Connect with us

Kesehatan

5 Alasan Mengapa Ibu Hamil Perlu Perhatian Lebih. Para Suami Wajib Baca Nih!

Published

on

Tahu nggak sih, mengapa kita sering dihadapkan dengan diprioritaskannya ibu hamil terlebih di tempat umum maupun juga moda transportasi? Jangan heran, para wanita berbadan dua ini memang layak untuk mendapat perhatian lebih dari porsi biasanya. Tubuhnya otomatis menjadi lemah dengan mengandung jabang bayi yang juga rentan terhadap berbagai bahaya. Apa saja alasan dibalik perhatian yang harus diberikan untuk seorang ibu hamil? Berikut inilah ulasannya.

 

1. Morning sickness dan nafsu makan yang menurun

Trimester awal biasanya jadi satu fase yang paling menyebalkan. Bayangkan saja, rata-rata ibu hamil akan mengalami morning sickness di minggu-minggu pertama kehamilan mereka. Mual dan muntah sudah jadi rutinitas harian. Keadaan ini diperparah dengan menurunnya nafsu makan. Bahkan, apa yang biasanya jadi makanan favorit, malah berbalik menjadi sesuatu yang tak disukai. Jika sampai dehidrasi karena tak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, sangat mungkin bagi ibu hamil untuk bed rest dan menjalani rawat inap di rumah sakit. Nggak mau sampai begitu, ‘kan?

img: http://www.parents.com

2. Jadi lebih sensitif, mudah marah apalagi menangis

Perubahan hormon juga berpengaruh terhadap mood yang mudah berubah dan juga perasaan yang lebih sensitif. Biasanya ibu hamil lebih gampang marah, atau tiba-tiba saja menangis untuk hal-hal yang sebenarnya sepele. Hal ini tentu bisa saja dialihkan dengan tidak terlalu banyak berkutat dengan pikiran-pikiran negatif serta menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang disukai. Untuk para suami, sebenarnya istri yang sedang hamil dan mengalami hal demikian biasanya cuma butuh sandaran dan didengarkan saja curhatannya.

img: http://www.bebeksayfasi.com

3. Ada rasa cemas akan janin yang dikandung, proses melahirkan, dan badan yang membesar

Ibu hamil yang bahagia adalah koentji dari proses melahirkan yang lancar serta terhindar dari depresi pasca melahirkan (post partum depression). Sayangnya, ibu hamil justu sering dihadapkan dengan rasa cemas yang berlebihan terhadap kondisi janin yang dikandung serta bagaimana proses persalinan nantinya. Belum lagi kekhawatiran mengenai bentuk tubuh yang semakin hari kian melar saja. Untuk urusan yang satu ini, tugas suami adalah sebagai penenang dan supporter nomor satu bahwa semuanya akan baik-baik saja.

img: http://www.anxietytreatmentcentersofcalifornia.com

4. Karena beban bertambah, fisik menjadi cepat lelah

Ibu hamil juga dihadapkan dengan keadaan fisik yang menjadi lebih mudah merasa kelelahan. Hal ini dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya; berat badan yang semakin bertambah, mengalami tahap susah tidur (apalagi jika sudah memasuki kehamilan trimester tiga) sehingga waktu istirahat berkurang, serta nyeri pinggang dan pinggul akibat menopang janin yang kian hari juga makin bertambah beratnya. Jadi, suami bisa turun tangan dalam hal meringankan beban istri seperti membantu pekerjaan rumah terutama untuk urusan yang terlalu berat bagi ibu hamil. Hal sesimpel ini tentu sangat berarti.

img: https://pregnant.sg

5. Rentan terhadap berbagai penyakit

Ada beberapa virus atau infeksi yang sebenarnya tidak cukup membahayakan, namun akan berdampak sangat serius jika dialami oleh ibu hamil, seperti Rubella, Campak, Tokso dan lain sebagainya. Virus ataupun infeksi ini mungkin tak jadi masalah bagi sang ibu, namun bayi yang dikandung akan beresiko cacat bahkan berujung kematian. Untuk itu, perlu kiranya menjaga ibu hamil dari penularan virus tersebut dengan menjalani vaksin dan juga menghindarinya dari lingkungan yang kurang sehat.

img: http://hepatitis.autoimuncare.com

Jadi mulai sekarang, tak ada lagi alasan untuk tidak peduli terhadap ibu hamil, ya!

Komentar

Inspirasi

Berbagai Resep Infused Water Untuk Kecantikan Kulit

Published

on

Buat sobat spaneng yang pingin punya kulit yang cantik dan mulus namun takut untuk menggunakan skincare, ada baiknya kamu coba cara alami dari dalam, salah satunya dengan mengkonsumsi infused water. Ya, selain sebagai pelapas dahaga, air berisi rendaman potongan buah dan sayur ini dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh, mulai dari mengeluarkan racun, penunjang diet, menjaga imunitas, hingga untuk kecantikan kulit.

Dan berikut beberapa resep infused water yang berguna untuk kecantikan kulit kamu

  1. Lemon dan Daun Mint

    img: www.pinterest.com

    Tak dipungkiri lagi jika Lemon merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dan juga berperan dalam menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Sedangkan daun mint mengandung bahan antiseptik yang menjaga kulit tetap steril dan terhindar dari infeksi bakteri ataupun jamur. Apalagi daun mint juga memberikan sensasi rasa dingin dan semriwing yang menyegarkan.

  2. Lemon dan Stawberry

    img: tupperware.co.id

    Jika kamu suka dengan buah strawberry, kamu juga bisa membuat infused water dengan si merah ini. Strawberry juga tak kalah mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker, sebagai antioksidan, dan merawat kesehatan mata. Stroberi juga dikenal sebagai buah yang membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan kulit.

  3. Mangga dan Jahe

    img: 123rf.com

    Buat kamu yang ingin menegah penuaan dini terutama kulit keriput, ada baiknya mengonsumsi infused water yang terbuat dari mangga dan jahe. Karena perpaduan antara mangga dan jahe ternyata membuat infused water dilengkapi dengan antioksidan yang cukup melimpah. Sepeti yang diketahui antioksidan adalah bahan aktif yang mencegah radikal bebas, termasuk kulit berkeriput.

  4. Kayu Manis dan Apel.

    img: grid.id

    Mau kulit terbebas dari jerawat ? Tenang, kamu bisa melakukan pencegahan dari dalam terhadap munculnya jerawat dengan infused water. Caranya dengan mencampurkan kayu manis dan buah apel. Kayu manis ternyata dapat membantu mengurangi risiko munculnya jerawat pada kulit sekaligus dapat menurunkan kadar gula darah lho ! Sedangkan buah apel mengandung vitamin C, flavanoid, polifenol, vitamin A, dan beta-karoten yang tidak hanya berguna sebagai antioksidan yang baik, tetapi juga dapat mencegah terbentuknya sel kanker.

Itu dia beberapa resep infused water untuk kecantikan kulit. Jangan lupa, untuk hasil maksimal sebaiknya direndam dulu hingga semalam ya ! Infused water akan lebih nikmat dinikmati selagi masih dingin.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Cara Mengatasi Demam Saat Hamil Secara Alami

Published

on

By

Sakit saat tengah dalam kondisi hamil tentu menjadi hal yang sangat tidak mengenakkan bagi ibu hamil. Walaupun ingin segera mengobatinya, tapi seorang ibu hamil tak bisa sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan. Salah dalam mengkonsumsi obat bisa beresiko terhadap janin yang sedang dikandungnya.

Tidak menutup kemungkinan seorang ibu hamil akan mengalami demam saat tengah mengandung. Sakit demam yang diderita bisa diakibatkan dari gangguan pencernaan, infeksi, ataupun cuaca. Meski terlihat sepele, namun apabila dibiarkan begitu saja bisa berakibat cukup fatal terhadap janin. Resiko terburuknya adalah terjadi cacat bawaan saat lahir atau terjadi keguguran.

Demam yang disebabkan oleh virus cukup diobati dengan banyak minum air putih, beristirahat, atau minum obat dari dokter. Tetapi jika penyebabnya adalah bakteri, maka yang dibutuhkan adalah antibiotik. Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sembarang obat, termasuk obat untuk meredakan demam, seperti aspirin atau ibuprofen.

Ada beberapa cara alami untuk mengobati demam yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Cara di bawah ini bisa dicoba khususnya untuk ibu hamil yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan selama masa kehamilan.

  1. Kompres dahi dan tubuh dengan handuk ataupun lap yang sudah dibasahi dengan air biasa.
  2. Mandi dengan air hangat. Hindari menggunakan air dingin, karena akan membuat tubuh menjadi menggigil.
  3. Usahakan untuk berada di dalam ruangan yang sejuk atau teduh.
  4. Perbanyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, banyak minum juga akan mendinginkan tubuh dari dalam.
  5. Kenakan pakaian dengan bahan dapat menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Jika merasa kedinginan, gunakanlah selimut tipis, dan lepaskan selimut ketika sudah merasa kepanasan.

Namun apabila cara diatas sudah dilakukan tapi tetap tak menyembuhkan, maka ada baiknya untuk segera berkunjung ke dokter terdekat. Pastikan juga untuk memahami gejala lain yang menyertai demam, seperti sesak napas, nyeri punggung, sakit perut, menggigil, lemas, hingga leher kaku sehingga dokter bisa memberikan resep yang tepat untuk kesembuhan penyakit tersebut.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Atasi Rasa Laparmu dengan Cemilan-Cemilan Sehat Ini

Published

on

Beberapa dari kamu mungkin pernah terasa begitu lapar namun malas untuk makan, dan kalau sudah begini cara yang paling efektif adalah ngemil untuk menunda rasa lapar tersebut. Namun, tak jarang cemilan yang kita pilih adalah cemilan yang kurang menyehatkan. Seperti mengandung pewarna, pemanis, pengawet, dan zat tambahan lainnya. Padahal, ada banyak pilihan cemilan yang sehat sekaligus mengenyangkan lho !

Berikut ini beberapa pilihan camilan sehat yang dapat menyingkirkan rasa lapar. Apa saja ya? Berikut selengkapnya

1. Jagung rebus

img: shutterstock

Makanan pengganti nasi ini mengandung banyak serat makanan dan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Selain itu, jagung rebus juga mengandung antioksidan, asam folat, mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, dan vitamin A dan C.

2. Oatmeal

img: plattingsandpairings.com

Oatmeal mengandung serat yang cukup banyak, sehingga jika dikonsumsi dapat menjaga kadar glukosa tetap terkendali. Proses pencernaannya yang lambat menjadikan oatmeal sebagai salah satu camilan sehat terbaik yang bisa dikonsumsi terutama di pagi hari. Hal ini tentu sangat baik untuk menahanmu untuk tetap kenyang.

3. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang begitu kaya akan kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, asam oleat, asam lemak omega-9 monosaturasi yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kolesterol hingga meningkatkan kesehatan jantung.
Alpukat juga bisa digunakan sebagai salah satu makanan penurun berat badan dan menyeimbangkan kadar kolesterol.

4. Salad Hijau

img: tasteofhome.com

Buat kamu pecinta sayur-sayuran tak ada salahnya mencoba cemilan yang satu ini, yakni salad hijau. Dibuat dengan mencampurkan berbagai macam sayuran seperti mentimun, bayam, selada Romaine, wortel, lobak, dan sayuran berdaun lainnya bersama dengan bumbu tertentu seperti basil atau peterseli. Salad hijau mengandung vitamin A, C, dan K yang membuatnya menjadi camilan sehat untuk mengekang nafsu makan.

5. Yoghurt

img: hindustantimes

Salah satu jenis olahan susu ini juga kaya akan zat gizi seperti protein, potasium, kalsium, vitamin dan mineral. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt akan membantu menjaga pencernaan tetap terkendali, mencegah berbagai jenis infeksi bakteri, dan juga mampu mencegah kanker.

Jadi, buat kamu yang terbiasa mengkonsumsi cemilan kurang sehat, ada baiknya sekarang merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Trending