Kesehatan

Telinga Terasa Sakit? Coba Manfaatkan Bumbu Dapur ini

manfaat bawang putih untuk telinga
img: tribunnews.com

Telinga adalah salah satu organ yang berperan penting dalam tubuh manusia karena merupakan sumber salah satu indera, yaitu pendengaran. Masalah sedikit saja pada telinga tentunya akan terasa mengganggu, apalagi jika dibarengi dengan rasa sakit. Penyakit pada telinga biasanya berupa infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, alergi, hingga kemasukan benda asing seperti debu.

Saat telinga terasa sakit atau merasakan hal yang tidak biasa, jangan buru-buru pergi ke dokter. Coba cari tahu apa yang menyebabkan rasa sakit di telinga kamu. Jika dirasa tidak terlalu fatal, coba manfaatkan Bawang Putih untuk meredakan rasa sakitnya.

Seperti kita ketahui, bawang putih mengandung antioksidan, anti-mikroba, anti-jamur, hingga anti-bakteri, sehingga diyakini bisa menangkal infeksi di telinga. Sebenarnya pemanfaatan bawang putih tidak hanya sebatas pada infeksi telinga saja. Bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala, sinus, hingga radang tenggorokan.

Lalu bagaimana cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi sakit telinga?

Merendam bawang putih dengan minyak zaitun

Rendam cincangan 1 siung bawang putih segar ke dalam 2 sdm minyak zaitun selama 3 jam agar kandungan yang ada di dalam bawang putih bisa bercampur dengan minyak zaitun. Setelah hasil rendaman disaring, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun hasil rendaman tersebut layaknya obat tetes telinga. Jangan lupa simpan sisa minyak tersebut ke dalam lemari es, karena bisa beracun jika diletakkan di suhu kamar dalam jangka waktu lama.

Untuk mempersingkat waktu, kamu juga bisa memasukkan cincangan bawang putih ke minyak zaitun yang sedang dipanaskan.

Bawang putih saja

Tidak masalah jika di rumah kamu hanya ada bawang putih saja, kamu masih tetap bisa memanfaatkannya. Kamu bisa membuat semacam sumbat telinga dari bawang putih yang telah dikupas.

Kupas bawang putih dan bentuk agar pas di telinga. Pastikan ukurannya pas dan memiliki sisa yang cukup untuk dipegang saat mengambilnya. Untuk lebih amannya, kamu bisa memanfaatkan kain kasa tipis untuk membungkus bawang putih yang telah dicincang kasar.

Cara ini selain ampuh untuk masalah telinga juga bisa mengatasi sakit kepala. Untuk hasil maksimal, kamu bisa meletakkan bawang putih sebelum tidur dan hasilnya akan terasa pagi harinya.

Cara di atas adalah cara alternatif untuk mengatasi sakit telinga. Jika dengan cara di atas telinga kamu masih terasa sakit, segera hubungi dokter.

Comments

comments