Kesehatan, Tips

Ternyata Ini Penyebab Orang Patah Hati dan Galau Jadi Banyak Makan

images: awsimages.detik.net.id

Pada beberapa kasus orang patah hati biasanya menjadi malas makan. Namun ternyata itu hanyalah sementara saja. Rasa lapar yang tak tertahankan pada akhirnya mendekatkan mereka kembali pada makanan. Efeknya lebih besar dari itu, nafsu makan mereka terutama pada makanan berlemak justru semakin bertambah.

Kamu tentu punya teman yang pernah patah hati. Coba kamu amati dengan cermat, pasti nafsu makan, atau setidaknya ngemil akan bertambah. Hal itu ternyata tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang menyebabkan itu bisa terjadi. Salah satunya adalah isi kandungan dalam makanan yang dimakan.

Coklat misalnya, dari dulu makanan yang manis dan banyak bertebaran dihari kasih sayang ini terkenal dapat menentramkan perasaan yang sedang galau. Karena itu jangan heran kalau ada teman cewek kamu yang sedang patah hati, hobinya jadi makan coklat. Pasti dia baru saja konsultasi ke mbah google tentang obat galau.

images: http://ozgurdiyet.com

Perasaan sedih dan galau hanya dapat teratasi dengan menenangkan diri. Kandungan lemak serta gula yang tinggi dalam suatu makanan ternyata mampu membuat pikiran menjadi tenang. Hal itu lantas berpengaruh juga ke emosi. Emosi yang tadinya tidak stabil akan menjadi relatif lebih tenang dari sebelumnya.

Sedangkan alasan lebih spesifiknya adalah makanan bisa meningkatkan kadar serotin yakni zat kimia dalam otak yang mengubah suasana hati menjadi lebih tenang. Nah sudah jelas kan kenapa orang yang galau jadi banyak makan?

Jadi buat kamu yang sedang dalam program diet, kamu harus bisa menjaga emosi serta suasana hati dengan baik. Sebab makanan pasti menjadi pelarian termudah kalau kamu mendadak stress atau patah hati. Kalau sudah begitu, maka perjuanganmu untuk mengecilkan badan hanya akan menjadi sia-sia saja.

images: iyakan.com

Memang sih ada pelarian lain. Yang positif seperti berolah raga ataupun travelling. Sedangkan yang negatif seperti merokok atau minum minuman beralkohol. Tapi dari sisi kemudahan, tetap saja makan menjadi solusi paling brilian.

Mungkin ada yang bilang kalau baru saja putus cinta itu mending gak usah makan, biar sakit terus si doi perhatian lalu balikan lagi. Haduh…gaes and girls.…percaya deh, patah hati dengan perut lapar dan sakit-sakitan itu lebih sengsara daripada patah hati dengan perut kenyang. Ingat peribahasa lama, perut kenyang hati pun kenyang!

Comments

comments