Connect with us

Hits Banget

Tak Perlu Keluar Biaya! Inilah Daftar Mudik Gratis yang Disediakan Oleh BUMN

Published

on

Bulan ramadhan memang masih 5 hari lagi. Itupun keputusan mulai pelaksanaanya masih menunggu hasil keputusan sidang isbat yang rencananya baru akan digelar akhir pekan nanti. Tapi hal itu bukanlah suatu alasan untuk tidak segera merencanakan perjalanan mudik kamu nanti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mudik tahun 2019 ini bisa dipastikan akan tetap padat dan butuh biaya yang tidak sedikit. Untungnya, beberapa perusahaan BUMN memberikan layanan mudik gratis 2019 bagi kamu yang memenuhi persyaratan. Tentunya ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi kita semua.

Untuk kamu yang ingin menghemat anggaran mudik, perhatikan baik-baik daftar BUMN yang memberikan layanan mudik gratis 2019 berikut ini. Perhatikan pula syarat-syaratnya, jangan sampai ada yang terlewat.

  1. PT Pelabuhan Indonesia II 

Perusahaan yang menangani perjalanan melalui jalur laut ini memberikan banyak kesempatan mudik gratis untuk masyarakat yang hendak berlebaran di kampung halaman. Jangan sampai salah mendaftar rute tujuan yaa.

1. Purwokerto – Pemalang – Pekalongan – Semarang – Solo – Pacitan – Surabaya – Padang Lokasi pendaftaran di masjid Al-Khodamuttaqwa, Jl Padamarang 10, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta utara.

2. Surabaya – Malang Lokasi pendaftaran di kantor JICT, Jl Sulawesi Ujung No 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

3. Yogyakarta Lokasi Pedaftaran: kantor TPK Koja Jakarta Utara dan kantor PTIPC TPK, Jakarta utara.

4. Indramayu – Cirebon – Kuningan – Tegal – Brebes Lokasi pendaftaran di Gedung PT Indonesia Kendaraan Terminal Jl Sindang Laut, Cilincing, Jakarta Utara.

5. Semarang Lokasi Pendaftaran di Gedung kantor PT Pelabuhan Tanjung Priok, Jl Raya Pelabuhan No 9, Jakarta Utara.

6. Solo Lokasi Pendaftaran di kantor PT Jasa Armada Indonesia, Jl Raya Ancol Baru, Jakarta utara.

7. Palembang Lokasi pendaftaran di gedung PT Multi Terminal Indonesia, Jl Pulai Payung No. 1, Tanjung Priok.

Syarat Pendaftaran:

1. Foto copy KTP

2. Foto copy Kartu keluarga (KK)

3. Surat Keterangan domisili RT/RW Setempat Pendaftaran Mudik Gratis Pelindo II dibuka mulai 2-10 mei 2019 pukul 09.00 – 16.00 WIB selama hari kerja.

Pendaftaran mudik gratis ini akan ditutup jika kuota penuh. Jika kamu akan mudik menggunakan cara ini maka akan diberi fasilitas seperti snack dan makanan, obat-obatan dan asuransi perjalanan. Keberangkatan mudik gratis Pelindo II pada 29 Mei 2019 sementara rute Surabaya akan diberangkatkan pada 30 Mei. Arus balik atau kepulangan diperkirakan pada 12 Juni 2019.

2. PT Pelabuhan Indonesia III 

PT Pelindo III melayani mudik gratis 2019 dengan moda transportasi berupa bus dan kapal laut. Pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 20 Mei 2019 mendatang. Mumpung masih ada waktu, segeralah mendaftar. Untuk diketahui, mudik dengan bus akan menempuh rute dari Semarang – Demak, Semarang – Tegal, Semarang – Yogyakarta, Semarang – Solo, Semarang – Wonosobo, Semarang – Rembang, Semarang – Purworejo, Surabaya – Trenggalek, Surabaya – Blitar, Surabaya – Madiun, Surabaya Jember dan Surabaya Bojonegoro.

Sedangkan rute mudik dengan kapal laut adalah dari Kotawaringin Barat – Surabaya, Kotawaringin Barta – Semarang, Kotawaringin Timur – Semarang, Kotawaringin Timur – Surabaya dan Tanah Bumbu – Surabaya. Berikut syarat-syaratnya:

  • 1 (satu) orang pemudik hanya boleh mendaftar sebanyak 1 (satu) kali untuk masing-masing jenis moda yakni kapal laut dan bus
  • Pendaftar dapat mendaftarkan anggota keluarganya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga
  • Pelaksanaan daftar ulang (verifikasi dokumen) dilaksanakan pada saat hari-H keberangkatan mudik dan tidak boleh diwakilkan kecuali oleh anggota keluarga yang terdapat dalam Kartu Keluarga
  • Daftar ulang dilakukan dengan membawa dokumen asli dan fotocopy KTP serta Kartu Keluarga.

3. PT Pindad

Perusahaan BUMN yang selama ini terkenal dengan produksi senjatanya ini juga memberikan layanan mudik gratis. Adapun rute yang dilayani adalah Bandung-Bandar Lampung dan Bandung Solo.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Satu orang pendaftar hanya boleh mendaftar 1 (satu) kali.
  • Pendaftar dapat mendaftarkan anggota keluarganya yang dibuktikan dengan kartu keluarga saat daftar ulang.
  • Daftar ulang tidak boleh diwakilkan, kecuali oleh anggota keluarga yang bersangkutan.
  • Apabila pada saat daftar ulang tidak memenuhi persyaratan, maka otomatis dibatalkan. Pendaftaran ditutup jika kuota peserta terpenuhi.

4. Perum Damri

Sama dengan PT Pindad, Perum Damri juga menyediakan mudik gratis dengan moda transportasi bus. Rute yang dilayani adalah Sukabumi-Banyumas, Bandung-Kuningan, Pontianak-Melawi, dan Pontianak-Sintang.

Berikut persyaratannya:

  • Setiap 1 orang pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar 1 kali
  • Peserta mudik hanya dapat mendaftar maksimal 4 orang dewasa
  • Untuk anak yang ikut mudik harus dipangku
  • Batas Usia mudik untuk anak adalah 4 Tahun
  • Pendaftar mudik dengan peserta mudik harus ada hubungan keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga
  • Daftar Ulang ( Verifikasi Dokumen ) tidak diperbolehkan untuk diwakilkan, kecuali masih ada hubungan dalam 1 keluarga (Istri/ suami/ anak yang sudah dewasa)

5. PT KAI

PT KAI sebagai perusahaan yang menangani moda transportasi terfavorit saat mudik juga memberikan layanan mudik gratis. Rute yang disediakan adalah Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta, Blitar-Jakarta, dan Jakarta-Blitar. Pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak tanggal 26 April sd 08 Mei 2019.

Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:

  • Program mudik gratis ini terbuka bagi seluruh masyarakat, tidak berlaku bagi pegawai KAI, keluarga pegawai KAI dan Anak Perusahaan KAI.
  • Satu orang peserta mudik hanya boleh mendaftar satu kali keberangkatan atau pergi-pulang (PP).
  • Peserta mudik wajib memiliki bukti identitas resmi seperti KTP/SIM/Pasport/Surat Keterangan/ identitas resmi lainnya.
  • Untuk peserta keluarga wajib menunjukkan bukti kartu keluarga.
  • Satu pendaftar dapat mendaftarkan peserta mudik gratis sejumlah anggota keluarga yang wajib tercantum pada Kartu Keluarganya maksimal 10 peserta, tidak dapat mendaftarkan pihak lain di luar itu.
  • Satu peserta mudik dapat membawa 1 (satu) infant (bayi berusia kurang dari 3 (tiga) tahun) tanpa mengurangi kuota peserta, namun bayi dimaksud tidak mendapatkan nomor tempat duduk.
  • Pendaftar wajib mencantumkan nomor identitas peserta mudik pada formulir pendaftaran sesuai KTP/SIM/Pasport/Suket/Kartu Keluarga/identitas lainnya.
  • Bagi yang telah melakukan pendaftaran akan mendapatkan email bukti pendaftaran berisi rincian pendaftaran dan nomor pendaftaran.
  • KAI akan melakukan verifikasi data pendaftar.
  • Pendaftar yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan panggilan untuk melakukan daftar ulang melalui SMS dan atau email.
  • Email/SMS verifikasi yang berisi tanggal, waktu, dan lokasi pendaftaran ulang akan dikirimkan oleh KAI 2 (dua) hari setelah melakukan pendaftaran.
  • Pelanggaran dari ketentuan ini pendaftar akan didiskualifikasi.
  • Tiket KA pada program mudik gratis ini tidak dapat dibatalkan, diubah nama, ataupun diubah jadwal.
  • Peserta mudik tunduk terhadap segala peraturan dan ketentuan angkutan penumpang yang berlaku di lingkungan KAI

Nah cukup menarik bukan program-program diatas? Mengingat semua yang tertulis diatas sifatnya gratis, maka ada baiknya kamu segera buru-buru mendaftarkan diri sebelum kehabisan. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu akses di https://mudikbumn.co.id/ .

Komentar

Hits Banget

Kabar Baik, Youtuber Bisa Masuk UPN Veteran Jakarta Melalui Jalur Prestasi

Published

on

Tak lama lagi kampus UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) akan membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri (SEMA UPNVJ). Pendaftaran seleksi masuk mandiri tersebut akan mulai dibuka pada 12 – 21 Juli 2019 mendatang.

img: upnvj.ac.id

Nantinya, SEMA UPNVJ akan dibagi menjadi dua jalur, yakni jalur akademik dan prestasi. Nah menariknya, dalam seleksi jalur prestasi tersebut, akan ada kesempatan bagi seorang Youtuber yang ingin berkuliah di UPNVJ.

Tentu saja Youtuber yang boleh mengikuti seleksi ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah memiliki minimal 10 ribu subscriber.

Selain Youtuber, jalur prestasi akan dibuka juga bagi calon mahasiswa baru yang berprestasi dibidang olahraga, seni, hafiz Alquran minimal 5 juz, serta pernah menjabat sebagai ketua OSIS sekurangnya satu periode.

img: juansaaa.com

Berikut ketentuan lengkap seleksi SEMA UPNVJ 2019.

1. Pendaftar SEMA UPNVJ berasal dari peserta SBMPTN 2019 dan tidak diterima di jalur SBMPTN 2019.

2. Pendaftar yang tidak memilih program studi di LIPN Veteran Jakara pada SBMPTN 2019 dapat mengikuti SEMA UPNVJ 2019.

3. Pendaftar dapat memilih program studi yang sama atau berbeda dengan pilihan pada SBMPTN 2019.

4. Pendaftar hanya dapat memilih dua program studi dengan program studi pilihan satu dan program studi pilihan dua yang ada di UPN Veteran Jakarta.

5. Biaya pendaftaran SEMA UPNVJ sebesar Rp 275 ribu. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dikembalikan dengan alasan apapun.

Adapun pengumuman hasil SEMA UPNVJ akan diumumkan pada 29 Juli 2019 pukul 20.00 WIB. Untuk informasi lebih jelas mengenai syarat, prosedur, tahapan tes, dan detail lainnya, kamu bisa cek di laman resmi UPNVJ di http://www.upnvj.ac.id

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Ini Dia Daftar Tarif Tol Trans Jawa & Sumatera Setelah Didiskon 15%

Published

on

Buat kamu yang mau mudik lewat jalur darat, kini salah satu alternatif perjalanan yang banyak diminati adalah melalui jalan Tol, misalnya Tol Trans Jawa yang kini sudah menyambung dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa. Dan kabar gembiranya lagi adalah Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) menyatakan untuk memberikan diskon tarif tol saat mudik dan arus balik Lebaran hingga 15%. Diskon ini berlaku untuk seluruh ruas tol operasional lho !

Sebelum mudik melalui jalan tol, tentunya hal-hal yang perlu kamu siapkan adalah saldo uang elektronik yang cukup saat memulai perjalanan mudik nanti. Saldo maksimal uang elektronik sendiri mencapai Rp 2 juta seperti yang telah ditetapkan Bank Indonesia.

img: suara.com

Dan berikut tarif Tol Trans Jawa & Sumatera setelah didiskon 15%

Tol Trans Jawa

1. Merak-Probolinggo Rp 775.500-15% (Rp 116.325) jadi Rp 659.175
2. Merak-Cirebon (via GT Kanci) Rp 192.000-15% (Rp 28.800) jadi Rp 163.200
3. Merak-Cirebon (via GT Palimanan) Rp 180.000-15% (Rp 27.000) jadi Rp 153.000
4. Merak-Semarang Rp 397.500-15% (Rp 59.625) jadi Rp 337.875
5. Merak-Solo Rp 474.500-15% (Rp 71.325) jadi Rp 404.175
6. Merak-Surabaya Rp 723.500-15% (Rp 108.525) jadi Rp 614.975
7. Merak-Pasuruan (Grati) Rp 775.500-15% (Rp 116.325) jadi Rp 659.175
8. Jakarta-Probolinggo Rp 727.500-15% (Rp 109.125) jadi Rp 618.375
9. Jakarta-Cirebon (via GT Kanci) Rp 144.000-15%(Rp 21.600) jadi Rp 122.400
10. Jakarta-Cirebon (via GT Palimanan) Rp 132.000-15% (Rp 19.800) jadi Rp 112.200
11. Jakarta-Semarang Rp 349.500-15% (Rp 52.425) jadi Rp 297.075
12. Jakarta-Solo Rp 426.500-15% (Rp 63.975) jadi Rp 362.525
13. Jakarta-Surabaya Rp 675.500-15% (Rp 101.325) jadi Rp 574.175
14. Jakarta-Pasuruan Rp (Grati) Rp 727.500-15% (Rp 109.125) jadi Rp 618.375
15. Jakarta-Merak (via JORR) Rp 63.000-15% (Rp 9.450) jadi Rp 53.550

16. Probolinggo-Surabaya Rp 52.000-15%(Rp 7.800) jadi Rp 44.200
17. Probolinggo-Solo Rp 301.000-15% (Rp 45.150) jadi Rp255.850
18. Probolinggo-Semarang Rp 383.000-15% (Rp 57.400) jadi Rp 325.550

Catatan:
1. Tarif hanya sampai dengan Pasuruan (Grati), tol Pasuruan-Probolinggo hingga saat ini belum bertarif.
2. Hitungan itu merupakan hitungan kasar berdasarkan pengurangan 15% dari tarif awal.

Tol Trans Sumatera

Berikut hitungan tarif Tol Trans Sumatera yang telah didiskon 15% untuk kendaraan golongan I:

img: detik finance

  1. Bakauheni-Terbanggi Besar Rp 112.500-15% jadi Rp 95.625
  2. Palembang-Indralaya Rp 20.000-15% jadi Rp 17.000
  3. Medan (Veteran)-Binjai Rp 13.000-15% jadi Rp 11.050
  4. Tanjung Morawa-Tebing Tinggi Rp 53.500-15% jadi Rp 45.475
  5. Belawan-Tanjung Morawa Rp 8.000-15% jadi Rp 6.800
  6. Belawan-Tebing Tinggi Rp 61.500-15% jadi Rp 52.275
  7. Kualanamu-Tebing Tinggi Rp 50.000-15% jadi Rp 42.500
Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Lowongan CPNS Akan Dibuka Pada Bulan Oktober

Published

on

Kabar gembira untuk kamu yang menanti-nanti dibukanya kembali lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya, melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, kuota CPNS akan dibuka sebanyak 100 ribu lowongan pada tahun 2019 ini. Adapun 100 ribu lowongan CPNS tersebut diutamakan untuk guru honorer.

img: jawapos.com

Sementara untuk P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sebanyak 150 ribu lowongan untuk dua kali tahap perekrutan. Sebelumnya pada bulan Januari, pemerintah telah membuka P3K dengan kuota sebanyak 52 ribu lowongan.

Untuk P3K akan dibuka setelah lebaran, tepatnya bulan Agustus. Sementara CPNS dua bulan setelahnya yakni bulan Oktober.

Dilansir dari liputan6.com, perekrutan PPPK Tahap II ini merupakan kelanjutan dari proses pendaftaran PPPK Tahap I yang dilaksanakan secara online pada 12-17 Februari 2019 lalu. Melihat rencana ke depan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) buka kemungkinan masa pendaftaran PPPK Tahap II bakal dibuka antara Juni hingga Juli 2019.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk berkompetisi menjadi ASN ?

Komentar
Continue Reading

Trending