Kalau kamu merasa masalahmu berat, maka yang harus kamu lakukan adalah mencari solusinya, bukan lari menghindari. Kamu bisa menceritakan masalah yang kamu hadapi dengan teman-temanmu ataupun orang tuamu. Meskipun terkadang mereka tidak mampu memberian solusi, tapi setidaknya itu akan sedikit meringankan bebanmu.

berserah diri sambil khusyu berdoa via hiamag.com

Kalau temanmu masih belum juga bisa membantu, ada baiknya kamu segera berserah diri kepada Tuhan dengan berdoa. Dengan berdoa kamu akan merasa lebih tenang dari sebelumnya. Pikiranmu pun akan menjadi jernih, sehingga tidak terpikirkan lagi untuk melakukan hal-hal yang melenceng. Pada intinya, semua masalah yang kamu hadapi pasti akan ada solusinya, dengan catatan kamu mau berusaha dan berdoa. Dan untuk Yosa, semoga ditempatkan di tempat yang layak disisi-Nya.

 

Comments

comments