Inspirasi, Motivasi

Ternyata Stress Tidak Hanya Menganggu Kejiwaan Saja, Berikut Daftar Penyakit yang Disebabkan Oleh Stress

Penyakit yang timbul pada tubuh manusia sejatinya tidak datang begitu saja. Namun bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain menu makanan yang kurang sehat, lingkungan kurang bersih, jarang berolah raga atau bisa juga karena tertular dari orang lain. Namun, ternyata penyakit tidak hanya disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan jasmani saja lho ! Akan tetapi bisa juga disebabkan karena stress atau beban pikiran. Jangan sekali-kali meremehkan stress ya, karena dapat memicu penyakit-penyakit yang berbahaya lho ! Berikut rinciannya

  1. Tekanan Darah Tinggi

Penyebab penyakit Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi salah satunya adalah karena stress yang berlebihan. Jika seseorang sedang mengalami stress maka tubuh akan memproduksi hormon Adrenalin secara berlebihan yang akan mengakibatkan kerja jantung lebih cepat. Efeknya, pembuluh darah akan menegang dan memberikan tekanan. Hipertensi juga dapat memacu datangnya penyakit lain seperti stroke, jantung, dan diabetes.

img : inaheart.or.id
  1. Ulkus

Stress juga berpengaruh pada sistem pencernaan kita. Apabila seseorang mengami stress berlebihan, maka akan timbul penyakit Ulkus yaitu luka pada bagian lambung manusia. Apabila seseorang sedang stress/ mempunyai beban pikiran maka produksi asam lambung dalam tubuh meningkat. Hal tersebut dapat mengacaukan sistem enzim dalam lambung dan menganggu penyerapan air pada usus besar. Penyakit ini sangatlah menyiksa karena penderita akan mengalami pusing, muntah-muntah, perut terasa sakit ketika diisi makanan dan lain-lain.

img : thehealthsite.com
  1. Stroke

Penyakit yang rata-rata diderita oleh kaum lansia ini sejatinya juga bisa disebabkan karena stress berlebih. Tak jarang penderita yang mengidap Stroke akan berujung pada kematian. Saat stress, otak memompa darah terlalu cepat sehingga menyebabkan aterosklerosis (tersumbatnya arteri).

img : beautifuldecay.com
  1. Kanker

Stress terbukti menjadi penyebab utama penyakit kanker. Stress akan melemahkan sistem kekebalan tubuh yang bertanggung jawab melawan sel-sel kanker. Stress juga dapat menyebabkan berkurangnya sel-sel darah yang baru diciptakan.

img : theodisseyonline.com
  1. Serangan Jantung

Serangan jantung tiba-tiba salah satunya disebabkan oleh stress. Ketika seorang mempunyai beban pikiran yang berat, otak akan memerintahkan jantung untuk memompa darah dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan cepat.

img : independent.co.uk
  1. Asma

Penyakit yang satu ini tidak hanya disebabkan oleh alergi saja lho, namun salah satu penyebabnya adalah karena stress. Stress dapat mengakibatkan kacaunya sistem hormon pada hipotamalus yang mengontrol sistem tubuh termasuk sistem imun. Sistem imun yang tidak terkontrol akan mengakibatkan seorang menderita asma.

img: alersense.com
  1. Insomnia

Seorang yang sedang stress pada umumnya sulit untuk tidur. Padahal jika organ tubuh tidak diistirahatkan dapat menyebabkan sistem syaraf dan otak akan bekerja secara berlebihan. Akibatnya orang yang mengalami insomnia akan mempunyai kadar emosi yang tidak stabil, cemas berlebihan, pusing, muntah dan bahkan dapat memicu datangnya penyakit lainnya.

img: daily-sun.com

Jadi, mulai sekarang kendalikan dirimu agar terhindar dari stress yang berlebih ya ! Karena sejatinya hal yang paling mahal di dunia ini adalah kesehatan. Cheers !

Comments

comments