Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Kuliner

Traveling ke Lampung? Jangan Lupa Nikmati Kopi Luwaknya

Published

on

Kalau kamu pernah nonton Film Filosofi Kopi, tentu tidak asing lagi dengan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, Lampung. Di Film itu diceritakan bahwa Ben merupakan anak seorang petani kopi di Lampung yang lahannya diambil alih perusahaan untuk dijadikan perkebunan sawit. Hingga pada akhirnya di Film Filosofi Kopi 2, Ben yang telah bepergian ke berbagai tempat untuk berjualan kopi memutuskan untuk kembali ke Lampung dan menjadi seorang petani kopi.

Lampung bukan hanya terkenal karena kopinya saja, tapi juga karena destinasi wisatanya. Mulai dari taman nasional, pantai, gunung sampai air terjun. Sebelum kamu menikmati kopinya, ada baiknya kamu mengunjungi tempat-tempat wisatanya terlebih dahulu.

  1. Taman Nasional Way Kambas

images : marikitapiknik.id

Masih ingat sepakbola gajah? Kalau kamu masih ingat tentang sepakbola gajah, maka tempat yang harus kamu tahu adalah Way Kambas. Di taman nasional itulah gajah-gajah dilatih sehingga bisa bermain sepakbola. Taman nasional ini terletak di Lampung Timur. Bukan hanya Gajah saja yang ada di taman nasional ini, tapi juga badak, harimau, dan buaya serta beberapa spesies burung. Tidak lengkap rasanya kalau kamu piknik ke Lampung tanpa mendatangi Way Kambas.

2. Anak Gunung Krakatau

images : detik.com

Berada di selat Sunda, kamu yang ke Lampung dengan jalan laut pasti melewati gunung api aktif ini. Meski berstatus aktif, namun gunung ini bisa kamu daki lho. Tapi ingat, kamu mesti hati-hati. Ada waktu-waktu tertentu yang membuat kamu tidak bisa mendarat di pulau ini. Ikuti saja saran petugas dan jangan sekali-kali melanggarnya agar tidak celaka.

3. Curup Gangsa

images : instagram @toyez_h

Air terjun yang satu ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Terletak di Kabupaten Way Kanan, tepatnya di desa Kota Way Kecamatan Kasui. Butuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Bandar Lampung untuk mencapai Curup Gangsa. Namun jangan khawatir, rasa lelahmu karena perjalanan jauh akan terbayar dengan keindahan Curup Gangsa.

4. Pulau Wayang

images : kelilinglampung.net

Raja Ampat? Bukan…ini Pulau Wayang, Lampung. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Papua untuk menikmati suasana pantai seperti di Raja Ampat. Pulau ini terletak di gugusan kepulauan Pesawaran. Butuh waktu kurang lebih 3 jam pejalanan laut dari pelabuhan Ketapang untuk menuju pulau yang dijuluki Raja Ampatnya Lampung ini. Dengan biaya perjalanan yang tidak lebih dari setengah juta rupiah, kamu sudah bisa menyaksikan kepingan surga yang jatuh ke pesisir Lampung.

5. Pantai Karang Gigi Hiu

images : travelingyuk.com

Tentunya pantai yang satu ini sudah tidak asing lagi buat kamu. Ya, pantai karang gigi hiu merupakan salah satu lokasi syuting film Nekad Traveler yang tayang Maret tahun lalu. Pantai ini memiliki gugusan karang yang menjulang tinggi seperti gigi hiu. Terletak di Kecamatan Kelumbayan, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dari Bandar Lampung. Meski panoramanya menawan, tapi kamu harus tetap berhati-hati kalau ingin mengambil foto di tempat ini. Sebab kalau sampai terjatuh dari atas karang akan berakibat fatal bagi tubuh kamu.

6. Muncak Tirtayasa

images : instagram @ptamaputra

Untuk destinasi wisata yang satu ini kamu tidak perlu jauh-jauh dari Bandar Lampung. Cukup menempuh perjalanan kurang lebih 40 menit saja kamu akan sampai di Desa Tirtayasa. Di tempat ini kamu akan disuguhi pemandangan alam berupa panorama hamparan dataran rendah dan laut yang kamu lihat dari ketinggian. Spot foto yang dijamin bakalan instagramable banget.

Sebenarnya masih ada banyak tempat lagi di Lampung yang recomended untuk kamu datangi. Namun sengaja kami sajikan beberapa diantaranya, biar kamu makin penasaran dan langsung datang sendiri ke provinsi yang berada di ujung timur pulau Sumatera itu.

Oh iya…kalau ke Lampung, jangan lupa juga untuk mencicipi kopi lampung di kedai-kedai kopi yang banyak ditemukan disana. Salah satu jenis kopi yang terkenal dari lampung adalah kopi luwak. Saat ini kopi luwak dikenal sebagai kopi dengan citarasa paling enak dan paling mahal di dunia. Kenapa bisa begitu? Sebab kopi luwak ini merupakan biji kopi terbaik yang dipilih oleh binatang luwak kemudian dimakannya.

images : kopiluwaklampungbarat.files.wordpress.com

Setelah melalui proses pencernaan dalam tubuh luwak, biji kopi ini lantas ikut terbuang bersama kotoran luwak. Oleh petani kopi biji kopi ini kemudian dipisahkan dari kotoran luwak. Proses pencernaan luwak dan biji kopi terbaik yang dipilih luwak akhirnya menjadi kopi robusta dengan citarasa yang khas. Sambil menikmati kopi luwak, kamu bisa sambil membayangkan romantisme masa lalu bagaimana kopi dari kotoran luwak itu bisa mendunia.

Kopi luwak sebenarnya ditemukan oleh para petani kopi yang ingin merasakan rasa kopi yang mereka tanam di perkebunan Belanda. Namun karena harganya yang mahal, mereka jadi takut untuk mengambilnya. Hingga suatu ketika mereka menemukan biji kopi yang bercampur dengan kotoran luwak, lalu mereka membersihkannya dan meraciknya hingga akhirnya tercipta kopi luwak yang sekarang kita kenal.

Tidak ada salahnya juga kamu menikmati kopi luwak itu dengan sebatang rokok. Dan kamu akan menikmati kepulan-kepulan asap penindasan, yaa…bayangan akan penindasan yang diterima petani kopi kita oleh penjajah Belanda di jaman dahulu dalam satu sruputan kopi luwak.

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Nugget Pisang Kekinian Anti Gagal

Published

on

Biasanya, pisang hanya disajikan dalam variasi direbus atau digoreng saja sebagai sajian pendamping saat minum kopi atau teh. Tapi agar semakin nikmat, tak ada salahnya untuk mencoba membuat olahan nugget pisang berikut ini.

img: beautynesia

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • 1 bungkus tepung pisang goreng
  • air es secukupnya
  • tepung roti secukupnya
  • 1 bungkus cokelat untuk topping

img: manaberita.com

Cara membuat:

  • Kupas pisang, belah menjadi 2 atau 4 bagian.
  • Buat adonan tepung dari tepung pisang goreng siap saji, beri air es secukupnya, dan usahakan kental.
  • Gulingkan pisang goreng ke dalam adonan tepung, kemudian gantian ke tepung roti. Tekan-tekan supaya tepung roti menempel dengan baik.
  • Masukkan pisang ke kulkas selama 15 menit, supaya adonan menempel sempurna.
  • Goreng pisang sampai matang hingga warnanya kuning keemasan.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya?

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Berbagai Resiko Kesehatan Dibalik Nikmatnya Kol Goreng

Published

on

Buat kamu yang hobi kuliner di warung tenda kaki lima pasti tak asing lagi dengan sajian kol goreng. Ya, selain disajikan sebagai lalapan, ternyata sebagian orang lebih suka jika kol digoreng dahulu. Mungkin terdengar aneh, namun rasanya tak kalah enak bahkan akan lebih nikmat bila di campur sambal.

Pada dasarnya, kol mempunyai banyak manfaat bagi tubuh karena banyaknya zat di dalamnya. Contohnya saja kol punya zat anti kanker yang dapat menurunkan resiko kanker, seperti kanker payudara. Namun manfaat tersebut akan berbanding terbalik ketika kol digoreng di suhu yang sangat panas, karena justru akan merusak zat baik dan malah menghasilkan beragam risiko bagi kesehatan tubuh.

Berikut alasan yang dirangkum hitsbanget.

img: health.detik.com

1. Merusak kandungan dalam kol.
Dibalik rasa yang enak dan lezat, ternyata kol yang digoreng justru dapat menghancurkan berbagai jenis vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin A, B, C, dan K. Kalau sudah merusak vitamin dan juga kandungan dalam zat, percuma juga ya makan kol yang sebenarnya punya manfaat dalam tubuh. Alih-alih mendapatkan manfaat nutrisi, yang ada malah menumbuhkan penyakit.

2. Dapat memicu kanker.
Dengan menggoreng kol di suhu panas bahkan melakukan di minyak yang sudah digunakan berkali-kali tentunya kol menjadi sangat tidak baik bagi tubuh kita. Minyak yang sudah digunakan berkali-kali mengandung radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kol goreng tersebut akan merangsang munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Senyawa inilah yang kemudian bisa menjadi pemicu kanker.

3. Menyebabkan obesitas dan serangan Jantung
Sesungguhnya kol mempunyai segudang manfaat terutama untuk kesehatan jantung, namun hal tersebut akan berbeda jika kol diolah secara digoreng karena malah berubah menjadi sangat berbahaya. Kol akan menyerap minyak sehingga kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam minyak goreng akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan serangan jantung. Wah, bahaya banget ya.

Itulah beberapa resiko kesehatan yang akan timbul jika kamu mengkonsumsi kol goreng. Walaupun enak harus dipikirkan lagi ya! Hayo siapa nih yang suka makan kol goreng?

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Resep Mudah Membuat Coffee Bun (Rotiboy) Anti Gagal

Published

on

Siapa yang tak kenal dengan Coffe Bun/ Rotiboy? Jika kamu pergi ke pusat perbelanjaan/ mall biasanya jajanan khas Malaysia ini akan menjadi salah satu yang ramai dikunjungi pembeli. Karena selain karena aromanya yang khas, rasanya pun juga lembut dan lezat. Harganya pun juga ramah dikantong, yakni hanya kisaran 10-15ribu saja. Namun, jika kamu ingin menikmati sepuasnya Coffe Bun tanpa harus keluar banyak biaya dan jauh-jauh ke mall, maka tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri Coffe Bun di rumah. Berikut bahan dan cara membuatnya, simak yuk!

img: yellowpages.co.id

Bahan Biang

1/4 gelas tepung terigu

1/2 gelas air

 

Bahan Ragi

1/2 gelas air hangat kuku

2 sdm gula pasir

11 gram ragi instan

 

Bahan Topping Kopi

100 gram gula pasir

75 gram margarin atau 2 sdm margarin

28 gram kopi instant rasa moka

1 sdt kopi hitam, di larutkan dengan 1 sdm air

1 butir telur

2 sdm susu bubuk

75 gram tepung terigu

 

Bahan Roti

400 gram tepung terigu

75 gram margarin atau 2 sdm margarin

1 butir telur

100 gram tepung terigu untuk menguleni

140 gram margarin, di potong-potong lalu di bekukan di kulkas

 

Cara Membuat

  1. Siapkan bahan biang: masak tepung terigu dicampur air sampai lembut dan sedikit berwarna kuning, angkat dan dinginkan
  2. Siapkan bahan ragi: campur 1/2 gelas air hangat kuku bersama 2 sdm gula pasir, aduk hingga gula larut dan tambahkan 11 gr ragi instan, aduk-aduk dan diamkan hingga ragi mengembang
  3. Siapkan bahan topping kopi: campurkan gula pasir, margarin, kopi instan rasa moka, larutan 1 sdt kopi hitam dengan 1 butir telur. Mixer dengan kecepatan rendah. Setelah benar-benar tercampur rata naikkan kecepatan mixer dan tambahkan 2 sdm susu bubuk dan 75 gram tepung terigu, mixer lagi sampai halus dan lembut
  4. Masukkan bahan topping kopi ke dalam plastik segitiga atau piping bag lalu simpan di dalam kulkas
  5. Membuat roti : Masukkan 400 gram tepung terigu ke dalam wadah baskom yang besar, masukkan bahan biang, 1 butir telur yang sudah dikocok terlebih dahulu & bahan ragi lalu aduk hingga tercampur rata
  6. Uleni bahan roti di atas permukaan meja yang rata sambil di taburi tepung terigu sedikit demi sedikit, tambahkan 2 sdm margarin secara bertahap lalu uleni roti hingga benar-benar kalis. Tutup dan diamkan selama 30 menit sampai 1 jam hingga adonan roti mengembang
  7. Setelah mengembang, bentuk bulat lalu beri isian margarin beku di tengahnya
  8. Panaskan oven sampai suhu 160 derajat celcius, beri topping kopi diatas roti secara melingkar sampai setengah bagian roti tertutupi
  9. Panggang roti selama kurang lebih 25 menit hingga bagian topping mengering
  10. Angkat dan sajikan selagi hangat

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba!

Komentar
Continue Reading

Trending