Hobi, Kesehatan, Piknik, Tips

Tips Mencegah Stress Pasca Liburan

Liburan adalah suatu hal yang begitu dinantikan setelah sekian lama sibuk berkutat dengan pekerjaan. Kadangkala ketika waktu liburan tiba, banyak yang terlalu berlebihan melampiaskan hasrat untuk berlibur. Misalnya berlibur dengan menghambur-hamburkan uang secara berlebihan, ataupun berlibur dengan waktu yang terlalu lama sehingga badan terlalu kecapekan. Bukannya berakhir happy namun kesehatan yang jadi korban, miris bukan? Nah berikut ini beberapa tips untuk mencegah stress pasca liburan, simak yuk!

  1. Tidak perlu berhutang demi liburan yang menyenangkan, yang ada nantinya malah pusing memikirkan membayar hutang. Bersenang-senang dahulu bersakit-sakit kemudian, mengenaskan bukan?
  2. Apabila akan melakukan perjalanan liburan panjang, persiapkan dengan matang termasuk anggarannya. Jangan lupa, siapkan untuk biaya tak terduga.
  3. Liburan itu tak harus mahal, misalnya dengan berlibur ke tempat yang belum terlalu terjamah atau camping di pegunungan. Yang terpenting adalah quality time Bersama orang-orang tersayang bukan? Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa “Bukan tentang tujuan, namun yang terpenting adalah perjalanan menuju kesana”
  4. Jika kamu adalah seorang pekerja kantoran, maka selesaikanlah pekerjaanmu sesuai deadline, bahkan kalau bisa sebelum liburan bisa nyicil pekerjaan yang mempunyai deadline setelah liburan nanti. Karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya sakit setelah berlibur sehingga pekerjaan terbengkalai. Nah malah rugi kan?
  5. Liburan dapat menimbulkan stress apabila kesulitan beradaptasi dengan karakter teman-teman baru. Untuk mengantisipasi perbedaan karakter tersebut, sebaiknya berlibur dengan teman-teman yang sudah kamu kenal dengan baik
  6. Jaga kesehatan selama liburan, karena sakit usai liburan juga dapat menimbulkan stress. Usahakan tidak menyantap makanan yang menjadi pantangan hanya karena sedang liburan. Dan juga persiapkan dengan obat-obatan yang biasa dikonsumsi dan perlengkapan P3K.

Jadi, ternyata liburan pun bisa menyebabkan stress kan? maka dari itu persiapkanlah liburnmu dengan baik ya!

Comments

comments