Connect with us

Parenting

Membuat Anak Cerdas dengan Gaya Parenting Kekinian

Published

on

Mempunyai anak yang cerdas, siapa sih yang nggak pengen ? Semua orang tua tentu berharap anaknya tumbuh dengan pintar dan sehat tentunya. Lalu, apa aja sih kiat-kiat agar anak kita tumbuh menjadi anak demikian ? Berikut hitsbanget akan ulas buat kamu.

  1. Mainan edukasi

Nggak melulu soal main masak-masakan atau mobil-mobilan aja, sekarang sudah banyak di pasaran bermacam-macam mainan edukasi atau edutoys yang tentunya dapat merangsang keterampilan motorik halus & motorik kasar si anak. Jika masih bingung mau beli mainan yang seperti apa, orang tua bisa memanfaatkan internet untuk browsing kira-kira mainan edukasi apa yang tepat untuk usia si anak.

mainan edukasi via duniaanak.org

  1. Biasakan mengenal buku sejak dini

Untuk melatih anak gemar membaca, tentunya perlu dibiasakan mencintai buku sejak dini. Sekarang ini buku-buku untuk anak sangat banyak inovasinya. Dari buku pop-up 3 dimensi, buku bantal, buku dengan bahan waterproof, sampai buku yang bisa mengeluarkan suara. Semua itu dibuat para produsen buku dengan tujuan agar anak semakin tertarik untuk membaca. Dan kini semuanya bisa didapatkan secara on-line ! Nah, jadi untuk para orang tua, udah ga ada alasan lagi kan untuk tidak melatih membiasakan mengenal buku sejak dini ? Karena dengan membaca, otak si anak akan selalu terasah dan pengetahuannya akan semakin luas.

buku pop-up via noorhdee.com

  1. Nutrisi a la WHO

Untuk mengasah kecerdasan anak sedari dini pasti tidak lepas dari asupan gizi yang seimbang. Lalu apakah gizi seimbang itu ? bagaimana cara memberikan gizi yang tepat untuk si kecil ? semua itu sudah dikupas tuntas dalam WHO (World Health Organization), selengkapnya klik disini 

nutrisi balita via katalogibu.com

  1. Minim smartphone, kalaupun lagi pake, gunakan utk game edukasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak jaman sekarang sudah lihai bermain smartphone. Tidak melulu karena ‘sengaja’ memfasilitasi si anak, namun juga smartphone kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para orang tua. Jadi mau tidak mau, si anak pasti akan tertarik untuk menggunakannya. Sebagai orang tua, kita hendaknya lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Hindari main game di depan anak, minim-kan aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting. Kalaupun ada, install lah aplikasi yang mendidik. Misalnya game puzzle, belajar berhitung, membaca dll. Dan ingat, batasi waktu penggunaannya serta selalu dampingi si buah hati. Dengan begitu smartphone jauh lebih bermanfaat.

bermain smartphone via purekids.co.id

  1. Bermain “Sensory play” dengan anak di rumah

Belakangan yang sedang hits adalah meng-upload di sosial media foto sang anak yang sedang bermain berbagai macam sensory play. Di era milenial seperti sekarang ini, istilah sensory play mungkin sudah tak asing lagi di kalangan para ibu muda. Sensory play atau permainan sensori adalah istilah permainan yang melatih kepekaan indera si anak.  Manfaatnya, permainan ini dapat melatih kemampuan bahasa, kemampuan kognitif, mengasah keterampilan motorik kasar dan halus, bahkan dapat melatih anak menyelasaikan permasalahan. Keren nggak tuh ?Bagi mereka yang tidak bekerja mungkin akan terasa lebih leluasa untuk mengajak bermain sensory play dirumah. Lalu apa saja macam sensory play itu sendiri ? Selengkapnya klik disini

sensory play via learning4kids.com

  1. Membuat grup online dengan orang tua sebaya lainnya

Mendidik anak pun ternyata juga butuh sharing dengan para orang tua lainnya. Cobalah untuk membuat grup secara online (misalnya Whatsapp, BBM, dll) dengan teman yang mempunyai anak sebaya dengan buah hati kita. Dengan begitu segala permasalahan, keluh kesah, bahkan kita bisa berbagi info tentang apapun disitu. Selamat mencoba !

sosial media via petunjuk.id

  1. Dekorasi kamar kekinian

Buat si anak betah di kamar dengan membuat dekorasi se-menarik mungkin. Orang tua bisa bereksperimen dengan padu padan cat tembok yang ceria, atau dengan menambah pernak pernik yang menarik untuk sang buah hati. Dengan begitu, anak akan lebih betah belajar dan bercengkerama dengan orang tua.

kamar anak via id.pinterest.com

  1. Menjadi Sahabat Terbaik Anak

Jadilah orang tua yang akrab dengan anak, selalu menjalin komunikasi adalah suatu keharusan meskipun kita sedang bekerja. Karena jangan sampai ketika anak mempunyai masalah dia melampiaskan ke orang lain hanya karena tidak mempunyai tempat untuk berbagi di rumah. Karena sejatinya orang tualah sahabat terbaik bagi anak.

menjadi sahabat anak via remajaindi.blogspot.com

Komentar

Parenting

Ternyata Inilah Alasan Kenapa Stres Membuat Menstruasi Jadi Tak Teratur

Published

on

By

Dalam kondisi normal, seorang perempuan idealnya mengalami siklus menstruasi yang teratur dari bulan ke bulan. Apabila biasanya menstruasi pada tanggal 3, maka pada bulan berikutnya pun tak jauh berbeda dari tanggal itu.

Akan tetapi pada kenyataannya seringkali siklus menstruasi tersebut datang tak beraturan. Kalau berbeda satu atau dua hari mungkin masih bisa ditoleransi. Cuma kalau sering terlambat sampai satu atau dua minggu itu berarti ada yang salah dengan kondisi tubuh perempuan.

Salah satu faktor yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur adalah stres. Kondisi psikis yang terganggu karena berbagai macam tekanan ternyata membawa pengaruh buruk terhadap hormon reproduksi.

Siklus menstruasi yang berhenti sementara waktu ini disebut sebagai secondary amenorrhea. Stres memiliki pengaruh yang besar dalam menekan fungsi hipotalamus. Hipotalamus ini bisa mengontrol kelenjar di bawah otak (pituitari) dan sekaligus mengontrol tiroid dan kelenjar adrenal sekaligus ovarium.

Gangguan pada ovariaum akan menyebabkan sejumlah masalah yang berhubungan dengan produksi estrogen, ovulasi, dan proses reproduksi lainnya. Jika ada gangguan dalam produksi estrogen dan ovarium, siklus menstruasi pun akan ikut bermasalah.

Nah itulah penjelasan singkat kenapa stres bisa mengakibatkan siklus menstruasi perempuan menjadi tak teratur. Kalau kamu sering mengalaminya, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar semuanya kembali menjadi normal.

Kamu juga jangan langsung panik jika terlambat datang bulan. Coba merenung sejenak, barangkali beberapa waktu belakangan ini kamu sedang banyak pikiran sehingga mengganggu kinerja hormon reproduksi. Untuk kamu yang baru menikah dan sedang dalam “tekanan”untuk segera punya momongan, stres yang mengganggu kerja hormon reproduksi justru bisa membuat semakin sulit untuk segera hamil.

Jadi, jangan stres yaa biar hidupmu tetap sehat dan normal!

Komentar
Continue Reading

Parenting

Tips Agar Bayi Tak Rewel Saat Naik Pesawat

Published

on

Membawa bayi ketika perjalanan jauh memang dibutuhkan tenaga ekstra, karena kita tak pernah tau kapan bayi akan rewel. Mungkin tak akan masalah jika menggunakan kendaraan pribadi, namun bagaimana jika travelling tersebut menggunakan pesawat ? Tentu rasa was-was akan menghantui sebelum bepergian bersama si bayi, salah satunya cemas apabila tangisan bayi akan mengganggu penumpang lain.

img: familyeducation.com

Nah, berikut beberapa tips bagi para orang tua khususnya ibu yang ingin berpergian bersama sang buah hati menggunakan pesawat. Simak yuk!

1. Usahakan bayi tidur selama dalam pesawat

Salah satu tips jitu adalah buatlah bayi tidur sepanjang perjalanan. Ada beberapa cara untuk membuat bayi tertidur, yang pertama dengan melakukan aktivitas sebelum penerbangan agar ketika pesawat take off si bayi akan merasa lelah dan tertidur. Kedua dengan diberi makan/ susu hingga kenyang sebelum penerbangan, karena biasanya setelah kenyang bayi akan mengantuk. Namun jika terpaksanya bayi menangis di dalam pesawat, sebaiknya kamu umumkan kepada penumpang lainnya untuk memahami hal ini. Tapi jika ada penumpang yang kesal kamu bisa langsung meminta maaf.

2. Pesan kursi ekstra

Menurut ahli pediatrik dari Mercy Medical Center di Baltimore, AShanti Woods, mengatakan bahwa anak akan lebih nyaman duduk di kursinya sendiri. Untuk itu jika membutuhkan ruang lebih, kamu bisa pesan kursi ekstra.

3. Pertimbangkan posisi kursi

Sebaiknya pilih posisi kursi yang dekat dengan lorong dan di bagian depan untuk memudahkan pergerakan, misalnya untuk menenangkan bayi saat rewel.

4. Susui bayi

Memberikan ASI saat lepas landas bisa membantu, karena pergerakan menelan akan mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan. Selain itu ada juga yang menyarankan agar bayi disusi sebelum naik pesawat dan pastikan di bersendawa.

5. Pastikan popok bersih dan baju bayi nyaman

Saat membawa anak berpergian, khususnya naik pesawat selalu pastikan popok dalam keadaan bersih dan baju yang digunakan bayi harus nyaman dan mudah untuk diganti. Selain itu menurut para ahli memakai pakaian yang lucu juga akan membuat penumpang lain cenderung disayangi penumpang lain.

6. Bawa kantong plastik

Seorang pramugari dari Devon, Pa, Amerika Serikat menganjurkan untuk membawa kantong plastik yang bisa di tutup. Ketika selesai mengganti popok sebaiknya masukan popok ke dalam kantong plastik.

Intinya, buat suasana senyaman mungkin agar bayi betah selama perjalanan. Selamat Mencoba !

Komentar
Continue Reading

Parenting

Cara Mudah Untuk Tetap Tidur Nyenyak Saat Hamil Besar

Published

on

By

Ketika sedang hamil besar, bisa tidur dengan nyenyak merupakan tantangan tersendiri bagi seorang perempuan. Kondisi perut yang semakin membesar akan membuat ibu hamil sedikit kesulitan untuk mengatur posisi tidur. Salah dalam menempatkan posisi bisa berakibat fatal bagi kondisi kehamilan. Misalnya saja ibu hamil mengambil posisi tengkurap, sudah pasti akan membahayakan keselamatan dedek bayi dalam kandungan.

Dirangkum dari berbagai sumber dan beberapa pengalaman pribadi, sebenarnya ada beberapa cara agar ibu hamil bisa tetap tidur nyenyak dalam kondisi perut yang semakin membesar. Cara yang pertama adalah dengan membuat suasana kamar menjadi sejuk. Jika keluarga ibu hamil termasuk kalangan menengah ke atas, maka pasang AC adalah solusinya.

Sebab dengan adanya AC, ibu hamil dapat mengatur suhu ruangan kamar tidur sehingga bisa nyaman untuk tidur. Tapi kalau biaya untuk pasang AC lebih baik digunakan untuk biaya lahiran, maka bisa diganti dengan mengatur ventilasi agar sirkulasi udara di dalam kamar menjadi teratur.

Cara yang kedua adalah dengan memilih pakaian yang nyaman saat tidur. Jika ibu hamil merasa nyaman dengan daster, maka tak perlu memaksakan diri mengenakan piyama saat tidur. Bahkan jika nyaman hanya menggunakan pakaian dalam saja, itu juga tak apa asalkan tetap mengenakan selimut. Jangan sampai karena faktor kenyamanan lalu mengabaikan faktor keselamatan. resiko masuk angin jelas akan sangat mengganggu jika memaksakan diri menggunakan pakaian terbuka.

Cara yang ketiga adalah dengan tidur dalam posisi miring. Agar terbiasa, lakukan kebiasaan ini sejak dinyatakan hamil oleh dokter, bidan, ataupun testpack. Mungkin awalnya memang susah, tapi karena keterpaksaan pasti akan terbiasa juga. Setelah melahirkan nanti barulah bisa balas dendam dengan tidur telentang ataupun tengkurap sepuasnya.

Cara yang keempat adalah dengan memastikan perut dalam kondisi kenyang sebelum tidur. Hal ini sangatlah penting. Senyaman apapun ibu hamil menggunakan pakaian ataupun sesejuk apapun kondisi kamar, tapi kalau perut keroncongan pasti tak akan bisa tidur dengan nyenyak. Cara yang kelima adalah dengan membiasakan olahraga rutin setiap harinya.

Tak perlu olahraga berat seperti basket, sepakbola ataupun lari 10K, tapi yang ringan-ringan saja semacam jalan santai atau senam ibu hamil. Dengan pola hidup yang sehat, tidur pun akan nyenyak. Dan cara terakhir yang harus dilakukan adalah jangan biasakan begadang apalagi minum kopi. Jangankan tidur nyenyak, mau memejamkan mata pun akan susah karena kandungan cafein yang ada dalam kopi.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu yaa. Kalau masih juga tak bisa tidur nyenyak juga, kamu bisa coba cara alternatif ala anak kecil semisal membayangkan menghitung domba di padang rumput Afrika yang jumlahnya ratusan. Mungkin bisa membantu.

Komentar
Continue Reading

Trending