Gadget, Teknologi

Smartphone Kamu Cepat Panas? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Saat ini smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Menjalani rutinitas sehari-hari tanpa membawa smartphone bisa diibaratkan dengan makan mie ayam tanpa saus ataupun sambal. Enak sih, tapi hambar. Jangan kaget kalau dimanapun kamu berada, kamu selalu melihat orang dengan smartphone di genggamannya. Saking ektremnya terkadang sambil BAB pun orang akan tetap membawa smartphone.

Mungkin sambil menunggu BAB kelar, mereka sambil baca artikel-artikel hitsbanget.com. Bisa juga sambil main game ludo. Yah sekedar mengisi waktu luang saja. Seperti itu kan lebih baik daripada BAB sambil lihat tembok kamar mandi. Apalagi kamar mandi umum yang terkadang temboknya penuh coretan “Hubungi nomor jabla* 08123145XXX”. Gak usah dihubungi, itu nomer palsu. Hih…

Penggunaan smartphone yang terus menerus bisa menyebabkan terjadinya overheating. Pernah ngerasain kan kalau lagi main game? Untuk itulah di kesempatan yang cerah dan bahagia ini kami akan berikan tips agar smartphone tidak cepat panas.

  1. Gunakan smartphone seperlunya
images: 2.bp.blogspot.com

Apa sih tujuan kamu beli smartphone? Kalau tujuannya sekedar buat komunikasi ya gunakan seperlunya saja untuk telfon atau video call. Jangan sampai kamu beli smartphone murahan dengan RAM dan memory internal sangat terbatas namun kamu gunakan untuk nge-game seharian. Kalau seperti itu caranya pasti smartphone kamu akan selalu panas. Karena itu pergunakanlah smartphone sesuai tujuan awalmu saat membeli. Seandainya niatnya buat main game, ya beli yang sesuai spesfikasinya lah.

2. Instal aplikasi sesuai kebutuhan

images: seniberpikir.com

Untuk saat ini, aplikasi perpesanan online sangatlah dibutuhkan. Karena itulah aplikasi chatting seperti whatsapp, line, atau BBM biasanya menjadi aplikasi yang wajib ada. Selain itu masih ada sosial media. Kalau kamu cuma tahu facebook, alangkah baiknya tidak perlu menginstal instagram, twitter, atau path. Itu hanya akan membuat memori smartphone kamu penuh dan boros paket data karena sering aktif di belakang layar. Terlalu banyak aplikasi yang aktif juga akan membuat smartphone kamu cepat panas.

3. Main game jangan terlalu lama

images: rancahpost.co.id

Mungkin kamu terinspirasi dengan juara turnamen game online yang mendapatkan hadiah jutaan dolar dengan bermodal aktif main game. Tapi kamu juga harus realistis bahwa hal semacam itu peluangnya hanya 1:1 juta atau mungkin 1: 1milyar. Jadi buang jauh-jauh pemikiran semacam itu. Anggap saja main game di smartphone itu hanya sebagai hiburan saja. Jadi kamu tak perlu menghabiskan waktu puluhan jam untuk bermain game saja. Aktifitas seperti itu hanya akan membuatmu kurang sehat, boros, dan smartphone kamu overheating. Tingkatan terparahnya adalah smartphone kamu tiba-tiba blank karena overheating tersebut.

4. Simpan smartphone di tempat yang teduh 

images: mixotekno.com

Biarpun kamu tidak main game dan cuma punya sedikit aplikasi yang terinstal, tapi kalau kamu meletakkan smartphone diatas aspal selama seharian penuh itu sama aja boong. Smartphone kamu tetap akan cepat panas karena suhu lingkungan juga berpengaruh. Karena itulah letakkan smartphone kamu di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik. Di luar ruangan yang panas sebenarnya tidak apa-apa, asalkan jangan terlalu lama dan sirkulasi anginnya bagus.

5. Isi baterai seperlunya saja, jangan berlebihan

images: indoworx.com

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk dalam pengisian baterai smartphone. Kalau sudah full 100% ada baiknya segera lepas smartphone dari chargernya. Jika dibiarkan saja dan itu terjadi berulang kali, maka baterai kamu akan cepat rusak. Baterai yang rusak juga bisa menyebabkan smartphone cepat panas.

Itulah beberapa tips agar smartphone tidak mengalami overheating. Kalau sudah panas, mendingan kamu segera mematikannya untuk beberapa saat. Jika baterai bisa dilepas maka sebaiknya juga dilepas. Ingat, smartphone juga butuh istirahat!

 

Comments

comments