Kesehatan, Tips

Paru-paru Kotor Karena Rokok? Lakukan Kebiasaan Berikut Ini Agar Bersih Kembali

Meski sudah banyak kampanye tentang bahaya merokok, tapi tingkat konsumsi rokok di dunia khususnya Indonesia masih tetap tinggi. Kamu tidak perlu repot-repot melakukan survey ataupun melihat statistik pengguna rokok untuk membuktikannya. Mulai dari lingkungan sekitar tempat tinggalmu saja pasti sudah ada perokok. Lalu berlanjut ke lingkungan kerja. Setelah itu di berbagai fasilitas umum seperti jalan raya, halte, stasiun, terminal dan masih banyak lagi. Bahkan di beberapa sudut rumah sakit, yang katanya kawasan paling steril dari asap rokok saja masih dijumpai oknum-oknum yang merokok.

Menghentikan kebiasaan merokok sama susahnya dengan melarang orang agar tidak merokok. Kalaupun bisa dilarang, para perokok hanya berpindah tempat saja ke kawasan yang tidak ada larangannya untuk merokok. Serba salah sih memang, kalau produksi rokok dihentikan maka akan ada ratusan ribu orang yang kehilangan pekerjaannya. Belum lagi devisa negara yang akan berkurang drastis. Berbagai event musik maupun olahraga pun juga akan terganggu karena sponsornya kebanyakan adalah produsen rokok. Namun kalau dibiarkan akan mengancam kesehatan.

Baik itu perokok aktif maupun pasif sama berbahayanya. Karena itulah ada baiknya kamu yang jadi perokok pasif maupun aktif melakukan kebiasaan berikut ini, agar paru-paru kamu yang kotor karena rokok dapat bersih kembali.

  1. Minum air hangat dengan perasan jeruk nipis
images : travel.jumia.com

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya antioksidan. Dengan meminum air yang dicampur dengan perasan jeruk nipis akan membersihkan paru-paru dari zat kimia berbahaya yang terkandung didalam rokok. Selain itu kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis juga akan menghambat pertumbuhan sel kanker yang diakibatkan oleh rokok. Lakukan hal itu secara rutin ya biar paru-paru kamu sehat dan bersih.

2. Perbanyak mengkonsumsi kedelai

images : s5.postimg.org

Kedelai merupakan tumbuhan yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan dan minuman. Mulai dari tahu, tempe, kecap bahkan susu. Didalam kedelai terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi mencegah peradangan pada paru-paru. Kedelai ini juga melindungi paru-paru dari bahaya yang ditimbulkan oleh nikotin seperti penyakit kanker.

3. Mengkonsumsi air putih

images : grid.id

Rokok identik dengan kopi. Para perokok biasanya menikmati kopinya sambil merokok, dan biasanya kebiasaan itu membuat mereka lupa untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang ideal. Padahal mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang ideal mampu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga segala macam racun berbahaya yang terkandung dalam rokok akan bisa ikut keluar melalui air seni ataupun keringat yang kamu keluarkan.

4. Berolahraga

images : nutrisoft.com.br

Olahraga yang dimaksudkan tentu saja olahraga yang akan mengatur ritme pernafasan seperti lari, renang, sepakbola, basket ataupun senam pernafasan. Jalan-jalan pagi disaat udara masih bersih juga baik. Selain memberikan oksigen yang segar bagi tubuh, racun dan penyakit yang ada di tubuh kamu pun juga akan ikut keluar bersama dengan tetesan keringat yang mengucur. Pola hidup sehat harus tetap dilakukan meskipun kamu adalah seorang perokok aktif.

5. Minum teh hijau

images : merdeka.com

Kalau kamu perokok berat ataupun tinggal di sekitar perokok berat, sudah waktunya untuk mengganti kopi, teh ataupun susu dengan lebih banyak mengkonsumsi teh hijau. Banyak manfaat yang akan kamu peroleh seperti menguatkan fungsi organ hati dan menurunkan kadar kolesterol. Dan yang pasti, kadar nikotin dalam tubuh kamu pun juga akan ikut berkurang. Tapi jangan cuma sekali atau dua kali saja kamu meminumnya, tapi lakukan kebiasaan itu secara rutin agar mencapai hasil yang maksimal.

6. Mengkonsumsi wortel

images : tipkecantikan.com

Bukan hanya baik untuk mata saja, kandungan gizi yang ada di dalam wortel juga bisa memerangi kadar nikotin. Selain itu kandungan alkalin dari wortel juga akan berguna untuk melindungi sel baik dalam tubuh serta mencegah terjadinya plak di pembuluh darah. Biar lebih enak kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus yang dapat kamu minum beberapa saat setelah sarapan.

Semoga dengan rutin melakukan kebiasaan di atas paru-paru kamu bisa menjadi bersih kembali yaa. Tapi buat kamu yang saat ini menjadi perokok aktif, ada baiknya perlahan-lahan untuk menghilangkan kebiasaan itu. Biar apa? yaa biar sehat to…kan udah dibilang merokok itu berbahaya buat keuangan kesehatan.

 

Comments

comments