Hits Banget

Bukan Lagi Terbuat Dari Kertas Biasa, Simak Inovasi Buku Anak Yang Semakin Kekinian !

Perkembangan buku anak jaman sekarang banyak sekali inovasinya. Tak hanya melulu dengan buku bertulisan dan gambar yang menarik, kini buku berinovasi menjadi berbagai macam bentuk yang diharapkan bisa semakin menarik minat baca anak. Berikut berbagai inovasi buku yang semakin keren.

  1. Buku waterproof & anti sobek

Diperuntukkan untuk anak-anak, yang polah tingkahnya masih sangat aktif, kini tersedia buku waterproof (anti air) dan anti sobek. Dibuat dengan bahan yang tebal serta dilaminasi dengan bahan plastik, buku ini aman jika terjatuh dalam air ataupun jika anak memaksa menyobek.

buku waterproof via instagram.com/tubbytales
  1. Buku high contrast untuk bayi

Inovasi yang paling baru, yaitu buku khusus untuk bayi. Tidak banyak kata yang ada di dalamnya, buku ini lebih bertujuan untuk merangsang penglihatan si bayi mulai dari usia 0 bulan. Kita perlu tahu jika bayi baru lahir itu baru mengenal warna-warna kontras saja (hitam-putih) oleh karena itu buku ini sengaja dibuat hanya dengan 2 warna, yaitu hitam dan putih.

buku high contrast via instagram.com/rabbitholeid
  1. Buku bantal

Masih diperuntukkan untuk bayi, sekarang nggak usah khawatir lagi kalau anak tidak sengaja kejatuhan buku kemudian terluka. Karena sekarang sudah ada buku berbahan bantal ! woww…. tanpa mengurangi esensi buku, yaitu melatih anak untuk membiasakan membaca sejak dini, buku bantal tetap hadir dengan gambar-gambar menarik berbahan kain flanel serta tulisan yang minim.

buku bantal via aliexpress.com
  1. Buku busa

Senada dengan buku bantal, buku bahan busa pun kini juga telah banyak di produksi. Tujuannya juga sama, untuk menghindari anak terluka saat ‘bermain’ dengan buku.

buku busa via bukubalitacerdas.blogspot.com
  1. Buku pop-up

Nah kalau inovasi yang satu ini lagi hits banget, namanya buku pop-up yitu buku yang kalau dibuka seakan muncul gambar 3 dimensinya. Produsen buku anak sedang gencar membuat buku yang satu ini, apalagi dimudahkan dengan penjualan on-line. Tujuannya pun tak lebih agar anak semakin tertarik untuk mengenal buku sejak dini.

pop-up book via amazon.co.uk
  1. Busy book

Buku yang satu ini bisa juga disebut activity book karena didalamnya bukan lagi dongeng atau cerita bergambar namun berisi kumpulan aktivitas anak. Misalnya mencocokkan warna,  menjodohkan angka, memberi makan hewan, mencari jalur yang benar, dll. Dengan begitu, anak bisa belajar banyak hanya dalam satu buku.

busy book via pinterest.com
  1. Sound book

Sesuai dengan namanya, sound book ini adalah buku yang bisa mengeluarkan suara. Misalnya buku tentang transportasi, maka disitu akan keluar suara mobil, motor, bis, dll. Dengan sound book ini diharapkan anak juga tidak hanya membayangkan tentang suaranya saja namun juga bisa mendengar secara langsung.

sound book via amazon.com
  1. Buku digital

Kids jaman now memang banyak sekali fasilitasnya, salah satunya dalam hal buku. Selain buku-buku di atas, buku versi digital pun juga tak kalah ketinggalan. Dengan bermodal smartphone, maka kamu bisa meng-install buku digital pada aplikasi HP kamu. Niscaya kamu tak perlu ke toko buku lagi untuk membeli buku namun hanya dengan membuka layar smartphone kamu. Selamat mencoba !

buku digital via republika.co.id

Comments

comments