Hits Banget, Kesehatan

27 Produk Ikan Makarel Ditarik dari Pasaran karena Mengandung Cacing Anisakis, Apa itu Cacing Anisakis?

Cacing Anisakis Ikan Kaleng
img: news.labsatu.com

Baru-baru ini media gencar memberitakan tentang penarikan 27 produk ikan kaleng (mackerel) dari pasaran. Penarikan itu dilakukan dilakukan setelah pengujian yang dilakukan oleh BPOM RI pada tanggal 28 Maret kemarin membuktikan bahwa 27 merk tersebut positif mengandung cacing Anisakis. Saat pengujian tersebut BPOM menguji 541 sampel dari 66 merk.

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya apa itu cacing anisakis? Apakah bahaya bila dikonsumsi, sampai semua produk yang mengandung cacing tersebut harus ditarik?

Cacing anisakis adalah parasit yang sebenarnya umum menyerang biota laut seperti ikan kakap merah, mackerel, salmon, ikan cod, bahkan cumi-cumi. Telur cacing Anisakis akan keluar dari perut ikan yang terinfeksi bersama dengan kotorannya. Telur cacing kemudian akan menetas di lautan yang kemudian larvanya dimakan krustasea. Krustasea yang telah memakan larva cacing Anisakis itu lalu dimakan oleh ikan atau cumi. Cacing Anisakis akan menyelesaikan siklus hidupnya ketika ikan yang terinfeksi dimakan oleh ikan paus, anjing laut, atau lumba-lumba .Itulah gambaran singkat tentang siklus hidup cacing Anisakis.

Akibat Terinfeksi Cacing Anisakis

Jika cacing Anisakis masuk ke tubuh seseorang, maka cacing tersebut akan mengubur diri di dinding usus. Walaupun tidak bisa menembus dinding usus, cacing tersebut akan memicu respon dari system kekebalan tubuh. Hal terebut dapat mengakibatkan sakit perut, mual, dan muntah.

Namun jika system kekebalan tubuh kita tidak bisa menangani cacing Anisakis, cacing tersebut dapat mengakibatkan peradangan system pencernaan maupun pendarahan usus. Penyakit yang diakibatkan cacing Anisakit tersebut biasa disebut anisakiasis. Penyakit tersebut biasa menyerang negara yang gemar menkonsumsi ikan mentah seperti Skandinavia dan Jepang.

Pencegahan Infeksi Cacing Anisakis

Infeksi Cacing Anisakis sebenarnya bisa dicegah karena dengan pengolahan yang tepat, cacing yang berada di tubuh ikan bisa mati. Cacing akan mati jika berada di suhu lebih dari 60 derajat Celcius atau berada di suhu -35 deracat Celcius selama minimal 15 jam. Tapi walaupun sudah mati, cacing yang sudah menginfeksi ikan akan tetap terlihat, sehingga sedikit menjijikan jika dimakan.

Setelah penemuan cacing pada 27 merk ikan kaleng tersebut, semoga kalian bisa lebih waspada dalam memilih dan mengolah makanan karena kesehatan mahal harganya.

Comments

comments