Inspirasi, Motivasi

YOLO (You Only Live Once), Karena Hidup Adalah Tentang Pilihan

images : pursuingmybule.files.wordpress.com

Pada bulan Agustus 2014 kamus Oxford memasukkan istilah YOLO di daftar kosakatanya. Apa sih YOLO itu? YOLO adalah akronim dari You Only Live Once yang berarti kamu hanya hidup sekali. Adalah gaya hidup anak muda di barat yang membuat istilah ini kemudian menjadi populer.

Di indonesia sendiri istilah YOLO mulai sering digunakan di acara-acara motivasi. Tujuannya tentu memotivasi kita agar memanfaatkan hidup yang hanya sekali ini untuk sesuatu yang bermanfaat. Akan tetapi apakah semua memaknai hidup yang hanya sekali ini dengan cara pandang yang sama? Tentu jawabanya adalah tidak.

YOLO memberikan tiga pilihan bagi kita dalam menjalani hidup ini. Pilihan yang pertama adalah menikmati hidup ini. Pilihan yang kedua adalah memanfaatkan hidup ini sebaik mungkin hanya untuk sesuatu yang bermanfaat. Sedangkan pilihan yang ketiga adalah sekedar menjalani hidup ini apa adanya, biasa saja.

Hidup hanya sekali, karena itu nikmatilah!

images : http://www.whatsnewjakarta.com

Sebagian orang, terutama anak muda pasti banyak yang berpendapat seperti itu. Hidup ini hanya sekali, karena itu harus benar-benar dinikmati. Masalahnya adalah cara pandang hidup seperti ini justru akan membawa ke arah foya-foya dan hura-hura saja.

Terutama anak muda, banyak yang berfikiran bahwa kapan lagi bisa bebas bersenang-senang. Apalagi bagi mereka yang belum berkeluarga. Sepertinya waktu masa muda yang harusnya bisa menjadi saat-saat paling produktif dalam hidup justru habis untuk melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Bahkan ada pula beberapa kegiatan negatif yang terjadi karena pembenaran dari istilah YOLO ini.

Sebut saja main sampai larut malam, mabu-mabukan, tawuran serta free sex. Kalau terus berlanjut, bisa jadi saat memasuki usia tua nanti akan timbul penyesalan lantaran pernah menyia-nyiakan masa muda.

Hidup hanya sekali, lakukanlah hal yang luar biasa!

images : http://goodwithme.com

Pilihan yang kedua beranggapan bahwa hidup harus diisi dengan hal-hal yang luar biasa, yang bisa membawa manfaat bagi orang lain. Anggapan seperti ini sangatlah baik. Sebab sebaik-baik manusia adalah dia yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain.

Namun tentunya tak ada gading yang tak retak. Begitu juga dengan pilihan seperti ini. Keinginan untuk tampil luar biasa terkadang membuat orang lupa caranya untuk bersenang-senang. Biasanya akan berakibat dengan kehidupannya yang spaneng (tegang). Apalagi kalau cita-citanya tidak kesampaian. Bisa-bisa putus asa lalu kemudian memilih jalan hidup yang pertama tadi, menikmati hidup sebebas-bebasnya

Hidup hanya sekali, karena itu ikuti saja dengan apa adanya

images : naldzgraphics.net

Pilihan yang ketiga inilah yang banyak diambil orang. Sebab pilihan ini merupakan tengah-tengah, sederhana dan biasa saja. Orang yang mengambil pilihan hidup seperti ini biasanya akan berjalan mengkuti arus. Ia bisa santai tanpa beban menjalani kehidupan. Namun yang tidak kalah penting adalah dia tetap memikirkan masa depan.

Dia mungkin tidak pernah berfikir bahwa apa yang dia lakukan bisa membawa manfaat bagi orang lain. Namun tanpa sadar apa yang telah dilakukannya justru menginspirasi banyak orang. Karena itulah jalan hidup yang bisa dibilang selow ini banyak dipilih orang.  Selain lebih santai, pilihan hidup seperti ini tetap tidak melupakan istilah hidup hanya sekali yang mestinya harus dinikmati itu.

Itulah hidup. Segalanya tentang pilihan. Apapun yang kamu pilih, yakini saja kalau itu yang terbaik. Ingat, pikir dulu baik-baik sebelum menentukan pilihan. Sebab hidup ini hanya sekali dan itupun terlalu singkat untuk meratapi penyesalan.

Comments

comments