Connect with us

Hits Banget

Sensory Play Paling Hits Tahun 2017

Published

on

Bermain adalah dunia anak. Dengan bermain, anak menjadi terlatih untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan. Perkembangan ilmu parenting (pengasuhan anak) sekarang ini semakin bermacam-macam, salah satunya pada aktivitas bermain anak. Nggak melulu main masak-masakan atau main kelereng, ibu-ibu muda hits Indonesia kini sudah banyak mengadopsi permainan sensori (sensory play) a la kebarat-baratan. Lalu, apa sajakah itu ? berikut hitsbanget akan review Sensory Play paling hits di tahun 2017 !

  1. Flubby jelly

Sesuai dengan namanya, Flubby Jelly ini dibuat dengan jelly (agar-agar). Cara membuatnya cukup mudah yaitu seperti membuat jelly pada umumnya hanya saja tekstur jelly tidak ditunggu sampai mengeras namun hanya sampai molor dan kenyal. Permainan flubby jelly ini sangat bermanfaat lho, karena dapat melatih indera peraba anak serta cocok untuk segala usia. Anak dapat belajar tentang tekstur kenyal, licin, lembek serta daat pula belajar tentang warna.

flubby jelly via indonesiamontessori.com

  1. Play Dough

Permainan ini kalo jaman dulu mirip sama plastisin atau lilin mainan. Cuma kalau sekarang istilah kerennya Play Dough dan ternyata kita bisa membuat sendiri di rumah lho ! Caranya gampang banget, cukup dengan mencampurkan tepung terigu, air, garam, minyak dan pewarna makanan, kemudian gilas terus hingga kalis. Dan.. jadi deh ! play dough ini bagus banget untuk mengasah kreativitas anak, dan merangsang daya imajinasi.

play dough via beafunmum.com

  1. Sensory Bottle

Sensory Bottle juga salah satu permainan yang cukup hits di dunia per-instagram-an, hehe. Dengan bahan baku yang cukup mudah, yaitu beberapa botol air mineral bekas yang diisi dengan berbagai macam benda. Misalnya beras, kacang tanah, tepung, air, dll. Tujuan dari permainan ini antara lain adalah untuk melatih indera pendengaran anak. Dengan menggerak-gerakkan botol akan tercipta bunyi yang berbeda di setiap botol.

sensory bottle via sharingdisana.com

  1. Shorting Color

Inti permianan ini adalah mengelompokkan warna yang sama. Cocok deh untuk anak usia 1-3 tahun. Variasinya banyak banget, bisa dengan penjepit pakaian, sedotan plastik, bola pom-pom, dll. Caranya juga mudah, orang tua tinggal menyediakan tempat untuk memisahkan berbagai warna tersebut. Dan tentunya, kemas permainan se menarik mungkin ya !

shorting color via learning4kids.net

  1. Sensory Ice Ball

Di negara-negara barat, permainan ini hits banget lho ! Caranya juga simpel banget, mula-mula siapkan mainan hewan kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam plastik yang telah diberi air berwarna warni. Langkah terakhir adalah masukkan ke dalam freezer sampai beku. Nantinya orang tua menginstruksikan agar si anak membebaskan hewan-hewan tersebut dari dalam es. Dalam permainan sensory ice ball ini anak akan belajar tentang tekstur dingin, kasar dan keras serta belajar bagaimana memecahkan masalah. Wow, sederhana namun besar manfaatnya ya ! Yuk kita coba di rumah !

ice ball via brisbanekids.com.au

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Peraturan Baru, Instagram Akan Hapus Postingan Iklan Pelangsing Badan!

Published

on

Mungkin Sobat Spaneng udah gak asing lagi sama maraknya iklan yang lalu-lalang di Instagram, mulai dari produk diet, kosmetik, hingga alat pembesar payudara pemancung hidung. Iklan-iklan tersebut biasanya diposting oleh para selebriti karena tuntutan endorse suatu produk.

img: instagram kyliejenner

Sebagai pengguna, mungkin kamu merasa kurang nyaman adanya iklan-iklan ini. Karena kemunculannya seakan langsung menutup komen-komen utama. Dan merespon adanya ketidaknyamanan tersebut, ternyata baru-baru ini Instagram baru aja ngumumin sebuah kebijakan baru nih. Pihak Instagram mengatakan jika unggahan yang mempromosikan produk penurun berat badan akan disembunyikan atau bahkan di hapus lho!

Apalagi kalau iklan ini ditujukan untuk anak muda yang umurnya dibawah 18 tahun. Usut punya usust, hal ini dilakukan Instagram karena adanya kekhawatiran yang meningkat atas dampak promosi produk-produk diet pada anak muda. Dan kebijakan ini tidak hanya berlaku di Instagram lho, melainkan juga berlaku untuk Facebook yang merupakan perusahaan induk dari Instagram.

Selain dampak negatif dari konsumsi obat diet itu sendiri, ternyata Instagram juga cukup memperhatikan kesehatan mental penggunanya terutama anak-anak muda ya! Jadi, Selamat tinggal iklan pelangsing badan!

Komentar
Continue Reading

Hiburan

Ini Dia Ilir7, Penyanyi Asli ‘Entah Apa yang Merasukimu’

Published

on

Berkat sosial media, lagu yang sebetulnya sudah rilis tahun 2018 silam pun bisa mendadak jadi viral. Ya, seperti lagu ‘Salah Apa Aku’ yang dipopulerkan oleh sebuah band asal Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Jika sobat spaneng pernah melihat beberapa video parodi berikut, tentu sudah tak asing dengan lagu yang mempunyai lirik ‘Entah apa yang merasukimu’ ini

Saking viralnya di media sosial, liriknya sampai membuat netizen terngiang-ngiang. Lirik ‘entah apa yang merasukimu’ tersebut jadi terbayang-bayang karena saking seringnya terdengar. Lantas, siapa pemilik asli lagu ‘Salah Apa Aku’ tersebut ?

img: 17lirik.com

Setelah ditelusuri, ternyata pemilik lagu aslinya adalah sebuah band yang bernama ILIR 7. Meskipun lirik yang mengena adalah ‘entah apa yang merasukimu’ namun judul lagu aslinya adalah ‘Salah Apa Aku’. Lagu aslinya pun lebih slow dari lagu yang viral di media sosial. Berikut versi asli lagu ‘Salah Apa Aku’ yang dipopulerkan oleh ILIR 7

Lirik ‘Salah Apa Aku’

Aku percaya kamu
Tapi lagi-lagi kau bohongiku
Kau telah tipu aku
Aku menyayangimu
Tapi lagi-lagi kau sakitiku
Kau telah khianatiku
Tak pernah ku sangka kau telah berubah
Kau membagi cinta dengan dirinya
Aku yang terluka, sungguh aku kecewa
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku
Aku menyayangimu
Tapi lagi-lagi kau sakitiku
Kau telah khianatiku
Tak pernah ku sangka kau telah berubah
Kau membagi cinta dengan dirinya
Aku yang terluka, sungguh aku kecewa
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku wooo
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku hoo
Kau sia-siakan cintaku
Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Peraturan Baru, Usia Nikah Minimal 19 Tahun

Published

on

Dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat naikkan batas minimal usia pernikahan menjadi 19 tahun dari 16 tahun. Rencana tersebut dibahas lewat revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

img: todayifoundout.com

Beberapa alasan mengapa pemerintah menaikkan batas minimal usia perkawinan antara lain untuk menekan angka perceraian, memberikan kesempatan lebih luas mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan praktik perkawinan anak di bawah umur yang sangat merugikan bagi anak, keluarga, maupun negara.

Dalam pembahasan RUU, dari 10 fraksi ada dua partai yang menolak rencana tersebut. Sedangkan, delapan partai menyetujui rencana kenaikan batas minimal usia pernikahan menjadi 19 tahun.

Nantinya, aturan ini akan memuat sanksi untuk pihak yang melanggar. Namun, seperti apa sanksinya pemerintah belum bisa memberikan kejelasan secara rinci.

Keputusan tentang batas minimal usia menikah ini didukung pula oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Menurut Lukman, putusan itu memenuhi rasa keadilan di masyarakat. Karena itu, ia menilai tak perlu ada perbedaan usia minimal pernikahan untuk laki-laki maupun perempuan. Karena sebelumnya, batas minimal usia menikah perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun.

Komentar
Continue Reading

Trending