Parenting, Tips

4 Makanan ini Dapat Mencegah Bayi Lahir Cacat. Ibu Hamil Wajib Tahu Nih!

Semua ibu hamil tentu menginginkan anaknya lahir dengan sehat, lengkap dan selamat tanpa ada cacat sedikitpun. Tentunya untuk mengupayakan hal tersebut, ada banyak cara yang dilakukan dan salah satunya adalah dengan menkonsumsi makanan tertentu agar mencegah  bayi lahir cacat. Selain karena gen, bayi yang lahir cacat disebabkan oleh sang ibu yang mengkonsumsi obat-obatan, terjadinya infeksi, dan janin terpapar bahan kimia.

Nah untuk mencegahnya, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, omega-3, dan probiotik. Dan berikut beberapa makanan tinggi asam folat yang bisa dikonsumsi pada saat hamil dan bahkan sebelum hamil.

  1. Ikan dan rumput laut
    ru.pngtree.com

    Perlu kamu ketahui bahwa selain kekurangan asam folat, kekurangan yodium pun juga dapat meningkatkan resiko kematian janin, gangguan perkembangan saraf, hingga gangguan pertumbuhan fisik dan mental janin. Kamu dapat memenuhi kebutuhan yodium dengan cara ikan dan rumput laut. Dalam 1gr rumput laut terdapat sekitar 35 mcg yodium. Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa mengonsumsi wakame yang memiliki kadar yodium 3 kali lipat lebih banyak.

    Namun jangan terlalu berlebihan juga ya dalam mengkonsumsinya, karena sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi yodium berlebihan selama masa kehamilan justru dapat membuat bayi lahir dengan masalah cacat intelektual, pertumbuhan yang tertunda, serta masalah jantung.

  2. Kentang
    lifestyle.sindonews.com

    Salah satu upaya mencegah kecacatan pada janin adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Dan makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi adalah kentang. Asam folat berperan dalam membantu pertumbuhan sistem saraf janin di dalam perut. Dengan demikian, resiko bayi lahir cacat menjadi sangat kecil. Selain itu, asam folat juga dapat mencegah keguguran.

  3. Alpukat
    lifestyle.sindonews.com

    Setengah buah alpukat mengandung 20 mcg folat. Selain itu alpukat juga mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti lemak sehat, serat dan Vitamin E. Dengan mengkonsumsi alpukat ibu hamil akan lebih berenergi serta menjaga agar berat badan tidak naik. Karena kandungan lemak sehat dalam alpukat memberikan energi tanpa kalori yang berlebihan.

  4. Bayam
    merdeka.com

    Asam folat banyak didapatkan dalam sayuran hijau misalnya bayam. Cara mengolahnya pun mempengaruhi kandungan asam folat didalamnya, semakin sedikit waktu memasaknya maka kandungan asam folat akan semakin besar.

  5. Brokoli
    student.cnnindonesia.com

    Dalam setangkai brokoli terdapat 40 mcg asam folat. Dan tahukah kamu bahwa kandungan asam folat paling banyak terdapat pada batangnya? So, jangan pernah buang batang brokoli lagi ya! Kamu bisa mengirisnya tipis-tipis lalu mencampurkan ke dalam masakanmu. Ingat, semakin sebentar proses memasak maka kandungan asam folat akan semakin besar.

Comments

comments