Connect with us

Teknologi

Keren!! Sampah Surabaya Diubah Menjadi Listrik Bertegangan Tinggi

Published

on

Selama ini sampah dianggap sesuatu yang tidak berguna dan salah satu penyebab polusi, baik polusi tanah, polusi air maupun polusi udara. Namun bagi Kota Surabaya, kini sampah malah justru menjadi sahabat masyarakat. Pemkot Surabaya menerapkan teknologi “waste to energy” baik skala kecil yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) hingga skala besar dengan metode “sanitary landfill” yakni teknologi gasifikasi untuk pengolahan sampah menjadi energi listrik.

via ummat pos

Adapun proses pengolahan sampah menjadi listrik dapat dilihat pada bagan berikut

img: gloomaworld.blogspot.com

Intinya, sampah pertama-tama dibakar hingga menghasilkan uap/gas dengan tekanan tinggi. Uap tersebut bertujuan untuk menggerakkan turbin/ kincir yang dihubungkan dengan generator atau pembangkit listrik.

img: media indonesia

Kota dibawah pimpinan Tri Rismaharini tersebut saat ini sudah memiliki PLTSa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Romokalisari di Kecamatan Benowo. TPA Benowo memiliki luas sekitar 37,4 hektar tersebut dapat menghasilkan energi listrik sebesar 2 Megawatt dan pada 2019 mendatang ditargetkan akan mengembangkan “grasifikasi plant” yang mampu menghasilkan kapasitas listrik 8 hingga 9 Megawatt per hari. Pemkot Surabaya juga telah memiliki beberapa program bank sampah yang sudah dijalankan, diantaranya adalah kegiatan Green and Clean, Merdeka dari Sampah, Bank Sampah, dan Rumah Kompos.

Harapannya kelak sampah tidak lagi menjadi barang yang tidak berguna, melainkan bernilai ekonomis dan bisa membawa manfaat bagi semua.

Bu Risma memang maantuuull !!

 

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

“Pretty Please”, Fitur Baru Dari Google Assistant yang Mengajarkan Kesopanan

Published

on

By

Meskipun terkesan sepele, tapi ucapan “minta tolong” dan “terima kasih” mampu memberikan efek yang sangat positif dalam kehidupan. Google nampaknya cukup konsen juga dalam membangun kepribadian manusia.

Hal itu dibuktikan dengan adanya fitur baru dalam aplikasi Google Assistant, yakni “pretty please”.

Fitur ini dirancang untuk memberikan penguatan positif kepada pengguna, terutama anak-anak. Fitur ini mengajak kita untuk membentuk perilaku yang lebih ramah dan sopan saat berkomunikasi dengan mesin.

Ini memungkinkan asisten suara untuk menghargai penggunaan kata “please” (tolong) dan “thank you” (terima kasih) dengan tanggapan yang lebih menyenangkan. Sebagai contoh, coba panggil “Hai Google, tolong putar musik liburan untuk saya” atau “Hai Google, tetapkan timer selama 5 menit.” Assistant akan menanggapinya dengan “Terima kasih telah bertanya dengan sangat baik. Baiklah, 5 menit mulai dari sekarang.”

Pretty Please bisa diaktifkan untuk semua pengguna yang menggunakan smart speaker dan smart display, sehingga setiap orang dapat merasakan keramah-tamahan dari Assistant. Luar biasa sekali bukan terobosan baru dari Google ini?

Selama ini kita terkesan menganggap remeh hal-hal kecil semacam itu. Google tentu menyimpan harapan, dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan fitur pretty please ini, keramahan dalam kehidupan sehari-hari akan semakin bertambah karena kebiasaan kecil semacam memberi ucapan terimakasih ataupun memberikan perintah dengan mengucapkan minta tolong.

Selain pretty please, Google Assistant juga memberikan fitur baru lainnya yakni read a story. Dalam fitur ini pengguna bisa minta tolong ke asisten untuk membacakan cerita. Cerita yang akan dibacakan umumnya adalah cerita populer seperti Aladin, Frozen, ataupun Dora the Explorer.

Tapi jangan sekali-kali kamu bilang, “OK Google, tolong carikan saya pacar!”. Bukan apa-apa, jawabannya bisa jadi bikin kamu sakit hati, “terimakasih telah bertanya dengan sangat baik, sayangnya tidak ada yang mau dengan anda.” Jadi tolong jangan lakukan, karena hanya akan berujung kekecewaan.

Sabar ya mblo!

Komentar
Continue Reading

Game

Cabang Olahraga eSport Resmi Akan Dipertandingkan di Gelaran SEA Games 2019

Published

on

By

Setelah sukses diujicobakan pada pergelaran Asian Games 2018, cabang olahraga eSport secara resmi akan dipertandingkan pada ajang SEA Games ke-30 di Filipina tahun depan. International Olympic Comitte (IOC) telah merestui hal tersebut.

Rencananya cabang eSport juga akan memperebutkan medali di ajang SEA Games 2019. Jadi tim yang memenangkan pertandingan akan menyumbang medali emas bagi negaranya. Tentu saja hal tersebut menjadi tonggak sejarah tersendiri bagi eSport. Karena pada Asian Games 2018 kemarin cabang eSport hanya tampil sebagai cabang eksibisi tanpa memperebutkan medali.

Itulah sebabnya kenapa pemenang cabang eSport dari Indonesia pada Asian Games 2018 lalu tidak mendapat hadiah seperti di cabang olahraga lain. Medali yang mereka dapatkan juga tidak memberikan pengaruh kepada jumlah perolehan medali kontingen negara. Di ajang SEA Games tahun depan, perolehan medali yang didapat oleh pemenang cabang eSport akan memberikan pengaruh bagi negara peserta SEA Games.

Total akan ada enam medali emas yang akan diperebutkan di eSport, yang terbagi dalam tiga kelompok besar. Pembagiannya adalah  dua perebutan medali untuk game console, dua perebutan medali untuk game PC, dan dua perebutan medali untuk game mobile.

Sejauh ini game yang sudah disebutkan akan diperlombakan dalam SEA Games tersebut adalah game mobile Mobile Legends: Bang Bang, game Multiplayer Online Based Arena yang sangat populer di Asia Tenggara. Sementara 5 game lainnya baru akan ditentukan sampai tanggal 15 Desember mendatang.

Pengumuman kabar adanya cabang olahraga eSport di SEA Games 2019 itu datang dari ketua komite penyelenggara SEA Games 2019, Alan Peter Cayetano. Produsen hardware game terkenal, Razer, disebut akan mensponsori cabang olahraga tersebut.

Sedangkan gelaran SEA Games 2019 sendiri baru akan dimulai pada tanggal 30 November 2019. Sebelum bertanding di SEA Games, para peserta dari cabang eSport akan mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu. Mengenai kapan waktu dimulainya babak kualifikasi akan ditentukan kemudian.

Jadi, kalau kamu dimarahi pacar ataupun orang tua gara-gara keseringan main game, bilang saja: “Saya lagi persiapan buat SEA Games tahun depan!”

Komentar
Continue Reading

Teknologi

Harga dan Spesifikasi DJI Osmo Pocket, Kamera Gimbal Mungil dan Ringkas

Published

on

By

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, DJI, baru saja meluncurkan produk terbarunya yakni DJI Osmo Pocket. Pabrikan ini sebelumnya telah terkenal karena produksi drone-nya yang berkualitas bagus. Namun untuk produk terbarunya ini, DJI membuat gimbal yang biasanya terpisah menjadi langsung terintegrasi dengan body.

DJI Osmo Pocket memiliki sensor sebesar 1/2,3 inci untuk mengambil gambar dengan resolusi 12MP. Untuk kemampuan video, kamera gimbal ini mampu merekam gambar dengan resolusi 4K pada 60fps, yang memiliki tiga axis. Sedangkan kapasitas baterai DJI Osmo Pocket adalah 875 mAh yang dapat bertahan selama 140 menit.

Waktu pengisian baterainya juga tergolong cepat. Dari posisi 0% sampai 100% kamu hanya perlu waktu sekitar 73 menit. Dengan tinggi hanya 121,9 milimeter dan berat 116 gram, DJI Osmo Pocket sangat ringkas untuk dibawa kemana-mana karena pas dengan ukuran kantong saku. Mungkin karena hal itulah kamera ini dinamakan Osmo “Pocket”.

Kamera ini juga dilengkapi dengan layar monitor pada pegangan gimbal untuk memudahkan saat membidik gambar, termasuk port universal yang bisa digunakan untuk berbagai asesoris tambahan.

DJI Osmo Pocket menggunakan kamera Mavic Air yang biasa digunakan pada drone. Sejumlah fitur unggulan seperti object trackingface trackingtime-lapse termasuk auto panorama juga ada dalam DJI Osmo Pocket.

Kamu yang hobi membuat vlog tentu akan sangat cocok dengan kamera ini. Kamu tak perlu lagi membawa tas atau sejumlah perlengkapan lain ketika hendak membuat vlog di luar ruangan semisal saat travelling. Cukup dengan menggunakan pakaian yang memiliki kantong, kamu bisa membawa kamera mini dengan kualitas tinggi ini kemanapun kamu ingin pergi.

Harga DJI Osmo Pocket adalah 379 dollar AS atau sekitar 5,4 juta. Sayangnya masih belum jelas kapan produk tersebut akan diluncurkan di Indonesia.

Sabar yaa….

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.