Connect with us

Kesehatan

Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Gak Cuma Kurma Aja Lho!

Published

on

Berbukalah dengan yang manis! Begitulah ungkapan yang beberapa tahun belakangan ini banyak diplesetkan menjadi “berbukalah dengan yang ada, karena yang manis belum tentu ada” ataupun “berbukalah dengan yang mau, karena yang manis belum tentu mau”. Apapun itu plesetannya, memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis.

Salah satu yang manis untuk berbuka puasa adalah buah kurma. Ya, ramadan tanpa kurma ibarat makan bakso tanpa pakai garpu. Kelihatan sepele namun berasa aneh saja. Seperti ada bagian yang kurang.

Lagian memakan kurma saat berbuka juga merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Sudah manis dan lezat, dapat pahala juga. Keuntungan berlipat ganda tentunya.

Tapi bagaimana jika tidak suka atau tidak memiliki kurma? Tenang, hasil riset dari pakar buah-buahan menyatakan bahwa bukan hanya kurma saja yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

  1. Pisang. Buah yang sangat digemari monyet ini akan membuat perutmu segera berasa kenyang karena kandungan karbohidratnya. Selain itu, pisang juga dapat memperlancar pencernaan.

images: http://cdn2.tstatic.net

2. Apel. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C. Apel juga bisa mengurangi nafsu liar makan dan minum kamu saat berbuka. Otomatis kamu tak perlu tersiksa ketika sholat taraweh hanya karena kebanyakan makan saat berbuka.

images: hellosehat.com

3. Blewah. Sering tergoda dengan buah ini ketika memasuki sepertiga akhir puasa? Sabar, tinggal merem aja udah buka kok. Buah yang sering menjadi penyempurna es buah ini bisa mengatasi rasa mual yang diakibatkan dari asam lambung.

images: cloudinary.com

4. Anggur. Walaupun harganya relatif mahal, tapi anggur ternyata sangat bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama menjalankan ibadah puasa.

images: bogor.net

5. Pepaya. Demi tetap lancarnya pencernaanmu selama bulan ramadan, maka sebaiknya kamu mengkonsumsi pepaya saat berbuka puasa. Oh iya, lebih nikmat lagi kalau disajikan dingin-dingin baru keluar dari lemari es.

images: idnews.co.id

6. Melon. Buah yang didominasi warna hijau ini juga cukup baik untuk pencernaan karena tinggi serat. Selain itu melon juga kaya akan kandungan vitamin C, kalium, dan beta karoten.

images: halloyahya.com

7. Semangka. Rasa hausmu akan langsung hilang ketika mengkonsumsi buah yang didalamnya terkandung 91% air ini. Semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

images: brilio.net

Jadi tak usah khawatir yaa kalau berbuka tanpa kurma. Kamu tinggal pilih salah satu dari buah-buahan di atas. Setidaknya itu akan cukup membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Komentar

Kesehatan

Atasi Rasa Laparmu dengan Cemilan-Cemilan Sehat Ini

Published

on

Beberapa dari kamu mungkin pernah terasa begitu lapar namun malas untuk makan, dan kalau sudah begini cara yang paling efektif adalah ngemil untuk menunda rasa lapar tersebut. Namun, tak jarang cemilan yang kita pilih adalah cemilan yang kurang menyehatkan. Seperti mengandung pewarna, pemanis, pengawet, dan zat tambahan lainnya. Padahal, ada banyak pilihan cemilan yang sehat sekaligus mengenyangkan lho !

Berikut ini beberapa pilihan camilan sehat yang dapat menyingkirkan rasa lapar. Apa saja ya? Berikut selengkapnya

1. Jagung rebus

img: shutterstock

Makanan pengganti nasi ini mengandung banyak serat makanan dan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Selain itu, jagung rebus juga mengandung antioksidan, asam folat, mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, dan vitamin A dan C.

2. Oatmeal

img: plattingsandpairings.com

Oatmeal mengandung serat yang cukup banyak, sehingga jika dikonsumsi dapat menjaga kadar glukosa tetap terkendali. Proses pencernaannya yang lambat menjadikan oatmeal sebagai salah satu camilan sehat terbaik yang bisa dikonsumsi terutama di pagi hari. Hal ini tentu sangat baik untuk menahanmu untuk tetap kenyang.

3. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang begitu kaya akan kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, asam oleat, asam lemak omega-9 monosaturasi yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kolesterol hingga meningkatkan kesehatan jantung.
Alpukat juga bisa digunakan sebagai salah satu makanan penurun berat badan dan menyeimbangkan kadar kolesterol.

4. Salad Hijau

img: tasteofhome.com

Buat kamu pecinta sayur-sayuran tak ada salahnya mencoba cemilan yang satu ini, yakni salad hijau. Dibuat dengan mencampurkan berbagai macam sayuran seperti mentimun, bayam, selada Romaine, wortel, lobak, dan sayuran berdaun lainnya bersama dengan bumbu tertentu seperti basil atau peterseli. Salad hijau mengandung vitamin A, C, dan K yang membuatnya menjadi camilan sehat untuk mengekang nafsu makan.

5. Yoghurt

img: hindustantimes

Salah satu jenis olahan susu ini juga kaya akan zat gizi seperti protein, potasium, kalsium, vitamin dan mineral. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt akan membantu menjaga pencernaan tetap terkendali, mencegah berbagai jenis infeksi bakteri, dan juga mampu mencegah kanker.

Jadi, buat kamu yang terbiasa mengkonsumsi cemilan kurang sehat, ada baiknya sekarang merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Tips Makan Saat Pergi Ke Kondangan Tanpa Khawatir Gemuk

Published

on

Bagi masyarakat Indonesia, ada bulan-bulan tertentu yang dianggap ‘hari baik’ untuk melaksanakan hajatan pernikahan. Dan biasanya, undangan pernikahan pun datang bertubi-tubi di waktu yang berdekatan. Nah kalau sudah begini, godaan untuk kamu yang sedang diet pun tak bisa dihindari. Walaupun sudah niat dari rumah untuk membatasi makanan saat pergi ke kondangan, terkadang godaan cake coklat, sate ayam, es buah, dan menu-menu lain tak dapat dihindari. Dan ujung-ujungnya, diet gagal lagi. Nah, supaya kamu tidak bergagal ria terus saat kondangan, coba perhatikan tips ini :  Jangan takut menikmati aneka kelezatan menu makanan di pesta, asal tahu triknya, kamu tak perlu takut berat badan melonjak naik kok.

Dan berikut trik menikmati makan di kondangan tanpa khawatir gemuk

  1. Abaikan cake manisnya
    Sekalipun hanya satu slice saja, sebaiknya abaikan cake manisnya dan beralihlah ke menu utama. Cake memang bentuknya kecil, namun kalori di dalamnya jauh lebih mengkhawatirkan ketimbang menu utama yang kamu nantikan.
  2. Awali dengan sup terlebih dahulu 
    Awali saja dengan sup agar porsi makan kamu tidak gila-gilaan. Sup akan mempersiapkan perut kamu berpindah ke menu lain dan membuat perut tahu diri berapa porsi makanan yang boleh masuk ke dalamnya.
  3. Menu sayur
    Saat beralih ke meja menu utama, pastikan menu sayur jumlahnya dua kali lipat menu protein hewani seperti telur dan daging. Kandungan serat dan jumlah kalori yang lebih rendah dalam sayur akan membuat kamu merasa kenyang tanpa merasa bersalah.
  4. Menu daging-dagingan

    img: tipsdietsehat24

    Pilih salah satunya saja, apabila kamu sudah mengambil menu ikan, maka jangan mengambil menu ayam atau daging. Ketika kamu memilih lebih dari satu menu daging, maka kamu sedang meningkatkan jumlah kalori yang masuk ke dalam perut kamu.

  5. Hias dengan acar atau saus 
    Hias piring kamu dengan acar atau saus sehingga masih banyak ruang yang tersisa dan tidak membuat kamu ingin nambah menu lagi. Setidaknya trik ini membuat kamu merasa piring sudah sangat penuh dan porsi yang kamu ambil sudah cukup mengenyangkan.
  6. Air putih dulu sebelum dessert 
    Sebelum mengambil dessert pastikan kamu minum segelas air putih sampai habis. Dengan demikian, kamu tidak akan mengambil jumlah dessert terlalu banyak dan cukup puas dengan mencicipinya sedikit saja.

Namun, terlepas dari trik di atas, hal yang paling penting adalah niat dari dalam hati. Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Inspirasi

Langkah Perawatan Calon Pengantin Menjelang Hari Pernikahan

Published

on

Setiap wanita tentu ingin terlihat cantik di hari pernikahannnya. Selain dengan riasan make-up yang sempurna di hari-H, perawatan  menjelang hari pernikahan ternyata juga tak kalah penting lho ! Mulai dari perawatan wajah, badan, rambut, kuku, bahkan organ vital. Nah, berikut berbagai perawatan yang bisa kamu lakukan menjelang hari bahagiamu. Simak selengkapnya di bawah ini

  1. Perawatan Wajah

    img: bp-guide.id

    Salah satu bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian utama saat pernikahan adalah wajah, oleh karena itu akan lebih baik jika kamu merawat wajah secara rutin agar riasan make-up tampak paripurna. Minimal sebulan menjelang hari pernikahan, ada baiknya jika kamu rutin menggunakan masker wajah 2 hari sekali. Penggunaan masker akan membuat kulit wajahmu lebih cerah dan juga glowing. Jika malas melakukannya sendiri, kamu bisa pergi ke salon untuk melakukan perawatan wajah. Biasanya, ada salon tertentu yang menyediakan paket perawatan sebelum pernikahan. Namun, jika kulitmu termasuk kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter ya !

  2. Perawatan Tubuh

    img: wispausa.com

    Menjelang pernikahan tentu akan disibukkan dengan berbagai persiapan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Hal tersebut sedikit banyak akan berimbas kepada kondisi tubuh. Rasa lelah menjelang pernikahan sebaiknya diimbangi juga dengan perawatan tubuh agar tetap terlihat fit. Untuk perawatan tubuh, kamu bisa melakukan body spa & massage secara berkala di salon-salon kecantikan. Selain membuat tubuh lebih bugar, body spa juga akan membuat tubuhmu lebih rileks dan memancarkan aura positif.

  3. Perawatan Rambut

    img: beautynesia

    Perawatan rambut pun juga tak kalah penting untuk menunjang penampilanmu nanti. Kamu bisa melakukan creambath, hair mask, hair spa, atau merubah penampilan dengan tatanan rambut baru. Setelah perawatan rambut, kamu akan merasa ‘enteng’, rileks, dan juga segar kembali.

  4. Perawatan Organ Vital

    img: lifestyle.okezone.com

    Sebagai pengantin baru, tentunya kamu ingin organ intim selalu terjaga kebersihan dan kelembabannya. Dan ratus adalah jawaban dari pernyataan tersebut, karena konon metode perawatan ini sudah dilakukan para putri raja sejak jaman dahulu kala. Ratus merupakan perawatan pengasapan dengan cara merebus berbagai rempah-rempah, dan uapnya dialirkan langsung ke bagian vagina. Uap ini dipercaya akan menghilangkan bau tak sedap, serta mengurangi keputihan. Wah makin percaya diri dong ya !

  5. Perawatan GigiYang tak kalah penting namun seringkali terlewat adalah perawatan gigi. Gigi yang putih dan bersih tentu akan membuatmu semakin cantik. Kamu nggak mau kan, gigimu terlihat kekuningan ketika resepsi ? Jadi, sebaiknya perwatan ini juga kamu masukkan list persiapan menjelang pernikahan ya.
  6. Perawatan Kuku

    img: skintologyspa.com

    Ketika hari pernikahan tiba, kamu akan berjabat tangan dengan banyak orang, oleh karena itu tak ada salahnya jika merawat kulit tangan dan kaki agar lebih halus dan menarik. Kamu bisa menambahkan tatto tangan/henna agar punggung tangan lebih indah. Selain itu, bagian kuku juga jangan sampai ketinggalan lho !

Komentar
Continue Reading

Trending