Hits Banget

Sensory Play Paling Hits Tahun 2017

Bermain adalah dunia anak. Dengan bermain, anak menjadi terlatih untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan. Perkembangan ilmu parenting (pengasuhan anak) sekarang ini semakin bermacam-macam, salah satunya pada aktivitas bermain anak. Nggak melulu main masak-masakan atau main kelereng, ibu-ibu muda hits Indonesia kini sudah banyak mengadopsi permainan sensori (sensory play) a la kebarat-baratan. Lalu, apa sajakah itu ? berikut hitsbanget akan review Sensory Play paling hits di tahun 2017 !

  1. Flubby jelly

Sesuai dengan namanya, Flubby Jelly ini dibuat dengan jelly (agar-agar). Cara membuatnya cukup mudah yaitu seperti membuat jelly pada umumnya hanya saja tekstur jelly tidak ditunggu sampai mengeras namun hanya sampai molor dan kenyal. Permainan flubby jelly ini sangat bermanfaat lho, karena dapat melatih indera peraba anak serta cocok untuk segala usia. Anak dapat belajar tentang tekstur kenyal, licin, lembek serta daat pula belajar tentang warna.

flubby jelly via indonesiamontessori.com
  1. Play Dough

Permainan ini kalo jaman dulu mirip sama plastisin atau lilin mainan. Cuma kalau sekarang istilah kerennya Play Dough dan ternyata kita bisa membuat sendiri di rumah lho ! Caranya gampang banget, cukup dengan mencampurkan tepung terigu, air, garam, minyak dan pewarna makanan, kemudian gilas terus hingga kalis. Dan.. jadi deh ! play dough ini bagus banget untuk mengasah kreativitas anak, dan merangsang daya imajinasi.

play dough via beafunmum.com
  1. Sensory Bottle

Sensory Bottle juga salah satu permainan yang cukup hits di dunia per-instagram-an, hehe. Dengan bahan baku yang cukup mudah, yaitu beberapa botol air mineral bekas yang diisi dengan berbagai macam benda. Misalnya beras, kacang tanah, tepung, air, dll. Tujuan dari permainan ini antara lain adalah untuk melatih indera pendengaran anak. Dengan menggerak-gerakkan botol akan tercipta bunyi yang berbeda di setiap botol.

sensory bottle via sharingdisana.com
  1. Shorting Color

Inti permianan ini adalah mengelompokkan warna yang sama. Cocok deh untuk anak usia 1-3 tahun. Variasinya banyak banget, bisa dengan penjepit pakaian, sedotan plastik, bola pom-pom, dll. Caranya juga mudah, orang tua tinggal menyediakan tempat untuk memisahkan berbagai warna tersebut. Dan tentunya, kemas permainan se menarik mungkin ya !

shorting color via learning4kids.net
  1. Sensory Ice Ball

Di negara-negara barat, permainan ini hits banget lho ! Caranya juga simpel banget, mula-mula siapkan mainan hewan kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam plastik yang telah diberi air berwarna warni. Langkah terakhir adalah masukkan ke dalam freezer sampai beku. Nantinya orang tua menginstruksikan agar si anak membebaskan hewan-hewan tersebut dari dalam es. Dalam permainan sensory ice ball ini anak akan belajar tentang tekstur dingin, kasar dan keras serta belajar bagaimana memecahkan masalah. Wow, sederhana namun besar manfaatnya ya ! Yuk kita coba di rumah !

ice ball via brisbanekids.com.au

Comments

comments