Connect with us

Aplikasi

“Pretty Please”, Fitur Baru Dari Google Assistant yang Mengajarkan Kesopanan

Published

on

Meskipun terkesan sepele, tapi ucapan “minta tolong” dan “terima kasih” mampu memberikan efek yang sangat positif dalam kehidupan. Google nampaknya cukup konsen juga dalam membangun kepribadian manusia.

Hal itu dibuktikan dengan adanya fitur baru dalam aplikasi Google Assistant, yakni “pretty please”.

Fitur ini dirancang untuk memberikan penguatan positif kepada pengguna, terutama anak-anak. Fitur ini mengajak kita untuk membentuk perilaku yang lebih ramah dan sopan saat berkomunikasi dengan mesin.

Ini memungkinkan asisten suara untuk menghargai penggunaan kata “please” (tolong) dan “thank you” (terima kasih) dengan tanggapan yang lebih menyenangkan. Sebagai contoh, coba panggil “Hai Google, tolong putar musik liburan untuk saya” atau “Hai Google, tetapkan timer selama 5 menit.” Assistant akan menanggapinya dengan “Terima kasih telah bertanya dengan sangat baik. Baiklah, 5 menit mulai dari sekarang.”

Pretty Please bisa diaktifkan untuk semua pengguna yang menggunakan smart speaker dan smart display, sehingga setiap orang dapat merasakan keramah-tamahan dari Assistant. Luar biasa sekali bukan terobosan baru dari Google ini?

Selama ini kita terkesan menganggap remeh hal-hal kecil semacam itu. Google tentu menyimpan harapan, dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan fitur pretty please ini, keramahan dalam kehidupan sehari-hari akan semakin bertambah karena kebiasaan kecil semacam memberi ucapan terimakasih ataupun memberikan perintah dengan mengucapkan minta tolong.

Selain pretty please, Google Assistant juga memberikan fitur baru lainnya yakni read a story. Dalam fitur ini pengguna bisa minta tolong ke asisten untuk membacakan cerita. Cerita yang akan dibacakan umumnya adalah cerita populer seperti Aladin, Frozen, ataupun Dora the Explorer.

Tapi jangan sekali-kali kamu bilang, “OK Google, tolong carikan saya pacar!”. Bukan apa-apa, jawabannya bisa jadi bikin kamu sakit hati, “terimakasih telah bertanya dengan sangat baik, sayangnya tidak ada yang mau dengan anda.” Jadi tolong jangan lakukan, karena hanya akan berujung kekecewaan.

Sabar ya mblo!

Komentar

Aplikasi

Tips dan Trik Mengubah Tampilan Android Menjadi Mirip Dengan iPhone

Published

on

By

Tidak bisa dipungkiri lagi, ekslusifitas iPhone masih dan akan terus terasa sampai batas waktu yang tak terhingga. Contoh sederhananya, ketika kamu melihat seseorang nongkrong sambil membawa gadget dengan lambang “apel krowak”, maka yang akan terintas di pikiran kamu adalah orang tersebut merupakan golongan atas alias horang kayah. Meski realitanya dia mendapatkan smartphone itu dengan cara mencicil atau memperoleh giveaway.

Kualitas yang unggul, tahan banting, dan identik dengan kalangan atas adalah beberapa nilai lebih dari iPhone yang sulit dikejar vendor lainnya. Persoalannya, harga yang kelewat mahal pasti akan membuatmu berfikir 98736x sebelum memutuskan untuk membeli iPhone. Tapi tenang, ada beberapa tips dan trik untuk membuat tampilan smartphone android kamu mirip seperti tampilan iPhone.

Meski terkesan membohongi diri sendiri, tapi setidaknya beberapa tips dan trik berikut ini bisa menjadi pelipur lara untuk kamu yang masih bermimpi mampu membeli iPhone.

1. Merubah tampilan homescreen

images: idownloadblog.com

Untuk mendapatkan tampilan homescreen seperti kepunyaan iPhone, kamu bisa menggunakan aplikasi Phone X launcher. Tepat setelah kamu menginstal aplikasi ini di Play Store, kamu akan merasa bahwa sudah melihat iPhone. Ikon aplikasi akan berubah menjadi seperti yang kamu lihat di iPhone.

2. Merubah tampilan lockscreen

images: idownloadblog.com

Dengan menginstal iOS12 Lock Screen, tampilan lock screenmu akan berubah seperti Lock Screen iPhone. Dengan aplikasi ini, kamu akan melihat semua notifikasi di layar kunci iOS barumu.

3. Menggunakan iMusic

images: https://timedotcom.files.wordpress.com/

Untuk benar-benar mirip iPhone, kamu juga harus menggunakan iMusic. Aplikasi yang kamu perlukan adalah iMusic – Music Player for OS 13. Dengan pemutar musik ini, kamu dapat mendengarkan file audio dengan format berbeda seperti WAV, MP3, AAC, FLAC, 3GP, OGG, dan MIDI.

4. Mencari aplikasi yang mirip iMessage

images: https://support.apple.com/

IMessage memang tak tersedia di Android. Sebagai gantinya kamu bisa mendownload aplikasi perpesanan Textra. Lewat aplikasi ini kamu bisa membuat gelembung teks dengan bentuk yang sama seperti di iMessage. Kamu bahkan dapat memiliki munculan pesan baru dengan balasan cepat seperti yang bisa dilakukan di iPhone.

5. Sektor kamera

images: digitaltrends.com

Kamera iPhone memang sulit menemukan tandingannya. Untuk sekedar menyerupai, kamu bisa mengakalinya dengan menginstal aplikasi GEAK Camera. GEAK Camera akan memberimu Filter Real-time yang kuat seperti kepunyaan iPhone.

6. Aplikasi Kalender

images: https://support.apple.com/

Kamu bisa menginstal iCalendar iOS 13. Aplikasi ini kompatibel dengan Google Calendar, menawarkan pengkodean warna khusus untuk acara, mendukung tampilan peta, dan memiliki task manager terintegrasi.

7. Aplikasi Kalkulator

images: https://9to5mac.com/

Melalui Play Store, kamu bisa mendownload iCalculator. Aplikasi ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan kalkulator di iPhone, termasuk tombol angka bulat dan skema warna. Selain dasar-dasarnya, iCalculator dapat mencatat riwayat, memberikan fitur grafik, melakukan konversi, dan memiliki fungsi memori seperti M +, M, MR, dan MC.

8. Menempel sticker logo iPhone

images: tribunnews

Percuma saja tampilan antar muka keren mirip iPhone, tapi tak punya logo “apel krowak” dibelakangnya. Maka sebagai pelengkap derita, kamu bisa menempelkan logo iPhone itu dibelakang smartphone kamu. Perkara dianggap gila atau norak, ITU BUKAN URUSAN KAMI!

 

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Berkenalan Dengan Whale, Aplikasi Untuk Membuat Meme Dari Facebook

Published

on

By

Banyaknya meme yang beredar di media sosial menarik minat Facebook untuk merancang aplikasi pembuat meme. Sebuah divisi di Facebook yang bertugas untuk menciptakan sesuatu hal baru dengan menambahkan pengalaman ketika menggunakan aplikasi tersebut, NPE, baru-baru ini telah membuat sebuah aplikasi untuk membuat meme.

Aplikasi ini diberi nama Whale. Cara kerjanya cukup sederhana. Pengguna nantinya akan bisa mengedit foto dengan teks ataupun stiker yang kemudian bisa dibagikan kepada teman lewat aplikasi Facebook ataupun aplikasi pesan lainnya.

Selain itu pengguna juga bisa menelusuri stok gambar di perpustakaan yang tersedia di dalam aplikasi untuk membuat meme. Di dalam Whale terdapat template yang tersedia untuk meme dan menjadi ciri khas meme itu sendiri.

Misalnya, model layout kanvas kosong, 2-grid, 3-grid, dan 4-grid juga tersedia. Untuk penyesuaian gambar, pengguna dapat menambahkan beberapa fitur seperti emoji, teks, efek, dan filter.

Tak hanya membuat meme, pengguna nantinya juga akan bisa membuat sticker sendiri dengan memisahkan gambar dengan background. Pengguna akan bebas berkreasi untuk membuat meme.

Yang lebih menguntungkan lagi, aplikasi ini sifatnya gratis alias tak berbayar. Hanya saja, meski sudah diluncurkan di App Store, aplikasi ini baru bisa diunduh di Kanada dan Filipina.

Entah kapan pihak Facebook akan merilisnya di Play Store dan secara global. Para pembuat meme dan sticker pasti akan senang jika aplikasi ini diluncurkan karena akan semakin mudah dalam mengeluarkan kreatifitas.

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

HandBrake – Software Kompresi Video Gratisan dan Kualitas Premium

Published

on

Jadi gini sahabat spaneng…

Aku kemarin membuat video tutorial dengan QuickTime, software bawaan di Mac OS. Aku membuat video tutorial dengan merekam layar dan suara dengan durasi 30an menit. Kelar bikin tutorial, betapa kagetnya file video yang dihasilkan sekitar 1.5GB. Sempat sedikit bahagia karena ada fitur kompresi di QuickTime tapi kemudian sangat kecewa ketika hasil kompresi dengan kualitas video HD 720p itu sangat-sangat jelek, pun dengan hasil ukuran setelah kompresi yang tidak begitu signifikan (masih 800an MB). Aku mencoba kompresi ke HD 1080p, hasilnya cukup bagus tapi ya ukurannya cuma turun dikit (jadi 1.2GB). Ku cobalah upload video itu youtube dengan koneksi internet paket murahan. Proses upload butuh waktu sekitar 2.5jam, dan….. apesnya proses upload gagal ketika sudah mencapai 90%. Ini KAMPRETTT banget!!!

Mulailah gugling software kompresi video (yang gratisan tentunya). Lebih dari 5 software aku install-uninstall di laptop gak ada yang oke. Sampe akhirnya ketemu yang namanya HandBrake ini, software kompresi video yang gratis dan opensource :). Penggunaanya pun sangat mudah. Ketika buka aplikasinya kita langsung diarahkan untuk memilih video yang mau kita kompres. Setelah video dipilih, kemudian pilih formatnya (aku nyoba MP4 HD 1080p) dan tekan tombol Start. Butuh waktu sekitar 20menitan untuk proses kompresinya. Dan JENGJEENG…video hasil kompresinya 716MB !!! (dari 1.5GB). Itupun dengan kualitas yang masih sangat bagus menurutku.

So, buat kalian yang lagi butuh video converter / kompresi, aku rekomen banget kalian untuk nyoba HandBrake ini. Software kompresi video gratisan dengan kualitas Premium!!!

Download HandBrake Video Transcoder

 

Komentar
Continue Reading

Trending