Connect with us

Teknologi

Dirilis Tahun 2020, Inilah Cara Menggunakan Mesin ADM Untuk Mencetak e-KTP dan Dokumen Lainnya

Published

on

Untuk kamu yang tinggal di daerah, mengurus terbitnya e-KTP bisa jadi hampir sama dengan lamanya menjalani masa kejombloan. Tak terhingga dan tak terbatas waktu. Banyak alasan yang dikemukakan petugas. Mulai dari rusaknya alat sampai dengan petugas yang sedang tidak ada lantaran sedang menggelar hajat.

Tapi setidaknya saat ini kamu sudah bisa sedikit lega. Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil), akan mempermudah proses itu dengan mengadakan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Hanya dalam tempo sesingkat-singkatnya 2 menit, e-KTP yang kamu impikan bisa langsung tercetak.

Meski baru akan dirilis tahun 2020 nanti, tapi mesin ini sudah diluncurkan di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara. Bisa dibilang ini dilakukan sebagai ujicoba sebelum alat tersebut beredar ke daerah nanti.

Biar kamu tidak bingung, berikut kami berikan langkah-langkah dalam menggunakan mesin ADM tersebut. Baca dan pahami betul yaa…

1. Ajukan permohanan pembuatan e-KTP, KK, ataupun dokumen kependudukan lain terlebih dahulu. Hal ini bisa kamu lakukan secara online ataupun offline dengan mendatangi kantor kependudukan di daerahmu.

images: merdeka.com

2. Oleh pihak Dukcapil, kamu akan diberikan nomor PIN yang dikirim melalui nomor ponsel kamu. Nomor PIN inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk mendaftar di mesin ADM.

images: hipwee.com

3. Kamu juga akan mendapatkan QR code atau kode yang dikirimkan melalui email. Setelah memiliki PIN dan QR code, kamu bisa memakai mesin ADM untuk mencetak dokumen. 

images: http://riaupos.co/

4. Ketika sudah berada di mesin ADM, kamu akan mendapati tiga menu pilihan: sidik jari, NIK, atau QR code untuk mencetak dokumen.

images: hipwee.com

5. Ketika memilih menu sidik jari, maka akan muncul gambar sepuluh jari. Kamu tinggal menentukan mana jari tangan yang akan kamu gunakan. Isi NIK lalu tekan dengan menggunakan jari yang kamu pilih tadi.

images: https://radarpagi.com/

6. Setelah itu akan muncul perintah “silahkan cetak”, yang disertai tampilan menu akan menggunakan PIN atau QR Code.

images: https://radarpagi.com/

7. Dan tak perlu menunggu waktu lama, dokumen yang kamu inginkan akan segera tercetak. Akan tetapi untuk cetakan KK, akta lahir, dan akta kematian, dokumen akan dicetak dalam kertas putih biasa dengan berisikan QR Code tadi.

images: nuansajambi.com

Komentar

Internet

Tips Menjaga Password Agar Tak Mudah Dibobol

Published

on

Ketika kamu memutuskan untuk masuk dalam sebuah aplikasi atau website, biasanya akan disarankan untuk menyiapkan password. Password sebaiknya mudah diingat tapi tetap memperhatikan sejumlah faktor keamanan agar tidak disalahgunakan pihak lain.

Berikut beberapa panduan atau tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar password tetap aman :

1. Segera ubah default password setelah membuat akun

Password default atau password bawaan adalah password pertama kali yang diberikan sebuah website yang kamu kunjungi. Jenis password ini sangat mungkin diretas. Mereka biasanya akan mencari informasi dengan mengunjungi website produsen tertentu dan mengunduh password pengguna secara manual. Jika kamu mendapatkan password default, segeralah untuk menggantinya dengan password yang kamu buat sendiri.

2. Pakai sistem kombinasi

Untuk memudahkan dalam mengingat, sebaiknya pilih sistem kombinasi saat membuat password. Mungkin inisial nama kamu, yang kemudian dikombinasikan dengan angka kesukaan. Password dengan sistem kombinasi membuat orang lain dan hacker sulit menebak.

3. Jangan sembarang menghubungkan perangkat ke jaringan wifi yang tidak dikenal

Penggunaan wifi dalam ruang publik bisa sangat berbahaya bagi keamanan password kamu. Jika perangkat terkoneksi dengan wifi palsu, maka semua aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya akan dapat dilihat oleh peretas. Tak jarang, hacker melakukan kegiatannya dengan menyediakan wifi palsu di ruang-ruang publik. Itu berarti, perjalanan seluruh trafik ditransfer dan aktivitasnya dapat dilacak secara teknis, sehingga data pribadi pengguna sangat rentan disalahgunakan.

4. Jangan login akun di sembarang perangkat

Lokasi login akun yang aman adalah di perangkat kamu sendiri, di laptop ataupun PC. Terkait soal keamanan password, sebaiknya hati-hati jika membuka alamat e-mail di tempat umum, warung internet, rumah teman, rumah saudara, atau kenalan kamu.

Tanpa kita tahu, mereka bisa saja memasang dan menginstal program mata-mata yang dapat mengetahui hal-hal yang kamu ketik di keyboard dan mengirimkannya ke e-mail yang telah diset. Bila ini terjadi, maka data-data kamu bisa bocor dan menjadi santapan empuk para hacker.

5. Gunakan password manager

Password manager adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur login password yang kuat dan rumit untuk beberapa akun yang kamu miliki. Password manager bertujuan untuk menyimpan informasi login akun di setiap website yang kamu akses, dan memudahkanmu untuk login kembali ke dalam website tersebut secara otomatis.

6. Gunakan password berbeda pada setiap akun

Password yang sama pada beberapa aplikasi yang berbeda adalah kesalahan fatal. Jika terjadi hal yang tak diinginkan, misalnya hacker berhasil mencuri password di salah satu situs website, maka ia akan mencari tahu website lain yang kamu miliki, dan mencoba membukanya dengan password tersebut.

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Tips dan Trik Mengubah Tampilan Android Menjadi Mirip Dengan iPhone

Published

on

By

Tidak bisa dipungkiri lagi, ekslusifitas iPhone masih dan akan terus terasa sampai batas waktu yang tak terhingga. Contoh sederhananya, ketika kamu melihat seseorang nongkrong sambil membawa gadget dengan lambang “apel krowak”, maka yang akan terintas di pikiran kamu adalah orang tersebut merupakan golongan atas alias horang kayah. Meski realitanya dia mendapatkan smartphone itu dengan cara mencicil atau memperoleh giveaway.

Kualitas yang unggul, tahan banting, dan identik dengan kalangan atas adalah beberapa nilai lebih dari iPhone yang sulit dikejar vendor lainnya. Persoalannya, harga yang kelewat mahal pasti akan membuatmu berfikir 98736x sebelum memutuskan untuk membeli iPhone. Tapi tenang, ada beberapa tips dan trik untuk membuat tampilan smartphone android kamu mirip seperti tampilan iPhone.

Meski terkesan membohongi diri sendiri, tapi setidaknya beberapa tips dan trik berikut ini bisa menjadi pelipur lara untuk kamu yang masih bermimpi mampu membeli iPhone.

1. Merubah tampilan homescreen

images: idownloadblog.com

Untuk mendapatkan tampilan homescreen seperti kepunyaan iPhone, kamu bisa menggunakan aplikasi Phone X launcher. Tepat setelah kamu menginstal aplikasi ini di Play Store, kamu akan merasa bahwa sudah melihat iPhone. Ikon aplikasi akan berubah menjadi seperti yang kamu lihat di iPhone.

2. Merubah tampilan lockscreen

images: idownloadblog.com

Dengan menginstal iOS12 Lock Screen, tampilan lock screenmu akan berubah seperti Lock Screen iPhone. Dengan aplikasi ini, kamu akan melihat semua notifikasi di layar kunci iOS barumu.

3. Menggunakan iMusic

images: https://timedotcom.files.wordpress.com/

Untuk benar-benar mirip iPhone, kamu juga harus menggunakan iMusic. Aplikasi yang kamu perlukan adalah iMusic – Music Player for OS 13. Dengan pemutar musik ini, kamu dapat mendengarkan file audio dengan format berbeda seperti WAV, MP3, AAC, FLAC, 3GP, OGG, dan MIDI.

4. Mencari aplikasi yang mirip iMessage

images: https://support.apple.com/

IMessage memang tak tersedia di Android. Sebagai gantinya kamu bisa mendownload aplikasi perpesanan Textra. Lewat aplikasi ini kamu bisa membuat gelembung teks dengan bentuk yang sama seperti di iMessage. Kamu bahkan dapat memiliki munculan pesan baru dengan balasan cepat seperti yang bisa dilakukan di iPhone.

5. Sektor kamera

images: digitaltrends.com

Kamera iPhone memang sulit menemukan tandingannya. Untuk sekedar menyerupai, kamu bisa mengakalinya dengan menginstal aplikasi GEAK Camera. GEAK Camera akan memberimu Filter Real-time yang kuat seperti kepunyaan iPhone.

6. Aplikasi Kalender

images: https://support.apple.com/

Kamu bisa menginstal iCalendar iOS 13. Aplikasi ini kompatibel dengan Google Calendar, menawarkan pengkodean warna khusus untuk acara, mendukung tampilan peta, dan memiliki task manager terintegrasi.

7. Aplikasi Kalkulator

images: https://9to5mac.com/

Melalui Play Store, kamu bisa mendownload iCalculator. Aplikasi ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan kalkulator di iPhone, termasuk tombol angka bulat dan skema warna. Selain dasar-dasarnya, iCalculator dapat mencatat riwayat, memberikan fitur grafik, melakukan konversi, dan memiliki fungsi memori seperti M +, M, MR, dan MC.

8. Menempel sticker logo iPhone

images: tribunnews

Percuma saja tampilan antar muka keren mirip iPhone, tapi tak punya logo “apel krowak” dibelakangnya. Maka sebagai pelengkap derita, kamu bisa menempelkan logo iPhone itu dibelakang smartphone kamu. Perkara dianggap gila atau norak, ITU BUKAN URUSAN KAMI!

 

Komentar
Continue Reading

Gadget

Harga dan Spesifikasi Vivo S1 Pro

Published

on

By

Vendor smartphone asal negeri tirai bambu, Vivo, kembali meluncurkan produk terbarunya yakni Vivo S1 Pro. Smartphone ini menyasar anak muda yang stylish dan hobi berswafoto. Keunggulan dari smartphone ini yaitu terletak pada desainnya yang stylish, kamera yang ciamik, layar yang luas, dan performanya yang andal.

Ponsel ini akan menggunakan empat kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth sensor 2 MP. Keempat kamera ini ditempatkan di tengah body belakang dan disatukan dalam modul berbentuk diamond.

Untuk sektor kamera depan smartphone ini mengusung kamera 32MP yang dilengkapi fitur AI Face Beauty, AI Make Up dan Pose Master. Fitur terakhir ini membantu bagi pengguna yang bingung harus bergaya saat difoto.

Di sektor layar, Vivo S1 Pro menggunakan layar dengan luas 6,38 inci dengan panel Super AMOLED, resolusi Full HD+, dan rasio screen to body mencapai 90% serta aspek ratio 19,5:9. Sedangkan untuk bagian dapur pacu, Vivo S1 Pro menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE dengan pengolah grafis Adreno 610.

Sedangkan untuk menunjang kecepatan dan memori penyimpanan, S1 Pro dibekali dengan RAM 8GB dan ruang penyimpanan 128 GB. Pengguna juga bisa menambahkan eksternal memori sampai dengan 256 GB.

Vivo S1 Pro memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan teknologi fast charging 18W. Seperti halnya smartphone kekinian lainnya, ponsel ini juga menggunakan teknologi pemindai sidik jari (fingerprint) dan sensor accelerator yang menjalankan Android 9 (pie).

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan Vivo untuk varian smartphone ini yakni Crystal Blue dan Glowing Black. Ponsel ini baru akan dijual perdana pada tanggal 30 November 2019 mendatang melalui platform online maupun Vivo official store dan Vivo retail partner di seluruh Indonesia dengan harga Rp 3.999.000,

Komentar
Continue Reading

Trending