Connect with us

Kesehatan

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung, Itu Cuma Mitos!

Published

on

Apakah kamu punya teman atau saudara yang telapak tangannya selalu mengeluarkan keringat? Banyak yang bilang kalau hal tersebut merupakan ciri-ciri penyakit jantung. Entah apa yang menyebabkan banyak orang beranggapan seperti itu.

Padahal, menurut beberapa ahli penyakit dalam, telapak tangan berkeringat tidak selalu menandakan bahwa yang bersangkutan menderita penyakit jantung. Hal tersebut hanyalah mitos belaka!

Telapak tangan berkeringat bisa disebabkan karena berbagai hal. Seperti kecemasan berlebih ataupun sedang bermasalah dengan kondisi psikologisnya. Perasaan grogi atau demam panggung ketika hendak tampil di suatu acara terkadang juga bisa membuat telapak tangan berkeringat.

Namun selain itu, telapak tangan berkeringat juga bisa jadi merupakan tanda seseorang menderita penyakit maag ataupun gangguan tiroid. Yang jelas, ciri utama penyakit jantung adalah seringnya muncul rasa nyeri di dada. Kalau mengalami tanda-tanda seperti itu ditambah lagi dengan riwayat keturunan punya penyakit jantung, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Dewasa ini banyak bermunculan berbagai jenis penyakit. Situasi lingkungan dan gaya hidup akan sangat berpengaruh dengan kesehatan badan. Oleh karena itu kita harus bisa mengatur pola hidup agar tetap bisa sehat untuk melakukan berbagai aktifitas.

Selain itu, jika menemui masalah seputar kesehatan, jangan terburu-buru percaya pada mitos. Banyak-banyaklah mencari referensi melalui internet kalau perlu segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Salah langkah dalam menangani gejala penyakit bisa sangat beresiko terhadap kesehatan. Sebab dikhawatirkan bukannya sembuh tapi penyakit yang diderita justru akan semakin berat dan susah untuk disembuhkan.

Komentar

Kesehatan

Tips Makan Saat Pergi Ke Kondangan Tanpa Khawatir Gemuk

Published

on

Bagi masyarakat Indonesia, ada bulan-bulan tertentu yang dianggap ‘hari baik’ untuk melaksanakan hajatan pernikahan. Dan biasanya, undangan pernikahan pun datang bertubi-tubi di waktu yang berdekatan. Nah kalau sudah begini, godaan untuk kamu yang sedang diet pun tak bisa dihindari. Walaupun sudah niat dari rumah untuk membatasi makanan saat pergi ke kondangan, terkadang godaan cake coklat, sate ayam, es buah, dan menu-menu lain tak dapat dihindari. Dan ujung-ujungnya, diet gagal lagi. Nah, supaya kamu tidak bergagal ria terus saat kondangan, coba perhatikan tips ini :  Jangan takut menikmati aneka kelezatan menu makanan di pesta, asal tahu triknya, kamu tak perlu takut berat badan melonjak naik kok.

Dan berikut trik menikmati makan di kondangan tanpa khawatir gemuk

  1. Abaikan cake manisnya
    Sekalipun hanya satu slice saja, sebaiknya abaikan cake manisnya dan beralihlah ke menu utama. Cake memang bentuknya kecil, namun kalori di dalamnya jauh lebih mengkhawatirkan ketimbang menu utama yang kamu nantikan.
  2. Awali dengan sup terlebih dahulu 
    Awali saja dengan sup agar porsi makan kamu tidak gila-gilaan. Sup akan mempersiapkan perut kamu berpindah ke menu lain dan membuat perut tahu diri berapa porsi makanan yang boleh masuk ke dalamnya.
  3. Menu sayur
    Saat beralih ke meja menu utama, pastikan menu sayur jumlahnya dua kali lipat menu protein hewani seperti telur dan daging. Kandungan serat dan jumlah kalori yang lebih rendah dalam sayur akan membuat kamu merasa kenyang tanpa merasa bersalah.
  4. Menu daging-dagingan

    img: tipsdietsehat24

    Pilih salah satunya saja, apabila kamu sudah mengambil menu ikan, maka jangan mengambil menu ayam atau daging. Ketika kamu memilih lebih dari satu menu daging, maka kamu sedang meningkatkan jumlah kalori yang masuk ke dalam perut kamu.

  5. Hias dengan acar atau saus 
    Hias piring kamu dengan acar atau saus sehingga masih banyak ruang yang tersisa dan tidak membuat kamu ingin nambah menu lagi. Setidaknya trik ini membuat kamu merasa piring sudah sangat penuh dan porsi yang kamu ambil sudah cukup mengenyangkan.
  6. Air putih dulu sebelum dessert 
    Sebelum mengambil dessert pastikan kamu minum segelas air putih sampai habis. Dengan demikian, kamu tidak akan mengambil jumlah dessert terlalu banyak dan cukup puas dengan mencicipinya sedikit saja.

Namun, terlepas dari trik di atas, hal yang paling penting adalah niat dari dalam hati. Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Inspirasi

Langkah Perawatan Calon Pengantin Menjelang Hari Pernikahan

Published

on

Setiap wanita tentu ingin terlihat cantik di hari pernikahannnya. Selain dengan riasan make-up yang sempurna di hari-H, perawatan  menjelang hari pernikahan ternyata juga tak kalah penting lho ! Mulai dari perawatan wajah, badan, rambut, kuku, bahkan organ vital. Nah, berikut berbagai perawatan yang bisa kamu lakukan menjelang hari bahagiamu. Simak selengkapnya di bawah ini

  1. Perawatan Wajah

    img: bp-guide.id

    Salah satu bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian utama saat pernikahan adalah wajah, oleh karena itu akan lebih baik jika kamu merawat wajah secara rutin agar riasan make-up tampak paripurna. Minimal sebulan menjelang hari pernikahan, ada baiknya jika kamu rutin menggunakan masker wajah 2 hari sekali. Penggunaan masker akan membuat kulit wajahmu lebih cerah dan juga glowing. Jika malas melakukannya sendiri, kamu bisa pergi ke salon untuk melakukan perawatan wajah. Biasanya, ada salon tertentu yang menyediakan paket perawatan sebelum pernikahan. Namun, jika kulitmu termasuk kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter ya !

  2. Perawatan Tubuh

    img: wispausa.com

    Menjelang pernikahan tentu akan disibukkan dengan berbagai persiapan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Hal tersebut sedikit banyak akan berimbas kepada kondisi tubuh. Rasa lelah menjelang pernikahan sebaiknya diimbangi juga dengan perawatan tubuh agar tetap terlihat fit. Untuk perawatan tubuh, kamu bisa melakukan body spa & massage secara berkala di salon-salon kecantikan. Selain membuat tubuh lebih bugar, body spa juga akan membuat tubuhmu lebih rileks dan memancarkan aura positif.

  3. Perawatan Rambut

    img: beautynesia

    Perawatan rambut pun juga tak kalah penting untuk menunjang penampilanmu nanti. Kamu bisa melakukan creambath, hair mask, hair spa, atau merubah penampilan dengan tatanan rambut baru. Setelah perawatan rambut, kamu akan merasa ‘enteng’, rileks, dan juga segar kembali.

  4. Perawatan Organ Vital

    img: lifestyle.okezone.com

    Sebagai pengantin baru, tentunya kamu ingin organ intim selalu terjaga kebersihan dan kelembabannya. Dan ratus adalah jawaban dari pernyataan tersebut, karena konon metode perawatan ini sudah dilakukan para putri raja sejak jaman dahulu kala. Ratus merupakan perawatan pengasapan dengan cara merebus berbagai rempah-rempah, dan uapnya dialirkan langsung ke bagian vagina. Uap ini dipercaya akan menghilangkan bau tak sedap, serta mengurangi keputihan. Wah makin percaya diri dong ya !

  5. Perawatan GigiYang tak kalah penting namun seringkali terlewat adalah perawatan gigi. Gigi yang putih dan bersih tentu akan membuatmu semakin cantik. Kamu nggak mau kan, gigimu terlihat kekuningan ketika resepsi ? Jadi, sebaiknya perwatan ini juga kamu masukkan list persiapan menjelang pernikahan ya.
  6. Perawatan Kuku

    img: skintologyspa.com

    Ketika hari pernikahan tiba, kamu akan berjabat tangan dengan banyak orang, oleh karena itu tak ada salahnya jika merawat kulit tangan dan kaki agar lebih halus dan menarik. Kamu bisa menambahkan tatto tangan/henna agar punggung tangan lebih indah. Selain itu, bagian kuku juga jangan sampai ketinggalan lho !

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Inilah Penyebab Janin Gagal Berkembang Dalam Kandungan

Published

on

By

Kehamilan adalah masa-masa yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan pengantin baru. Ada anggapan bahwa kesempurnaan seorang perempuan adalah ketika ia bisa mengandung dan melahirkan seorang anak dengan selamat. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi seorang ibu hamil untuk terus memantau perkembangan janin yang dikandungnya.

Tidak ada yang bisa memastikan apakah janin yang sedang dikandung oleh seorang ibu hamil akan berkembang dengan baik atau tidak. Tak jarang kita mendengar istilah janin tidak berkembang atau tertunda. Dalam dunia medis, pertumbuhan janin yang tertunda dikenal dengan istilah IUGR (Intrauterine Growth Restriction).

Itu berarti pertumbuhan janin tidak sesuai dengan usia janin. Ambil contoh usia janin sudah 10 minggu tapi perkembangan janin masih tampak seperti 5 minggu. Ada beberapa penyebab kenapa bisa terjadi kasus janin tidak berkembang.

Penyebab yang pertama adalah kondisi medis sang ibu yang kurang baik. Seperti memiliki penyakit jantung, paru-paru, ginjal, hipertensi, dan diabetes. Penyebab yang kedua adalah terjadinya kelainan plasenta. Plasenta adalah organ yang berfungsi mengirim nutrisi dan oksigen untuk janin di dalam kandungan.

Jika bentuk plasenta tidak sempurna atau ukurannya terlalu kecil, maka organ ini tidak dapat menjalani fungsinya dengan baik. Kondisi inilah yang memungkinkan janin mengalami IUGR karena mengalami defisiensi nutrisi atau oksigen sehingga janin tidak berkembang sewajarnya sesuai usia.

Sedangkan penyebab yang ketiga adalah kondisi lingkungan yang kurang sehat dan terjadi infeksi tertentu pada ibu hamil. Untuk itulah, setiap ibu hamil dan keluarga terdekatnya wajib menjaga diri dengan baik selama proses kehamilan agar janin yang dikandung dapat berkembang dengan baik.

Komentar
Continue Reading

Trending