Connect with us

Piknik

6 Tempat Wisata yang Sebaiknya Dihindari Untuk Libur Akhir Tahun

Published

on

Tanpa terasa 2017 sudah sampai di penghujung tahun. Kurang dari satu bulan lagi kita semua akan memasuki rangkaian libur panjang akhir tahun. Bagi kamu yang masih sekolah tentunya akan merasakan libur semester 1 di akhir Desember nanti. Sementara itu buat kamu yang bekerja, setidaknya kamu akan merasakan cuti bersama natal dan libur tahun baru.

Beberapa kegiatan pastinya telah kamu siapkan untuk menikmati libur akhir tahunmu nanti. Salah satunya adalah dengan mendatangi tempat wisata yang sudah sejak lama ingin kamu kunjungi. Berbekal instagram serta jejaring sosial lainnya tentu bukan perkara sulit untuk menemukan tempat yang pas untuk menikmati libur akhir tahun.

Sayangnya tidak semua tempat yang instagramable tersebut layak untuk kamu kunjungi saat libur akhir tahun nanti. Ada beberapa tempat yang justru menjadi penuh sesak dan sangat tidak nyaman untuk menikmati suasana liburan.

  1. Puncak Bogor

images : liputan6.com

Kamu yang tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya ada baiknya untuk memikirkan masak-masak terlebih dahulu sebelum berencana ke Puncak saat akhir tahun nanti. Sebab hampir dipastikan arus kendaraan yang menuju kesana sangatlah padat. Untuk libur long weedend biasa saja polisi biasanya sampai harus memberlakukan sistem buka tutup, apalagi ini untuk libur panjang natal dan tahun baru. Bisa-bisa waktumu hanya habis di perjalanan saja.

  1. Gunung Bromo

images : mytrip123.com

Menikmati sunrise pertama 2018 di Gunung Bromo tentu akan menjadi moment yang berkesan. Namun lain ceritanya kalau untuk mengabadikan moment indah tersebut kamu harus berebutan dengan ribuan pengunjung lainnya yang menginginkan moment yang sama. Bromo akan didatangi ribuan pengunjung saat libur akhir tahun nanti dan sebagian besar dari mereka mengincar moment sunrise dari Gunung Bromo yang terkenal indah itu.

  1. Pantai Pangandaran

images : http://ayobandung.com

Salah satu pantai paling terkenal di Jawa Barat ini juga akan sangat ramai saat libur akhir tahun nanti. Kalau kamu ingin berjemur dengan tenang sambil menikmati kehangatan terik matahari pantai, maka sebaiknya jangan datang ke Pangandaran. Sebab banyaknya pengunjung yang datang pasti akan membuat suasana menjadi sangat berisik dan tidak nyaman buat kamu yang mendambakan ketenangan sambil mendengar deburan ombak pantai selatan.

Baca juga : 6 Potret Keindahan Gili Lawa Darat, Serpihan Surga di Nusa Tenggara

  1. Gua Pindul

images : www.harianbernas.com

Belakangan ini Gunungkidul memang tengah menjadi primadona obyek wisata di Jogja. Mulai dari gunung api purba sampai wisata pantainya. Salah satu yang terkenal adalah obyek wisata sungai bawah tanah di Gua Pindul. Kalau ingin berkunjung kesana sebaiknya jangan pada waktu libur panjang akhir tahun, sebab pengunjung yang datang ke gua ini sangatlah banyak dan besar kemungkinan kamu tidak bisa menikmati sensasi perjalanan susur sungai bawah tanah gua pindul yang eksotis ini.

  1. Malioboro

images : tempo.co

Siapa yang tidak kenal dengan tempat belanja paling terkenal di Jogja ini. Hanya saja kamu tidak akan maksimal menikmati wisata belanjamu kalau datang pas disaat libur akhir tahun. Terlalu padatnya pengunjung akan membuat kamu sedikit kesulitan ketika hendak melakukan penawaran ke pedagang kaki lima di sekitaran Malioboro. Kamu pun juga akan sedikit kehilangan kehangatan suasana Jogja yang adem ayem tentrem karena jumlah pengunjung yang sangat membludak.

  1. Gunung Prau

images : kompas.com

Selain Bromo, Gunung Prau juga menawarkan suasana sunrise yang tak kalah eksotis. Sayangnya puncak gunung selalu menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi terutama disaat malam pergantian tahun. Akibatnya adalah kenyamananmu dalam berlibur akan sedikit terganggu karena padatnya wisatawan yang datang.

Baca juga : Pikniklah !!! Karena Hidup Bukan Hanya Tentang Kerja dan Cinta

Itulah beberapa tempat yang sebaiknya kamu hindari saat libur akhir tahun nanti. Kalau kamu tipikal orang yang suka keramaian, maka tempat-tempat diatas akan sangat cocok untuk dikunjungi. Tapi kalau kamu tipe orang yang lebih suka dengan ketenangan, sebaiknya kamu cari destinasi lain yang tidak kalah bagus namun belum terlalu ramai seperti destinasi di atas.

 

Komentar

Hits Banget

Lombok, Aceh, dan Jakarta Dinobatkan Sebagai Destinasi Wisata Halal di Indonesia

Published

on

Destinasi wisata halal kini semakin dicari oleh umat muslim. Sesuai namanya, wisata halal adalah tindakan yang diperbolehkan menurut ajaran Islam untuk digunakan oleh orang Muslim dalam industri pariwisata. Definisi ini memandang hukum Islam (syariah) sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen (dalam hal ini adalah Muslim), seperti hotel halal, resort halal, restoran halal dan perjalanan halal.

Beberapa kriteria umum yang menjadi acuan sebuah tempat wisata halal antara lain :

1) Makanan halal

2) Fasilitas salat

3) Kamar mandi dengan air untuk wudhu

4) Pelayanan saat bulan Ramadhan

5) Pencantuman label non halal (jika ada makanan yang tidak halal)

6) Fasilitas rekreasi yang privat (tidak bercampur baur secara bebas)

Untuk Indonesia, destinasi wisata halal dinobatkan kepada Lombok, Aceh, dan Jakarta. Gelar destinasi wisata Halal utama baru ini diberikan oleh Mastercard-Cresent Rating Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018.

wisata lombok via phinemo.com

 

wisata aceh via goodnewsfromindonesia.id

Beberapa hal yang menjadi dasar penilaian adalah kesiapan provinsi dalam akses, komunikasi, lingkungan, serta pelayanan.

Tahun ini, terdapat 10 provinsi yang masuk ke dalam indeks, yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Lombok (Nusa Tenggara Barat), yang berada di puncak indeks tahun ini, telah membuktikan daerahnya sebagai salah satu destinasi tujuan paling lengkap di Indonesia untuk wisatawan muslim. Berikutnya, ada Aceh di peringkat kedua dan Jakarta di peringkat ketiga.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menuturkan bahwa destinasi Halal menjadi salah satu faktor penting untuk menarik wisman muslim datang ke Indonesia.

Menurut GMTI 2018, pengeluaran wisatawan muslim secara global diproyeksikan akan mencapai 220 miliar dolar Amerika pada tahun 2020. Pada 2020, diperkirakan total kedatangan wisatawan muslim secara global akan terus meningkat hingga 156 juta wisatawan, atau mewakili 10 persen dari segmen perjalanan global.

Disisi lain, Pariwisata Halal yang merupakan kunci bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan industri ini diprediksi akan menjadi sumber devisa terbesar di masa depan. Indeks perjalanan ini memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk inovasi dan pertumbuhan segmen perjalanan Halal di Indonesia.

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Cara Mudah Membuat Mi Instan Semakin Lezat dan Menyehatkan

Published

on

By

Musim hujan sudah mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu hal yang identik dengan hujan adalah kenangan mi instan. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya makan mi instan di saat cuaca sedang hujan.

Mi instan yang yang banyak dicari tentu saja mi rebus. Bukan bermaksud menyepelekan mi goreng, hanya saja kurang syahdu rasanya menikmati cuaca hujan tanpa menyantap hidangan hangat yang berkuah. Berasa aneh kan kalau mi goreng disajikan dengan kuah?

Sayangnya banyak diantara kita yang memasak mi rebus dengan kreasi yang monoton. Paling banyak cuma menambahkan telur, irisan cabe, dan sawi saja. Padahal ada beberapa cara yang bisa membuat olahan mi instan rebus tersebut jadi lebih lezat bahkan menyehatkan.

  1. Tambahkan berbagai macam sayuran

images:img-global.cpcdn.com

Jangan hanya terfokus pada sawi saja karena ada banyak sayuran di dunia ini. Kamu bisa menambahkan menambahkan irisan sayuran segar seperti daun bawang, tauge, brokoli, edamame, bayam, atau bahkan pok choy. Tidak hanya memperlezat cita rasanya, menambahkan sayuran pada olahan mi instan juga akan bermanfaat bagi kesehatan.

2. Tambahkan telur mentah

images: awsimages.detik.net.id

Mungkin cara ini terkesan aneh, tetapi patut kamu coba. Setelah mi instan dan bumbu tercampur sempurna, kamu bisa menambahkan telur mentah ke dalamnya. Tutup dan biarkan selama kurang lebih 1 menit. Kamu akan melihat hasil dan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan saat mengolahnya dengan cara klasik.

3.  Tambahkan keju

images: global.cpcdn.com

Makanan yang sering muncul di kartun Tom and Jerry ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah kelezatan mi instan yang kamu buat. Lelehan dari keju akan memberikan sensasi gurih pada kuah mi instan. Kandungan gizi yang ada di dalam mi instan juga bertambah.

4.  Tambahkan bumbu pelengkap

images: 2.bp.blogspot.com

Ada banyak bumbu yang bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap. Salah satu contohnya adalah sambel. Kalau kamu orang yang suka pedas, kamu bisa menambahkan sambel kesukaan kamu kedalam olahan mi instan. Tapi jangan over juga jika tak ingin menghabiskan waktumu di kamar mandi karena sakit perut setelah makan mi pedas.

5. Tambahkan bakso atau irisan hati

images: vemale.com

Cara ini sebenarnya cukup klasik, namun jarang dipraktekkan. Padahal mi instan yang kamu buat akan menjadi lebih nikmat serta mengenyangkan perut jika kamu tambahkan irisan bakso ataupun hati. Bukan hati kamu yang diiris mantan kekasih lho yaa!!!

 

 

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Olahan Tempe Kekinian yang Bikin Kamu Gak Bosan

Published

on

Sebagai salah satu makanan khas nusantara, keberadaan tempe harus terus dilestarikan. Caranya sih sederhana, kamu cukup sering mengkonsumsinya saja. Dengan begitu eksistensi tempe tak akan tergerus dengan kemajuan zaman, khususnya di bidang kuliner.

Selama ini tempe sering kita temui dalam wujud gorengan. Terkadang ada juga yang mencampurnya di sayur lodeh, hanya saja kuantitasnya tak sebanyak di gorengan. Banyaknya penjual gorengan di pinggir jalan semakin memudahkan kita yang ingin makan tempe.

Akan tetapi pernahkah kamu merasa bosan dengan olahan tempe dalam bentuk gorengan yang tampilannya itu-itu saja? Biar kamu gak bosan, coba deh praktekin beberapa resep dibawah ini.

  1. Burger Tempe Crispy

images: resepmembuatkue.com

Sebuah kombinasi olahan makanan nusantara dan Eropa. Buat kamu yang punya budget pas-pasan tapi ingin merasakan burger, maka membuat burger tempe crispy adalah solusinya

Bahan-bahan:

  • 2 buah roti burger
  • 250 gram tempe
  • 1 bungkus tepung bumbu
  • 2 bungkus tepung crispy
  • 1 buah tomat
  • daun selada secukupnya
  • mentimun secukupnya
  • saus sambal atau mayonaise secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe.
  2. Masukkan 4 sendok makan tepung bumbu ke dalam wadah dan campur dengan air secukupnya.
  3. Setelah dikukus, hancurkan tempe dan campur dengan tepung bumbu.
  4. Bentuk tempe menyerupai daging.
  5. Masukkan tempe ke dalam adonan basah tepung krispi.
  6. Lumuri lagi dengan adonan kering tepung crispy.
  7. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  8. Letakkan roti burger bagian bawah. Olesi dengan saus sambal atau mayonaise secukupnya.
  9. Letakkan selada, tomat, mentimun secara bertumpuk di atas roti.
  10. Kemudian letakkan tempe crispy di atas sayuran.
  11. Tutup dengan roti burger bagian atas.
  12. Burger tempe crispy siap untuk dinikmati.

2. Steak Tempe

images: http://resephariini.com

Masih berlaku untuk kamu yang berbudget pas-pasan ataupun vegetarian. Steak tempe yang bentuknya sangat mirip dengan steak daging ini bisa menjadi jalan keluarnya.

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus (400 gram) tempe
  • 1 butir bawang bombay, cincang
  • 2 sendok makan tepung bumbu
  • 1 bungkus tepung panir
  • 50 ml freshmilk
  • 1 butir putih telur

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe selama 10 menit, angkat dan lumatkan.
  2. Campur dengan semua bahan lalu aduk rata.
  3. Bentuk atau cetak sesuai selera, padatkan, lalu goreng hingga kecokelatan.
  4. Hidangkan dengan tampilan seperti di restoran-restoran ataupun rumah makan.
  5. Steak tempe sudah siap untuk dinikmati.

3. Tempe Goreng Keju

images: dapurbunda.com

Keju yang biasanya menjadi pelengkap roti ataupun kue ternyata bisa juga dipadukan dengan tempe. Tak perlu diragukan lagi tentang kadar gizi kombinasi makanan Indonesia dan Eropa itu.

Bahan-bahan:

  • 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian, lalu kukus
  • 2 lembar keju lembaran, potong jadi 6 bagian
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 50 ml air
  • garam secukupnya
  • 1 butir telur
  • tepung panir dan minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Rendam tempe ke dalam larutan air, garam dan bawang putih hingga meresap. Angkat, kemudian selipkan irisan keju di setiap dua irisan tempe lalu masing-masing digulingkan ke tepung panir.
  2. Celupkan ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  3. Hidangkan dan nikmati ketika masih hangat.
  4. Ditemani teh, kopi ataupun susu akan semakin nikmat.

Nah cukup mudah kan? Sebenernya masih banyak lagi kreasi olahan tempe kekinian yang bikin kamu gak bosan dengan olahan yang itu-itu saja. Akan tetapi ada baiknya kamu coba dulu 3 cara diatas. Kalau masih bosan juga, mungkin kamu sebaiknya jangan makan tempe dulu selama beberapa bulan, niscaya akan tumbuh rasa kangen sehingga kamu ingin memakannya lagi.

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.