Connect with us

Kesehatan

Agar Kesehatan Mentalmu Terjaga, Ada Baiknya Hal-hal Berikut ini Kamu Lakukan!

Published

on

images : http://www.abc.net.au

Bukan hanya sebatas masalah fisik, kesehatan juga menyangkut masalah mental serta psikis. Kita terkadang sering lupa bahwa kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Sebab selama ini yang kita perhatikan hanyalah kesehatan fisik saja.

Mungkin kamu bisa berolahraga, makan-makanan bergizi sampai minum multivitamin agar badan tetap prima saat bekerja. Kalau sudah bisa dilakukan secara teratur dan seimbang maka kesehatanmu pasti akan terjaga. Lantas bagaimana dengan kesehatan mental?

Nih ada beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga

  1. Biasakanlah untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah

images : http://www.scarymommy.com

Usahakan segala macam pekerjaan yang ada kamu selesaikan di kantor. Rumah adalah tempat kita beristirahat dan melepas lelah. Karena itu kalau kamu membawa pekerjaan kantor ke rumah maka sama saja dengan terus bekerja sepanjang hari. Rajin memang bagus, tapi kalau berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan mentalmu.

  1. Manfaatkan waktu akhir pekan sebaik mungkin

images : http://images.huffingtonpost.com

Kantor ataupun sekolah memberlakukan hari kerja selama 5 ataupun 6 hari kerja agar kita bisa memiliki waktu satu hari penuh untuk beristirahat. Biasanya waktu libur adalah di akhir pekan. Saat libur itulah manfaatkan waktumu sebaik mungkin untuk bersenang-senang. Apapun  yang menjadi kesenanganmu, lakukan itu. Sebab kamu benar-benar memiliki kebebasan atas harimu hanya disaat kamu libur saja.

  1. Sering-seringlah berbagi keluh kesah

images : http://www.kesekolah.com

Jangan dibiasakan untuk menyimpan masalah sendiri. Ingat kita itu mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain. Karena itu usahakanlah untuk berbagi masalah yang kamu hadapi dengan teman ataupun keluarga. Siapa tahu mereka mampu memberikan solusi atas masalah yang kamu hadapi.

  1. Lakukan hal sederhana yang bisa membuatmu bahagia

images : dtqnv8in03d1n.cloudfront.net

Bahagia itu sederhana. Terkadang kita hanya memerlukan hal-hal sederhana untuk membuat kita bahagia. Misalnya saja bermain game, minum teh bersama keluarga, atau sekedar jalan-jalan di taman kota. Selagi ada waktu, lakukan hal-hal itu. Selain murah, kondisi mental dan psikis kamu akan selalu terjaga sebab tidak merasakan depresi.

  1. Jangan lupa ambil jatah cuti

images : http://static.republika.co.id

Saking sibuknya bekerja terkadang kita sampai lupa mengambil cuti. Padahal kantor memberikan kita jatah cuti karena sudah mengukur sampai mana batas ketahanan psikis seseorang untuk bisa menjalankan tugas dengan baik. Karena itu ketika kamu benar-benar jenuh dengan pekerjaan, ada baiknya untuk segera mengambil cuti. Siapa tahu kamu akan menjadi lebih produktif setelah mengambil cuti.

Sederhana sekali kan cara agar kita tidak mengalami stress karena pekerjaan? Jangan sampai niat kita kejar setoran dan bonus dari perusahaan justru membuat kita jadi depresi. Ingat, segala sesuatu itu harus seimbang. Baik mental psikis maupun fisik harus selalu kamu perhatikan.

Komentar

Inspirasi

Berbagai Resep Infused Water Untuk Kecantikan Kulit

Published

on

Buat sobat spaneng yang pingin punya kulit yang cantik dan mulus namun takut untuk menggunakan skincare, ada baiknya kamu coba cara alami dari dalam, salah satunya dengan mengkonsumsi infused water. Ya, selain sebagai pelapas dahaga, air berisi rendaman potongan buah dan sayur ini dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh, mulai dari mengeluarkan racun, penunjang diet, menjaga imunitas, hingga untuk kecantikan kulit.

Dan berikut beberapa resep infused water yang berguna untuk kecantikan kulit kamu

  1. Lemon dan Daun Mint

    img: www.pinterest.com

    Tak dipungkiri lagi jika Lemon merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dan juga berperan dalam menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Sedangkan daun mint mengandung bahan antiseptik yang menjaga kulit tetap steril dan terhindar dari infeksi bakteri ataupun jamur. Apalagi daun mint juga memberikan sensasi rasa dingin dan semriwing yang menyegarkan.

  2. Lemon dan Stawberry

    img: tupperware.co.id

    Jika kamu suka dengan buah strawberry, kamu juga bisa membuat infused water dengan si merah ini. Strawberry juga tak kalah mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker, sebagai antioksidan, dan merawat kesehatan mata. Stroberi juga dikenal sebagai buah yang membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan kulit.

  3. Mangga dan Jahe

    img: 123rf.com

    Buat kamu yang ingin menegah penuaan dini terutama kulit keriput, ada baiknya mengonsumsi infused water yang terbuat dari mangga dan jahe. Karena perpaduan antara mangga dan jahe ternyata membuat infused water dilengkapi dengan antioksidan yang cukup melimpah. Sepeti yang diketahui antioksidan adalah bahan aktif yang mencegah radikal bebas, termasuk kulit berkeriput.

  4. Kayu Manis dan Apel.

    img: grid.id

    Mau kulit terbebas dari jerawat ? Tenang, kamu bisa melakukan pencegahan dari dalam terhadap munculnya jerawat dengan infused water. Caranya dengan mencampurkan kayu manis dan buah apel. Kayu manis ternyata dapat membantu mengurangi risiko munculnya jerawat pada kulit sekaligus dapat menurunkan kadar gula darah lho ! Sedangkan buah apel mengandung vitamin C, flavanoid, polifenol, vitamin A, dan beta-karoten yang tidak hanya berguna sebagai antioksidan yang baik, tetapi juga dapat mencegah terbentuknya sel kanker.

Itu dia beberapa resep infused water untuk kecantikan kulit. Jangan lupa, untuk hasil maksimal sebaiknya direndam dulu hingga semalam ya ! Infused water akan lebih nikmat dinikmati selagi masih dingin.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Cara Mengatasi Demam Saat Hamil Secara Alami

Published

on

By

Sakit saat tengah dalam kondisi hamil tentu menjadi hal yang sangat tidak mengenakkan bagi ibu hamil. Walaupun ingin segera mengobatinya, tapi seorang ibu hamil tak bisa sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan. Salah dalam mengkonsumsi obat bisa beresiko terhadap janin yang sedang dikandungnya.

Tidak menutup kemungkinan seorang ibu hamil akan mengalami demam saat tengah mengandung. Sakit demam yang diderita bisa diakibatkan dari gangguan pencernaan, infeksi, ataupun cuaca. Meski terlihat sepele, namun apabila dibiarkan begitu saja bisa berakibat cukup fatal terhadap janin. Resiko terburuknya adalah terjadi cacat bawaan saat lahir atau terjadi keguguran.

Demam yang disebabkan oleh virus cukup diobati dengan banyak minum air putih, beristirahat, atau minum obat dari dokter. Tetapi jika penyebabnya adalah bakteri, maka yang dibutuhkan adalah antibiotik. Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sembarang obat, termasuk obat untuk meredakan demam, seperti aspirin atau ibuprofen.

Ada beberapa cara alami untuk mengobati demam yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Cara di bawah ini bisa dicoba khususnya untuk ibu hamil yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan selama masa kehamilan.

  1. Kompres dahi dan tubuh dengan handuk ataupun lap yang sudah dibasahi dengan air biasa.
  2. Mandi dengan air hangat. Hindari menggunakan air dingin, karena akan membuat tubuh menjadi menggigil.
  3. Usahakan untuk berada di dalam ruangan yang sejuk atau teduh.
  4. Perbanyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, banyak minum juga akan mendinginkan tubuh dari dalam.
  5. Kenakan pakaian dengan bahan dapat menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Jika merasa kedinginan, gunakanlah selimut tipis, dan lepaskan selimut ketika sudah merasa kepanasan.

Namun apabila cara diatas sudah dilakukan tapi tetap tak menyembuhkan, maka ada baiknya untuk segera berkunjung ke dokter terdekat. Pastikan juga untuk memahami gejala lain yang menyertai demam, seperti sesak napas, nyeri punggung, sakit perut, menggigil, lemas, hingga leher kaku sehingga dokter bisa memberikan resep yang tepat untuk kesembuhan penyakit tersebut.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Atasi Rasa Laparmu dengan Cemilan-Cemilan Sehat Ini

Published

on

Beberapa dari kamu mungkin pernah terasa begitu lapar namun malas untuk makan, dan kalau sudah begini cara yang paling efektif adalah ngemil untuk menunda rasa lapar tersebut. Namun, tak jarang cemilan yang kita pilih adalah cemilan yang kurang menyehatkan. Seperti mengandung pewarna, pemanis, pengawet, dan zat tambahan lainnya. Padahal, ada banyak pilihan cemilan yang sehat sekaligus mengenyangkan lho !

Berikut ini beberapa pilihan camilan sehat yang dapat menyingkirkan rasa lapar. Apa saja ya? Berikut selengkapnya

1. Jagung rebus

img: shutterstock

Makanan pengganti nasi ini mengandung banyak serat makanan dan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Selain itu, jagung rebus juga mengandung antioksidan, asam folat, mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, dan vitamin A dan C.

2. Oatmeal

img: plattingsandpairings.com

Oatmeal mengandung serat yang cukup banyak, sehingga jika dikonsumsi dapat menjaga kadar glukosa tetap terkendali. Proses pencernaannya yang lambat menjadikan oatmeal sebagai salah satu camilan sehat terbaik yang bisa dikonsumsi terutama di pagi hari. Hal ini tentu sangat baik untuk menahanmu untuk tetap kenyang.

3. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang begitu kaya akan kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, asam oleat, asam lemak omega-9 monosaturasi yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kolesterol hingga meningkatkan kesehatan jantung.
Alpukat juga bisa digunakan sebagai salah satu makanan penurun berat badan dan menyeimbangkan kadar kolesterol.

4. Salad Hijau

img: tasteofhome.com

Buat kamu pecinta sayur-sayuran tak ada salahnya mencoba cemilan yang satu ini, yakni salad hijau. Dibuat dengan mencampurkan berbagai macam sayuran seperti mentimun, bayam, selada Romaine, wortel, lobak, dan sayuran berdaun lainnya bersama dengan bumbu tertentu seperti basil atau peterseli. Salad hijau mengandung vitamin A, C, dan K yang membuatnya menjadi camilan sehat untuk mengekang nafsu makan.

5. Yoghurt

img: hindustantimes

Salah satu jenis olahan susu ini juga kaya akan zat gizi seperti protein, potasium, kalsium, vitamin dan mineral. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt akan membantu menjaga pencernaan tetap terkendali, mencegah berbagai jenis infeksi bakteri, dan juga mampu mencegah kanker.

Jadi, buat kamu yang terbiasa mengkonsumsi cemilan kurang sehat, ada baiknya sekarang merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Trending