Hiburan, Piknik

Menjelajah Oymyakon, Desa Paling Dingin di Dunia, Bertahan Hidup Dengan Suhu -67 Derajat Celcius

Pada umumnya sebagian orang membayangkan jika mendengar kata Desa pasti mereka berfikir akan melihat banyak sawah menghijau ,udara segar bahkan menikmati pemandangan yang jauh berbeda dari kota besar, akan tetapi jika kamu mengunjungi desa yang satu ini maka fikiran tersebut tidak terwujud sama sekali karena di desa ini yang ada hanya satu kata yaitu “dingin”.

Oymyakom merupakan sebuah kota di Republik Sakha, Rusia. Kota ini terletak di bagian timur negara itu. Bermuara di Sungai Indigirka. Penduduknya berjumlah 521 jiwa (2001). Kota ini merupakan kota terdingin di bumi pada tanggal 26 Januari 1926 dengan suhu -71.2 °C sehingga dikenal sebagai desa terdingin di dunia.Dilansir dari National Geographic, Suhu di Oymyakon mencapai batas tertingginya, yakni -88° Fahrenheit atau sekitar -67° Celcius bukan lagi adem tapi ini sudah mbah nya dingin, Saking dinginnya, bulu mata pun bisa membeku.

Image : Instagram @anastasiagav
Image : Instagram @anastasiagav

Awal minggu ini, suhu di Oymyakon mencapai batas tertingginya, yakni -88° Fahrenheit atau sekitar -67° Celcius. Saking dinginnya, bulu mata pun membeku dan badan bisa sakit akibat radang dingin. Yang lebih Extreme lagi selama musim dingin, desa Oymyakon mengalami gelap 21 jam per harinya.

Image : amoschapplephoto. com

Di samping itu, karena Oymyakon merupakan sebuah desa, maka sebagian rumah masih belum menggunakan penghangat yang modern. Mereka kebanyakan membakar batu bara atau kayu bakar untuk memanaskan tubuh.

Image : amoschapplephoto. com

Dilansir Daily Mail, Kamis (18/12/17), asupan gizi penduduk Oymyakon hanya berasal dari protein daging rusa dan kuda serta ikan. Selain itu, tak banyak yang tumbuh di Oymyakon. Meksi demikian, kebanyakan warga di Oymyakon tak pernah tercatat mengalami gizi buruk karena mereka juga mengonsumsi nutrisi dari susu hewan.

Image : amoschapplephoto. com

Tak hanya alam yang membeku karena temperatur yang dingin, sejumlah benda seperti tinta pena, kacamata, sampai dengan feses manusia juga mengalami hal yang sama. Biasanya Oymyakon juga kerap mengalami mati listrik dan mobil sulit untuk digunakan karena bahan bakar yang membeku.

Image : amoschapplephoto. com
Image : amoschapplephoto. com

Untuk menelepon juga menjadi hal lainnya yang termasuk dalam daftar kendala di Oymyakon. Jika ada warga yang meninggal, maka masyarakat akan memakan waktu tiga hari untuk melakukan penguburan karena menunggu tanah mencair.

Image : amoschapplephoto. com
Image : amoschapplephoto. com

Walaupun terpencil, Oymyakon justru memancing perhatian orang untuk mengalami bagaimana rasanya berada dalam kondisi musim dingin yang abadi di sana. Apakah kamu tertarik? silahkan dicoba mengunjungi desa terdingin di dunia ini.

Comments

comments