Connect with us

Teknologi

Keren!! Sampah Surabaya Diubah Menjadi Listrik Bertegangan Tinggi

Published

on

Selama ini sampah dianggap sesuatu yang tidak berguna dan salah satu penyebab polusi, baik polusi tanah, polusi air maupun polusi udara. Namun bagi Kota Surabaya, kini sampah malah justru menjadi sahabat masyarakat. Pemkot Surabaya menerapkan teknologi “waste to energy” baik skala kecil yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) hingga skala besar dengan metode “sanitary landfill” yakni teknologi gasifikasi untuk pengolahan sampah menjadi energi listrik.

via ummat pos

Adapun proses pengolahan sampah menjadi listrik dapat dilihat pada bagan berikut

img: gloomaworld.blogspot.com

Intinya, sampah pertama-tama dibakar hingga menghasilkan uap/gas dengan tekanan tinggi. Uap tersebut bertujuan untuk menggerakkan turbin/ kincir yang dihubungkan dengan generator atau pembangkit listrik.

img: media indonesia

Kota dibawah pimpinan Tri Rismaharini tersebut saat ini sudah memiliki PLTSa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Romokalisari di Kecamatan Benowo. TPA Benowo memiliki luas sekitar 37,4 hektar tersebut dapat menghasilkan energi listrik sebesar 2 Megawatt dan pada 2019 mendatang ditargetkan akan mengembangkan “grasifikasi plant” yang mampu menghasilkan kapasitas listrik 8 hingga 9 Megawatt per hari. Pemkot Surabaya juga telah memiliki beberapa program bank sampah yang sudah dijalankan, diantaranya adalah kegiatan Green and Clean, Merdeka dari Sampah, Bank Sampah, dan Rumah Kompos.

Harapannya kelak sampah tidak lagi menjadi barang yang tidak berguna, melainkan bernilai ekonomis dan bisa membawa manfaat bagi semua.

Bu Risma memang maantuuull !!

 

Komentar
Continue Reading

Internet

Malas Baca Berita ? Google Go’ Siap Bacain Berita Buat Kamu

Published

on

Portal berita digital kini sudah menjamur di jagat maya. Namun ternyata tak semua warganet gemar mambaca. Nah buat Sobat Spaneng yang tak suka ataupun malas membaca berita online, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Go. Google Go didukung kecerdasan buatan yang bisa membacakan isi halaman situs yang dibuka lewat audio, bahkan saat berada pada jaringan 2G sekalipun.

Seraya dibacakan, kata per kata dalam teks akan ditandai untuk memudahkan pengguna menyimak apa yang sedang didengarkan. Dengan begitu, teks panjang akan lebih mudah dipahami sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti memasak atau berolahraga. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store. Meski ditujukan untuk ponsel segmen menengah ke bawah, smartphone kelas menengah dan kelas atas juga bisa mengunduhnya di tempat yang sama.

Adapun langkah-langkah penggunaannya sebagai berikut

  1. Install Aplikasi Google Go terlebih dahulu.
  2. Akses aplikasi Google Go tersebut dan cari portal berita dengan berita-berita yang ingin dibacakan.
  3. Untuk mengakses berita kamu tinggal tekan pilihan “Semua Aplikasi” dan cari kategori berita.
  4. Masuk ke portal berita yang kamu inginkan lalu pilih berita yang ingin dibacakan oleh Google Go.
  5. Pencet tombol play dengan lingkaran warna-warni yang berada di tengah bawah layar hape kamu.

Setelah itu, maka secara otomatis berita itu akan dibaca oleh Google. Kamu tinggal hanya mendengarkan saja. Gampang banget kan ?

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Mau Baca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus ? Begini Triknya !

Published

on

Salah satu fitur WhatsApp, yaitu fitur penarikan pesan atau menghapus pesan yang sudah dikirim terbukti sangat membantu penggunanya. Namun terkadang penerima yang tidak sempat membaca akan merasa penasaran dengan isi pesan tersebut.

Nah untuk membantu kamu membaca pesan yang dihapus pengirim di WhatsApp, sepertinya bisa mencoba aplikasi WhatsRemoved berikut ini. Cara menggunakannya pun sangat mudah.
Pertama-tama download aplikasi WhatsRemoved dan install seperti biasa di Android. Saat pertama kali dibuka, berikan izin mengakses notifikasi dan file agar aplikasinya bekerja tanpa hambatan.

www.apkmonk.com

Jika sudah, secara otomatis aplikasi berjalan dibackground. Saat ada pengirim yang menghapus pesannya di WhatsApp akan muncul sebuah notifikasi di WhatsRemoved. Kamu juga dapat membaca pesan yang sudah dihapus tersebut.

Bagaimana sangat mudah dan nggak bikin spaneng kan ?

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Instagram Uji Coba Fitur Baru “Main Account”

Published

on

By

Berbagai terobosan baru dilakukan oleh pengembang aplikasi untuk mempermudah penggunanya. Salah satunya dilakukan oleh Instagram. Baru-baru ini Instagram sedang melakukan uji coba fitur barunya yang bernama “Main Account”. Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya kurang lebih “akun utama”.

Dilansir dari Telset.id Selasa (05/02/2019), Instagram berharap pengguna akan terbantu dengan adanya fitur baru tersebut. Dengan main account, pengguna bisa menempelkan beberapa akun Instagram ke dalam satu akun utama. Itu berarti pengguna tak perlu login berkali-kali untuk berganti akun.

Selain itu pengguna juga akan dipermudah karena hanya akan menggunakan satu akun email saja untuk login. Bocoran informasi itu diperoleh dari aplikasi terbaru Instagram untuk Android yang masih dalam tahap pengembangan. Ada beberapa kalimat yang menjelaskan bahwa pengguna bisa memilih satu akun untuk menjadi yang utama dan akun lain menempel di dalamnya.

Dengan adanya proses itu, sekali pengguna masuk ke akun utama maka secara otomatis pengguna akan bisa masuk ke dalam akun-akun yang menempel di dalamnya. Sangat praktis sekali bukan?

Namun adanya fitur ini juga bukan tanpa kekurangan. Jika peretas berhasil masuk ke akun utama, maka secara otomatis akun-akun yang menempel di akun utama juga akan dibobol. Walaupun demikian kemungkinan tentang bocornya informasi pribadi ke ranah publik setidaknya dapat diminimalisir dengan pembuatan password yang kuat serta kewaspadaan ketika menggunakan jasa aplikasi pihak ketiga.

Sepertinya fitur ini juga akan sangat bermanfaat buat kamu yang hoby stalking IG mantan pacar. Mengingat malu kalau stalking pakai akun asli (takut kepencet like), maka kamu bisa membuat akun baru untuk melihat kenangan lama itu. Tapi Instagram belum memberikan informasi detail soal fitur ini. Begitu juga kalau akun utama sudah kena block, apakah akun yang menempel dengannya juga secara otomatis akan terkena blokir juga.

Jadi sabar saja yaa…kita tunggu perkembangan lebih lanjut dari Instagram.

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.