Kesehatan, Tips

Agar Kesehatan Mentalmu Terjaga, Ada Baiknya Hal-hal Berikut ini Kamu Lakukan!

images : http://www.abc.net.au

Bukan hanya sebatas masalah fisik, kesehatan juga menyangkut masalah mental serta psikis. Kita terkadang sering lupa bahwa kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Sebab selama ini yang kita perhatikan hanyalah kesehatan fisik saja.

Mungkin kamu bisa berolahraga, makan-makanan bergizi sampai minum multivitamin agar badan tetap prima saat bekerja. Kalau sudah bisa dilakukan secara teratur dan seimbang maka kesehatanmu pasti akan terjaga. Lantas bagaimana dengan kesehatan mental?

Nih ada beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga

  1. Biasakanlah untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah
images : http://www.scarymommy.com

Usahakan segala macam pekerjaan yang ada kamu selesaikan di kantor. Rumah adalah tempat kita beristirahat dan melepas lelah. Karena itu kalau kamu membawa pekerjaan kantor ke rumah maka sama saja dengan terus bekerja sepanjang hari. Rajin memang bagus, tapi kalau berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan mentalmu.

  1. Manfaatkan waktu akhir pekan sebaik mungkin
images : http://images.huffingtonpost.com

Kantor ataupun sekolah memberlakukan hari kerja selama 5 ataupun 6 hari kerja agar kita bisa memiliki waktu satu hari penuh untuk beristirahat. Biasanya waktu libur adalah di akhir pekan. Saat libur itulah manfaatkan waktumu sebaik mungkin untuk bersenang-senang. Apapun  yang menjadi kesenanganmu, lakukan itu. Sebab kamu benar-benar memiliki kebebasan atas harimu hanya disaat kamu libur saja.

  1. Sering-seringlah berbagi keluh kesah
images : http://www.kesekolah.com

Jangan dibiasakan untuk menyimpan masalah sendiri. Ingat kita itu mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain. Karena itu usahakanlah untuk berbagi masalah yang kamu hadapi dengan teman ataupun keluarga. Siapa tahu mereka mampu memberikan solusi atas masalah yang kamu hadapi.

  1. Lakukan hal sederhana yang bisa membuatmu bahagia
images : dtqnv8in03d1n.cloudfront.net

Bahagia itu sederhana. Terkadang kita hanya memerlukan hal-hal sederhana untuk membuat kita bahagia. Misalnya saja bermain game, minum teh bersama keluarga, atau sekedar jalan-jalan di taman kota. Selagi ada waktu, lakukan hal-hal itu. Selain murah, kondisi mental dan psikis kamu akan selalu terjaga sebab tidak merasakan depresi.

  1. Jangan lupa ambil jatah cuti
images : http://static.republika.co.id

Saking sibuknya bekerja terkadang kita sampai lupa mengambil cuti. Padahal kantor memberikan kita jatah cuti karena sudah mengukur sampai mana batas ketahanan psikis seseorang untuk bisa menjalankan tugas dengan baik. Karena itu ketika kamu benar-benar jenuh dengan pekerjaan, ada baiknya untuk segera mengambil cuti. Siapa tahu kamu akan menjadi lebih produktif setelah mengambil cuti.

Sederhana sekali kan cara agar kita tidak mengalami stress karena pekerjaan? Jangan sampai niat kita kejar setoran dan bonus dari perusahaan justru membuat kita jadi depresi. Ingat, segala sesuatu itu harus seimbang. Baik mental psikis maupun fisik harus selalu kamu perhatikan.

Comments

comments