Parenting, Tips

Mamah Muda Wajib Tahu, Begini Tips Agar Si Kecil Bebas dari Popok

Salah satu fase mendidik anak yang mencuri perhatian adalah tentang cara si kecil lepas dari popok atau bahasa parentingnya toilet training. Banyak orang tua yang merasa belum siap/cemas ketika akan menghadapi fase ini. Cemas tentang bagaimana borosnya celana nanti, betapa kotornya lantai karena ompol si kecil, atau ada juga yang merasa ‘jijik’ membersihkan kotoran si kecil. Sebenarnya, untuk melatih anak melepas popok tidak sesusah yang dibayangkan. Berikut tips agar si kecil bebas dari popok sekali pakai

  1. Memulai di waktu yang tepat
    img: familie.de

Untuk memulai melepas popok atau “toilet training” tentunya diperlukan kesiapan si anak dan juga sang ibu. Mau mulai dari usia berapapun tak masalah karena sejatinya jika ibu sudah siap dan niat untuk melepas popok maka semuanya akan berjalan lancar. Namun untuk jaman sekarang banyak juga yang berpendapat bahwa sebaiknya memulai toilet training ketika anak sudah bisa bicara atau sudah bisa mengisyaratkan bahwa dia sedang ingin ke toilet.

  1. Biasakan si kecil dengan rasa tidak nyaman akan ompol
    img: pottytrainingconcepts.com

Membiasakan anak dengan rasa tidak nyaman tentunya juga menjadi trik yang lumayan ampuh. Jadi untuk tips yang satu ini mungkin kamu perlu bantuan “toilet pants”, suatu celana yang didesain khusus untuk proses toilet training. Ketika si anak pipis, air kencing tersebut tidak akan tembus ke celana namun akan terserap oleh training pants dan akan menimbulkan sensasi basah sehingga anak akan merasa tidak nyaman ketika pipis di celana.

  1. Selalu sounding tentang etika yang benar ketika BAK (Buang Air Kecil) dan BAB (Buang Air Besar)
    img: greatschools.org

Teruslah berulang-ulang sounding si anak untuk BAK dan BAB di kamar mandi, semakin sering maka anak akan merekam perintah tersebut. Misalnya “dek, kalau pipis di kamar mandi ya bukan di celana, nanti kalau pipis di celana jadi bau & jorok hiiiy”.

  1. Buat si kecil nyaman di toilet
    img: id.pinterest.com

Agar si kecil mulai terbiasa BAK dan BAB di kamar mandi, buatlah dia betah untuk berlama-lama di dalamnya. Bisa dengan memberi pewangi ruangan yang harum, membawakan mainan kesukaannya, atau menempel-nempel dinding dengan gambar yang menarik. Karena terkadang ketika proses BAK/BAB akan lama “keluarnya”, jadi dalam hal ini memang sangat dituntut kesabaran orang tua.

  1. Teratur diantar ke kamar mandi
    bargains-galore.blogspot.com

Cara selanjutnya adalah dengan teratur diantar 2-3 jam sekali ke kamar mandi, ditunggu hingga proses BAK/BAB selesai. Begitu seterusnya hingga anak terbiasa dan bisa bilang sendiri kalua kebelet pipis.

  1. Orang tua yang telaten
    img: marriage.com

Namun dari semua tips di atas yang paling penting adalah ketelatenan orang tua dalam melatih anak lepas dari popok. Telaten untuk mengantar ke kamar mandi, telaten untuk membiasakan dengan rasa tidak nyaman akan ompol, telaten untuk selalu berkomunikasi dengan anak. Dan jangan lupa, kamu juga bisa memberikan reward kepada anak jika sudah bisa BAK dan BAB dengan benar di toilet agar anak merasa ‘ketagihan’ untuk ke toilet. Selamat Mencoba !

Comments

comments