Kesehatan, Tips

Sering Mengalami Insomnia? Lakukan Hal-hal Berikut ini Untuk Menghindarinya

Malam hari adalah waktu yang pas untuk istirahat. Setelah seharian penuh melakukan aktivitas, tubuh juga perlu untuk diistirahatkan agar kembali fresh esok paginya. Salah satu caranya adalah dengan tidur. Mengistirahatkan seluruh tubuh dan membiarkan otak untuk tidak bekerja terlalu keras jelas akan membawa banyak manfaat terutama untuk proses metabolisme tubuh itu sendiri.

Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas pada malam hari. Selain karena beban kerja mereka yang harus dijalankan pada malam hari, beberapa orang tidak mendapatkan waktu tidur yang berkualitas karena mengalami insomnia. Biasanya yang terjadi kemudian adalah produktifitas dalam beraktivitas di keesokan harinya akan menurun karena mengantuk.

Agar terhindar dari insomnia, coba lakukan hal-hal berikut ini agar bisa tidur pulas.

  1. Pastikan perut kenyang
images : aws-dist.brta.in

Salah satu penyebab insomnia adalah kelaparan. Kamu harus bisa mengukur berapa banyak makanan yang harus kamu makan dimalam hari agar tidak kelaparan saat menjelang tidur. Kalau kondisi perut lapar, maka yang terjadi adalah perasaan berubah menjadi gelisah sehingga susah untuk tidur.

2. Biasakan tidur di berbagai kondisi

images : http://ganlob.com

Mau ramai ataupun sepi kamu harus tetap berusaha untuk memejamkan mata. Tidak selamanya lingkungan tempat tinggalmu sepi terus ataupun ramai terus. Karena itu kamu harus membiasakan diri untuk menerima kenyataan yang ada.

3. Harus tepat waktu

images : http://malangcorner.com

Kalau kamu menjadwalkan tidur jam 9 malam, ya ikuti jadwal itu. kamu harus bisa disiplin dengan keputusan yang sudah kamu buat. Sekali saja kamu melanggarnya pasti akan keterusan. Tapi kalau sudah terbiasa maka secara otomatis kamu pun akan mulai mengantuk saat jam memasuki pukul 9 malam.

4. Dengarkan musik

images : grid.id

Saat di tempat tidur, cobalah untuk mendengarkan alunan musik yang kamu sukai. Kalau kamu suka jazz ya mainkan musik jazz, kalau suka rock ya mainkan musik rock, atau kamu sukanya dangdut koplo itu berarti kamu harus mendengarkan Iis Dahlia Nella Kharisma. Otak yang menjadi rileks akan memudahkanmu untuk tertidur.

5. Membaca buku

images : http://www.serenamix.com

Tidak ada riset pasti yang menyatakan bahwa membaca buku sambil tiduran akan merusak mata. Jadi kalau kamu mulai merasakan tanda-tanda insomnia, ada baiknya untuk segera mengambil buku. Baca buku itu, paksa dirimu untuk membacanya. Semakin kamu bosan, maka itu semakin baik karena setelah itu kamu akan mengantuk lalu tertidur.

6. Jauhkan diri dari gadget

images : http://www.vondanote.com

Gadget menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam insomnia. Semakin sering kamu menggunakan gadget di atas tempat tidur, maka peluangmu untuk mengalami insomnia cukup besar. Sebab saat memainkan gadget perasaan kamu akan gelisah dan penasaran. Gelisah karena chat tidak dibalas atau penasaran karena tidak pernah memenangkan game yang ada di gadget. Untuk itulah, jauhkan gadget dari tangan kamu agar kamu bisa lekas konsentrasi untuk menuju alam mimpi.

Jika hal-hal di atas sudah kamu lakukan dan hasilnya kurang memuaskan, itu berarti kamu masih kurang keras dalam berusaha. Iya…berusaha untuk menutup mata kamu maksudnya. Oh iya satu lagi, jangan terlalu stress memikirkan kegiatan esok hari sebab itu juga menyebabkan insomnia. Enjoy aja, semua akan terlewati dan indah pada waktunya.

Comments

comments