Connect with us

Olahraga

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Asian Para Games 2018

Published

on

images: kompas.com

Setelah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018, Indonesia akan kembali menggelar hajatan pesta olahraga yaitu Asian Para Games edisi ke-3. Ajang Asian Para Games ini merupakan pesta olahraga penyandang disabilitas tingkat Asia. Sebelumnya ajang ini pernah diselenggarakan di Guangzhou pada tahun 2010 dan Incheon 2014. Jakarta mendapat kehormatan untuk menggelar edisi ke-3 ini.

Asian Para Games 2018 akan diikuti oleh 41 negara National Para Olimpic dengan total jumlah atlet sebanyak 2.800 orang, official team sebanyak 1.800 orang , 18 cabang olahraga dan diliput oleh 500 media baik dalam maupun luar negeri. Pesta olah raga ini akan digelar dari tanggal 06 Oktober sampai 13 Oktober 2018 dengan venue kawasan Gelora Bung Karno Jakarta dan Sentul (sirkuit Sentul).

Sejauh ini  banyak persiapan yang telah dilakukan oleh panitia penyelenggara untuk memastikan event 4 tahunan itu berjalan aman dan lancar. Dalam hal pengamanan Mabes Polri menyatakan bahwa akan menyiagakan 8750 personelnya di berbagai tempat strategis untuk mendukung acara ini. Beberapa tempat itu antara lain venue olahraga, jalan protokol serta wisma atlet.

Untuk wisma atlet sendiri pemerintah juga telah menyiapkan sebanyak 2500 kamar di wisma atlet Kemayoran. Semuanya dilengkapi dengan fasilitas untuk penyandang disabilitas. Hal itu dimaksudkan agar para atlet merasa aman dan nyaman selama penyelenggaraan acara.

Lambang dari pesta olahraga untuk penyandang disabilitas ini diberi judul Energy of Asia, dimodelkan di atas atap Stadion Gelora Bung Karno berupa atap temu gelang yang mewakili harmoni dan keseimbangan dalam lingkungan alam dan masyarakat Asia. Sedangkan orang yang bergerak di tengah lingkaran melambangkan gerakan dan energi dari atlet difabel yang berpartisipasi pada Asian Para Games 2018 dalam mencapai kemenangan, sementara 3 kurva di sekitar siluet pria itu mewakili kesatuan dalam keragaman di antara negara-negara Asia untuk pencapaian bersama. Sebuah logo yang penuh makna.

images: kompas.com

Seperti event olahraga pada umumnya, ajang pesta oahraga penyandang disabilitas tingkat Asia ini juga memiliki maskot. Maskot resmi untuk Asian Para Games 2018 adalah elang bondol bernama Momo, yang dipilih untuk mewakili motivasi dan mobilitas. Dikatakan elang Bondol adalah sejenis elang yang terancam punah yang hanya hidup di daerah Kepulauan Seribu  dengan populasi yang sedikit. Hewan tersebut memiliki kepala dan dada yang berwarna putih dan tubuh berwarna coklat gelap.

Kirab obor juga dilakukan untuk hitung mundur 30 hari sebelum  opening ceremony. Kirab obor ini telah dimulai dari Solo yang dinyalakan menggunakan api alam abadi dari Indonesia. Setelah itu obor akan diarak ke sejumlah kota seperti Ternate, Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang dan berakhir di Jakarta. Yang bertugas menjadi pembawa obor adalah kalangan selebritas, aktifis, ataupun kalangan pejabat.

Sama halnya dengan Asian Games, opening ceremony Asian Para Games juga akan dilakukan secara meriah. Inapgoc selaku panitia mengatakan bahwa acara pembukaan nantinya akan dimeriahkan oleh sejumlah artis terkenal dan penampilan dari kaum penyandang disabilitas yang akan menunjukkan keberagaman serta budaya Indonesia. Titik beratnya tentu saja kepada para penyandang disabilitas tersebut karena pesta olahraga ini memang ditujukan untuk mereka.

Indonesia sendiri mentargetkan berhasil meraih posisi tujuh di ajang ini. Sebelumnya pada tahun 2011 lalu Indonesia juga telah sukses menyelenggarakan ajang serupa untuk tingkat Asia Tenggara yakni Asean Para Games. Kala itu kontingen Indonesia duduk di peringkat ke-2 di bawah Thailand yang menjadi juara umum.

 

 

 

Komentar

Bola

Hasil Liga Italia: AS Roma Kalahkan Lazio 3-1 di Laga Derby Della Capitale

Published

on

By

images: gazzettaobjects.it

Laga derby Ibukota Italia atau biasa disebut sebagai derby della capitale yang mempertemukan antara AS Roma vs Lazio baru saja berakhir. Serigala Ibukota yang bertindak sebagai tuan rumah menuntaskan laga dengan skor 3-1.

Sepanjang 20 menit pertama, pendukung AS Roma harus dibuat ketar-ketir karena jalannya pertandingan lebih didominasi oleh Lazio. Di menit ke-2 Ciro Immobile sudah mengancam gawang Roma, namun tendangannya masih membentur barisan pertahanan serigala ibukota. Selang 10 menit kemudian giliran Luis Alberto yang mengancam melalui sepakan dari luar kotak penalti. Sayang tendangannya tersebut masih mampu diblok oleh Federico Fazio.

Setelah itu giliran Roma yang mengambil alih kendali. Tusukan Dzeko di menit ke-22 diakhiri tendangan ke arah gawang Lazio yang dikawal Strakosha namun masih bisa diamankan. Begitu juga dengan upaya Pastore satu menit kemudian.

Pastore akhirnya ditarik keluar pada menit ke-37 karena mengalami cedera. Penggantinya adalah Lorenzo Pallegrini. Pada menit ke-45 gol yang dinantikan pendukung Roma akhirnya tercipta. Memanfaatkan kemelut di gawang Lazio, Pallegrini berhasil memanfaatkan bola liar untuk melakukan backheel ke gawang Strakosha. Skor 1-0 untuk Roma menutup babak pertama.

Di menit ke-67 Lazio berhasil menyamakan kedudukan. Kesalahan Fazio dalam mengontrol bola mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Immobile untuk mencetak gol lewat tendangan yang mengarah ke tiang jauh.

Skor imbang tersebut hanya bertahan selama 4 menit saja. Tendangan bebas Kolarov tak mampu dibendung oleh Strakosha. Federico Fazio menebus kesalahannya dengan mencetak gol pada menit ke-86 memanfaatkan umpan Pallegrini. Sampai pertandingan berakhir skor 3-1 untuk kemenangan AS Roma tetap bertahan.

Kemenangan ini membuat AS Roma naik ke peringkat 5 dengan 11 poin hasil dari 3 kali menang, 2 kali imbang dan 2 kali kalah. Sementara Lazio berada di posisi 4 dengan raihan 12 poin hasil dari 4 kali menang dan 3 kali kalah.

 

Komentar
Continue Reading

Bola

Hasil Liga Inggris: MU Takluk 1-3 Dari West Ham

Published

on

By

images: dailymail.co.uk

Manchester United kembali menelan kekalahan. Setelah pada tengah pekan lalu kalah dari Derby County di ajang Piala Liga, kini giliran West Ham United yang mengalahkan MU di ajang Liga Inggris. Di Olympic Stadium London, MU menyerah 1-3 dari tim tuan rumah.

Pertandingan baru berjalan 6 menit ketika West Ham mencetak gol pertamanya. Serangan dari sisi kiri pertahanan MU berhasil dipatahkan dan bola mengalir ke kaki Mark Noble. Noble pun mengarahkan bola ke Pablo Zabaleta yang kemudian diteruskan kepada Felipe Anderson. Lewat tumitnya, Anderson mampu mengkonversi umpan matang Zabaleta tersebut menjadi gol pertama tim tuan rumah.

Kesempatan MU menyamakan kedudukan datang di menit ke-23. Umpan silang Ashley Cole disambut dengan tandukan kepala Romelo Lukaku. Sayangnya sundulan Lukaku hanya menerpa mistar gawang saja. Di penghujung babak pertama West Ham menambah keunggulan setelah Yarmolenko mampu memanfaatkan sedikit kemelut di depan gawang De Gea.

Bola tendangan Yarmolenko yang membentur kaki Lindelof tak mampu diamankan De Gea. Keunggulan 2-0 untuk West Ham menutup babak pertama. Untuk menambah daya serang, Mourinho memasukkan Rashford di babak kedua menggantikan Lindelof. Namun hal tersebut belum mampu memberikan dampak positif bagi MU.

Usaha MU memperkecil ketertinggalan di menit 64 melalui Fellaini juga masih menemui kegagalan. Tandukan pemain asal Belgia tersebut masih mampu dihalau Lukasz Fabianski. Barulah pada menit ke 70 gol yang dinantikan pendukung MU datang. Berawal dari tendangan sudut Luke Shaw, Rashford mampu memanfaatkannya menjadi gol lewat sebuah tendangan backheel di tiang dekat.

Sayangnya 4 menit kemudian West Ham kembali menambah keunggulan lewat kaki Arnautovic yang lolos dari jebakan offside. Ia mampu menaklukan De Gea lewat sepakan pelan namun terarah dalam posisi satu lawan satu. Skor 3-1 untuk kemenangan West Ham ini bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Kekalahan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi MU di ajang Liga Inggris. Dari 7 laga yang dijalani, MU hanya meraih 3 kemenangan, 1 kali imbang dan 3 kali kalah. Anak asuh Mourinho inipun hanya mampu mencetak 10 gol dan kebobolan 12 gol. Dengan kondisi seperti ini, banyak media-media yang sudah memberitakan bahwa tak lama lagi Mourinho akan dipecat.

Komentar
Continue Reading

Olahraga

Lawn Bowls, Salah Satu Cabang Olahraga di Asian Para Games 2018

Published

on

Lawn Bowls atau biasa disebut dengan boling lapangan adalah salah satu cabang olahraga yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 1800an. Di daerah asalnya yaitu daratan Eropa atau lebih tepatnya di Negara Skotlandia, olahraga satu ini banyak dimainkan oleh para pensiunan tentara di sela-sela kegiatan mereka yang bisa dibilang sudah cukup santai.

id.wikipedia.org

Secara teknik, aturan permainan Lawn Bowls mirip dengan boling namun bedanya di Lawn Bowls atlet melempar bola yang disebut “wood” yang memiliki bias atau berat sebelah sehingga bola tersebut bisa menggelinding dengan arah yang melengkung. Dimainkan di atas lapangan rumput (atau karpet), olahraga ini terdiri dari dua tim yang masing-masing beranggotakan 1-4 pemain.

Pada Asian Para Games 2018, nomor yang dimainkan adalah tunggal putra-putri dan ganda campuran.

Untuk petunjuk permainan Lawn Bowls selengkapnya, simak video berikut ini

Untuk bola yang bernama wood atau bowl tersebut terbuat dari bahan kayu atau plastik dimana ukurannya tidak bulat sempurna, melainkan menggembung di bagian sisi. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari diameter 4,5 inci hingga 5,5 inci, dengan berat hampir 1 kilogram.

Durasi permainannya Lawn Bowls paling lama berlangsung satu jam, atau bisa berakhir lebih cepat jika salah satu tim sudah mendapatkan 21 poin.

Pada Asian Para Games 2018, cabang olahraga lawn bowls akan mempertandingkan 7 klasifikasi, yakni B1 (buta total), B2, B3, B4 (low vision), B6 (kursi roda), B7 (disabilitas kaki), dan B8 (disabilitas tangan).

Indonesia sendiri tercatat mendaftarkan 18 atlet yang terdiri dari 9 putra dan 9 putri dalam klasifikasi B6 (sebanyak 2 tim) dan B7 (2 tim).

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.