Connect with us

Kesehatan

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung, Itu Cuma Mitos!

Published

on

Apakah kamu punya teman atau saudara yang telapak tangannya selalu mengeluarkan keringat? Banyak yang bilang kalau hal tersebut merupakan ciri-ciri penyakit jantung. Entah apa yang menyebabkan banyak orang beranggapan seperti itu.

Padahal, menurut beberapa ahli penyakit dalam, telapak tangan berkeringat tidak selalu menandakan bahwa yang bersangkutan menderita penyakit jantung. Hal tersebut hanyalah mitos belaka!

Telapak tangan berkeringat bisa disebabkan karena berbagai hal. Seperti kecemasan berlebih ataupun sedang bermasalah dengan kondisi psikologisnya. Perasaan grogi atau demam panggung ketika hendak tampil di suatu acara terkadang juga bisa membuat telapak tangan berkeringat.

Namun selain itu, telapak tangan berkeringat juga bisa jadi merupakan tanda seseorang menderita penyakit maag ataupun gangguan tiroid. Yang jelas, ciri utama penyakit jantung adalah seringnya muncul rasa nyeri di dada. Kalau mengalami tanda-tanda seperti itu ditambah lagi dengan riwayat keturunan punya penyakit jantung, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Dewasa ini banyak bermunculan berbagai jenis penyakit. Situasi lingkungan dan gaya hidup akan sangat berpengaruh dengan kesehatan badan. Oleh karena itu kita harus bisa mengatur pola hidup agar tetap bisa sehat untuk melakukan berbagai aktifitas.

Selain itu, jika menemui masalah seputar kesehatan, jangan terburu-buru percaya pada mitos. Banyak-banyaklah mencari referensi melalui internet kalau perlu segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Salah langkah dalam menangani gejala penyakit bisa sangat beresiko terhadap kesehatan. Sebab dikhawatirkan bukannya sembuh tapi penyakit yang diderita justru akan semakin berat dan susah untuk disembuhkan.

Komentar

Kesehatan

Cara Mengatasi Demam Saat Hamil Secara Alami

Published

on

By

Sakit saat tengah dalam kondisi hamil tentu menjadi hal yang sangat tidak mengenakkan bagi ibu hamil. Walaupun ingin segera mengobatinya, tapi seorang ibu hamil tak bisa sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan. Salah dalam mengkonsumsi obat bisa beresiko terhadap janin yang sedang dikandungnya.

Tidak menutup kemungkinan seorang ibu hamil akan mengalami demam saat tengah mengandung. Sakit demam yang diderita bisa diakibatkan dari gangguan pencernaan, infeksi, ataupun cuaca. Meski terlihat sepele, namun apabila dibiarkan begitu saja bisa berakibat cukup fatal terhadap janin. Resiko terburuknya adalah terjadi cacat bawaan saat lahir atau terjadi keguguran.

Demam yang disebabkan oleh virus cukup diobati dengan banyak minum air putih, beristirahat, atau minum obat dari dokter. Tetapi jika penyebabnya adalah bakteri, maka yang dibutuhkan adalah antibiotik. Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sembarang obat, termasuk obat untuk meredakan demam, seperti aspirin atau ibuprofen.

Ada beberapa cara alami untuk mengobati demam yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Cara di bawah ini bisa dicoba khususnya untuk ibu hamil yang tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan selama masa kehamilan.

  1. Kompres dahi dan tubuh dengan handuk ataupun lap yang sudah dibasahi dengan air biasa.
  2. Mandi dengan air hangat. Hindari menggunakan air dingin, karena akan membuat tubuh menjadi menggigil.
  3. Usahakan untuk berada di dalam ruangan yang sejuk atau teduh.
  4. Perbanyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, banyak minum juga akan mendinginkan tubuh dari dalam.
  5. Kenakan pakaian dengan bahan dapat menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Jika merasa kedinginan, gunakanlah selimut tipis, dan lepaskan selimut ketika sudah merasa kepanasan.

Namun apabila cara diatas sudah dilakukan tapi tetap tak menyembuhkan, maka ada baiknya untuk segera berkunjung ke dokter terdekat. Pastikan juga untuk memahami gejala lain yang menyertai demam, seperti sesak napas, nyeri punggung, sakit perut, menggigil, lemas, hingga leher kaku sehingga dokter bisa memberikan resep yang tepat untuk kesembuhan penyakit tersebut.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Atasi Rasa Laparmu dengan Cemilan-Cemilan Sehat Ini

Published

on

Beberapa dari kamu mungkin pernah terasa begitu lapar namun malas untuk makan, dan kalau sudah begini cara yang paling efektif adalah ngemil untuk menunda rasa lapar tersebut. Namun, tak jarang cemilan yang kita pilih adalah cemilan yang kurang menyehatkan. Seperti mengandung pewarna, pemanis, pengawet, dan zat tambahan lainnya. Padahal, ada banyak pilihan cemilan yang sehat sekaligus mengenyangkan lho !

Berikut ini beberapa pilihan camilan sehat yang dapat menyingkirkan rasa lapar. Apa saja ya? Berikut selengkapnya

1. Jagung rebus

img: shutterstock

Makanan pengganti nasi ini mengandung banyak serat makanan dan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Selain itu, jagung rebus juga mengandung antioksidan, asam folat, mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, dan vitamin A dan C.

2. Oatmeal

img: plattingsandpairings.com

Oatmeal mengandung serat yang cukup banyak, sehingga jika dikonsumsi dapat menjaga kadar glukosa tetap terkendali. Proses pencernaannya yang lambat menjadikan oatmeal sebagai salah satu camilan sehat terbaik yang bisa dikonsumsi terutama di pagi hari. Hal ini tentu sangat baik untuk menahanmu untuk tetap kenyang.

3. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang begitu kaya akan kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, asam oleat, asam lemak omega-9 monosaturasi yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kolesterol hingga meningkatkan kesehatan jantung.
Alpukat juga bisa digunakan sebagai salah satu makanan penurun berat badan dan menyeimbangkan kadar kolesterol.

4. Salad Hijau

img: tasteofhome.com

Buat kamu pecinta sayur-sayuran tak ada salahnya mencoba cemilan yang satu ini, yakni salad hijau. Dibuat dengan mencampurkan berbagai macam sayuran seperti mentimun, bayam, selada Romaine, wortel, lobak, dan sayuran berdaun lainnya bersama dengan bumbu tertentu seperti basil atau peterseli. Salad hijau mengandung vitamin A, C, dan K yang membuatnya menjadi camilan sehat untuk mengekang nafsu makan.

5. Yoghurt

img: hindustantimes

Salah satu jenis olahan susu ini juga kaya akan zat gizi seperti protein, potasium, kalsium, vitamin dan mineral. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt akan membantu menjaga pencernaan tetap terkendali, mencegah berbagai jenis infeksi bakteri, dan juga mampu mencegah kanker.

Jadi, buat kamu yang terbiasa mengkonsumsi cemilan kurang sehat, ada baiknya sekarang merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Tips Makan Saat Pergi Ke Kondangan Tanpa Khawatir Gemuk

Published

on

Bagi masyarakat Indonesia, ada bulan-bulan tertentu yang dianggap ‘hari baik’ untuk melaksanakan hajatan pernikahan. Dan biasanya, undangan pernikahan pun datang bertubi-tubi di waktu yang berdekatan. Nah kalau sudah begini, godaan untuk kamu yang sedang diet pun tak bisa dihindari. Walaupun sudah niat dari rumah untuk membatasi makanan saat pergi ke kondangan, terkadang godaan cake coklat, sate ayam, es buah, dan menu-menu lain tak dapat dihindari. Dan ujung-ujungnya, diet gagal lagi. Nah, supaya kamu tidak bergagal ria terus saat kondangan, coba perhatikan tips ini :  Jangan takut menikmati aneka kelezatan menu makanan di pesta, asal tahu triknya, kamu tak perlu takut berat badan melonjak naik kok.

Dan berikut trik menikmati makan di kondangan tanpa khawatir gemuk

  1. Abaikan cake manisnya
    Sekalipun hanya satu slice saja, sebaiknya abaikan cake manisnya dan beralihlah ke menu utama. Cake memang bentuknya kecil, namun kalori di dalamnya jauh lebih mengkhawatirkan ketimbang menu utama yang kamu nantikan.
  2. Awali dengan sup terlebih dahulu 
    Awali saja dengan sup agar porsi makan kamu tidak gila-gilaan. Sup akan mempersiapkan perut kamu berpindah ke menu lain dan membuat perut tahu diri berapa porsi makanan yang boleh masuk ke dalamnya.
  3. Menu sayur
    Saat beralih ke meja menu utama, pastikan menu sayur jumlahnya dua kali lipat menu protein hewani seperti telur dan daging. Kandungan serat dan jumlah kalori yang lebih rendah dalam sayur akan membuat kamu merasa kenyang tanpa merasa bersalah.
  4. Menu daging-dagingan

    img: tipsdietsehat24

    Pilih salah satunya saja, apabila kamu sudah mengambil menu ikan, maka jangan mengambil menu ayam atau daging. Ketika kamu memilih lebih dari satu menu daging, maka kamu sedang meningkatkan jumlah kalori yang masuk ke dalam perut kamu.

  5. Hias dengan acar atau saus 
    Hias piring kamu dengan acar atau saus sehingga masih banyak ruang yang tersisa dan tidak membuat kamu ingin nambah menu lagi. Setidaknya trik ini membuat kamu merasa piring sudah sangat penuh dan porsi yang kamu ambil sudah cukup mengenyangkan.
  6. Air putih dulu sebelum dessert 
    Sebelum mengambil dessert pastikan kamu minum segelas air putih sampai habis. Dengan demikian, kamu tidak akan mengambil jumlah dessert terlalu banyak dan cukup puas dengan mencicipinya sedikit saja.

Namun, terlepas dari trik di atas, hal yang paling penting adalah niat dari dalam hati. Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Trending