Kesehatan, Tips

Takut Terkena Diabetes? Konsumsi Makanan-makanan Berikut Ini!

images : http://jacksonvillechiropracticblog.com

Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO pada tahun 2013, jumlah penderita dibetes militus di dunia mencapai 422 juta jiwa. Dari jumlah itu Indonesia menyumbang 9,1 juta jiwa dan itu diprediksi akan terus bertambah. Dengan jumlah tersebut Indonesia menempati peringkat ke 7 di dunia dalam hal jumlah penderita.

Diabetes ini terbagi menjadi dua, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Untuk yang tipe 1 penyakit ini disebabkan karena hormon insulin yang rendah. Akibatnya adalah terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Biasanya penderita diabetes tipe ini pada mulanya akan sering lapar, sering haus dan sering kencing. Kalau terus dibiarkan maka akan merusak jaringan-jaringan tubuh.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang yang bebadan gemuk. Pola hidup yang tidak aktif dan banyak bermalas-malasan biasanya menjadi penyebabnya. Meski kebanyakan menyerang orang dewasa, namun sekarang penyakit ini mulai ditemukan juga pada anak-anak.

Nah agar kita dapat terhindar dari penyakit diabetes  ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini

  1. Biji bunga matahari
images : http://obatkhususmata.com

Biji bunga matahari ini mengandung karbohidrat dan omega 3. Karena itu dengan mengkonsumsi biji bunga matahari kadar gula dalam darah akan selalu seimbang.

  1. Ikan
images : detik.com

Dengan kadar protein yang tinggi akan membuat kita terhindar dari penyakit diabetes. Tapi dengan catatan penyajiannya adalah dengan dibakar.

  1. Buah berry
images : media.mnn.com

Salah satu cara meningkatkan kadar insulin adalah dengan mengkonsumsi buah berry. Dengan begitu kadar glukosa dalam tubuh akan selalu terkontrol dengan baik.

  1. Brokoli
images : hellosehat.com

Selain untuk pengobatan penyaki jantung, brokoli juga efektif untuk mencegah diabetes. Kandungan yang ada di brokoli juga bisa mengatur kadar glukosa.

  1. Kale
images : http://www.well-beingsecrets.com

Bisa jadi kale adalah sayuran paling sehat di dunia. Sayuran yang rendah karbohidrat mengurangi resiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan insulin untuk penderita diabetes tipe 1.

  1. Alpukat
images : http://www.well-beingsecrets.com

Selain enak rasanya ternyata buah yang satu ini juga bermanfaat untuk memerangi diabetes. Kita bisa memakannya langsung atau meminumnya dalam bentuk jus.

  1. Teh
images : www.drinkpreneur.com

Asal kita meminumnya tanpa gula, maka teh adalah antioksidan yang baik untuk mencegah diabetes.

  1. Apel
images : http://www.atozpictures.com

Buah yang sangat disenangi orang ini akan menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga cukup efektif untuk mencegah diaetes.

  1. Bayam
images : http://www.theayurveda.org

Tidak salah kalau popeye memilih sayuran ini sebagai makanan kesukaan. Ternyata makanan ini juga bagus untuk penderita diabetes.

  1. Cokelat
images : iqsresponsive-wpengine.netdna-ssl.com

Makanan yang banyak ditemukan saat valentine ini mengandung banyak anti oksidan. Selain itu cokelat juga bisa mengurangi resistansi insulin.

 

Comments

comments