Connect with us

Aplikasi

Selain BBM, Inilah 5 Layanan Media Sosial yang Kini Tinggal Ceritanya Saja

Published

on

Aplikasi perpesanan online BlackBerry Messanger akan tutup beroperasi pada tanggal 31 Mei 2019 mendatang. Gagal bersaing dengan sejumlah kompetitornya ditenggarai menjadi penyebab tutupnya BBM. Padahal aplikasi tersebut sempat berjaya di medio 2010an. Sebentar lagi kita hanya bisa mengenang berbagai memori indah bersama BBM.

Selain BBM, ada beberapa aplikasi lain yang sudah lebih dulu tutup usia. Alasannya hampir sama, gagal bersaing dengan kompetitornya sehingga kehilangan market pengguna.

  1. Path 

images: kompas.com

Setelah sempat menjadi idola netizen dalam mengekspresikan kegiatannya sehari-hari, akhirnya path tumbang juga. Per 18 Oktober 2018, aplikasi ini sudah tak lagi bisa diakses oleh penggunanya. Netizen pun beramai-ramai mengabadikan moment tutupnya path yang ironisnya, disampaikan lewat jejaring media sosial twitter.

2. Yahoo Messenger

images: tengok.id

Aplikasi ini secara resmi ditutup pada tanggal 17 Juli 2018. Dalam rilisnya, pihak Yahoo tidak menjelaskan secara rinci mengenai alasan tutupnya Yahoo Messenger. Tapi untungnya, para pengguna masih bisa mengakses Yahoo Mail, fitur lain yang dimiliki oleh Yahoo.

3. Friendster

images: adeecodedlife.com

Sebelum era facebook, friendster lebih dulu menguasai jagad dunia pertemanan maya di Indonesia. Di friendter kamu bisa buat status, track lagu, sampai ganti background agar halaman friendster kamu tampak keren. Sayangnya platform ini tak bertahan lama. Pertengahan tahun 2015, frindster resmi ditutup.

4. mIRC

Ini adalah layanan chatting berbasis teks sederhana, dengan pengguna melimpah ketika itu. mIRC berwujud banyak ‘room’ yang setiap room memiliki topik masing-masing. Salah satu room yang disalah gunakan adalah room “dewasa” atau yang berkode “18+”. Akui saja, kalian pasti pernah mengunjungi room itu kan?

5. My Space

images: blog.iinet.net.au

Pada 2005 sampai 2009, MySpace sempat menjadi jejaring sosial terbesar di dunia. Meskipun saat ini masih ada, hampir tak ada lagi yang menggunakan MySpace sebagai pilihan sosial media utama. Tentu akan sangat sulit kamu temukan aplikasi ini terinstal di smartphone.

Komentar

Aplikasi

Shoelace, Media Sosial Baru yang Sedang Diuji Coba Google

Published

on

By

Gagal menyaingi kepopuleran facebook dan instagram di ranah sosial media tampaknya tak membuat google menyerah. Setelah kurang berhasil dengan layanan Google+, kini google tengah menguji coba sosial media barunya yaitu shoelace.

Media sosial ini bertujuan untuk membantu para penggunanya dapat bertemu di dunia nyata. Pengguna dapat memilih apa yang digemari, dan bertemu dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran, serta kegemaran yang sama. Intinya, para pengguna akan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi satu circle dengan mereka yang punya hobi serupa.

Shoelace juga akan memungkinkan berbagi banyak kegiatan dengan para pengguna google secara langsung. Seandainya baru saja pindah ke kota lain, pengguna bahkan bisa menemukan orang dengan tempat daerah asal yang sama sebelumnya. Bisa dibilang aplikasi ini akan membantu mengumpulkan orang di daerah perantauan.

Selama pengguna google mempunyai shoelace, pengguna bisa berbagi kegiatan dengan orang lain, tanpa harus membuat acara pertemuan seperti pada aplikasi facebook. Terlihat cukup sederhana memang, tapi justru itulah keunggulan yang ditawarkan oleh shoelace.

Untuk saat ini, google sedang melakukan uji coba terhadap sosial media ini di kota New York. Terkait dengan kapan waktu peluncuran dan apakah aplikasi ini nantinya akan mampu bersaing dengan para kompetitornya itu tergantung bagaimana tanggapan para penggunanya.

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Cara Mengunggah Foto di Instagram Dengan Laptop/PC

Published

on

By

Selain facebook dan twitter, instagram menjadi sosial media yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Fitur-fiturnya yang memudahkan pengguna serta jangkauannya yang luas membuat aplikasi ini sangat banyak penggunanya.

Sayangnya, sampai saat ini instagram tak mempunyai cara “resmi” yang membuat penggunanya bisa mengunggah foto dengan menggunakan laptop ataupun PC. Padahal jika menggunakan smartphone, hal itu dapat dilakukan dengan mudah. Sedangkan dua media sosial pesaingnya yakni facebook dan twitter, dapat dengan mudah dioperasikan lewat laptop ataupun PC.

Tapi bagi kamu yang sedang bekerja dengan laptop ataupun PC dan ingin mengunggah foto di instagram tak perlu khawatir. Ada “cara khusus” agar kamu bisa langsung mengunggah file foto di laptop ataupun PC kamu tanpa harus memindahkannya dulu ke smartphone.

Langkah pertama adalah dengan membuka google chrome lalu buka situs instagram.com kemudian login seperti biasa. Setelah itu klik kanan di mana saja dan pilih menu Inspect Element, atau kamu bisa juga menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + I.

Inspector Tool kemudian akan terbuka dan membagi layar browser kamu menjadi dua. Akun Instagram kamu di sisi kiri dan deretan kode di sisi kanan layar. Lanjutkan dengan langkah kedua yaitu dengan mencari ikon yang berbentuk seperti tablet dan smartphone di sisi kiri atas layar Inspector. Klik ikon tablet dan smartphone tersebut, setelah itu tampilan Instagram kamu akan berubah menjadi seperti aplikasi di smartphone.

Langkah ketiga adalah dengan memilih tipe smartphone. Caranya adalah dengan mengklik kolom responsive di bagian atas ikon instagram. Tak perlu bingung, kamu bebas menentukan tipe smartphonenya.

Setelah itu kamu tinggal melakukan langkah terakhir yaitu mengunggah foto. Cari tanda + yang berada di sisi tengah bawah layar. Jika tidak ada, coba refresh halaman tersebut sekali lagi. Setelah ikon + tersebut diklik, kamu bisa memilih foto yang hendak diunggah lewat Windows Explorer.

Setelah memilih foto, kamu bisa edit dengan menambahkan filter atau merotasi foto. Baru kemudian menambahkan caption, lokasi, ataupun menandai seseorang. Cukup mudah bukan caranya?

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Instagram Bakal Pasang Iklan di Explore

Published

on

Kabar gembira buat kamu yang sedang menjalankan bisnis online, bahwasanya platform sosial media Instagram akan memasang iklan di tab Explore dalam waktu dekat. Langkah ini pastinya akan menguntungkan para pebisnis untuk manaikkan omzet penjualan.

img: geek.com


Dilansir dari blog bisnis resmi Instagram (27/6), pihak mereka secara perlahan akan memperkenalkan iklan di Explore dalam beberapa bulan ke depan. Tab Explore sendiri merupakan jendela untuk melihat konten foto dan video berdasarkan topik yang disukai oleh pengguna, dari akun yang mungkin belum diikuti oleh pengguna. Contohnya apabila kamu sering me-like foto atau video tentang tema kuliner, maka nantinya di tab explore akan sering muncul konten kuliner. Dan berdasarkan data dari Instagram, lebih 50 persen pengguna Instagram menggunakan tab Explore setiap bulannya.

Peluang manis ini kemudian ‘dimanfaatkan’ oleh Instagram yang meyakini bahwa dengan memasang iklan di tab Explore bisa membantu pengguna Instagram menemukan produk yang mereka sukai. Hal itu dikarenakan 80 persen pengguna mengikuti akun bisnis.

“Apakah berbelanja, mencari kabar terbaru di Stories atau menemukan trend terkini, kami melihat orang-orang secara aktif berusaha terhubung dengan merk yang mereka suka,” kata pihak Instagram.

Nantinya, saat mengetuk foto atau video di Explore, pengguna bakal melihat iklan di sana, seperti ketika melihat konten di laman utama Feed. Bagi pebisnis yang mempunyai akun di Instagram, iklan di tab Explore akan memudahkan mereka untuk memasang kampanye. Instagram akan memasang pilihan agar iklan secara otomatis terpasang di Explore.

Komentar
Continue Reading

Trending