Connect with us

Hits Banget

Tujuh Fakta Tentang Sekolah Kedinasan Yang Harus Kamu Tahu !

Published

on

images : ask.fm

Beberapa tahun belakangan, minat lulusan SMA ataupun SMK untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi kedinasan bisa dibilang meningkat. Susahnya mencari pekerjaan bagi lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta dan jaminan untuk menjadi pegawai negeri menjadi alasan kenapa banyak pelajar yang ingin masuk ke sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan itu ada banyak. Contohnya adalah STAN, STTD, IPDN, STMKG, STSN, STIN, STIS, juga Akademi Militer ataupun Akademi Kepolisian. Biasanya penerimaan masuknya adalah sekitar bulan April sd September. Kamu yang baru saja gagal tidak perlu khawatir, karena tahun depan kesempatan masih ada. Itu dengan catatan kamu masih berminat.

Akan tetapi buat kalian yang berencana akan mendaftar tahun depan, nih kami beri tujuh fakta tentang sekolah kedinasan yang perlu kalian ketahui, agar tidak kaget saat nanti seleksi ataupun sudah dinyatakan lolos.

  1. Proses penerimaan yang dibatasi usia

images : http://lulusujian.com

Ketika kamu mendaftar ke perguruan tinggi, baik itu negeri ataupun swasta maka tidak ada namanya pembatasan usia. Yang terpenting adalah kamu memenuhi syarat dan lolos seleksi masuk. Tapi untuk perguruan tinggi kedinasan, maka hanya kamu yang berusia 18-22 tahun saja yang bisa mengikuti seleksi. Hal ini ditujukan agar negara memiliki pegawai yang benar-benar fresh graduate sehingga mampu menjalankan tugas negara  dengan maksimal.

  1. Persyaratan yang cukup banyak

images : http://polresbekasi.info

Untuk persyaratan yang harus kamu lengkapi bisa jadi lebih banyak dibandingkan kalau kamu mendaftar kerja atau mengikuti SNMPTN. Raport kamu dari jaman SMP bisa-bisa harus dilampirkan. Selain itu kamu juga harus mendapatkan SKCK dari Kepolisian  setempat. Kalau kamu sudah pernah tercatat melakukan tindakan kriminal, maka harus kamu buang jauh-jauh impianmu untuk masuk ke sekolah kedinasan.

  1. Proses seleksi yang ketat

http://fajaronline.com

Bukan hanya tes akademik yang akan kamu hadapi, tapi juga tes kesehatan, administrasi, samapta, mental ideologi, serta kesehatan. Biasanya itu dilakukan secara bertahap. Gagal di salah satu tahapan tes berarti tidak akan bisa melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya. Semua itu dilakukan agar negara benar-benar mendapatkan orang-orang terbaik untuk menjadi seorang aparatur negara.

  1. Kehidupan di kampus yang penuh kedisiplinan

images : scontent-sjc2-1.cdninstagram.com

Kalau masuk perguruan tinggi kedinasan, jangan harap kamu masih bebas mengenakan pakaian preman (pakaian sipil/bebas). Selama menempuh pendidikan kamu akan mengenakan seragam, seperti ketika kamu di SMA. Kehidupanmu pun akan diatur sedemikian rupa mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kalau kamu tidak mengikuti aturan, siap-siap saja untuk menerima hukuman yang tentunya tidak ringan.

  1. Tidak ada toleransi untuk IPK rendah

images : http://sumbar.ipdn.ac.id

Lamanya masa pendidikan di sekolah kedinasan telah ditentukan. Untuk program D4 atau setara dengan  S1 biasanya 4 tahun. Nah kalau di perguruan tinggi reguler kamu bisa mengulurnya hingga 6 atau 7 tahun tergantung kampusnya. Namun di sekolah kedinasan ini sekali IPK mu kurang maka kamu tidak naik tingkat. Kalau dua kali maka bisa dipastikan kamu akan di drop out dari sana. Bahkan di beberapa sekolah menerapkan aturan semua mata kuliah harus lulus, ada satu nilai saja yang D maka itu berarti drop out meski nilai lainnya A. Gimana masih berminat?

  1. Adanya penerapan senioritas

images : scontent-sea1-1.cdninstagram.com

Di sekolah kedinasan, nuansa senioritas akan sangat terasa. Sebagai junior kamu harus selalu patuh dan taat kepada senior. Sebaliknya nanti saat sudah jadi senior berarti kamu harus bisa menjadi contoh bagi junior. Masih ingat “pasal 1 : senior tidak pernah salah” kan? Yang perlu disadari adalah segala yang dilakukan senior kepada juniornya ini adalah untuk pembinanaan, agar junior menjadi semakin baik.

  1. Kamu akan lebih menghargai weekend

images : aws-dist.brta.in

Saat weekend adalah saat yang paling dinantikan. Sebab saat itulah para siswa akan mendapat waktu untuk meninggalkan asrama. Biasanya waktu weekend itu dimanfaatkan untuk mengunjungi pacar , keluarga ataupun sekedar jalan-jalan melepas kepenatan selama satu minggu. Tapi ada beberapa sekolah yang tetap mewajibkan siswanya untuk tetap menggunakan seragam dinas saat weekend, baik itu pesiar maupun ijin bermalam. Tapi kamu tidak perlu resah, dengan seragam yang kamu gunakan kamu justru akan terlihat semakin gagah dan berwibawa.

Itulah beberapa fakta mengenai sekolah kedinasan. Jadi kalau kamu berminat untuk masuk ke sekolah kedinasan, ada baiknya kamu harus mulai mempersiapkan diri dari saat ini. So…selamat belajar dan berlatih yaa…

 

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Inilah Besaran Gaji PNS Setelah Resmi Dinaikkan Jokowi

Published

on

By

Kabar gembira datang untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil. Per 1 April 2019 nanti, gaji para Aparatur Sipil Negara tersebut akan naik sebesar 5 persen. Presiden Joko Widodo secara resmi telah menandatangani Peraturan Pemerintah no 15 tahun 2019 tentang gaji PNS.

Disebutkan bahwa dalam peraturan tersebut pemerintah menaikkan gaji pegawai negeri sipil sebesar 5 persen terhitung dari tanggal 1 Januari 2019. Mengingat kenaikan gaji baru akan dibayarkan pada bulan April, maka selisih kenaikan gaji selama bulan Januari sd Maret akan dibayarkan secara rapel.

Lantas berapa jadinya gaji PNS setelah dinaikkan?

Gaji terendah PNS (golongan I/a masa kerja 0 tahun) menjadi Rp1.560.800 dari sebelumnya Rp 1.486.500. Sementara gaji tertinggi PNS (golongan IV/2) dengan masa kerja lebih 30 tahun menjadi Rp 5.901.200 dari sebelumnya Rp 5.620.300.

Untuk PNS golongan II (II/a masa kerja 0 tahun), kini gaji terendah menjadi Rp 2.022.200 dari sebelumnya Rp 1.926.000. Sedangkan pangkat tertinggi di golongan II (II/d masa kerja 33 tahun) menjadi Rp 3.820.000 dari sebelumnya Rp3.638.200.

Golongan III (III/a masa kerja 0 tahun), kini gaji terendah menjadi Rp 2.579.400 dari sebelumnya Rp 2.456.700 dan yang tertinggi (III/d masa kerja 32 tahun) menjadi Rp 4.797.000 dari sebelumnya Rp 4.568.000.

Sementara itu gaji PNS golongan IV terendah (IV/a masa kerja 0 tahun) menjadi Rp 3.044.300 dari sebelumnya Rp 2.899.500, dan tertinggi (IV/e masa kerja 32 tahun) menjadi Rp 5.901.200 dari sebelumnya Rp5.620.300.

Keputusan pemerintah untuk menaikkan gaji PNS tentu saja dengan sejumlah pertimbangan matang. Salah satunya adalah meningkatnya kinerja PNS selama ini. Walaupun demikian beberapa pihak menyikapi kenaikan gaji ini dengan skeptis. Alasannya adalah terkait dengan dekatnya waktu pilpres 2019.

Terlepas dari ada tidaknya muatan politis dalam kenaikan gaji PNS, hal itu tetaplah harus disyukuri. Kenaikan sekecil apapun, tetap saja akan ada tambahan penghasilan yang masuk ke kantong. Gaji PNS akan bertambah antara 100 hingga 300 ribu rupiah. Jumlah yang cukup alhamdulilah untuk menambah uang belanja.

Jangan terlalu sombong bilang, “200 ribu dapet apa?”. Kalau ada yang bingung tentang cara bersenang-senang dengan uang segitu, datang aja ke saya. Tak ajarin!!!

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Menkominfo: Jangan Sebar Video Penembakan di Masjid New Zealand !

Published

on

Peristiwa penembakan secara brutal yang terjadi di Masjid Al Noor, Christchurch, New Zealand (Selandia Baru) menorehkan duka yang mendalam bagi seluruh umat manusia, tak terkecuali rakyat tanah air. Video yang direkam oleh si pelaku pun dengan begitu cepat tersebar ke dunia maya. Dalam video tersebut terlihat si pelaku dengan membabi buta menembaki orang-orang yang sedang beribadah di masjid.

Berkaitan dengan hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta para warga dan netizen Indonesia untuk tidak ikut menyebarkan video penembakan di Masjid New Zealand karena di video tersebut mengandung kekerasan yang amat sadis.

Rudiantara pun menyebut video brutal berdarah di Masjid New Zealand yang beredar di internet dan media sosial tersebut telah ditapis dengan bekerjasama dengan instansi pemerintah lainnya. Dan ternyata dalam peristiwa berdarah yang menewaskan 49 orang tersebut terdapat dua WNI, yakni ayah dan anak, yang kini dirawat di Christchurch Public Hospital. Selain di Masjid An Noor, rupanya penembakan juga terjadi di sebuah masjid di pinggiran Linwood yang menewaskan 7 orang.

Menurut Kepolisian Selandia Baru, penembakan brutal itu ‘direncanakan sangat matang’. Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern pun juga mengecam serta menyebut penembakan brutal ini sebagai ‘serangan teroris’.

Jadi, stop menyebarkan video-video tentang terorisme ya !

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Patut Berbangga! Monumen Presiden Soekarno Akan Segera Dibagun di Aljazair

Published

on

Kabar gembira datang dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut telah bekerjasama dengan negara Aljazair untuk membangun monumen Presiden Soekarno di pusat Kota Aljir.

Melalui akun instagramnya, Emil mengunggah kabar membanggakan tersebut

 

Kerjasama tersebut disepakati ketika Ridwan Kamil berangkat ke Aljazair untuk kunjungan kerja. Selain memperkuat kemitraan dalam bidang ekonomi, hadirnya monumen ini tentunya juga akan menambah kebanggan rakyat Indonesia. Monumen Bung Karno memiliki desain lima pilar bulat dengan patung Bung Karno di tengahnya. Arti filosofisnya yaitu jika dari atas ada bulan sabit seperti lambang Aljazair, sedangkan patung Bung Karno dikelilingi oleh lima pilar yang berarti lima prinsip untuk Pancasila.

www.instagram.com/ridwankamil

Aljazair sendiri merupakan salah satu negara yang menghormati Bung Karno sebagai bapak proklamator Indonesia bahkan salah satu tokoh yang berpengaruh di dunia. Karena itu, Aljazair diilhami secara independen dari semangat Bung Karno. Hal ini dimulai dari undangan Soekarno ke Aljazair untuk menghadiri KTT Asia-Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Keren ya Sob !

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.