Piknik, Uncategorized

Pengen Traveling Tanpa Dag Dig Dug? Ini Dia 20 Maskapai Penerbangan Termurah dan Teraman Di Dunia Tahun 2018

Jika kamu seorang traveler yang sering berkunjung ke tempat tempat indah di belahan dunia, pasti kamu adalah seseorang yang mengutamakan faktor keselamatan saat memilih maskapai penerbangan, selain akan menjamin keselamatan kamu beberapa maskapai penerbangan tentunya akan berlomba lomba memberikan fasilitas penerbangan yang tentunya akan membuat nyaman penggunanya. 

Di awal tahun 2018 ini situs analisa penerbangan asal Australia, AirlineRatings.com, merilis daftar tahunan maskapai penerbangan paling aman sedunia tahun 2018. Dikutip dari CN Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas, menyebutkan dari 409 maskapai dari Eropa, Asia, dan Amerika yang dianalisa, ada 20 yang dianggap menonjol dan menjadi ‘best of the best’.

Dua puluh maskapai tersebut tidak diberikan peringkat, semua dianggap terbaik oleh AirlineRatings.com, yang memberikan penilaian dalam jumlah bintang. Penilaian tertinggi mendapat tujuh bintang. Dan, ada 20 maskapai yang mendapat tujuh bintang tersebut berikut daftarnya

– Air New Zealand

–  Alaska Airlines

– All Nippon Airways

– British Airways

– Cathay Pacific Airways

– Emirates

– Etihad Airways

– EVA Air

– Finnair

– Hawaiian Airlines

– Japan Airlines

– KLM

– Lufthansa

– Qantas

– Royal Jordanian Airlines

– Scandinavian Airline System

– Singapore Airlines

– Swiss

– Virgin Atlantic

–  Virgin Australia

Adapun Aspek-aspek yang mendapat penilaian antara lain berupa audit dari perusahaan yang menaungi maskapai dan pemerintah, riwayat kecelakaan dan insiden serius.

“Semua maskapai pasti pernah mengalami insiden atau masalah. Karena itu, AirlineRatings.com menilai dari insiden yang paling serius saja yang pernah dialami,” tambah Geoffrey.

Secara keseluruhan, seperti yang dijelaskan pada situs AirlineRatings.com, ada tujuh aspek penilaian untuk maskapai terbaik sedunia tahun 2018:

  1. Memiliki sertifikat IATA Operational Safety Audit (IOSA)
  2. Tidak termasuk daftar blacklist di Uni Eropa.
  3. Tidak memiliki catatan kecelakaan atau insiden dalam waktu 10 tahun terakhir.
  4. Tidak termasuk daftar larangan terbang di wilayah udara Amerika yang dikeluarkan Federal Aviation Authority (FAA)
  5. Memenuhi 8 parameter standar International Civil Aviation Organization (ICAO).
  6. Tidak pernah menerima larangan terbang dari pemerintah negara asal maskapai karena alasan keamanan.
  7. Tidak hanya mengoperasikan atau menggunakan pesawat buatan Rusia.

 

Diumumkannya maskapai penerbangan paling aman di dunia ini sejalan dengan pernyataan Aviation Safety Network (ASN), sebuah situs yang merekam data-data mengenai kecelakaan dan insiden di dunia penerbangan, pada bulan November 2017 lalu bahwa tahun 2017 merupakan tahun paling aman sepanjang sejarah penerbangan dunia. Tidak ada kecelakaan besar yang terjadi meskipun tahun 2017 kemungkinan merupakan tahun tersibuk untuk penerbangan komersial. Beberapa faktor yang membuat 2017 sebagai tahun teraman di dunia penerbangan antara lain pengembangan teknologi dan pesawat-pesawat terbang baru, serta perubahan pelatihan kru penerbangan dan regulasi global.

Selain maskapai penerbangan teraman, situs AirlineRatings.com juga mengumumkan maskapai penerbangan rendah budget (low-cost) yang teraman di dunia tahun 2018. Penilaiannya sama dengan penilaian maskapai penerbangan teramana di dunia, yaitu sistem rating dengan bintang, tertinggi adalah tujuh bintang. Ada 10 maskapai rendah budget dan teraman di dunia, yaitu (berdasar abjad):

  • Aer Lingus Flybe
  • Frontier
  • HK Express
  • JetBlue
  • Jetstar Australia
  • Thomas Cook
  • Virgin America
  • Vueling

 

“Sudah pasti, perjalanan melalui udara lebih aman saat ini dibanding sebelumnya sepanjang sejarah, tapi penumpang tetap perlu mengetahui penerbangan mana yang terbaik di antara yang terbaik,” tegas Geoffrey Thomas tentang dirilisnya daftar-daftar tadi.

Comments

comments