Connect with us

Kesehatan

Takut Terkena Diabetes? Konsumsi Makanan-makanan Berikut Ini!

Published

on

images : http://jacksonvillechiropracticblog.com

Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO pada tahun 2013, jumlah penderita dibetes militus di dunia mencapai 422 juta jiwa. Dari jumlah itu Indonesia menyumbang 9,1 juta jiwa dan itu diprediksi akan terus bertambah. Dengan jumlah tersebut Indonesia menempati peringkat ke 7 di dunia dalam hal jumlah penderita.

Diabetes ini terbagi menjadi dua, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Untuk yang tipe 1 penyakit ini disebabkan karena hormon insulin yang rendah. Akibatnya adalah terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Biasanya penderita diabetes tipe ini pada mulanya akan sering lapar, sering haus dan sering kencing. Kalau terus dibiarkan maka akan merusak jaringan-jaringan tubuh.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang yang bebadan gemuk. Pola hidup yang tidak aktif dan banyak bermalas-malasan biasanya menjadi penyebabnya. Meski kebanyakan menyerang orang dewasa, namun sekarang penyakit ini mulai ditemukan juga pada anak-anak.

Nah agar kita dapat terhindar dari penyakit diabetes  ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini

  1. Biji bunga matahari

images : http://obatkhususmata.com

Biji bunga matahari ini mengandung karbohidrat dan omega 3. Karena itu dengan mengkonsumsi biji bunga matahari kadar gula dalam darah akan selalu seimbang.

  1. Ikan

images : detik.com

Dengan kadar protein yang tinggi akan membuat kita terhindar dari penyakit diabetes. Tapi dengan catatan penyajiannya adalah dengan dibakar.

  1. Buah berry

images : media.mnn.com

Salah satu cara meningkatkan kadar insulin adalah dengan mengkonsumsi buah berry. Dengan begitu kadar glukosa dalam tubuh akan selalu terkontrol dengan baik.

  1. Brokoli

images : hellosehat.com

Selain untuk pengobatan penyaki jantung, brokoli juga efektif untuk mencegah diabetes. Kandungan yang ada di brokoli juga bisa mengatur kadar glukosa.

  1. Kale

images : http://www.well-beingsecrets.com

Bisa jadi kale adalah sayuran paling sehat di dunia. Sayuran yang rendah karbohidrat mengurangi resiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan insulin untuk penderita diabetes tipe 1.

  1. Alpukat

images : http://www.well-beingsecrets.com

Selain enak rasanya ternyata buah yang satu ini juga bermanfaat untuk memerangi diabetes. Kita bisa memakannya langsung atau meminumnya dalam bentuk jus.

  1. Teh

images : www.drinkpreneur.com

Asal kita meminumnya tanpa gula, maka teh adalah antioksidan yang baik untuk mencegah diabetes.

  1. Apel

images : http://www.atozpictures.com

Buah yang sangat disenangi orang ini akan menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga cukup efektif untuk mencegah diaetes.

  1. Bayam

images : http://www.theayurveda.org

Tidak salah kalau popeye memilih sayuran ini sebagai makanan kesukaan. Ternyata makanan ini juga bagus untuk penderita diabetes.

  1. Cokelat

images : iqsresponsive-wpengine.netdna-ssl.com

Makanan yang banyak ditemukan saat valentine ini mengandung banyak anti oksidan. Selain itu cokelat juga bisa mengurangi resistansi insulin.

 

Komentar

Kesehatan

Tak Ingin Cepat Keriput? Hindari Kebiasaan Buruk Berikut ini

Published

on

By

Memiki wajah berseri-seri dan “awet muda” merupakan impian bagi sebagian orang. Untuk mendapatkannya, tak jarang ada yang sampai mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah dengan melakukan perawatan kulit. Sedangkan cara yang paling sederhana dan hemat biaya adalah dengan mencuci muka di mata air yang “konon” berkhasiat membuat awet muda.

Sayangnya, tanpa kita sadari, beberapa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari justru bisa membuat kulit menjadi cepat keriput sehingga perawatan yang telah dilakukan bisa sia-sia.

1. Terlalu banyak mengkonsumsi gula

images: https://cdn2.tstatic.net

Kehidupan yang terkadang pahit membuat gula menjadi terasa nikmat. Baik dalam bentuk makanan ataupun minuman. Namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan, maka bisa berefek kurang baik. Gula berlebih yang tidak dapat diserap tubuh akan berubah menjadi advanced glycation end product (AGE). Ini adalah zat yang akan merusak kolagen dan elastin sehingga kulit akan keriput dan mengendur.

2. Keseringan terpapar sinar UV

images: https://www.go-dok.com

Tak usah bergaya macam turis dengan berjemur disiang hari. Perlu kamu ketahui bahwa ultraviolet dalam sinar matahari dapat mempercepat timbulnya keriput, pengenduran, dan spot hitam. Selain itu, dalam jangka panjang, hal ini juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Kalau ingin menikmati cahaya matahari, baiknya saat pagi atau sore hari saja.

3. Kurang tidur

images: https://hellosehat.com

Sebuah studi dari The American Academy of Sleep Medicine Foundation menemukan bahwa kekurangan tidur memengaruhi munculnya keriput pada sekitar mata mulut, dan kelopak mata. Ini karena kulit kita tidak akan mendapatkan waktu untuk memulihkan diri setelah aktivitas yang padat seharian. Sel-selnya pun akan sulit untuk memperbarui diri.

4. Terlalu sering mengusap mata

images: https://merahputih.com

Kulit di sekitar mata sangat rapuh dan tipis. Ketika kita sering menggosoknya, kulit akan mengendur dan rentan untuk timbul keriput. Oleh karena itu, jika sering menangis, maka biarkan saja air mata kamu mengalir membasahi pipi. Daripada kamu mengusap mata dan beresiko cepat keriput sebelum tua.

5. Terlalu sering menatap layar gadget

images: http://www.intipesan.com

Radiasi cahaya biru yang dihasilkan oleh layar dapat merusak DNA dan kolagen di kulit kita. Jadi kalau mau menggunakan gadget itu baiknya seperlunya saja. Selain berbahaya bagi kulit, kualitas penglihatan juga bisa menurun karena terlalu sering melihat objek dalam jarak dekat.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Empat Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil

Published

on

By

Dalam masa kehamilan, seorang perempuan yang tengah mengandung harus terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal itu dapat diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi baik berupa buah, daging, maupun sayuran. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jambu biji.

Kamu tentu tahu jambu biji bukan? Buah ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko buah ataupun rumah tetangga. Biasanya orang menikmatinya dalam bentuk jus. Tapi baik dimakan langsung atau disajikan dalam bentuk jus buah, khasiat dan manfaat buah yang terkenal manis ini tak jauh berbeda.

Usut punya usut, menurut beberapa ahli buah ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil.

  1. Mendukung perkembangan otak bayi.

images: https://www.prenagen.com

Jambu biji memiliki kandungan asam folat yang cukup baik untuk perkembangan otak bayi. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk produksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tubuh belakang. Jadi kalau ingin perkembangan otak janin yang sedang dikandung berjalan dengan baik, maka tak ada salahnya untuk sering mengkonsumsi jambu biji selama masa kehamilan.

2. Mencegah komplikasi kehamilan.

images: kumparan.com

Menurut beberapa ahli, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Didalam tubuh, vitamin C dan vitamin E akan bekerja sama untuk meningkatkan antioksidan sehingga mampu menghambat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Itu artinya, sel-sel tubuh akan terlindungi dari berbagai macam peradangan yang mengancam ibu hamil.

3. Mengurangi resiko pegal.

images: cloudfront.net

Seorang wanita yang tengah mengandung biasanya sangat rawan dengan rasa pegal dibagian persendian dan otot. Kondisi ini disebabkan oleh adanya janin sehingga cukup memberikan beban terutama bagi tulang belakang. Selain itu, kurangnya mineral juga dapat mengakibatkan seringnya muncul rasa pegal dan kram dibagian tubuh tertentu. Konsumsi buah dan sayuran yang cukup bisa menjaga kebutuhan mineral tubuh tetap terpenuhi sebagaimana mestinya.

4. Mencegah anemia.

images: jatimtimes.com

Terdapat kandungan zat besi dalam jambu biji. Zat besi ini berguna untuk memproduksi ekstra darah untuk si bayi. Darah yang mengandung hemoglobin ini menjadi media bagi si bayi untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen dari sang ibu. Bila ibu hamil mengalami kurang darah atau anemia, maka bisa beresiko bayi yang dilahirkannya nanti akan mengalami kurang berat badan.

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Fakta-Fakta Menarik dari Gas Air Mata

Published

on

Ketika ada berita tentang aksi demo, maka tak jarang kamu akan mendengar istilah gas air mata. Gas air mata digunakan aparat kepolisian untuk memukul mundur massa di dalam kerusuhan atau dalam proses penangkapan.

Lalu apa itu gas air mata? Dilansir dari wikipedia, gas air mata adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gas kimia yang digunakan untuk melumpuhkan dengan menyebabkan iritasi pada mata dan/atau sistem pernapasan. Gas air mata bisa disimpan dalam bentuk semprotan maupun granat.

Nah biar sobat spaneng lebih paham, berikut fakta-fakta mengenai gas air mata

  1. Bahan kimia yang sering dipakai pada gas air mata antara lain gas CS (Chlorobenzalmalonitrile), CN (Choloroacetophenone), CR, dan semprotan merica. Namun, yang paling banyak digunakan adalah gas CS.

    img: news.detik.com

  2. Gas air mata merupakan karya dari ahli kimia Prancis untuk mengendalikan keributan massa, bahkan alat ini sudah digunakan oleh tentara Prancis pada tahun 1914 dimana pada saat itu tentara Prancis menembakkan granat berisi gas pada prajurit Jerman di kawasan perbatasan. Perang yang dikenal sebagai ”Battle of the Frontiers” tersebut menjadi momen di mana gas air digunakan banyak negara di berbagai belahan dunia.

    img: riauone.com

  3. Efek samping jika mata terkena gas air mata adalah menangis, bersin, batuk, sulit bernapas, sakit pada mata dan mengalami kebutaan sementara. Gas ini bekerja dengan mengiritasi selaput lendir di mata, hidung, mulut dan paru-paru.

    img: kaltim.prokal.co

  4. Untuk menghindari efeknya, ada yang mengatakan dengan mengoleskan pasta gigi di sekitar area mata dan hidung walaupun info tersebut masih diragukan kebenarannya. Cara lain yang efektif untuk kamu coba adalah dengan memakai masker gas khusus. Bisa juga dengan cara menutup area mulut dan hidung dengan kain, demi mencegah gas air mata masuk ke rongga pernapasan kita.

    img: foto.tempo.co

  5. Produsen gas air mata tertua dan terbesar di dunia adalah Lake Erie Chemical Company yang berada di Michigan, negara bagian America Serikat. Pertama kali dibuka pada 1930, Lake Erie Chemical Company berhasil menjual gas air mata pada beberapa negara seperti Bolivia, Argentina dan Kuba.

 

Komentar
Continue Reading

Trending