Relationship, Tips

Sudah Usia 30 Tahun Namun Belum Menikah ? Mungkin Kamu Telah Melakukan Beberapa ‘Kesalahan’ Berikut

Setiap orang mempunyai alasan masing-masing mau menikah di usia berapa, ada yang baru lulus SMA pengen segera menikah, ada yang punya target usia 25 tahun, ada yang nunggu ‘mapan’ dulu baru menikah, dll. Semuanya tentu punya pertimbangan yang berbeda-beda. Namun dilansir dari bkkbn.go.id ternyata usia yang ideal untuk menikah adalah antara 21-25 tahun. Tentunya usia ideal tersebut dilihat dari berbagai macam faktor, dari kematangan reproduksi manusia, kematangan dari sisi psikologis, dll. Lalu mengapa masih banyak yang belum menikah hingga usia kepala tiga ? secara reproduksi dan psikis sudah siap namun tak kunjung duduk di pelaminan ? Berikut ulasannya

  1. Belum Move On

Salah satu alasan seseorang belum menikah di usia yang sudah matang adalah karena belum move on dari masa lalu. Mungkin sang mantan terlalu berkesan sehingga susah untuk mencari penggantinya. Namun please…..come on…. hidup adalah untuk masa depan, kalau terus meratapi masa lalu kita sendiri kan yang rugi ?

img : bussinessnewsdaily.com
  1. Terlena Dengan Masa Muda

Teman bergaul juga bisa mengakibatkan ‘telat’ menikah lho ! Begini alasannya. Usia kamu misalnya sudah mendekati kepala tiga, namun teman bergaul kamu adalah mereka yang usianya jauh di bawah kamu. Otomatis gaya hidup dan pemikiran kamu sedikit banyak akan terpengaruh oleh mereka, terutama kebiasaan foya-foya. Jangan sampai seperti ini ya !

img : expertbeacon.com
  1. Menutup Diri

Seorang belum menikah di usia yang sudah matang bisa jadi karena dia terlalu menutup diri dari dunia luar, lebih sering berkegiatan di dalam rumah misalnya. Atau saking sibunya bekerja sehingga tak ada waktu memikirkan cinta-cintaan, hehe. Jika dalam dunia marketing ada yang namanya product branding yakni cara mempromosikan produknya, begitupun dalam diri manusia ada juga yang namanya self branding. Bagaimana orang akan tertarik sama kita kalau kitanya saja hanya diam tidak memperlihatkan daya tarik kita ? Daya tarik disini bisa berupa penampilan, sikap sosial yang baik, atau bisa juga dengan talent yang kamu miliki. Kalau punya talent apa, perlihatkan saja karena itu salah satu cara melakukan self branding. Siapa coba yang tidak tertarik dengan wanita/ pria yang berpenampilan menarik, sopan berbakat ? Tapi yang perlu diingat, harus tetap menjadi diri sendiri ya !

img : shutterstock.com
  1. Terlalu Pemilih

Terlalu pemilih di usia yang sudah cukup matang adalah salah satu ‘kesalahan’ yang perlu diperbaiki. Karena ketika usia sudah memasuki 30 tahun, seharusnya tidak memilih lagi, namun memantapkan hati. Banyak kejadian seorang yang terlalu pemilih namun akhirnya tidak mendapatkan satupun dari pilihannya itu. Nggak mau kaya gitu kan ?

http://salvaggiodentistry.ca
  1. Tabungan Belum Mencukupi

Bagi para lelaki, belum mempunyai cukup tabungan ketika usia sudah memasuki kepala tiga adalah permasalahan serius sebenarnya. Mengapa ? Disaat yang lain sudah mempunyai anak usia PAUD, sedangkan kamu masih sibuk kemrungsung mengumplkan pundi-pundi rupiah. Helloww ? kemana aja selama ini ? Pandai-pandailah mengelola uang ketika masih muda, jangan mudah terpancing membeli sesuatu yang tidak penting karena ada anak & istri yang kelak menggantungkan hidupnya padamu.

img : dailymail.co.uk
  1. Belum memantaskan diri

Mengejar seseorang yang ‘levelnya’ diatas kita, lalu kita jadi minder untuk menikahinya ? Itu namanya kamu belum memantaskan diri. Caranya bagaimana ? Sederhananya, pantaskanlah dirimu untuk mendapatkan dia yang kamu inginkan. Jika dia berada di level B, sedangkan kamu masih di level C, maka perbaiki dirimu hingga mencapai level B. Indikator kalian sudah setara adalah jika hatimu sudah merasa yakin dan percaya diri. Ada pepatah yang bilang, lelaki yang baik untuk wanita yang baik dan begitupun sebaliknya.

img : thoghtcatalog.com

Comments

comments