Connect with us

Olahraga

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Asian Para Games 2018

Published

on

images: kompas.com

Setelah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018, Indonesia akan kembali menggelar hajatan pesta olahraga yaitu Asian Para Games edisi ke-3. Ajang Asian Para Games ini merupakan pesta olahraga penyandang disabilitas tingkat Asia. Sebelumnya ajang ini pernah diselenggarakan di Guangzhou pada tahun 2010 dan Incheon 2014. Jakarta mendapat kehormatan untuk menggelar edisi ke-3 ini.

Asian Para Games 2018 akan diikuti oleh 41 negara National Para Olimpic dengan total jumlah atlet sebanyak 2.800 orang, official team sebanyak 1.800 orang , 18 cabang olahraga dan diliput oleh 500 media baik dalam maupun luar negeri. Pesta olah raga ini akan digelar dari tanggal 06 Oktober sampai 13 Oktober 2018 dengan venue kawasan Gelora Bung Karno Jakarta dan Sentul (sirkuit Sentul).

Sejauh ini  banyak persiapan yang telah dilakukan oleh panitia penyelenggara untuk memastikan event 4 tahunan itu berjalan aman dan lancar. Dalam hal pengamanan Mabes Polri menyatakan bahwa akan menyiagakan 8750 personelnya di berbagai tempat strategis untuk mendukung acara ini. Beberapa tempat itu antara lain venue olahraga, jalan protokol serta wisma atlet.

Untuk wisma atlet sendiri pemerintah juga telah menyiapkan sebanyak 2500 kamar di wisma atlet Kemayoran. Semuanya dilengkapi dengan fasilitas untuk penyandang disabilitas. Hal itu dimaksudkan agar para atlet merasa aman dan nyaman selama penyelenggaraan acara.

Lambang dari pesta olahraga untuk penyandang disabilitas ini diberi judul Energy of Asia, dimodelkan di atas atap Stadion Gelora Bung Karno berupa atap temu gelang yang mewakili harmoni dan keseimbangan dalam lingkungan alam dan masyarakat Asia. Sedangkan orang yang bergerak di tengah lingkaran melambangkan gerakan dan energi dari atlet difabel yang berpartisipasi pada Asian Para Games 2018 dalam mencapai kemenangan, sementara 3 kurva di sekitar siluet pria itu mewakili kesatuan dalam keragaman di antara negara-negara Asia untuk pencapaian bersama. Sebuah logo yang penuh makna.

images: kompas.com

Seperti event olahraga pada umumnya, ajang pesta oahraga penyandang disabilitas tingkat Asia ini juga memiliki maskot. Maskot resmi untuk Asian Para Games 2018 adalah elang bondol bernama Momo, yang dipilih untuk mewakili motivasi dan mobilitas. Dikatakan elang Bondol adalah sejenis elang yang terancam punah yang hanya hidup di daerah Kepulauan Seribu  dengan populasi yang sedikit. Hewan tersebut memiliki kepala dan dada yang berwarna putih dan tubuh berwarna coklat gelap.

Kirab obor juga dilakukan untuk hitung mundur 30 hari sebelum  opening ceremony. Kirab obor ini telah dimulai dari Solo yang dinyalakan menggunakan api alam abadi dari Indonesia. Setelah itu obor akan diarak ke sejumlah kota seperti Ternate, Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang dan berakhir di Jakarta. Yang bertugas menjadi pembawa obor adalah kalangan selebritas, aktifis, ataupun kalangan pejabat.

Sama halnya dengan Asian Games, opening ceremony Asian Para Games juga akan dilakukan secara meriah. Inapgoc selaku panitia mengatakan bahwa acara pembukaan nantinya akan dimeriahkan oleh sejumlah artis terkenal dan penampilan dari kaum penyandang disabilitas yang akan menunjukkan keberagaman serta budaya Indonesia. Titik beratnya tentu saja kepada para penyandang disabilitas tersebut karena pesta olahraga ini memang ditujukan untuk mereka.

Indonesia sendiri mentargetkan berhasil meraih posisi tujuh di ajang ini. Sebelumnya pada tahun 2011 lalu Indonesia juga telah sukses menyelenggarakan ajang serupa untuk tingkat Asia Tenggara yakni Asean Para Games. Kala itu kontingen Indonesia duduk di peringkat ke-2 di bawah Thailand yang menjadi juara umum.

 

 

 

Komentar

Bola

Moment Persija Konvoi Rayakan Juara Liga 1 Penuhi Jalan Ibukota

Published

on

Puluhan ribu Jak Mania berpesta pora merayakan kemenangan Juara Liga 1 bersama para pemain persija di sepanjang jalan GBK menuju balaikota Jakarta. Pemain Persija Jakarta diarak dengan menggunakan bus Transjakarta membawa trophy Liga 1 dan juga piala-piala lain di tahun 2018. Kehadiran rombongan pemain Persija Jakarta disambut oleh lautan oranye The Jakmania dengan sorak sorai kemeriahan.

Berikut momen-momen yang terekam kamera pada acara konvoi kemenangan Persija Jakarta.

  1. Terlihat dari atas, The Jakmania memenuhi Bunderan HI. Sebanyak 700 personil polisi dikerahkan untuk menertibkan jalannya acara ini.
  2. Pemain Persija Jakarta berada di atas bus Transjakarta membawa trophy Liga 1 dan juga trophy Piala Presiden 2018.

    img: @mario_sonatha

     

  3. Pemain Persija Jakarta Gunawan Dwi Cahyo, Ramdani Lestaluhu, dan Andry Tany ikut mengabadikan momen kemenangan mereka

    img: @beritapersijajakarta

     

  4. Luapan kebahagiaan The Jakmania ketika menyambut kedatangan Tim kesayangan mereka

    img: @jakartabelongstous

     

  5. Suasana ketika bus Transjakarta melewati The Jakmania

 

Komentar
Continue Reading

Moto GP

Satu Tim di MotoGP 2019, Marc Marquez Ingatkan Jorge Lorenzo

Published

on

By

Gelaran MotoGP 2019 akan tampil dengan sejumlah wajah baru di beberapa tim peserta. Sejumlah pebalap akan berganti tunggangan musim depan. Salah satunya adalah juara MotoGP 2015 Jorge Lorenzo.

Pebalap yang saat ini berusia 31 tahun tersebut akan berseragam tim Honda musim depan setelah berbaju Ducati musim 2018 ini. Itu berarti Lorenzo akan satu tim dengan Marc Marquez, sang juara MotoGP 2018.

Kepindahan Lorenzo ke tim Honda langsung memancing reaksi Marquez. Sebagai seorang pebalap, ia menaruh rasa hormat yang sangat tinggi kepada Lorenzo. Akan tetapi ia memperingatkan bahwa persaingan untuk menjadi juara dunia tetap ada.

“Dengan pembalap siapa pun pasti anda bersaing untuk sebuah gelar, anda tidak bisa menjadi teman. Teman adalah orang-orang yang dapat berbagi segalanya dan dapat memiliki hubungan yang baik,” kata Marquez dilansir dari Paddock-GP, Rabu (28/11/2018).

Meskipun demikian, Marquez tetap menaruh respect terhadap rekan senegaranya itu. Bahkan ia juga mengatakan bahwa ia akan menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat jika nanti Lorenzo mampu menjadi juara dunia bersama Honda.

“Ada respek untuk Lorenzo, tetapi semua orang berpikir tentang di lintasan. Jika dia memenangkan gelar, saya akan menjadi yang pertama melepaskan topi saya,” tambah pebalap berusia 25 tahun itu.

Persaingan dua pebalap ini memang terbilang cukup sengit. Dalam 9 musim terakhir, hanya Casey Stoner dari tim Honda pada tahun 2011 saja yang mampu tampil sebagai juara dunia selain dua pebalap ini. Marquez berhasil meraih 5 gelar sedangkan Lorenzo mengumpulkan 3 gelar. Patut ditunggu bagaimana persaingan dua pebalap Honda ini di MotoGP 2019 mendatang.

Komentar
Continue Reading

Moto GP

Inilah Susunan Pebalap MotoGP 2019

Published

on

By

Musim MotoGP 2018 telah berakhir. Marc Marquez (Repsol Honda) keluar sebagai juaranya pada musim ini. Dengan berakhirnya MotoGP 2018, maka setiap tim pun mulai mempersiapkan diri untuk menjalani musim 2019 dengan mengikuit tes pascamusim yang dilakukan di Valencia dan juga Jerez.

Meski terkesan sepele, tes pascamusim ini sangatlah penting bagi tim-tim peserta MotoGP 2019 mendatang. Hal itu dikarenakan pada dua tes pascamusim itu setiap tim akan mencari tahu apa saja yang perlu dikembangkan lagi dari motor yang akan digunakan pada musim depan.

Selain itu terjadi juga perubahan susunan komposisi tim. Sejumlah pebalap telah berpindah tim untuk musim depan. Proses adaptasi dengan motor baru perlu dilakukan agar benar-benar siap untuk bersaing saat musim kompetisi telah bergulir. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengikuti tes pascamusim ini.

Lantas seperti apa komposisi tim untuk MotoGP 2019 mendatang? Berikut ini kami berikan komposisi lengkapnya.

  1. Repsol Honda
  • Marc Marquez
  • Jorge Lorenzo

2.  Yamaha Factory Racing

  • Valentino Rossi
  • Maveric Vinales

3. Ducati Tim

  • Andrea Dovizioso
  • Danilo Petrucci

4.  Team Suzuki Ecstar

  • Alex Rins
  • Joan Mir

5.  Red Bull KTM Factory Racing

  • Johann Zarco
  • Pol Espargaro

6.  Petronas Yamaha SRT

  • Franco Morbidelli
  • Fabio Quartararo

7.  Real Avianti Racing

  • Karel Abraham
  • Tito Rabat Alma

8.  Pramac Racing

  • Francesco Bagnaia
  • Jack Miller

9.  Red Bull KTM Tech3

  • Miguel Oliveira
  • Hafizh Syahrin

10. LCR Honda Idemitsu

  • Takaaki Nakagami

11. LCR Honda Castrol

  • Cal Crutchlow

12. Aprilia Racing Team Gresini

  • Aleix Espargaro
  • Andre Iannone
Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.