Connect with us

Hits Banget

Tujuh Fakta Tentang Sekolah Kedinasan Yang Harus Kamu Tahu !

Published

on

images : ask.fm

Beberapa tahun belakangan, minat lulusan SMA ataupun SMK untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi kedinasan bisa dibilang meningkat. Susahnya mencari pekerjaan bagi lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta dan jaminan untuk menjadi pegawai negeri menjadi alasan kenapa banyak pelajar yang ingin masuk ke sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan itu ada banyak. Contohnya adalah STAN, STTD, IPDN, STMKG, STSN, STIN, STIS, juga Akademi Militer ataupun Akademi Kepolisian. Biasanya penerimaan masuknya adalah sekitar bulan April sd September. Kamu yang baru saja gagal tidak perlu khawatir, karena tahun depan kesempatan masih ada. Itu dengan catatan kamu masih berminat.

Akan tetapi buat kalian yang berencana akan mendaftar tahun depan, nih kami beri tujuh fakta tentang sekolah kedinasan yang perlu kalian ketahui, agar tidak kaget saat nanti seleksi ataupun sudah dinyatakan lolos.

  1. Proses penerimaan yang dibatasi usia

images : http://lulusujian.com

Ketika kamu mendaftar ke perguruan tinggi, baik itu negeri ataupun swasta maka tidak ada namanya pembatasan usia. Yang terpenting adalah kamu memenuhi syarat dan lolos seleksi masuk. Tapi untuk perguruan tinggi kedinasan, maka hanya kamu yang berusia 18-22 tahun saja yang bisa mengikuti seleksi. Hal ini ditujukan agar negara memiliki pegawai yang benar-benar fresh graduate sehingga mampu menjalankan tugas negara  dengan maksimal.

  1. Persyaratan yang cukup banyak

images : http://polresbekasi.info

Untuk persyaratan yang harus kamu lengkapi bisa jadi lebih banyak dibandingkan kalau kamu mendaftar kerja atau mengikuti SNMPTN. Raport kamu dari jaman SMP bisa-bisa harus dilampirkan. Selain itu kamu juga harus mendapatkan SKCK dari Kepolisian  setempat. Kalau kamu sudah pernah tercatat melakukan tindakan kriminal, maka harus kamu buang jauh-jauh impianmu untuk masuk ke sekolah kedinasan.

  1. Proses seleksi yang ketat

http://fajaronline.com

Bukan hanya tes akademik yang akan kamu hadapi, tapi juga tes kesehatan, administrasi, samapta, mental ideologi, serta kesehatan. Biasanya itu dilakukan secara bertahap. Gagal di salah satu tahapan tes berarti tidak akan bisa melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya. Semua itu dilakukan agar negara benar-benar mendapatkan orang-orang terbaik untuk menjadi seorang aparatur negara.

  1. Kehidupan di kampus yang penuh kedisiplinan

images : scontent-sjc2-1.cdninstagram.com

Kalau masuk perguruan tinggi kedinasan, jangan harap kamu masih bebas mengenakan pakaian preman (pakaian sipil/bebas). Selama menempuh pendidikan kamu akan mengenakan seragam, seperti ketika kamu di SMA. Kehidupanmu pun akan diatur sedemikian rupa mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kalau kamu tidak mengikuti aturan, siap-siap saja untuk menerima hukuman yang tentunya tidak ringan.

  1. Tidak ada toleransi untuk IPK rendah

images : http://sumbar.ipdn.ac.id

Lamanya masa pendidikan di sekolah kedinasan telah ditentukan. Untuk program D4 atau setara dengan  S1 biasanya 4 tahun. Nah kalau di perguruan tinggi reguler kamu bisa mengulurnya hingga 6 atau 7 tahun tergantung kampusnya. Namun di sekolah kedinasan ini sekali IPK mu kurang maka kamu tidak naik tingkat. Kalau dua kali maka bisa dipastikan kamu akan di drop out dari sana. Bahkan di beberapa sekolah menerapkan aturan semua mata kuliah harus lulus, ada satu nilai saja yang D maka itu berarti drop out meski nilai lainnya A. Gimana masih berminat?

  1. Adanya penerapan senioritas

images : scontent-sea1-1.cdninstagram.com

Di sekolah kedinasan, nuansa senioritas akan sangat terasa. Sebagai junior kamu harus selalu patuh dan taat kepada senior. Sebaliknya nanti saat sudah jadi senior berarti kamu harus bisa menjadi contoh bagi junior. Masih ingat “pasal 1 : senior tidak pernah salah” kan? Yang perlu disadari adalah segala yang dilakukan senior kepada juniornya ini adalah untuk pembinanaan, agar junior menjadi semakin baik.

  1. Kamu akan lebih menghargai weekend

images : aws-dist.brta.in

Saat weekend adalah saat yang paling dinantikan. Sebab saat itulah para siswa akan mendapat waktu untuk meninggalkan asrama. Biasanya waktu weekend itu dimanfaatkan untuk mengunjungi pacar , keluarga ataupun sekedar jalan-jalan melepas kepenatan selama satu minggu. Tapi ada beberapa sekolah yang tetap mewajibkan siswanya untuk tetap menggunakan seragam dinas saat weekend, baik itu pesiar maupun ijin bermalam. Tapi kamu tidak perlu resah, dengan seragam yang kamu gunakan kamu justru akan terlihat semakin gagah dan berwibawa.

Itulah beberapa fakta mengenai sekolah kedinasan. Jadi kalau kamu berminat untuk masuk ke sekolah kedinasan, ada baiknya kamu harus mulai mempersiapkan diri dari saat ini. So…selamat belajar dan berlatih yaa…

 

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Pengen Mudik Naik Helikopter? Inilah Biaya yang Harus Kamu Siapkan

Published

on

By

Sudah tradisi dari tahun ke tahun bahwa setiap orang yang merantau akan pulang mudik saat lebaran tiba. Biasanya, segala cara dilakukan agar sampai di kampung halaman tercinta. Dari yang sekedar mudik ala kadarnya asal sampai kampung halaman, sampai dengan ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi merayakan idul fitri bersama keluarga besar.

Oleh karena itu seringkali kita melihat antrian panjang kendaraan, baik pribadi ataupun umum di jalan-jalan nasional. Untungnya sekarang sudah ada jalan tol trans Jawa, sehingga kemacetan legendaris di kawasan jalur Pantura bisa berkurang. Kepadatan yang sama juga terjadi di jalur laut serta jalur udara.

Pelabuhan dan bandara kepadatannya meningkat beberapa kali lipat dari hari biasanya. Apalagi lebaran tahun ini akan bertepatan dengan libur semester anak sekolah. Resiko bertemu kemacetan akan lebih meningkat dibanding tahun lalu.

Nah, biar perjalanan mudik kamu lancar serta bebas kemacetan, tak ada salahnya untuk mencoba moda transportasi yang satu ini, Helikopter! Ya, kamu tak salah baca. Sebuah perusahaan bernama Whitesky Aviation menawarkan jasa mudik dengan helikopter.

Ada dua jenis helikopter yang disediakan oleh Whitesky Aviation. Jenis pertama berkapasitas 4 orang penumpang, sedangkan jenis yang kedua berkapasitas 6 orang penumpang.

Sayangnya Whitesky Aviation baru menyediakan rute Jakarta-Bandung saja. Jadi jika menggunakan jasa Whitesky Aviation kamu tak perlu repot-repot menempuh kemacetan panjang di gerbang tol Cipularang ataupun berebut tiket naik kereta api. Kamu cukup pesan tiket ke Whitesky Aviation, lalu dalam waktu kurang dari satu jam sudah akan berada di kota kembang.

Cepat sekali bukan?

Hanya saja, kamu harus merogoh kocek yang lumayan untuk menikmati kecepatan serta kenyamanan itu. Pihak Whitesky Aviation mematok harga 14 juta rupiah untuk helikopter berkapasitas 4 orang dan harga 24 juta untuk helikopter berkapasitas 6 orang penumpang.

Tapi bagaimana jika ingin mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Timur? Tenang saja, pihak Whitesky Aviation juga bisa melayaninya. Bedanya, tarif yang dipatok adalah tarif charter dengan biaya 30 juta rupiah per jamnya.

Meskipun terkesan mahal, nyatanya mudik dengan helikopter tetap ada peminatnya. Tahun lalu saja pihak Whitesky Aviation menyatakan bahwa jadwal penerbangannya penuh.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk mencoba mudik dengan helikopter? Yah siapin dulu uangnya yaa, kalau budget kamu pas-pasan, mending ikut program mudik gratis tahun 2019. Untuk beritanya bisa kamu lihat di link bawah ini.

Mudik Gratis 2019

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Tak Perlu Keluar Biaya! Inilah Daftar Mudik Gratis yang Disediakan Oleh BUMN

Published

on

By

Bulan ramadhan memang masih 5 hari lagi. Itupun keputusan mulai pelaksanaanya masih menunggu hasil keputusan sidang isbat yang rencananya baru akan digelar akhir pekan nanti. Tapi hal itu bukanlah suatu alasan untuk tidak segera merencanakan perjalanan mudik kamu nanti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mudik tahun 2019 ini bisa dipastikan akan tetap padat dan butuh biaya yang tidak sedikit. Untungnya, beberapa perusahaan BUMN memberikan layanan mudik gratis 2019 bagi kamu yang memenuhi persyaratan. Tentunya ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi kita semua.

Untuk kamu yang ingin menghemat anggaran mudik, perhatikan baik-baik daftar BUMN yang memberikan layanan mudik gratis 2019 berikut ini. Perhatikan pula syarat-syaratnya, jangan sampai ada yang terlewat.

  1. PT Pelabuhan Indonesia II 

Perusahaan yang menangani perjalanan melalui jalur laut ini memberikan banyak kesempatan mudik gratis untuk masyarakat yang hendak berlebaran di kampung halaman. Jangan sampai salah mendaftar rute tujuan yaa.

1. Purwokerto – Pemalang – Pekalongan – Semarang – Solo – Pacitan – Surabaya – Padang Lokasi pendaftaran di masjid Al-Khodamuttaqwa, Jl Padamarang 10, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta utara.

2. Surabaya – Malang Lokasi pendaftaran di kantor JICT, Jl Sulawesi Ujung No 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

3. Yogyakarta Lokasi Pedaftaran: kantor TPK Koja Jakarta Utara dan kantor PTIPC TPK, Jakarta utara.

4. Indramayu – Cirebon – Kuningan – Tegal – Brebes Lokasi pendaftaran di Gedung PT Indonesia Kendaraan Terminal Jl Sindang Laut, Cilincing, Jakarta Utara.

5. Semarang Lokasi Pendaftaran di Gedung kantor PT Pelabuhan Tanjung Priok, Jl Raya Pelabuhan No 9, Jakarta Utara.

6. Solo Lokasi Pendaftaran di kantor PT Jasa Armada Indonesia, Jl Raya Ancol Baru, Jakarta utara.

7. Palembang Lokasi pendaftaran di gedung PT Multi Terminal Indonesia, Jl Pulai Payung No. 1, Tanjung Priok.

Syarat Pendaftaran:

1. Foto copy KTP

2. Foto copy Kartu keluarga (KK)

3. Surat Keterangan domisili RT/RW Setempat Pendaftaran Mudik Gratis Pelindo II dibuka mulai 2-10 mei 2019 pukul 09.00 – 16.00 WIB selama hari kerja.

Pendaftaran mudik gratis ini akan ditutup jika kuota penuh. Jika kamu akan mudik menggunakan cara ini maka akan diberi fasilitas seperti snack dan makanan, obat-obatan dan asuransi perjalanan. Keberangkatan mudik gratis Pelindo II pada 29 Mei 2019 sementara rute Surabaya akan diberangkatkan pada 30 Mei. Arus balik atau kepulangan diperkirakan pada 12 Juni 2019.

2. PT Pelabuhan Indonesia III 

PT Pelindo III melayani mudik gratis 2019 dengan moda transportasi berupa bus dan kapal laut. Pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 20 Mei 2019 mendatang. Mumpung masih ada waktu, segeralah mendaftar. Untuk diketahui, mudik dengan bus akan menempuh rute dari Semarang – Demak, Semarang – Tegal, Semarang – Yogyakarta, Semarang – Solo, Semarang – Wonosobo, Semarang – Rembang, Semarang – Purworejo, Surabaya – Trenggalek, Surabaya – Blitar, Surabaya – Madiun, Surabaya Jember dan Surabaya Bojonegoro.

Sedangkan rute mudik dengan kapal laut adalah dari Kotawaringin Barat – Surabaya, Kotawaringin Barta – Semarang, Kotawaringin Timur – Semarang, Kotawaringin Timur – Surabaya dan Tanah Bumbu – Surabaya. Berikut syarat-syaratnya:

  • 1 (satu) orang pemudik hanya boleh mendaftar sebanyak 1 (satu) kali untuk masing-masing jenis moda yakni kapal laut dan bus
  • Pendaftar dapat mendaftarkan anggota keluarganya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga
  • Pelaksanaan daftar ulang (verifikasi dokumen) dilaksanakan pada saat hari-H keberangkatan mudik dan tidak boleh diwakilkan kecuali oleh anggota keluarga yang terdapat dalam Kartu Keluarga
  • Daftar ulang dilakukan dengan membawa dokumen asli dan fotocopy KTP serta Kartu Keluarga.

3. PT Pindad

Perusahaan BUMN yang selama ini terkenal dengan produksi senjatanya ini juga memberikan layanan mudik gratis. Adapun rute yang dilayani adalah Bandung-Bandar Lampung dan Bandung Solo.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Satu orang pendaftar hanya boleh mendaftar 1 (satu) kali.
  • Pendaftar dapat mendaftarkan anggota keluarganya yang dibuktikan dengan kartu keluarga saat daftar ulang.
  • Daftar ulang tidak boleh diwakilkan, kecuali oleh anggota keluarga yang bersangkutan.
  • Apabila pada saat daftar ulang tidak memenuhi persyaratan, maka otomatis dibatalkan. Pendaftaran ditutup jika kuota peserta terpenuhi.

4. Perum Damri

Sama dengan PT Pindad, Perum Damri juga menyediakan mudik gratis dengan moda transportasi bus. Rute yang dilayani adalah Sukabumi-Banyumas, Bandung-Kuningan, Pontianak-Melawi, dan Pontianak-Sintang.

Berikut persyaratannya:

  • Setiap 1 orang pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar 1 kali
  • Peserta mudik hanya dapat mendaftar maksimal 4 orang dewasa
  • Untuk anak yang ikut mudik harus dipangku
  • Batas Usia mudik untuk anak adalah 4 Tahun
  • Pendaftar mudik dengan peserta mudik harus ada hubungan keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga
  • Daftar Ulang ( Verifikasi Dokumen ) tidak diperbolehkan untuk diwakilkan, kecuali masih ada hubungan dalam 1 keluarga (Istri/ suami/ anak yang sudah dewasa)

5. PT KAI

PT KAI sebagai perusahaan yang menangani moda transportasi terfavorit saat mudik juga memberikan layanan mudik gratis. Rute yang disediakan adalah Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta, Blitar-Jakarta, dan Jakarta-Blitar. Pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak tanggal 26 April sd 08 Mei 2019.

Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:

  • Program mudik gratis ini terbuka bagi seluruh masyarakat, tidak berlaku bagi pegawai KAI, keluarga pegawai KAI dan Anak Perusahaan KAI.
  • Satu orang peserta mudik hanya boleh mendaftar satu kali keberangkatan atau pergi-pulang (PP).
  • Peserta mudik wajib memiliki bukti identitas resmi seperti KTP/SIM/Pasport/Surat Keterangan/ identitas resmi lainnya.
  • Untuk peserta keluarga wajib menunjukkan bukti kartu keluarga.
  • Satu pendaftar dapat mendaftarkan peserta mudik gratis sejumlah anggota keluarga yang wajib tercantum pada Kartu Keluarganya maksimal 10 peserta, tidak dapat mendaftarkan pihak lain di luar itu.
  • Satu peserta mudik dapat membawa 1 (satu) infant (bayi berusia kurang dari 3 (tiga) tahun) tanpa mengurangi kuota peserta, namun bayi dimaksud tidak mendapatkan nomor tempat duduk.
  • Pendaftar wajib mencantumkan nomor identitas peserta mudik pada formulir pendaftaran sesuai KTP/SIM/Pasport/Suket/Kartu Keluarga/identitas lainnya.
  • Bagi yang telah melakukan pendaftaran akan mendapatkan email bukti pendaftaran berisi rincian pendaftaran dan nomor pendaftaran.
  • KAI akan melakukan verifikasi data pendaftar.
  • Pendaftar yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan panggilan untuk melakukan daftar ulang melalui SMS dan atau email.
  • Email/SMS verifikasi yang berisi tanggal, waktu, dan lokasi pendaftaran ulang akan dikirimkan oleh KAI 2 (dua) hari setelah melakukan pendaftaran.
  • Pelanggaran dari ketentuan ini pendaftar akan didiskualifikasi.
  • Tiket KA pada program mudik gratis ini tidak dapat dibatalkan, diubah nama, ataupun diubah jadwal.
  • Peserta mudik tunduk terhadap segala peraturan dan ketentuan angkutan penumpang yang berlaku di lingkungan KAI

Nah cukup menarik bukan program-program diatas? Mengingat semua yang tertulis diatas sifatnya gratis, maka ada baiknya kamu segera buru-buru mendaftarkan diri sebelum kehabisan. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu akses di https://mudikbumn.co.id/ .

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Melihat Lebih Dekat Mamuju, Calon Ibukota Baru Usulan Jusuf Kalla

Published

on

By

Kondisi kota Jakarta yang sudah terlalu padat tampaknya membuat pemerintah mulai mempertimbangkan untuk melakukan pemindahan ibukota negara. Wacana mengenai pemindahan ibukota ini memang bukanlah hal yang baru. Sejak era pemerintahan presiden Soekarno, wacana ini sudah muncul mengingat kondisi Jakarta yang sebenarnya kurang ideal untuk dipertahankan sebagai ibukota negara.

Akan tetapi baru saat ini wacana tersebut benar-benar ditanggapi secara serius. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengajukan tiga alternatif kepada presiden Joko Widodo mengenai persoalan ibukota ini.

Yang pertama adalah ibukota negara tetap berada di Jakarta, dengan membuat sebuah distrik khusus untuk pemerintahan. Alternatif kedua adalah memindah ibukota tapi tetap berada di pulau Jawa. Sedangkan alternatif ke tiga adalah memindahkan ibukota ke luar pulau Jawa.

“Kalau saya alternatif 1 dan 2 sudah tidak,” kata Jokowi di Kantor Presiden, Senin (29/4/2019). Itulah yang dikatakan oleh presiden Joko Widodo menanggapi usulan dari Menteri PPN.

Ketika meminta pendapat dari pejabat-pejabat lain yang mengikuti rapat, terdengar usulan dari wakil presiden Jusuf Kalla yang menyatakan bahwa kota Mamuju di Sulawesi Barat bisa menjadi alternatif sebagai ibukota negara yang baru.

Nah, buat kamu yang belum terlalu mengenal kota Mamuju, yuk kita lihat lebih dekat bagaimana sebenarnya kondisi dari kota yang diusulkan oleh Jusuf Kalla tersebut untuk menggantikan Jakarta sebagai ibukota negara.

Ibukota dari Provinsi Sulawesi Barat

images: ytimg.com

Kota Mamuju pada awalnya adalah ibukota dari Kabupaten Mamuju. Seiring perkembangan zaman dan semangat pemekaran daerah, pada tanggal 05 Oktober 2004 secara resmi berdiri Provinsi Sulawesi Barat. Sebagai ibukota provinsi ditunjuklah Kabupaten Mamuju yang terletak di pesisir barat Sulawesi.

Sampai dengan saat ini Kabupaten Mamuju terdiri atas 11 kecamatan dengan luas 4.954,57 km2, penduduk 107.864 jiwa, dan kepadatan 142,77 jiwa/km2. Sebuah ukuran yang cukup luas untuk dijadikan sebagai ibukota negara. Posisi kota Mamuju yang terletak diantara Palu dan Makassar menjadi faktor penting untuk mendukung kegiatan perekonomian di dua kota besar di pulau Sulawesi tersebut.

Destinasi wisata yang cantik dan menarik 

images: wisatalengkap.com

Sebagai kawasan yang terletak di pesisir pantai, tentu Mamuju memiliki banyak destinasi wisata menarik. Pantai-pantai dengan pasir yang putih, air laut yang biru dan ombak yang tenang akan menyambutmu jika berkunjung ke Mamuju.

Sebut saja pantai Manakarra yang jadi ikon wisata Mamuju, pulau Karampuang, pantai Dato, dan pantai Lombang. Ada juga air terjun yang bagus disana yaitu air terjun Malute. Ingin melihat pemandangan kota Mamuju dari atas ketinggian, maka Kelapa Tujuh tempat yang pas untuk menikmatinya.

Sebuah paket yang lengkap jika nanti ibukota pindah kesana. Salah satu negara yang sudah berhasil melakukan pemindahan ibukota ke tempat yang memiliki destinasi wisata menarik adalah Malaysia di kota baru Putrajaya.

Masih menjadi bagian dari ring of fire 

images: http://lh5.ggpht.com

Sayangnya, posisi kota Mamuju yang terletak di pesisir barat Sulawesi itu belum aman dari ring of fire pacific. Secara otomatis ancaman gempa bumi di kawasan ini masih cukup besar. Kota Palu yang baru saja terkena bencana alam gempa bumi dan tsunami berjarak tak terlalu jauh dari kota Mamuju.

Meskipun demikian catatan gempa besar belum pernah terjadi di Mamuju. Kawasan di Sulawesi yang aman dari potensi bencana alam adalah kota Makassar. Sayangnya Makassar sudah tergolong kedalam jenis kota besar yang memiliki masalah sama dengan Jakarta ataupun Surabaya.

Namun kapan waktu pelaksanaan pemindahan ibukota ini belum diketahui secara pasti. Akan cukup panjang proses dan perhitungan biayanya. Tapi yang jelas, kemanapun ibukota negara nantinya akan berpindah, semoga itu akan membawa perubahan lebih baik untuk Indonesia di masa mendatang.

 

Komentar
Continue Reading

Trending