Connect with us

Tips

Menikmati Tanggal Tua Dengan Budget Seadanya, Kenapa Tidak???

Published

on

images :michaelbliss92.files.wordpress.com

Bagi sebagian besar orang, akhir bulan adalah saat-saat yang paling sulit untuk dilewati. Untuk para karyawan atapaun pegawai negeri, menunggu tanggal 1 bisa jadi berasa sangat lama. Sementara untuk anak kost yang mengandalkan kiriman bulanan dari orang tua waktu seakan berputar lebih lambat dari biasanya.

Tentu saja fenomena seperti itu banyak terjadi. Padahal sudah banya tips-tips yang bisa kita dapatkan dari internet mengenai cara-cara mengatur keuangan. Yang salah satu tujuannya adalah agar terhindar dari kesulitan saat mulai memasuki sepertiga akhir bulan. Tapi entah kenapa, tetap saja ada perasaan menderita saat kalender mulai memasuki tanggal 20 keatas.

Lantas bagaimana sih caranya agar bisa tetap bahagia di tanggal tua meskipun keuangan sudah mulai seret? Beberapa cara berikut ini setidaknya bisa meringankan beban pikiranmu

  1. Nongkrong bareng teman senasib seperjuangan

images : http://manunggal.undip.ac.id

Nongkrong itu tidaklah harus di cafe-cafe mahal. Bisa sekedar di taman kota ataupun warung kopi sederhana di pinggir jalan. Yang terpenting adalah teman ngobrol kita. Apalagi teman nongkrong kita adalah orang-orang yang senasib yang mengalami hal sama. Bisa jadi kita bukannya meratapi keadaan, justru sebaliknya bisa menertawakan keadaan yang sedang kita alami. Syukur-syukur malah menemukan  solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

  1. Nonton koleksi film

images : http://radarpekalongan.com

Kalau di tanggal muda kamu bisa menonton film di bioskop, maka ada baiknya untuk tidak melakukan aktivitas itu ditanggal tua. Lebih baik kamu mendownload film yang ingin kamu tonton itu secara gratis lewat internet. Lhah download kan pakai kuota? Jangan khawatir, cari saja tempat-tempat yang menyediakan layanan wifi gratis. Setelah kamu download kamu tinggal menikmatinya dirumah. Mudah kan?

  1. Bersepeda

images : http://2.bp.blogspot.com

Agar suasana hatimu rileks dan gak spaneng (tegang) ada baiknya kamu melakukan olahraga bersepeda. Selain menyehatkan, olahraga ini juga murah meriah. Itu dengan catatan kamu sudah punya sepeda lho. Kalau belum kamu bisa menggantinya dengan jogging di taman ataupun juga jalan santai keliling lingkunganmu.

  1. Membaca buku

images : http://2.bp.blogspot.com

Meskipun informasi saat ini sudah bisa kita dapatkan melalui internet, tetapi membaca buku tetap memiliki nilai tersendiri. Banyak manfaat yang akan kia peroleh dari membaca buku ini. Salah satunya tentu saja memperluas ilmu pengetahuan. Apalagi di saat tanggal tua kamu kehabisan kuota dan tempat tinggalmu jauh dari tempat yang menyediakan layanan wifi gratis. Membaca buku bisa menjadi solusi mengatasi segala kejenuhanmu.

  1. Berkumpul di rumah bersama keluarga

images : 3.bp.blogspot.com

Berkumpul dirumah bersama keluarga sembari ngobrol dan minum teh mungkin terkesan sangatlah sederhana. Namun hal-hal seperti itu sudahlah cukup untuk bisa membuatmu bahagia. Orang yang mengalami broken home kebanyakan karena minimnya interaksi  dengan anggota keluarga. Karena itu meskipun hanya sekedar minum teh atau kopi bersama keluarga dirumah, syukuri  dan nikmati moment itu.

  1. Maen game kesukaan

http://www.ponselcanggih.com

Maen game bisa juga menjadi solusi atas kejenuhan yang kamu rasakan di tanggal tua. Dengan memainkan game kesukaan kita secara otomatis pemikiran kita akan beralih ke game yang sedang dimainkan tersebut. Dampakanya tentu saja sejenak kita akan lupa dengan permasalahan bahwa budget  yang ada tinggal cukup untuk sekedar makan saja.

Tips-tips diatas mungkin hanya sebagian dari tips mengatasi kejenuhan menunggu gajian. Pada intinya tetap saja, bahagia itu kalian sendiri yang dapat menentukannya, bukan orang lain. Semoga bermanfaat yaa tipsnya…

Komentar

Tips

6 Tips Agar Perjalanan Mudik Tak Membosankan

Published

on

Mudik adalah hal acara yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang perantau. Perjalanan panjang ke kampung halaman rasanya terbayarkan dengan bertemu sanak saudara setelah berbulan-bulan tak berjumpa. Namun apakah perjalanan mudik akan selamanya menyenangkan ? Tentu saja tidak, tetap ada saja hal-hal yang kurang berkenan di hati yang membuat perjalanannya terasa sedikit membosankan. Misalnya saja seperti kemacetan yang parah, yang membuat perjalanan mudik menjadi lebih lama.

Nah untuk menghindari ‘badmood’ karena bosan, kamu bisa mencoba tips menghilangkan kebosanan perjalanan mudik. Berikut selengkapnya

  1. Main game. Jangan lupa untuk mengisi full baterai hp kamu, dan install berbagai macam game sabagai ‘amunisi’ untuk menghilangkan kejenuhan di jalan.

    img: jalantikus

     

  2. Mampir kuliner. Jika bosan diperjalanan, jangan sungkan untuk berhenti di spot-spot wisata kuliner. Selain untuk mengisi perut, kamu juga bisa menghilangkan kejenuhan dengan sedikit merebahkan badan sambil menikmati udara segar.

    img: mysweetescapediary.com

     

  3. Bawa buku bacaan. Buat kamu yang hobi membaca, membawa buku juga salah satu solusi menghilangkan kejenuhan lho ! Tapi hati-hati dengan mata, karena jika terlalu lama bisa-bisa kepala kamu bisa pusing.

    img: autocar.co.uk

     

  4. Menonton film. Salah satu cara ampuh untuk menghilangkah kejenuhan adalah dengan menonton film. Jangan lupa untuk membawa stok film yang banyak agar perjalananmu semakin menyenangkan.

    multimedia-era.blogspot.com

     

  5. Stok cemilan yang banyak. Ngemil di dalam mobil juga merupakan salah satu tips jitu lho untuk mengilangkan kebosanan ! Untuk kamu yang mudik dan tidak melewati toko camilan, ada baiknya membawa bekal camilan yang banyak dari rumah.

    img: grid-oto.com

     

  6. Playlist musik kesukaan. Tips terakhir adalah siapkan stok playlist musik favorit kamu, jadi jikalau macet melanda kamu bisa menikmatinya sambil bernyanyi di dalam mobil, bahkan kalau memungkinkan bawa juga microphone khusus karaoke. Seru kan !

    img: philkotse.com

 

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

4 Cara Mudah Meracik Kopi Hitam Biasa Menjadi Istimewa

Published

on

By

Para penikmat kopi apa kabar? Semoga bulan puasa yang penuh berkah ini tidak mengurangi kenikmatan serta kekhidmatan dalam menyeruput kopi yang dalam satu bulan ini hanya bisa dilakukan di malam hari.

Ada dua golongan penikmat kopi di dunia ini. Golongan yang pertama adalah penikmat kopi sachet. Sedangkan golongan yang kedua adalah aliran garis keras  yang hanya mau meminum kopi tumbukan langsung, entah itu dari petani langsung ataupun dari mesin di cafe-cafe.

Tapi diantara dua golongan itu masih ada mereka yang berdiri di garis tengah. Yakni orang-orang yang berjuang membuat racikan kopi biasa ala kadarnya menjadi kopi yang istimewa seperti yang biasa kamu lihat di cafe-cafe kekinian. Padahal bahan-bahan yang digunakan tidaklah mahal dan mudah didapatkan.

Golongan inilah yang harus mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya. Dengan modal ala kadarnya, mereka mampu menciptakan racikan yang luar biasa enaknya. Kamu pun bisa mencoba melakukannya dengan mempraktekkan 4 cara berikut ini.

  1. Kopi Keju

images: republika.co.id

Biasanya kamu mengkonsumsi keju bersamaan dengan roti. Usai memakannya barulah minum kopi yang diberi campuran dengan gula. Tapi cobalah untuk keluar dari zona nyaman dengan mencampurkan kopi tanpa gula dan mengganti kedudukan gula tersebut dengan keju. Campuran rasanya dijamin akan bikin kamu ketagihan.

2. Es Kopi+Air Kelapa

images: liputan6.com

Cara membuatnya sangatlah mudah. Kamu tinggal mencampur bubuk kopi dengan air dingin lalu simpan dalam kulkas selama beberapa jam. Setelah itu saring dan campurkan dengan es kelapa muda. Kamu yang sedang mengantuk pasca makan siang pasti bisa langsung segar kembali setelah menikmati campuran minuman penuh kesegaran ini.

3. Kopi Mentega

images: hellosehat.com

Seduh bubuk kopi dengan air panas lalu campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 2 sendok makan mentega. Selain memberikan rasa yang unik, campuran minuman ini juga bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan mengenyangkan perut yang sedang kelaparan.

4. Kopi+teh+susu kental manis

images: liputan6.com

Cara yang keempat ini sangatlah sederhana. Kamu tinggal mencampurkan kopi panas dengan teh dan susu kental manis. Atur sendiri takaran sesuai kebutuhan. Sensasinya akan memberikan kesegaran dan membuat semangat bekerjamu akan tumbuh lagi setelah kelelahan.

 

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Gak Cuma Kurma Aja Lho!

Published

on

By

Berbukalah dengan yang manis! Begitulah ungkapan yang beberapa tahun belakangan ini banyak diplesetkan menjadi “berbukalah dengan yang ada, karena yang manis belum tentu ada” ataupun “berbukalah dengan yang mau, karena yang manis belum tentu mau”. Apapun itu plesetannya, memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis.

Salah satu yang manis untuk berbuka puasa adalah buah kurma. Ya, ramadan tanpa kurma ibarat makan bakso tanpa pakai garpu. Kelihatan sepele namun berasa aneh saja. Seperti ada bagian yang kurang.

Lagian memakan kurma saat berbuka juga merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Sudah manis dan lezat, dapat pahala juga. Keuntungan berlipat ganda tentunya.

Tapi bagaimana jika tidak suka atau tidak memiliki kurma? Tenang, hasil riset dari pakar buah-buahan menyatakan bahwa bukan hanya kurma saja yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

  1. Pisang. Buah yang sangat digemari monyet ini akan membuat perutmu segera berasa kenyang karena kandungan karbohidratnya. Selain itu, pisang juga dapat memperlancar pencernaan.

images: http://cdn2.tstatic.net

2. Apel. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C. Apel juga bisa mengurangi nafsu liar makan dan minum kamu saat berbuka. Otomatis kamu tak perlu tersiksa ketika sholat taraweh hanya karena kebanyakan makan saat berbuka.

images: hellosehat.com

3. Blewah. Sering tergoda dengan buah ini ketika memasuki sepertiga akhir puasa? Sabar, tinggal merem aja udah buka kok. Buah yang sering menjadi penyempurna es buah ini bisa mengatasi rasa mual yang diakibatkan dari asam lambung.

images: cloudinary.com

4. Anggur. Walaupun harganya relatif mahal, tapi anggur ternyata sangat bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama menjalankan ibadah puasa.

images: bogor.net

5. Pepaya. Demi tetap lancarnya pencernaanmu selama bulan ramadan, maka sebaiknya kamu mengkonsumsi pepaya saat berbuka puasa. Oh iya, lebih nikmat lagi kalau disajikan dingin-dingin baru keluar dari lemari es.

images: idnews.co.id

6. Melon. Buah yang didominasi warna hijau ini juga cukup baik untuk pencernaan karena tinggi serat. Selain itu melon juga kaya akan kandungan vitamin C, kalium, dan beta karoten.

images: halloyahya.com

7. Semangka. Rasa hausmu akan langsung hilang ketika mengkonsumsi buah yang didalamnya terkandung 91% air ini. Semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

images: brilio.net

Jadi tak usah khawatir yaa kalau berbuka tanpa kurma. Kamu tinggal pilih salah satu dari buah-buahan di atas. Setidaknya itu akan cukup membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Komentar
Continue Reading

Trending