Connect with us

Kuliner

Traveling ke Lampung? Jangan Lupa Nikmati Kopi Luwaknya

Published

on

Kalau kamu pernah nonton Film Filosofi Kopi, tentu tidak asing lagi dengan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, Lampung. Di Film itu diceritakan bahwa Ben merupakan anak seorang petani kopi di Lampung yang lahannya diambil alih perusahaan untuk dijadikan perkebunan sawit. Hingga pada akhirnya di Film Filosofi Kopi 2, Ben yang telah bepergian ke berbagai tempat untuk berjualan kopi memutuskan untuk kembali ke Lampung dan menjadi seorang petani kopi.

Lampung bukan hanya terkenal karena kopinya saja, tapi juga karena destinasi wisatanya. Mulai dari taman nasional, pantai, gunung sampai air terjun. Sebelum kamu menikmati kopinya, ada baiknya kamu mengunjungi tempat-tempat wisatanya terlebih dahulu.

  1. Taman Nasional Way Kambas

images : marikitapiknik.id

Masih ingat sepakbola gajah? Kalau kamu masih ingat tentang sepakbola gajah, maka tempat yang harus kamu tahu adalah Way Kambas. Di taman nasional itulah gajah-gajah dilatih sehingga bisa bermain sepakbola. Taman nasional ini terletak di Lampung Timur. Bukan hanya Gajah saja yang ada di taman nasional ini, tapi juga badak, harimau, dan buaya serta beberapa spesies burung. Tidak lengkap rasanya kalau kamu piknik ke Lampung tanpa mendatangi Way Kambas.

2. Anak Gunung Krakatau

images : detik.com

Berada di selat Sunda, kamu yang ke Lampung dengan jalan laut pasti melewati gunung api aktif ini. Meski berstatus aktif, namun gunung ini bisa kamu daki lho. Tapi ingat, kamu mesti hati-hati. Ada waktu-waktu tertentu yang membuat kamu tidak bisa mendarat di pulau ini. Ikuti saja saran petugas dan jangan sekali-kali melanggarnya agar tidak celaka.

3. Curup Gangsa

images : instagram @toyez_h

Air terjun yang satu ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Terletak di Kabupaten Way Kanan, tepatnya di desa Kota Way Kecamatan Kasui. Butuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Bandar Lampung untuk mencapai Curup Gangsa. Namun jangan khawatir, rasa lelahmu karena perjalanan jauh akan terbayar dengan keindahan Curup Gangsa.

4. Pulau Wayang

images : kelilinglampung.net

Raja Ampat? Bukan…ini Pulau Wayang, Lampung. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Papua untuk menikmati suasana pantai seperti di Raja Ampat. Pulau ini terletak di gugusan kepulauan Pesawaran. Butuh waktu kurang lebih 3 jam pejalanan laut dari pelabuhan Ketapang untuk menuju pulau yang dijuluki Raja Ampatnya Lampung ini. Dengan biaya perjalanan yang tidak lebih dari setengah juta rupiah, kamu sudah bisa menyaksikan kepingan surga yang jatuh ke pesisir Lampung.

5. Pantai Karang Gigi Hiu

images : travelingyuk.com

Tentunya pantai yang satu ini sudah tidak asing lagi buat kamu. Ya, pantai karang gigi hiu merupakan salah satu lokasi syuting film Nekad Traveler yang tayang Maret tahun lalu. Pantai ini memiliki gugusan karang yang menjulang tinggi seperti gigi hiu. Terletak di Kecamatan Kelumbayan, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dari Bandar Lampung. Meski panoramanya menawan, tapi kamu harus tetap berhati-hati kalau ingin mengambil foto di tempat ini. Sebab kalau sampai terjatuh dari atas karang akan berakibat fatal bagi tubuh kamu.

6. Muncak Tirtayasa

images : instagram @ptamaputra

Untuk destinasi wisata yang satu ini kamu tidak perlu jauh-jauh dari Bandar Lampung. Cukup menempuh perjalanan kurang lebih 40 menit saja kamu akan sampai di Desa Tirtayasa. Di tempat ini kamu akan disuguhi pemandangan alam berupa panorama hamparan dataran rendah dan laut yang kamu lihat dari ketinggian. Spot foto yang dijamin bakalan instagramable banget.

Sebenarnya masih ada banyak tempat lagi di Lampung yang recomended untuk kamu datangi. Namun sengaja kami sajikan beberapa diantaranya, biar kamu makin penasaran dan langsung datang sendiri ke provinsi yang berada di ujung timur pulau Sumatera itu.

Oh iya…kalau ke Lampung, jangan lupa juga untuk mencicipi kopi lampung di kedai-kedai kopi yang banyak ditemukan disana. Salah satu jenis kopi yang terkenal dari lampung adalah kopi luwak. Saat ini kopi luwak dikenal sebagai kopi dengan citarasa paling enak dan paling mahal di dunia. Kenapa bisa begitu? Sebab kopi luwak ini merupakan biji kopi terbaik yang dipilih oleh binatang luwak kemudian dimakannya.

images : kopiluwaklampungbarat.files.wordpress.com

Setelah melalui proses pencernaan dalam tubuh luwak, biji kopi ini lantas ikut terbuang bersama kotoran luwak. Oleh petani kopi biji kopi ini kemudian dipisahkan dari kotoran luwak. Proses pencernaan luwak dan biji kopi terbaik yang dipilih luwak akhirnya menjadi kopi robusta dengan citarasa yang khas. Sambil menikmati kopi luwak, kamu bisa sambil membayangkan romantisme masa lalu bagaimana kopi dari kotoran luwak itu bisa mendunia.

Kopi luwak sebenarnya ditemukan oleh para petani kopi yang ingin merasakan rasa kopi yang mereka tanam di perkebunan Belanda. Namun karena harganya yang mahal, mereka jadi takut untuk mengambilnya. Hingga suatu ketika mereka menemukan biji kopi yang bercampur dengan kotoran luwak, lalu mereka membersihkannya dan meraciknya hingga akhirnya tercipta kopi luwak yang sekarang kita kenal.

Tidak ada salahnya juga kamu menikmati kopi luwak itu dengan sebatang rokok. Dan kamu akan menikmati kepulan-kepulan asap penindasan, yaa…bayangan akan penindasan yang diterima petani kopi kita oleh penjajah Belanda di jaman dahulu dalam satu sruputan kopi luwak.

Komentar
Continue Reading

Hobi

Menikmati Liburan Khas Korea di Chingu Cafe Jogja

Published

on

Kabar gembira buat kamu penggemar kuliner khas negeri ginseng Korea, kamu tak perlu jauh-jauh terbang kesana untuk sekedar menikmatinya. Karena sekarang sudah hadir tempat kuliner khas Korea yang dikemas dengan nuansanya yang super mirip, serasa lagi di markasnya Blackpink pokoknya!

Adalah Chingu Cafe yang terletak di Yogyakarta tepatnya di Jalan Kaliurang km 5,6 (samping Waroeng Steak Jakal). Setelah sukses dan hits di Bandung, kini Chingu Cafe melebarkan sayap ke Kota Gudeg. Ketika masuk ke Chingu Cafe, kamu akan menjumpai suasana khas Korea lengkap dengan spot foto, sewa hanbok, juga kuliner khas Korea. Untuk pilihan menu juga super komplit mulai dari BBQ, dessert, Jjajangmyeon, Kimbab, Kimchi dan masih banyak lagi. Tentunya menu-menu tersebut disajikan dengan harga terjangkau, hanya berkisar 30-99ribu !

Berikut beberapa spot si Chingu Cafe Jogja

 

img: instagram @cahyaroma

 

img: instagram @mizslialiu

 

img: instagram @voilajogja

 

img: instagram @voilajogja

Bagaimana, sudah siap mengisi feed instagram kamu dengan foto-foto di Chingu Cafe ? Cusss~

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Cara Mudah Membuat Mi Instan Semakin Lezat dan Menyehatkan

Published

on

By

Musim hujan sudah mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu hal yang identik dengan hujan adalah kenangan mi instan. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya makan mi instan di saat cuaca sedang hujan.

Mi instan yang yang banyak dicari tentu saja mi rebus. Bukan bermaksud menyepelekan mi goreng, hanya saja kurang syahdu rasanya menikmati cuaca hujan tanpa menyantap hidangan hangat yang berkuah. Berasa aneh kan kalau mi goreng disajikan dengan kuah?

Sayangnya banyak diantara kita yang memasak mi rebus dengan kreasi yang monoton. Paling banyak cuma menambahkan telur, irisan cabe, dan sawi saja. Padahal ada beberapa cara yang bisa membuat olahan mi instan rebus tersebut jadi lebih lezat bahkan menyehatkan.

  1. Tambahkan berbagai macam sayuran

images:img-global.cpcdn.com

Jangan hanya terfokus pada sawi saja karena ada banyak sayuran di dunia ini. Kamu bisa menambahkan menambahkan irisan sayuran segar seperti daun bawang, tauge, brokoli, edamame, bayam, atau bahkan pok choy. Tidak hanya memperlezat cita rasanya, menambahkan sayuran pada olahan mi instan juga akan bermanfaat bagi kesehatan.

2. Tambahkan telur mentah

images: awsimages.detik.net.id

Mungkin cara ini terkesan aneh, tetapi patut kamu coba. Setelah mi instan dan bumbu tercampur sempurna, kamu bisa menambahkan telur mentah ke dalamnya. Tutup dan biarkan selama kurang lebih 1 menit. Kamu akan melihat hasil dan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan saat mengolahnya dengan cara klasik.

3.  Tambahkan keju

images: global.cpcdn.com

Makanan yang sering muncul di kartun Tom and Jerry ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah kelezatan mi instan yang kamu buat. Lelehan dari keju akan memberikan sensasi gurih pada kuah mi instan. Kandungan gizi yang ada di dalam mi instan juga bertambah.

4.  Tambahkan bumbu pelengkap

images: 2.bp.blogspot.com

Ada banyak bumbu yang bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap. Salah satu contohnya adalah sambel. Kalau kamu orang yang suka pedas, kamu bisa menambahkan sambel kesukaan kamu kedalam olahan mi instan. Tapi jangan over juga jika tak ingin menghabiskan waktumu di kamar mandi karena sakit perut setelah makan mi pedas.

5. Tambahkan bakso atau irisan hati

images: vemale.com

Cara ini sebenarnya cukup klasik, namun jarang dipraktekkan. Padahal mi instan yang kamu buat akan menjadi lebih nikmat serta mengenyangkan perut jika kamu tambahkan irisan bakso ataupun hati. Bukan hati kamu yang diiris mantan kekasih lho yaa!!!

 

 

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Olahan Tempe Kekinian yang Bikin Kamu Gak Bosan

Published

on

Sebagai salah satu makanan khas nusantara, keberadaan tempe harus terus dilestarikan. Caranya sih sederhana, kamu cukup sering mengkonsumsinya saja. Dengan begitu eksistensi tempe tak akan tergerus dengan kemajuan zaman, khususnya di bidang kuliner.

Selama ini tempe sering kita temui dalam wujud gorengan. Terkadang ada juga yang mencampurnya di sayur lodeh, hanya saja kuantitasnya tak sebanyak di gorengan. Banyaknya penjual gorengan di pinggir jalan semakin memudahkan kita yang ingin makan tempe.

Akan tetapi pernahkah kamu merasa bosan dengan olahan tempe dalam bentuk gorengan yang tampilannya itu-itu saja? Biar kamu gak bosan, coba deh praktekin beberapa resep dibawah ini.

  1. Burger Tempe Crispy

images: resepmembuatkue.com

Sebuah kombinasi olahan makanan nusantara dan Eropa. Buat kamu yang punya budget pas-pasan tapi ingin merasakan burger, maka membuat burger tempe crispy adalah solusinya

Bahan-bahan:

  • 2 buah roti burger
  • 250 gram tempe
  • 1 bungkus tepung bumbu
  • 2 bungkus tepung crispy
  • 1 buah tomat
  • daun selada secukupnya
  • mentimun secukupnya
  • saus sambal atau mayonaise secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe.
  2. Masukkan 4 sendok makan tepung bumbu ke dalam wadah dan campur dengan air secukupnya.
  3. Setelah dikukus, hancurkan tempe dan campur dengan tepung bumbu.
  4. Bentuk tempe menyerupai daging.
  5. Masukkan tempe ke dalam adonan basah tepung krispi.
  6. Lumuri lagi dengan adonan kering tepung crispy.
  7. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  8. Letakkan roti burger bagian bawah. Olesi dengan saus sambal atau mayonaise secukupnya.
  9. Letakkan selada, tomat, mentimun secara bertumpuk di atas roti.
  10. Kemudian letakkan tempe crispy di atas sayuran.
  11. Tutup dengan roti burger bagian atas.
  12. Burger tempe crispy siap untuk dinikmati.

2. Steak Tempe

images: http://resephariini.com

Masih berlaku untuk kamu yang berbudget pas-pasan ataupun vegetarian. Steak tempe yang bentuknya sangat mirip dengan steak daging ini bisa menjadi jalan keluarnya.

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus (400 gram) tempe
  • 1 butir bawang bombay, cincang
  • 2 sendok makan tepung bumbu
  • 1 bungkus tepung panir
  • 50 ml freshmilk
  • 1 butir putih telur

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe selama 10 menit, angkat dan lumatkan.
  2. Campur dengan semua bahan lalu aduk rata.
  3. Bentuk atau cetak sesuai selera, padatkan, lalu goreng hingga kecokelatan.
  4. Hidangkan dengan tampilan seperti di restoran-restoran ataupun rumah makan.
  5. Steak tempe sudah siap untuk dinikmati.

3. Tempe Goreng Keju

images: dapurbunda.com

Keju yang biasanya menjadi pelengkap roti ataupun kue ternyata bisa juga dipadukan dengan tempe. Tak perlu diragukan lagi tentang kadar gizi kombinasi makanan Indonesia dan Eropa itu.

Bahan-bahan:

  • 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian, lalu kukus
  • 2 lembar keju lembaran, potong jadi 6 bagian
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 50 ml air
  • garam secukupnya
  • 1 butir telur
  • tepung panir dan minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Rendam tempe ke dalam larutan air, garam dan bawang putih hingga meresap. Angkat, kemudian selipkan irisan keju di setiap dua irisan tempe lalu masing-masing digulingkan ke tepung panir.
  2. Celupkan ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  3. Hidangkan dan nikmati ketika masih hangat.
  4. Ditemani teh, kopi ataupun susu akan semakin nikmat.

Nah cukup mudah kan? Sebenernya masih banyak lagi kreasi olahan tempe kekinian yang bikin kamu gak bosan dengan olahan yang itu-itu saja. Akan tetapi ada baiknya kamu coba dulu 3 cara diatas. Kalau masih bosan juga, mungkin kamu sebaiknya jangan makan tempe dulu selama beberapa bulan, niscaya akan tumbuh rasa kangen sehingga kamu ingin memakannya lagi.

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.