Connect with us

Kesehatan

Waspada Penyakit Cacar Monyet, Berikut Tanda-Tandanya

Published

on

Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus dan ditularkan pada manusia melalui hewan, terutama di kawasan Afrika Tengah dan Barat. Umumnya penularan diakibatkan oleh kontak dengan hewan terinfeksi, seperti monyet, tupai Afrika, kelinci, tikus, atau hewan pengerat lain. Penyakit ini dapat menyebar ke manusia dengan adanya kontak langsung dengan hewan yang terjangkit virus.

Baik monkeypox maupun cacar berasal dari keluarga poxvirus yang disebut orthopoxvirus. Sejak 1970, kasus monkeypox pada manusia telah dilaporkan di 10 negara Afrika. Pada 2017, Nigeria mengalami wabah monkeypox pertama sejak 1978, dengan 172 kasus.

img: www.straitstimes.com

Meskipun monkeypox dan cacar punya gejala sama, monkeypox tidak sama bahayanya dengan cacar: Dalam wabah sebelumnya, tingkat kematian akibat monkeypox antara 1 persen dan 10 persen. Sebaliknya, cacar memiliki tingkat kematian sekitar 30 persen.

Orang yang terinfeksi monkeypox bisa menyebarkan penyakit ke orang lain, sebagian besar lewat percikan ludah yang keluar ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Tapi biasanya virus ini tak bisa bertahan lama, kecuali terjadi kontak dalam jangka waktu panjang dengan penderita. Selain itu, penularan juga bisa melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau lesi kulit yang terinfeksi. Juga melalui kontak tidak langsung dengan pakaian yang terkontaminasi.

Adapun Tanda-tanda seorang terjangkit Monkeypox adalah sebagai berikut

  • Sebelum menunjukkan gejalanya, cacar monyet biasanya diawali dengan periode inkubasi selama 6-16 hari.
  • Infeksinya kemudian bisa dibagi menjadi dua periode:
  1. Periode invasi Selama 5 hari sejak gejala dimulai, pasien mengalami demam, sakit kepala intens, pembengkakan nodus limfa atau limfadenopati, nyeri punggung, nyeri otot dan kekurangan energi.
  2. Periode erupsi kulit Periode ini terjadi 1-3 hari setelah demam dimulai.
  • Pada periode inilah, ruam mulai muncul dari area wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. Pada 95% kasus, wajah pasien menjadi bagian yang paling banyak mengalami ruam, disusul dengan telapak tangan dan kaki (75% kasus).

    img: channelnewsasia.com

  • Ruam ini bermula dari luka datar di area membran mukosa oral (70% kasus). Selain itu, luka juga bisa terjadi pada area kelamin (30%), kelopak mata (20%) dan kornea atau bola mata.
  • Dalam waktu 10 hari, luka kemudian berevolusi menjadi lepuhan kecil berisi cairan, bintil, dan akhirnya kerak. WHO menulis bahwa untuk menghilangkan kerak ini sepenuhnya, diperlukan setidaknya waktu tiga minggu, meskipun pasien telah menjalani perawatan untuk cacar monyet. Sebelum ruam menghilang, pasien juga biasanya menunjukkan kembali gejala khas cacar monyet, yaitu pembengkakan nodus limfa.

Biasanya penderita monkeypox akan pulih dalam dua hingga empat minggu. Pada beberapa orang, mungkin ada bekas luka akibat ruam.

Untuk pencegahannya, sayangnya belum ada vaksin khusus yang bisa mencegah penyakit Monkeypox. Namun untuk meminimalisir, WHO menghimbau agar menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat. Terlebih lagi kabarnya virus Cacar Monyet sudah sampai Singapore lho !

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Published

on

Seorang ibu hamil wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya untuk dirinya saja, tapi juga untuk janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, seorang ibu hamil biasanya akan lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas ataupun mengkonsumsi makanan.

Salah sedikit saja bisa berakibat fatal bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya. Kesehatan ibu serta tumbuh kembang janin rawan terganggu. Berikut akan kami berikan beberapa tips menjaga kesehatan bagi ibu hamil agar tidak mudah terkena penyakit yang bisa membahayakan dirinya sendiri maupun janin yang dikandungnya.

1. Perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup

Dalam masa kehamilan, volume darah ibu akan meningkat sebanyak 30% dan volume plasmanya juga akan meningkat sebanyak 40%. Untuk itulah diperlukan setidaknya 12 gelas air putih perhari agar terhindar dari dehidrasi sehingga plasenta dan organ lain akan bekerja secara normal.

2. Lakukan olahraga ringan secara rutin

Tak ada yang melarang orang hamil untuk berolah raga. Tapi tentunya olahraga yang sifatnya ringan. Selain menjaga kesehatan, olahraga ringan selama hamil juga bisa mempermudah proses persalinan.

3. Jaga jarak dengan orang sakit

Meskipun hanya sebatas sakit ringan, tapi akan lebih baik lagi jika ibu hamil menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit. Jadi dengan begitu diharapkan resiko untuk terkena penyakit juga akan berkurang.

4. Hindari tempat-tempat ramai yang berbahaya bagi kesehatan

Apabila ibu hamil memiliki masalah dengan kekebalan tubuhnya, maka tak ada salahnya untuk menghindari tempat-tempat ramai yang beresiko menularkan virus-virus penyebab penyakit. Berada di rumah akan membuat kesehatan ibu hamil terjaga karena situasi lingkungan yang relatif stabil

5. Menjaga pola makan

Makan secara teratur dengan kandungan gizi yang seimbang sangatlah diperlukan ibu hamil. Kalau sering periksa kondisi kehamilan ke dokter, maka tak ada salahnya untuk bertanya mengenai menu makan apa yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Jangan karena alasan ngidam, ibu hamil jadi seenaknya saja mengkonsumsi makanan.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

6 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan

Published

on

Meskipun bernama minyak tawon, sebenarnya ramuan herbal ini tak ada hubungannya sama sekali dengan binatang tawon ataupun lebah. Nama “minyak tawon” sebenarnya adalah nama merek minyak gosok yang dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih (cajuput oil), minyak serai (citronella), kunyit, dan bawang merah.

Lantas apa saja khasiat dari minyak tawon ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat minyak tawon bagi kesehatan.

img: tododo.co.id

1. Untuk meredakan nyeri sendi dan nyeri otot

Kandungan cajuput oil dalam minyak tawon dapat membantu meredakan nyeri karena  cajuput oil mengandung senyawa aktif cineole. Senyawa ini dapat memengaruhi sistem saraf pusat dengan meningkatkan produksi hormon serotonin yang bisa membuat seseorang jadi lebih tenang dan senang. Efek inilah yang memungkinkan rasa sakit menjadi berkurang. Maka tak mengherankan jika setelah menjalani latihan yang berat, para prajurit akan menggunakan minyak ini untuk menghilangkan pegal di kaki.

2. Untuk minyak pijat

Jika persediaan minyak pijat/ esensial anda sedang  habis, maka minyak tawon bisa jadikan pilihan alternatif. Akan tetapi, sebaiknya hindari mengolesi area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih pada beberapa orang.

3. Melegakan pernafasan saat hidung tersumbat

Dengan baunya yang khas, minyak tawon dapat melegakan hidung anda yang sedang tersumbat. Aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara di hidung. 

4. Menghangatkan tubuh

Tak hanya membantu melegakan hidung tersumbat, kandungan cajuput oil juga mampu menghangatkan tubuh. Selain itu, kandungan bawang merah juga akan memberikan efek vasodilatasi, ketika digosokkan ke kulit. Peredaran darah pun akan menjadi lebih lancar sehingga cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin. Jadi terkadang minyak tawon ini juga bisa digunakan sebagai minyak kerokan.

5. Mencegah gigitan nyamuk

Nyamuk ternyata tidak menyukai bau minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut. Karena itu cukup dengan oleskan minyak tawon ke bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, maka aktivitas anda akan terlindung dari gigitan nyamuk yang menggangu.

6. Mencegah peradangan pada kulit akibat gigitan serangga

Minyak tawon yang dibuat dari ekstrak kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang berpotensi menurunkan risiko peradangan di kulit. Bekas gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal. Bila kulit terus digaruk, kulit bisa membengkak dan meradang. Namun jika anda mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan lebih cepat pulih.

Hal itu berlaku pula untuk serangga lain seperti tawon atau lebah. Peradangan yang ditimbulkan oleh gigitan lebah relatif akan lebih cepat sembuh jika segera diolesi dengan minyak tawon.

Wah ternyata minyak herbal ini banyak sekali ya kegunaannya, kamu sudah pernah mencoba?

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Tips Memilih Menstrual Cup Agar Nyaman Saat Digunakan

Published

on

Selain pembalut, alternatif lain untuk menampung darah saat haid adalah dengan menstrual cup. Benda yang berbentuk seperti corong minyak ini terbuat dari silikon dan pastinya aman digunakan. Menstrual cup juga diklaim dapat menghindarkan pemakainya dari paparan zat kimia pada pembalut. Selain itu, penggunaannya pun dianggap lebih praktis karena hanya perlu dicuci saat darah menstruasi yang ditampung telah penuh.

Cara penggunaannya pun mudah. Kamu hanya perlu memposisikan diri senyaman mungkin, bisa dengan duduk, jongkok, atau salah satu kaki diangkat ke atas. Setelah itu, pegang ujung cangkir menstruasi ini dengan melipatnya seperti bentuk huruf U. Lalu, masukkan ke dalam vagina secara perlahan seperti pada gambar berikut. Mudah, bukan?

img: putacupinit.com

Namun sebelum kamu memutuskan untuk membeli, perhatikan dulu tips untuk memilih menstrual cup berikut.

1. Pilihlah menstrual cup yang sesuai dengan anatomi tubuhmu

Sebelum membeli menstrual cup, ada baiknya perhatikan dulu anatomi tubuhmu. Caranya dengan mengetahui bentuk panggul yang mana sangat berpengaruh untuk menemukan menstrual cup mana yang nyaman buat kamu.

2. Baca-baca tentang review produknya

Sebelum kamu membeli menstrual cup, sebaiknya baca dulu review produk tersebut. Bisa dengan browsing, membaca review di marketplace, ataupun melihat review langsung di YouTube.

3. Cek ukuran menstrual cup

img: bbc.co.uk

 

Pilih menstrual cup yang sesuai dengan tubuhmu karena menstrual cup yang dijual di pasaran memiliki beragam ukuran, ada yang kecil, medium, dan yang besar.

4. Cek kelenturan dan kelembutannya

Menstrual cup kini semakin banyak diminati karena nyaman saat digunakan, hal ini disebabkan bahan yang digunakan untuk membuatnya lembut dan lentur. Semakin lembut dan lentur maka semakin nyaman untuk digunakan.

Itulah beberapa tips memilih menstrual cup, selamat mencoba!

Komentar
Continue Reading

Trending