Kesehatan, Tips

Siap Hadapi Puasa? Waspada 6 Penyakit Ini Mengintai Kamu Di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan sebetar lagi akan datang, selain berbagai kebutuhan di bulan Ramadhan yang harus kamu siapkan, tentunya kamu juga harus menyiapkan tubuh yang prima agar dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik.

Keadaan cuaca dan pola makan tentunya bakal mempengaruhi kondisi fisik kamu saat bulan puasa. Oleh karena itu agar tubuh kamu tetap prima dan kamu bisa beribadah tanpa hambatan, kamu harus mewaspadai dan mengenali beberapa hal yang bisa menganggu kesehatan tubuh kamu.

  1. Rasa Lelah

Saat bulan puasa kita akan merubah pola istirahat kan, karena kita harus bangun lebih awal untuk sahur dan waktu tidur setelah ibadah salat tarawih juga membuat kita harus tidur lebih larut. Sedangkan seharian kita tetap beraktifitas full seperti biasa. Jadi kamu harus benar-benar menjaga kesehatan dan juga pola istirahat kamu agar kamu tetap bisa dalam kondisi fit.

  1. Ganguan pencernaan

Pola makan yang harus menyesuaikan saat bulan puasa menjadi salah satu faktor tubuh akan merubah sistem pencernaan. Terlalu makan pedas dan meminum minuman dingin secara berlebihan itu menjadi faktor gangguan pencernaan kamu. Alangkah baiknya kita mengkonsumsi makanan secara tidak berlebihan.

  1. Penyakit Lambung

Kamu menderita penyakit Maag,pasti bulan puasa menjadi tantangan tersendiri, karena dalam kondisi perut kosong asam lambung kamu akan meningkat, selain perut kosong yang menyebabkan asam lambung meningkat mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman seperti kopi, dan makanan berminyak saat berbuka atau sahur itu juga bisa memicu asam lambung kamu meningkat.

  1. Kekurangan Cairan

Tubuh yang kurang asupan air,karena sehari kita harus berpuasa bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang agak sedikit menganggu sperti sariwan,bibir terlihat pecah-pecah dan juga kulit yang agak terlihat pucat. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mengkonsumsi buah dan banyak minum air putih sesuai standar kesehatan saat berbuka dan sahur.

  1. Radang Tenggorokan

Mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak serta menikmati minuman yang panas atau dingin saat berbuka secara berlebihan, bisa juga menjadi penyebab radang tenggorokan karena dalam keadaan seharian tidak mengkonsumsi apa-apa. Mengkosumsi makanan dan minuman secara wajar dan tidak sembrono bisa mencegah kamu terkena radang tenggorokan.

  1. Susah BAB

Proses pencernaan yang sedikit berubah pola, menyebabkan metabolisme dalam tubuh akan terganggu karena pola makan kita tidak teratur. Tidak lupa mengkonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran hijau bisa membantu kamu jika kamu mengalami masalah saat kamu susah BAB.

 

Comments

comments