Inspirasi, Kisah Nyata

Bikin Haru! Seorang Ayah yang Berpangkat Kopral Kepala ini Beri Hormat Kepada Anaknya yang Berpangkat Letnan Dua

images: tribunnews

Dalam ketentaraan pangkat dan jabatan memegang peranan penting dalam pelaksanaan tugas sehari-hari seorang prajurit. Meskipun secara usia lebih tua, tapi ketika bertemu dengan atasannya yang berpangkat lebih tinggi tetaplah harus memberikan penghormatan walaupun secara usia jauh lebih muda.

Baru-baru ini muncul sebuah video tentang seorang ayah yang berpangkat Kopral Kepala memberikan penghormatan kepada anaknya yang baru saja dilantik menjadi Letnan Dua. Video yang diunggah oleh akun twitter @rasjogja ini pun kemudian menjadi viral karena respon yang diberikan sang anak membuat netizen mengharu.

Pada awalnya sang anak berdiri tegak di dalam barisan karena upacara baru selesai dilaksanakan. Seperti tradisi dalam upacara sumpah Prasetya Perwira dari tahun ke tahun, pihak keluarga akan mencari lalu mendatangi anaknya yang masih berdiri dalam barisan itu.

Setelah mencari akhirnya sang ayah berhasil menemukan sang anak yang saat itu tengah berdiri gagah dengan balutan seragam putih TNI Angkatan Laut. Karena anaknya telah menjadi seorang Letnan Dua, maka sang ayah pun langsung mengambil sikap layaknya seorang prajurit yang menghadap ke atasannya. Ia pun langsung memberikan penghormatan kepada anaknya.

Si anak pun kemudian membalas penghormatan yang diberikan oleh ayahnya tersebut. Setelah itu barulah mereka saling berpelukan. Tidak lupa pula selepas memeluk ayahnya, sang anak langsung memeluk ibunya dan bersujud dihadapannya. Sungguh sebuah moment yang mengharukan.

Perlu diketahui urutan kepangkatan dalam tentara dari yang paling rendah ke yang paling tinggi adalah kelas Tamtama, Bintara, dan Perwira. Dalam kejadian itu sang ayah berpangkat Kopral Kepala yang berada di kelas Tamtama. Sedangkan sang anak berpangkat Letnan Dua, berada di jajaran perwira dan itu berarti secara kepangkatan ada jauh diatas ayahnya.

Pujian pun berdatangan dari para netizen.

@TaurusAdalahAku : Raiso ngomong opo2 selain kelu nahan haru. Yaa Allah… Berkahi keluarga ini juga keluarga lainnya agar terjaga saling menghormati & silahturahmi sesama d bumi pertiwi NKRI ini. Aamiin. Titip negara iki yo le… 

@indoshps : dari caranya mencium kaki Ibunya, dia saya doakan jadi Jenderal yang amanah, tepa selira, murni merah putih, tidak sektarian dan gila kekuasaan.

@daishyfhusna : MasyaAllah. Haru lihatnya. Tksh sudah share video hormat Ayah pada anaknya & patuhnya anak terhadap Ibunya. Menginspirasi..

@frantaga1 : Anak yg berbakti, bapak yg tulus,ibu yg lembut hati..

@engelhart21 : Kerendahan hati seorang bapak terhadap anaknya sendiri, salute..

Sedangkan dari akun @rasjogja yang mengunggah video tersebut juga memberi caption yang tak kalah mengharukan: Terimakasih buat Bapak ini, karena telah mendidik anak dengan benar, hingga menjadi perwira. Meskipun dia anaknya, sebagai kopral dia harus hormat kepada sang anak yang pangkatnya lebih tinggi. Karena itu sebuah aturan dalam kemiliteran.

Belum jelas memang kapan, dimana dan siapa saja yang ada di video ini. Tapi setidaknya melalui video banyak hal yang bisa kita pelajari dari video tersebut. Emmm…selamat ya pak, sudah sukses mendidik anaknya. Semoga kisah anda mengispirasi banyak orang yang melihat video anda *ikut terharu.

 

Comments

comments