Tips

Menikmati Tanggal Tua Dengan Budget Seadanya, Kenapa Tidak???

images :michaelbliss92.files.wordpress.com

Bagi sebagian besar orang, akhir bulan adalah saat-saat yang paling sulit untuk dilewati. Untuk para karyawan atapaun pegawai negeri, menunggu tanggal 1 bisa jadi berasa sangat lama. Sementara untuk anak kost yang mengandalkan kiriman bulanan dari orang tua waktu seakan berputar lebih lambat dari biasanya.

Tentu saja fenomena seperti itu banyak terjadi. Padahal sudah banya tips-tips yang bisa kita dapatkan dari internet mengenai cara-cara mengatur keuangan. Yang salah satu tujuannya adalah agar terhindar dari kesulitan saat mulai memasuki sepertiga akhir bulan. Tapi entah kenapa, tetap saja ada perasaan menderita saat kalender mulai memasuki tanggal 20 keatas.

Lantas bagaimana sih caranya agar bisa tetap bahagia di tanggal tua meskipun keuangan sudah mulai seret? Beberapa cara berikut ini setidaknya bisa meringankan beban pikiranmu

  1. Nongkrong bareng teman senasib seperjuangan
images : http://manunggal.undip.ac.id

Nongkrong itu tidaklah harus di cafe-cafe mahal. Bisa sekedar di taman kota ataupun warung kopi sederhana di pinggir jalan. Yang terpenting adalah teman ngobrol kita. Apalagi teman nongkrong kita adalah orang-orang yang senasib yang mengalami hal sama. Bisa jadi kita bukannya meratapi keadaan, justru sebaliknya bisa menertawakan keadaan yang sedang kita alami. Syukur-syukur malah menemukan  solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

  1. Nonton koleksi film
images : http://radarpekalongan.com

Kalau di tanggal muda kamu bisa menonton film di bioskop, maka ada baiknya untuk tidak melakukan aktivitas itu ditanggal tua. Lebih baik kamu mendownload film yang ingin kamu tonton itu secara gratis lewat internet. Lhah download kan pakai kuota? Jangan khawatir, cari saja tempat-tempat yang menyediakan layanan wifi gratis. Setelah kamu download kamu tinggal menikmatinya dirumah. Mudah kan?

  1. Bersepeda
images : http://2.bp.blogspot.com

Agar suasana hatimu rileks dan gak spaneng (tegang) ada baiknya kamu melakukan olahraga bersepeda. Selain menyehatkan, olahraga ini juga murah meriah. Itu dengan catatan kamu sudah punya sepeda lho. Kalau belum kamu bisa menggantinya dengan jogging di taman ataupun juga jalan santai keliling lingkunganmu.

  1. Membaca buku
images : http://2.bp.blogspot.com

Meskipun informasi saat ini sudah bisa kita dapatkan melalui internet, tetapi membaca buku tetap memiliki nilai tersendiri. Banyak manfaat yang akan kia peroleh dari membaca buku ini. Salah satunya tentu saja memperluas ilmu pengetahuan. Apalagi di saat tanggal tua kamu kehabisan kuota dan tempat tinggalmu jauh dari tempat yang menyediakan layanan wifi gratis. Membaca buku bisa menjadi solusi mengatasi segala kejenuhanmu.

  1. Berkumpul di rumah bersama keluarga
images : 3.bp.blogspot.com

Berkumpul dirumah bersama keluarga sembari ngobrol dan minum teh mungkin terkesan sangatlah sederhana. Namun hal-hal seperti itu sudahlah cukup untuk bisa membuatmu bahagia. Orang yang mengalami broken home kebanyakan karena minimnya interaksi  dengan anggota keluarga. Karena itu meskipun hanya sekedar minum teh atau kopi bersama keluarga dirumah, syukuri  dan nikmati moment itu.

  1. Maen game kesukaan
http://www.ponselcanggih.com

Maen game bisa juga menjadi solusi atas kejenuhan yang kamu rasakan di tanggal tua. Dengan memainkan game kesukaan kita secara otomatis pemikiran kita akan beralih ke game yang sedang dimainkan tersebut. Dampakanya tentu saja sejenak kita akan lupa dengan permasalahan bahwa budget  yang ada tinggal cukup untuk sekedar makan saja.

Tips-tips diatas mungkin hanya sebagian dari tips mengatasi kejenuhan menunggu gajian. Pada intinya tetap saja, bahagia itu kalian sendiri yang dapat menentukannya, bukan orang lain. Semoga bermanfaat yaa tipsnya…

Comments

comments