Kesehatan, Tips

Kenali Tanda Kesehatan Telinga Dilihat dari Kondisi Kotorannya. Jangan Disepelekan, Ya!

Seberapa sering kamu membersihkan telinga dengan cutton bud? Sehari sekali? Seminggu sekali? Sebulan sekali? atau bahkan tidak pernah sama sekali? iyuuuuh. Meskipun banyak pro kontra mengenai cara membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud, namun nyatanya cara ini masih jadi yang utama diterapkan di rumah bagi kebanyakan orang.

Dilansir dari laman brightside.me, ternyata kita bisa melihat kesehatan telinga kita dilihat dari kondisi kotorannya, mulai dari warna hingga teksturnya. Eits, jangan keburu jorok dulu ya, justru dari sinilah kita dapat pengetahuan baru tentang bagaimana sih keadaan telinga kita sebenarnya? Yuk, kepoin sama-sama!

1. Warna abu-abu

img: https://brightside.me/

Warna abu-abu–tanpa disertai gejala lainnya–bukanlah sebuah kondisi berbahaya. Hal ini bisa saja hanya disebabkan oleh polusi udara. Biasanya dialami pada mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan sering beraktifitas di luar ruangan.

2. Terdapat bekas darah

img: https://brightside.me/

Darah yang muncul saat sedang membersihkan telinga cukup menjadi alarm berbahaya bagi tubuh. Biasanya kondisi ini disebabkan karena gendang telinga yang berlubang. Hal ini membuat telinga bisa terkena infeksi, yang dapat menyebabkan otitis dan berakibat pada buruknya pendengaran. Jika sudah mengalami kejadian seperti ini, segeralah periksa ke dokter.

3. Warna cokelat

img: https://brightside.me/

Ini adalah salah satu warna yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Jadi, hal tersebut sangat wajar dan menunjukkan bahwa telinga hanya memiliki kotoran yang normal saja tanpa ada gejala berarti.

4. Warna hitam

img: https://brightside.me/

Hitam bisa menunjukkan adanya infeksi jamur pada telinga. Biasanya gejala ini diikuti dengan rasa gatal yang kerap datang dan semakin kuat. Kalau sudah begini, datang ke dokter adalah pilihan tepat.

5. Warna putih

img: https://brightside.me/

Warna putih dari kotoran telinga dapat menandakan bahwa ada kekurangan vitamin dan zat mikro di dalam tubuh, khususnya besi dan tembaga. Kacang dan oatmeal jadi makanan yang disarankan jika kamu mengalami hal tersebut, serta multivitamin untuk menambah asupan nutrisi.

6. Bau tak sedap

img: https://brightside.me/

Bau tak sedap serta seperti ada suara bising yang kadang terdengar di telinga merupakan salah satu ciri adanya infeksi pada telinga. Supaya tidak berlanjut pada kondisi yang lebih parah, kunjungi dokter THT untuk mendapatkan perawatan yang semestinya.

7. Bentuknya cair

img: https://brightside.me/

Kotoran yang memiliki tekstur cair juga menjurus pada peradangan. Hal ini tentu saja harus ditangai oleh dokter spesialis.

8. Atau malah kering

img: https://brightside.me/

Nah, jika justru kedapatan kotoran telinga dalam kondisi kering, bisa jadi disebabkan karena kurangnya lemak di dalam tubuh. Alasan lainnya juga bisa disebabkan oleh dermatitis atau penyakit kulit lainnya.

Tetap rajin membersihkan telinga dengan hati-hati ya agar kondisi telinga tetap dalam keadaan yang sehat serta tidak ada bagian telinga yang terluka.

Comments

comments