Gadget, Teknologi

“eSIM”, Terobosan Canggih pada iPhone Terbaru yang Siap Meluncur

via hacker noon

Para pecinta produk Apple atau Fanboy patut bergembira. Pasalnya tak lama lagi akan diproduksi iPhone terbaru dengan terobosan yang lebih canggih yakni eSIM. Kabar ini terendus media karena beberapa waktu lalu Apple telah menyetujui kesepakatan dengan ST Microelectronics untuk memproduksi chip eSIM yang akan ditempelkan pada motherboard iPhone.

Lantas apa itu eSIM ?

Seperti yang kita ketahui selama ini bahwa SIM (Subscriber Identification Module) memiliki beberapa ukuran yakni nano, mikro, dan ukuran standar. Nah pada eSIM nantinya yang akan membedakan adalah SIM tidak berwujud fisik seperti kartu SIM pada umumnya melainkan tertanam dalam sebuah perangkat dan sulit untuk dibongkar-pasang.Meskipun demikian, pengguna justru dibuat lebih mudah jika ingin beralih dari satu operator ke operator lainnya. Kamu dapat menggunakan software tertentu untuk berganti-ganti operator. Sehingga cukup dengan mendaftarkan eSIM untuk penawaran paket dari berbagai operator, kamu dapat dengan mudah bergonta-ganti layanan.

Dilansir dari Barrons, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Apple apakah kabar tersebut benar adanya. Jika benar, maka operator harus segera bersiap diri karena biaya yang digelontorkan untuk teknologi yang satu ini tidaklah sedikit dan baru beberapa operator telepon saja yang sudah benar-benar siap dengan terobosan ini.

Dan beberapa pengamat teknologi memprediksikan bahwasanya tidak menutup kemungkinan jika nantinya semua smartphone akan menggunakan eSIM.

So, kamu sudah siap dengan semua kecanggihan ini ?

Comments

comments