Connect with us

Gadget

Smartphone Kamu Cepat Panas? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Published

on

Saat ini smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Menjalani rutinitas sehari-hari tanpa membawa smartphone bisa diibaratkan dengan makan mie ayam tanpa saus ataupun sambal. Enak sih, tapi hambar. Jangan kaget kalau dimanapun kamu berada, kamu selalu melihat orang dengan smartphone di genggamannya. Saking ektremnya terkadang sambil BAB pun orang akan tetap membawa smartphone.

Mungkin sambil menunggu BAB kelar, mereka sambil baca artikel-artikel hitsbanget.com. Bisa juga sambil main game ludo. Yah sekedar mengisi waktu luang saja. Seperti itu kan lebih baik daripada BAB sambil lihat tembok kamar mandi. Apalagi kamar mandi umum yang terkadang temboknya penuh coretan “Hubungi nomor jabla* 08123145XXX”. Gak usah dihubungi, itu nomer palsu. Hih…

Penggunaan smartphone yang terus menerus bisa menyebabkan terjadinya overheating. Pernah ngerasain kan kalau lagi main game? Untuk itulah di kesempatan yang cerah dan bahagia ini kami akan berikan tips agar smartphone tidak cepat panas.

  1. Gunakan smartphone seperlunya

images: 2.bp.blogspot.com

Apa sih tujuan kamu beli smartphone? Kalau tujuannya sekedar buat komunikasi ya gunakan seperlunya saja untuk telfon atau video call. Jangan sampai kamu beli smartphone murahan dengan RAM dan memory internal sangat terbatas namun kamu gunakan untuk nge-game seharian. Kalau seperti itu caranya pasti smartphone kamu akan selalu panas. Karena itu pergunakanlah smartphone sesuai tujuan awalmu saat membeli. Seandainya niatnya buat main game, ya beli yang sesuai spesfikasinya lah.

2. Instal aplikasi sesuai kebutuhan

images: seniberpikir.com

Untuk saat ini, aplikasi perpesanan online sangatlah dibutuhkan. Karena itulah aplikasi chatting seperti whatsapp, line, atau BBM biasanya menjadi aplikasi yang wajib ada. Selain itu masih ada sosial media. Kalau kamu cuma tahu facebook, alangkah baiknya tidak perlu menginstal instagram, twitter, atau path. Itu hanya akan membuat memori smartphone kamu penuh dan boros paket data karena sering aktif di belakang layar. Terlalu banyak aplikasi yang aktif juga akan membuat smartphone kamu cepat panas.

3. Main game jangan terlalu lama

images: rancahpost.co.id

Mungkin kamu terinspirasi dengan juara turnamen game online yang mendapatkan hadiah jutaan dolar dengan bermodal aktif main game. Tapi kamu juga harus realistis bahwa hal semacam itu peluangnya hanya 1:1 juta atau mungkin 1: 1milyar. Jadi buang jauh-jauh pemikiran semacam itu. Anggap saja main game di smartphone itu hanya sebagai hiburan saja. Jadi kamu tak perlu menghabiskan waktu puluhan jam untuk bermain game saja. Aktifitas seperti itu hanya akan membuatmu kurang sehat, boros, dan smartphone kamu overheating. Tingkatan terparahnya adalah smartphone kamu tiba-tiba blank karena overheating tersebut.

4. Simpan smartphone di tempat yang teduh 

images: mixotekno.com

Biarpun kamu tidak main game dan cuma punya sedikit aplikasi yang terinstal, tapi kalau kamu meletakkan smartphone diatas aspal selama seharian penuh itu sama aja boong. Smartphone kamu tetap akan cepat panas karena suhu lingkungan juga berpengaruh. Karena itulah letakkan smartphone kamu di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik. Di luar ruangan yang panas sebenarnya tidak apa-apa, asalkan jangan terlalu lama dan sirkulasi anginnya bagus.

5. Isi baterai seperlunya saja, jangan berlebihan

images: indoworx.com

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk dalam pengisian baterai smartphone. Kalau sudah full 100% ada baiknya segera lepas smartphone dari chargernya. Jika dibiarkan saja dan itu terjadi berulang kali, maka baterai kamu akan cepat rusak. Baterai yang rusak juga bisa menyebabkan smartphone cepat panas.

Itulah beberapa tips agar smartphone tidak mengalami overheating. Kalau sudah panas, mendingan kamu segera mematikannya untuk beberapa saat. Jika baterai bisa dilepas maka sebaiknya juga dilepas. Ingat, smartphone juga butuh istirahat!

 

Komentar

Aplikasi

Mau Baca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus ? Begini Triknya !

Published

on

Salah satu fitur WhatsApp, yaitu fitur penarikan pesan atau menghapus pesan yang sudah dikirim terbukti sangat membantu penggunanya. Namun terkadang penerima yang tidak sempat membaca akan merasa penasaran dengan isi pesan tersebut.

Nah untuk membantu kamu membaca pesan yang dihapus pengirim di WhatsApp, sepertinya bisa mencoba aplikasi WhatsRemoved berikut ini. Cara menggunakannya pun sangat mudah.
Pertama-tama download aplikasi WhatsRemoved dan install seperti biasa di Android. Saat pertama kali dibuka, berikan izin mengakses notifikasi dan file agar aplikasinya bekerja tanpa hambatan.

www.apkmonk.com

Jika sudah, secara otomatis aplikasi berjalan dibackground. Saat ada pengirim yang menghapus pesannya di WhatsApp akan muncul sebuah notifikasi di WhatsRemoved. Kamu juga dapat membaca pesan yang sudah dihapus tersebut.

Bagaimana sangat mudah dan nggak bikin spaneng kan ?

Komentar
Continue Reading

Gadget

Murah Tapi Gak Murahan! Beberapa Smartphone yang Cocok Untuk Anak-anak

Published

on

By

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan smartphone bukan lagi barang mewah. Berbagai lapisan masyarakat kini bisa dengan mudah memilikinya. Tak terkecuali dengan anak-anak.

Dengan melihat kedua orang tuanya menggunakan smartphone untuk keperluan sehari-hari, cepat atau lambat seorang anak pasti akan mengikutinya juga. Tak perlu menunggu bangku sekolah, bahkan kini tak jarang kita melihat seorang anak berusia tiga tahun sibuk dengan smartphone orang tuanya.

Agar tidak mengganggu keperluan orang tua, ada baiknya juga membelikan smartphone tersendiri untuk anak. Tak perlu yang mahal, asalkan bisa memenuhi keperluannya. Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi smartphone yang cocok untuk anak-anak. Meskipun berharga murah, tapi kualitasnya gak murahan.

  1. Samsung Galaxy Express 3

images: pdevice.com

Ponsel ini dilengkapi dengan layar HD 5 inci 720p, prosesor Samsung Exynos 7 Quad 7570, penyimpanan 16GB dengan ekspansi hingga 400GB melalui microSD, 2GB RAM dan removable baterai 2.600mAh. Kamera pada Express 3 dilengkapi sensor belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Sudah menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Harganya pun terbilang murah, yakni sekitar 1 jutaan saja.

2. LG K30

images: pcmag.com

Harga LG K30 juga berkisar di angka 2 jutaan saja. LG K30 merupakan smartphone entry level. Meskipun demikian,  ponsel ini sudah cukup bagus dengan layar 720p 5,3 inci, prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2GB, dan penyimpanan internal 16GB, dengan slot kartu microSD untuk menambah penyimpanan hingga 2TB.

3. ZTE Tempo Go

images: i1.wp.com

ZTE Tempo Go memiliki layar 5 inci dengan resolusi 480 x 854, menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 210, 1GB RAM, 8GB penyimpanan internal dan slot kartu microSD. Ada juga kamera belakang 5MP, kamera depan 2MP, dan baterai 2.200 mAh. Harganya cukup murah, yakni sekitar 1,1 juta rupiah saja.

4. Moto E5 Play

images: oketekno.com

Smartphone keluaran pabrikan Motorola ini dibanderol harga sekitar 1,8 juta rupiah. Moto E5 Play memiliki layar 5,2 inci, 2GB RAM dan 16GB penyimpanan internal. Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 425. E5 Play memiliki kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP dan dengan baterai 2.800 mAh.

Nah cukup terjangkau bukan harga-harga diatas? Namun meskipun memiliki smartphone sendiri, bukan berarti sebagai orang tua kamu akan melepas begitu saja kepada anak. Pastikan mereka menggunakannya dengan benar. Jangan sampai karena lengahnya pengawasan membuat mereka jadi melakukan sesuatu yang tidak baik.

Komentar
Continue Reading

Gadget

Tips Mengurangi Radiasi Smartphone, Penting Nih!

Published

on

Smartphone kini sudah menjadi bagian yang tak bisa lepas dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan menurut penilitian, rata-rata orang mengecek smartphone mereka hingga 150 kali per hari, 15 jam per hari smartphone berada dalam kantung atau saku dan 22 kali per hari smartphone menempel ke kepala kita. Tentu kamu pernah mendengar kan, jika radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone berbahaya bagi otak manusia ?

img: phone arena

Nah ternyata gelombang elektromagnetik pada smartphone mengandung radiasi yang kuat, dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak. Jika digunakan terus menerus, bisa menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Selain itu juga dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan yang lain, contohnya vertigo, mudah lelah, memicu kerusakan ginjal, bahkan menurunkan kesuburan pada pria.

Lantas, bagaimana tips agar meminimalisir radiasi smartphone ? berikut tim hitsbanget merangkumnya dilansir dari berbagai sumber.

1. Waktu
Hati-hati jika terlalu lama menggunakan smartphone maka resiko terkena paparan radio frekuensi elektromagnetik akan semakin besar pula. Kamu dapat mengurangi waktu paparan dengan melakukan panggilan suara secara singkat, terutama ketika kamu tidak menggunakan aksesoris, seperti hands-free.

2. Jarak

Cara paling efektif untuk mengurangi paparan radiasi smartphone adalah meningkatkan jarak antara smartphone dan kepala atau tubuh. Kamu dapat melakukan ini dengan langkah berikut:

img: makassar.tribunnews.com


-Menggunakan aksesori seperti ear-piece/microphone hands-free
-Mengaktifkan loudspeaker
-Menulis pesan instan daripada bertelepon
-Menjauhkan smartphone dari tubuh, seperti yang direkomendasikan dalam buku panduan pengguna smartphone
-Bahkan, menempatkan ibu jari di antara telepon dan telinga kamu

3. Daya
Kamu dapat membatasi jumlah daya yang smartphone gunakan dengan cara berikut:

  • Menggunakan smartphone di area sinyal yang baik bila memungkinkan (ditunjukkan dengan banyaknya bar pada indikator penerimaan sinyal)
  • Menghindari menggunakan smartphone di area sinyal buruk seperti lift dan kendaraan bergerak.

Jadi, Sobat Spaneng bijak-bijaklah dalam menggunakan smartphone yaa. Sayangi kesehatanmu uuwuwuw~

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.