Hiburan, Hits Banget, Kisah Nyata, Uncategorized

Wow !! Inilah 6 Bukti Bahwa Netizen Indonesia Itu Sadis !

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia adalah salah satu negara paling konsumtif di dunia, terbukti dengan banyaknya angka penjualan smartphone Indonesia. “Apa-apa laku pokoknya” kalo jualan di Indonesia ! Hal tersebut juga diimbangi dengan aktivitas para penggunanya di dunia maya, “dikit-dikit update status, dikit-dikit nge-twit, dikit-dikit buka instagram” Dari dikit-dikit tersebut akhirnya bisa dikatakan kecanduan terhadap dunia maya dan berujung pada ke-kritis-an terhadap setiap fenomena di sekitar kita. Namun tidak semuanya negatif lho, banyak juga yang memanfaatkan media sosial untuk menjalin silaturahmi sewajarnya, mencari ilmu, dll. Dan berikut hitsbanget akan merangkum bagaimana ‘sadis’nya Netizen di Indonesia !

  1. Menertawakan setiap permasalahan

Seharusnya jika sebuah institusi sedang mempunyai permasalahan atau kasus, apalagi sampai merugikan negara, akan memperoleh hukuman setimpal oleh pihak berwajib. Namun tidak bagi penjahat di Indonesia. Mereka juga akan mendapat hukuman mental dari para netizen Indonesia ! Woww…. apakah itu ? Ya, para netizen tidak segan-segan menunjukkan kreativitas mereka dengan membuat meme/ lelucon tentang kejahatan mereka. Itu dilakukan semata-mata untuk mempermalukan si pelaku agar ada efek jera. Seperti yang dialami tersangka kasus korupsi e-KTP baru-baru ini. Baru beberapa hari ditetapkan menjadi tersangka kemudian mangkir dari pemeriksaan dengan alasan sakit, alih-alih bukannya di doakan malah dihujat habis-habisan oleh para netizen. Meme-meme berikut ini mungkin akan membuatmu tertawa terbahak-bahak.

tersangka malah dibuat meme

2. Membully siapapun dan kapanpun !

Jangan coba-coba melecehkan Indonesia dari segi apapun, niscaya kamu akan habis dibully oleh netizen Indonesia. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu ketika ajang SEA Games di Malaysia, Malaysia sempat salah memasang gambar Bendera Indonesia di brosur SEA Games. Bendera Indonesia yang dicantumkan secara terbalik sontak menyulut amarah para netizen. Berbagai meme tentang Malaysia pun bermunculan bahkan menjadi viral di media sosial, dan lebih kejamnya lagi beberapa situs di Malaysia sampai diserang hacker ! Hmm…

kumpulan meme malaysia

3. Membuat Kelompok Haters

Media sosial menjadi tempat yang paling nyaman untuk membentuk kelompok haters atau mereka yang tidak suka akan seseorang. Haters ini bahkan membuat akun khusus untuk menyerang orang yang tidak dia sukai. Contoh yang paling terkenal adalah artis Ayu Ting-ting yang selain mempunyai fans begitu besar, dia juga mempunyai haters yang jumlahnya sangat banyak. Haters Ayu Ting-ting bahkan membuat akun di Instagram dan sering menghujat fans Ayu Ting-ting. Kalo yang ini jangan ditiru ya guys !

haters via speakingtree.com

4. Mudah Menyebarkan Hoax

Namun, ada juga beberapa dari netizen Indonesia mudah terprovokasi untuk menyebarkan hoax atau berita bohong. Hoax ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab ketika sedang terjadi musibah atau fenomena tertentu. Mereka membuat suatu berita bohong dan dengan sedikit ‘bumbu’ pada postingannya tersebut niscaya netizen yang kurang kritis akan langsung terprovokasi dan meng-share berita hoax tersebut. So, pandai-pandailah membedakan mana berita hoax & mana yang berita benar ya !

berita hoax via infokomputer.grid.id

5. Hampir tidak ada celah untuk privasi publik figure

Tidak ketinggalan, para public figure/ artis sekarang ini juga menjadi ‘korban’ para netizen. Mereka bahkan membuat akun khusus gosip artis yang selalu update tentang kegiatan public figure tersebut. Dan hebatnya, acara infotainment di TV sekarang malah memperoleh informasi dari akun-akun gosip tersebut. Dan cara kerja papparazi tersebut sangatlah sederhana, jika netizen mengetahui aktivitas artis tertentu, mereka tinggal ‘melaporkan’ aktivitas tersebut disertai bukti foto ke akun-akun gosip. Kemudian akun gosip tersebut

papparazi via istockphoto.com
  1. Memviralkan pihak tertentu

Terlepas dari hal-hal di atas, ternyata ada juga lho hal positif yang bisa dimanfaatkan melalui media sosial, salah satu contohnya melakukan pencarian orang dengan memposting foto orang hilang tersebut di fanpage-fanpage yang mempunyai banyak follower. Dengan memviralkan orang hilang, tak jarang yang membuahkan hasil hingga orang hilang tersebut dapat ditemukan.

viral via sparknotes.com

So, bijak-bijaklah dalam menggunakan sosial media. Jadilah netizen Indonesia yang cerdas dan tidak mudah terprovokasi. Cheers !

Comments

comments