Hits Banget

Tujuh Fakta Tentang Sekolah Kedinasan Yang Harus Kamu Tahu !

images : ask.fm

Beberapa tahun belakangan, minat lulusan SMA ataupun SMK untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi kedinasan bisa dibilang meningkat. Susahnya mencari pekerjaan bagi lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta dan jaminan untuk menjadi pegawai negeri menjadi alasan kenapa banyak pelajar yang ingin masuk ke sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan itu ada banyak. Contohnya adalah STAN, STTD, IPDN, STMKG, STSN, STIN, STIS, juga Akademi Militer ataupun Akademi Kepolisian. Biasanya penerimaan masuknya adalah sekitar bulan April sd September. Kamu yang baru saja gagal tidak perlu khawatir, karena tahun depan kesempatan masih ada. Itu dengan catatan kamu masih berminat.

Akan tetapi buat kalian yang berencana akan mendaftar tahun depan, nih kami beri tujuh fakta tentang sekolah kedinasan yang perlu kalian ketahui, agar tidak kaget saat nanti seleksi ataupun sudah dinyatakan lolos.

  1. Proses penerimaan yang dibatasi usia
images : http://lulusujian.com

Ketika kamu mendaftar ke perguruan tinggi, baik itu negeri ataupun swasta maka tidak ada namanya pembatasan usia. Yang terpenting adalah kamu memenuhi syarat dan lolos seleksi masuk. Tapi untuk perguruan tinggi kedinasan, maka hanya kamu yang berusia 18-22 tahun saja yang bisa mengikuti seleksi. Hal ini ditujukan agar negara memiliki pegawai yang benar-benar fresh graduate sehingga mampu menjalankan tugas negara  dengan maksimal.

  1. Persyaratan yang cukup banyak
images : http://polresbekasi.info

Untuk persyaratan yang harus kamu lengkapi bisa jadi lebih banyak dibandingkan kalau kamu mendaftar kerja atau mengikuti SNMPTN. Raport kamu dari jaman SMP bisa-bisa harus dilampirkan. Selain itu kamu juga harus mendapatkan SKCK dari Kepolisian  setempat. Kalau kamu sudah pernah tercatat melakukan tindakan kriminal, maka harus kamu buang jauh-jauh impianmu untuk masuk ke sekolah kedinasan.

  1. Proses seleksi yang ketat
http://fajaronline.com

Bukan hanya tes akademik yang akan kamu hadapi, tapi juga tes kesehatan, administrasi, samapta, mental ideologi, serta kesehatan. Biasanya itu dilakukan secara bertahap. Gagal di salah satu tahapan tes berarti tidak akan bisa melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya. Semua itu dilakukan agar negara benar-benar mendapatkan orang-orang terbaik untuk menjadi seorang aparatur negara.

  1. Kehidupan di kampus yang penuh kedisiplinan
images : scontent-sjc2-1.cdninstagram.com

Kalau masuk perguruan tinggi kedinasan, jangan harap kamu masih bebas mengenakan pakaian preman (pakaian sipil/bebas). Selama menempuh pendidikan kamu akan mengenakan seragam, seperti ketika kamu di SMA. Kehidupanmu pun akan diatur sedemikian rupa mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kalau kamu tidak mengikuti aturan, siap-siap saja untuk menerima hukuman yang tentunya tidak ringan.

  1. Tidak ada toleransi untuk IPK rendah
images : http://sumbar.ipdn.ac.id

Lamanya masa pendidikan di sekolah kedinasan telah ditentukan. Untuk program D4 atau setara dengan  S1 biasanya 4 tahun. Nah kalau di perguruan tinggi reguler kamu bisa mengulurnya hingga 6 atau 7 tahun tergantung kampusnya. Namun di sekolah kedinasan ini sekali IPK mu kurang maka kamu tidak naik tingkat. Kalau dua kali maka bisa dipastikan kamu akan di drop out dari sana. Bahkan di beberapa sekolah menerapkan aturan semua mata kuliah harus lulus, ada satu nilai saja yang D maka itu berarti drop out meski nilai lainnya A. Gimana masih berminat?

  1. Adanya penerapan senioritas
images : scontent-sea1-1.cdninstagram.com

Di sekolah kedinasan, nuansa senioritas akan sangat terasa. Sebagai junior kamu harus selalu patuh dan taat kepada senior. Sebaliknya nanti saat sudah jadi senior berarti kamu harus bisa menjadi contoh bagi junior. Masih ingat “pasal 1 : senior tidak pernah salah” kan? Yang perlu disadari adalah segala yang dilakukan senior kepada juniornya ini adalah untuk pembinanaan, agar junior menjadi semakin baik.

  1. Kamu akan lebih menghargai weekend
images : aws-dist.brta.in

Saat weekend adalah saat yang paling dinantikan. Sebab saat itulah para siswa akan mendapat waktu untuk meninggalkan asrama. Biasanya waktu weekend itu dimanfaatkan untuk mengunjungi pacar , keluarga ataupun sekedar jalan-jalan melepas kepenatan selama satu minggu. Tapi ada beberapa sekolah yang tetap mewajibkan siswanya untuk tetap menggunakan seragam dinas saat weekend, baik itu pesiar maupun ijin bermalam. Tapi kamu tidak perlu resah, dengan seragam yang kamu gunakan kamu justru akan terlihat semakin gagah dan berwibawa.

Itulah beberapa fakta mengenai sekolah kedinasan. Jadi kalau kamu berminat untuk masuk ke sekolah kedinasan, ada baiknya kamu harus mulai mempersiapkan diri dari saat ini. So…selamat belajar dan berlatih yaa…

 

 

Comments

comments