Connect with us

Hobi

5 Gunung yang Cocok Didaki Untuk Pendaki Pemula

Published

on

Gunung Merapi di Yogyakarta baru saja kembali meletus pada Jumat (11/05/2018) pagi hari. Saat itu sebanyak 120 pendaki masih berada di sekitaran pasar bubrah, lokasi terdekat dengan puncak gunung Merapi. Ketika Merapi mulai meletus, mereka tengah menjalani aktivitas pagi seperti memasak, minum kopi, dan ngobrol sembari mengabadikan aktivitas itu melalui sebuah rekaman.

Hingga akhirnya terjadilah letusan yang tidak pernah diprediksi sebelumnya itu. Kejadian itu pun sempat terekam dan kemudian beredar luas melalui sosial media.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api paling aktif di dunia. Namun hal tersebut tak pernah menyurutkan niat para pendaki untuk menaiki gunung tersebut. Akan tetapi kalau kamu seorang pemula dalam hal pendakian, ada baiknya untuk mencoba terlebih dahulu gunung-gunung berikut ini sebelum melangkah ke gunung yang relatif “sulit” seperti Merapi.

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tenang, gunung ini hanyalah sebatas gunung api purba, jadi sudah tidak aktif lagi. Berada di ketinggian kurang lebih 700 meter diatas permukaan air laut (mdpl), gunung ini layak kamu coba untuk berlatih mendaki. Selain jalur yang relatif mudah, akses menuju gunung ini dari kota Ygyakarta cukup mudah. Dari tempat parkir kendaraan hingga ke puncak hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan saja.

Selain itu banyaknya petunjuk akan semakin mempermudah perjalanan kamu ke puncak. Ada baiknya kalau berniat bermalam, kamu memulai pendakian pada sore hari. Moment sunset dari puncak Nglanggeran terlihat cukup menawan. Saat malam hari kamu akan disuguhi kerlap-kerlip lampu dari kota Yogyakarta. Sedangkan dipagi harinya kamu akan seperti berada di negeri atas awan karena kabut menyelimuti perkampungan di kaki gunung Nglanggeran.

2. Gunung Prau

images: instagram @backpacker.time

Nama gunung Prau tentu sudah tak asing lagi untuk kamu dengarkan. Gunung yang terletak di dataran tinggi Dieng itu berada di ketinggian 2565 mdpl. Dengan posisi geografis setinggi itu kamu harus menyiapkan pakaian yang tebal kalau tidak ingin kedinginan di sana.

Untuk mencapai puncak gunung Prau, kamu bisa melewati 2 jalur yaitu jalur utara dan jalur selatan. Untuk jalur utara adalah melalui desa Kenjuran di Kabupaten Kendal. Rute ini cukup terjal sehingga memakan waktu 6 jam perjalanan. Sedangkan rute kedua relatif lebih mudah yaitu melalui Dieng. Lama perjalanan melalui jalur kedua ini hanya 3 jam saja. Dari gunung Prau kamu akan bisa melihat pemandangan gunung Sindoro, Sumbing, Merapi serta Merbabu.

3. Gunung Papandayan

images: instagram @ryamanda

Gunung Papandayan terletak di kabupaten Garut dan berada di ketinggian 2665 mdpl. Gunung ini relatif aman bagi pemula karena rute pendakian yang terbilang mudah dan banyaknya fasilitas yang ada. Untuk menuju ke pos perkemahan sebelum ke puncak, lama perjalanan yang ditempuh dari tempat parkir adalah kurang lebih 5 jam.

Selama perjalanan itu kamu tak perlu khawatir karena rutenya terbilang landai dan tidak terjal. Selain itu fasilitas seperti air dan toilet juga sudah tersedia. Untuk urusan makan juga jangan khawatir sebab masih ada beberapa pedagang yang ikut “muncak”.

4. Gunung Gede dan Gunung Pangrango

images: instagram @danieljie9

Gunung Gede dan gunung Pangrango biasanya dijadikan sebagai tempat latihan bagi pendaki pemula yang berada di seputaran Jabodetabek. Selain dekat dengan kawasan ibukota, gunung Gede dan gunung Pangrango juga tidak terlalu tinggi untuk didaki. Gunung Gede berada di ketinggian 2958 mdpl. Sedangkan gunung Pangrango berada di ketinggian 3019 mdpl.

Hanya saja kalau kamu ingin mendaki ke sana kamu harus booking dulu surat izin masuk area konservasi. Sebab kedua gunung itu berada di lingkungan Taman Nasional Gede Pangrango. Jadi di sana nanti akan ada banyak aturan yang harus kamu taati.

5. Gunung Lawu

images: instagram @andiplong

Nah terakhir adalah gunung Lawu. Gunung yang berada di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki ketinggian 3265 mdpl. Tinggi sih, tapi rute pendakiannya cukup aman untuk pemula. Selain itu gunung ini juga sudah tidak aktif lagi. Jadi kamu tak perlu khawatir pas lagi di tenda tiba-tiba gunung meletus seperti di Merapi.

Untuk konsumsi juga aman, sebab di beberapa tempat di rute pendakian masih ada pedagang asongan yang jualan makanan maupun minuman. Selain itu pas turun gunung kamu juga bisa menikmati sate kelinci khas Tawangmangu atau menikmati keindahan telaga Sarangan sebelum kamu kembali ke rumah.

Komentar

Kuliner

Cara Mudah Membuat Mi Instan Semakin Lezat dan Menyehatkan

Published

on

By

Musim hujan sudah mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu hal yang identik dengan hujan adalah kenangan mi instan. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya makan mi instan di saat cuaca sedang hujan.

Mi instan yang yang banyak dicari tentu saja mi rebus. Bukan bermaksud menyepelekan mi goreng, hanya saja kurang syahdu rasanya menikmati cuaca hujan tanpa menyantap hidangan hangat yang berkuah. Berasa aneh kan kalau mi goreng disajikan dengan kuah?

Sayangnya banyak diantara kita yang memasak mi rebus dengan kreasi yang monoton. Paling banyak cuma menambahkan telur, irisan cabe, dan sawi saja. Padahal ada beberapa cara yang bisa membuat olahan mi instan rebus tersebut jadi lebih lezat bahkan menyehatkan.

  1. Tambahkan berbagai macam sayuran

images:img-global.cpcdn.com

Jangan hanya terfokus pada sawi saja karena ada banyak sayuran di dunia ini. Kamu bisa menambahkan menambahkan irisan sayuran segar seperti daun bawang, tauge, brokoli, edamame, bayam, atau bahkan pok choy. Tidak hanya memperlezat cita rasanya, menambahkan sayuran pada olahan mi instan juga akan bermanfaat bagi kesehatan.

2. Tambahkan telur mentah

images: awsimages.detik.net.id

Mungkin cara ini terkesan aneh, tetapi patut kamu coba. Setelah mi instan dan bumbu tercampur sempurna, kamu bisa menambahkan telur mentah ke dalamnya. Tutup dan biarkan selama kurang lebih 1 menit. Kamu akan melihat hasil dan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan saat mengolahnya dengan cara klasik.

3.  Tambahkan keju

images: global.cpcdn.com

Makanan yang sering muncul di kartun Tom and Jerry ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah kelezatan mi instan yang kamu buat. Lelehan dari keju akan memberikan sensasi gurih pada kuah mi instan. Kandungan gizi yang ada di dalam mi instan juga bertambah.

4.  Tambahkan bumbu pelengkap

images: 2.bp.blogspot.com

Ada banyak bumbu yang bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap. Salah satu contohnya adalah sambel. Kalau kamu orang yang suka pedas, kamu bisa menambahkan sambel kesukaan kamu kedalam olahan mi instan. Tapi jangan over juga jika tak ingin menghabiskan waktumu di kamar mandi karena sakit perut setelah makan mi pedas.

5. Tambahkan bakso atau irisan hati

images: vemale.com

Cara ini sebenarnya cukup klasik, namun jarang dipraktekkan. Padahal mi instan yang kamu buat akan menjadi lebih nikmat serta mengenyangkan perut jika kamu tambahkan irisan bakso ataupun hati. Bukan hati kamu yang diiris mantan kekasih lho yaa!!!

 

 

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Olahan Tempe Kekinian yang Bikin Kamu Gak Bosan

Published

on

Sebagai salah satu makanan khas nusantara, keberadaan tempe harus terus dilestarikan. Caranya sih sederhana, kamu cukup sering mengkonsumsinya saja. Dengan begitu eksistensi tempe tak akan tergerus dengan kemajuan zaman, khususnya di bidang kuliner.

Selama ini tempe sering kita temui dalam wujud gorengan. Terkadang ada juga yang mencampurnya di sayur lodeh, hanya saja kuantitasnya tak sebanyak di gorengan. Banyaknya penjual gorengan di pinggir jalan semakin memudahkan kita yang ingin makan tempe.

Akan tetapi pernahkah kamu merasa bosan dengan olahan tempe dalam bentuk gorengan yang tampilannya itu-itu saja? Biar kamu gak bosan, coba deh praktekin beberapa resep dibawah ini.

  1. Burger Tempe Crispy

images: resepmembuatkue.com

Sebuah kombinasi olahan makanan nusantara dan Eropa. Buat kamu yang punya budget pas-pasan tapi ingin merasakan burger, maka membuat burger tempe crispy adalah solusinya

Bahan-bahan:

  • 2 buah roti burger
  • 250 gram tempe
  • 1 bungkus tepung bumbu
  • 2 bungkus tepung crispy
  • 1 buah tomat
  • daun selada secukupnya
  • mentimun secukupnya
  • saus sambal atau mayonaise secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe.
  2. Masukkan 4 sendok makan tepung bumbu ke dalam wadah dan campur dengan air secukupnya.
  3. Setelah dikukus, hancurkan tempe dan campur dengan tepung bumbu.
  4. Bentuk tempe menyerupai daging.
  5. Masukkan tempe ke dalam adonan basah tepung krispi.
  6. Lumuri lagi dengan adonan kering tepung crispy.
  7. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  8. Letakkan roti burger bagian bawah. Olesi dengan saus sambal atau mayonaise secukupnya.
  9. Letakkan selada, tomat, mentimun secara bertumpuk di atas roti.
  10. Kemudian letakkan tempe crispy di atas sayuran.
  11. Tutup dengan roti burger bagian atas.
  12. Burger tempe crispy siap untuk dinikmati.

2. Steak Tempe

images: http://resephariini.com

Masih berlaku untuk kamu yang berbudget pas-pasan ataupun vegetarian. Steak tempe yang bentuknya sangat mirip dengan steak daging ini bisa menjadi jalan keluarnya.

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus (400 gram) tempe
  • 1 butir bawang bombay, cincang
  • 2 sendok makan tepung bumbu
  • 1 bungkus tepung panir
  • 50 ml freshmilk
  • 1 butir putih telur

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe selama 10 menit, angkat dan lumatkan.
  2. Campur dengan semua bahan lalu aduk rata.
  3. Bentuk atau cetak sesuai selera, padatkan, lalu goreng hingga kecokelatan.
  4. Hidangkan dengan tampilan seperti di restoran-restoran ataupun rumah makan.
  5. Steak tempe sudah siap untuk dinikmati.

3. Tempe Goreng Keju

images: dapurbunda.com

Keju yang biasanya menjadi pelengkap roti ataupun kue ternyata bisa juga dipadukan dengan tempe. Tak perlu diragukan lagi tentang kadar gizi kombinasi makanan Indonesia dan Eropa itu.

Bahan-bahan:

  • 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian, lalu kukus
  • 2 lembar keju lembaran, potong jadi 6 bagian
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 50 ml air
  • garam secukupnya
  • 1 butir telur
  • tepung panir dan minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Rendam tempe ke dalam larutan air, garam dan bawang putih hingga meresap. Angkat, kemudian selipkan irisan keju di setiap dua irisan tempe lalu masing-masing digulingkan ke tepung panir.
  2. Celupkan ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  3. Hidangkan dan nikmati ketika masih hangat.
  4. Ditemani teh, kopi ataupun susu akan semakin nikmat.

Nah cukup mudah kan? Sebenernya masih banyak lagi kreasi olahan tempe kekinian yang bikin kamu gak bosan dengan olahan yang itu-itu saja. Akan tetapi ada baiknya kamu coba dulu 3 cara diatas. Kalau masih bosan juga, mungkin kamu sebaiknya jangan makan tempe dulu selama beberapa bulan, niscaya akan tumbuh rasa kangen sehingga kamu ingin memakannya lagi.

 

Komentar
Continue Reading

Fotografi

Harga dan Keunggulan Instax SQ20, Kamera Terbaru Keluaran Fujifilm

Published

on

By

Instax SQ20 akhirnya diluncurkan di Indonesia. Seri kamera terbaru dari Fujifilm ini memiliki sejumlah keunggulan dan lebih menarik daripada seri pendahulunya, Instax SQ10.

Sejak jaman dahulu, Fujifilm sudah terkenal di dunia fotografi. Kamu pasti pernah mengalami saat ikut piknik SD atau SMP, teman-temanmu menggunakan kamera dengan merk Fujifilm untuk mengabadikan momen kala itu. Di medio 90an, nama-nama seperti Sony ataupun Canon belum terlalu familiar di Indonesia. Saat dunia fotografi beralih ke digital, Fujifilm ternyata juga mampu beradaptasi dengan mengeluarkan kamera-kamera andalannya.

Hari ini Fujifilm telah resmi merilis kamera seri terbarunya yakni Instax SQ20. Kamera ini memiliki desain menarik dan ergonomis sehingga diharapkan mampu menarik minat generasi muda yang enerjik serta kreatif. Selama ini pengguna Fujifilm kebanyakan adalah anak muda.

images: photorumors.com

Instax SQ20 merupakan kamera instan hybrid dengan sensor gambar digital. Dengan demikian, pengguna bisa memilih foto, meng-edit, menghiasnya dengan filter, lalu langsung mencetak foto tersebut. Adanya fitur motion grab memungkinkan penggunanya dapat menangkap obyek bergerak sehingga bisa mendapatkan momen terbaiknya untuk diabadikan dalam sebuah foto tanpa terlewat sedikitpun.

Dengan adanya fitur motion grab, pengguna dapat merekam video singkat dengan maksimal durasi 15 detik, dan setelahnya mereka dapat memilih frame foto terbaik dari video yang bisa dicetak langsung. Sangat mudah sekali bukan? Tinggal rekam saja dan kamu bisa memilih frame mana yang pas untuk kamu ambil lalu cetak.

Selain itu, terdapat juga fitur Time Shift Collage yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil 4 gambar berbeda dalam rentang waktu tertentu yang nantinya dapat digabungkan dalam satu foto. Pada kamera digital fitur ini dikenal sebagai burst.

Agar foto yang dihasilkan memiliki kesan lebih hidup, dramatis, dan nyata, instax SQ20  dilengkapi dengan filter sequence sehingga pengguna dapat menambahkan efek dinamis pada foto dengan adanya bayangan pada gerakan obyek. Kamu doyan berswafoto? Jangan khawatir, sebab kamu bisa memanfaatkan kaca refleksi yang terletak di samping lensa.

Lensa instax SQ20 sendiri dibekali dengan 4x digital zoom. Kamera ini hadir dengan dua warna yakni hitam matte dan beige. Lantas berapa harga Instax SQ20? Dengan budget kurang lebih 3 jutaan, kamu sudah bisa membawa pulang kamera ini. Cukup terjangkau bukan?

 

 

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.