Parenting, Tips

Mamah Muda Wajib Tahu! 6 Mitos Tentang Merawat Bayi yang Harus Kamu Pahami

Merawat anak pertama akan menjadi sebuah pengalaman berharga. Saat itu untuk pertama kalinya kamu akan merawat sendiri seorang anak yang merupakan darah dagingmu sendiri. Bagi pasangan muda, merawat anak pertama jelas akan menjadi moment tak terlupakan sepanjang hidupnya.

Buat kamu yang hidup di perantauan dan terlepas dari pengaruh orang tua dalam merawat bayi anak pertama, tentu akan mudah menentukan mau “diapakan” bayi kamu itu. Lain halnya kalau ditunggui mertua ataupun orang tua. Kamu dengan pengetahuan kekinian akan dihadapkan dengan mitos-mitos yang sangat diyakini kebenarannya oleh orang tua. Terkadang hal sepele itu bisa memicu pertengkaran yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Untuk itulah kamu perlu tahu tentang mitos-mitos yang selama ini beredar seputar merawat bayi. Biar gak salah paham dan main asal ikut saja apa kata orang tua.

  1. Membedong
images : omaha.com

Di jaman dahulu orang tua membedong anaknya dengan tujuan bisa membuat kaki dan tangan tidak bengkok. Namun pada kenyataannya hal itu justru menghambat kemampuan motorik bayi karena tubuhnya terikat erat. Meskipun demikian tidak sedikit bayi yang pada akhirnya mampu melepaskan diri dari bedongan tersebut. Ada baiknya membedong bayi dilakukan ketika cuaca dingin atau saat habis mandi dengan tujuan bayi mendapatkan kehangatan.

2. Larangan memotong rambut dan kuku bayi sebelum usia 40 hari

images : cafemomstatic.com

Entah apa dasarnya, di beberapa daerah ada larangan untuk memotong rambut serta kuku bayi sebelum usia 40 hari. Padahal kalau terus dibiarkan memanjang justru kuku bayi tersebut akan membahayakan karena bayi belum memiliki kontrol ketika sedang memainkan tangannya. Begitu juga rambut. Kalau dibiarkan dan bahkan lupa tidak dipotong sampai si anak tumbuh dewasa, maka pertumbuhan kelebatan rambutnya justru akan terganggu.

3. Memakai babywalker agar cepat jalan

images : fimela.com

Kalau yang ini sih lebih tepatnya mitos kekinian. Khusus untuk yang satu ini ada baiknya kamu mengikuti kata orang tuamu, yaitu membiarkan anakmu mengikuti proses berjalannya secara alami dan perlahan-lahan. Meski jatuh bangun biarkan saja. Sebab memakai babywalker justru akan menghambat gerak bayi itu sendiri sehingga proses berjalannya secara mandiri juga akan terhambat.

4. Mandi air dingin agar kuat

images : bidanku.com

Entah karena malas memasak air atau karena alasan lain, beberapa orang tua menggunakan air dingin untuk memandikan bayinya. Katanya sih biar kuat. Tapi pada kenyataannya justru mengganggu proses metabolisme tubuh si anak. Sebab energi yang diperoleh dari makanan akan habis digunakan untuk menghangatkan badan bayi. Resiko kedinginan dan masuk angin pun cukup besar.

5. Memberi kopi hitam

images : http://icoff.ee

Rutin memberikan kopi hitam akan menghindarkan bayi dari step. Sebuah anggapan yang jamak kita dengar dari orang tua. Namun yang terlupakan adalah fakta bahwa tubuh bayi belum cukup kuat untuk mencerna kafein. Efek dari kafein itu sendiri akan mengakibatkan bertambah cepatnya denyut jantung sehingga bayi bisa gugup dan gelisah. Apalagi ketika bayi sedang demam, memberikan kopi kepadanya justru akan semakin memperburuk situasi.

6. Memakai sarung tangan dan kaki

images : tokopedia.net

Dalam kondisi dingin pemakaian sarung tangan dan sarung kaki sangatlah dianjurkan. Tapi kalau cuaca stabil ataupun agak panas ada baiknya untuk tidak menggunakannya. Sebab hal tersebut bisa menghambat kemampuan motorik bayi. Selain itu jika digunakan saat cuaca sedang panas justru akan mengakibatkan bayi tersebut rewel karena tidak nyaman.

Comments

comments