Kuliner

Sate Ambal Khas Kebumen, Cocok Untuk Kamu Pecinta Sate Ayam Porsi Besar

Sate Ambal
img: jogja.tribunnews.com

Bagi kamu yang sering melintasi Jalan Raya Deandles bagian selatan Kebumen mungkin tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Di Jalan Raya Deandles (Jogja-Cilacap) tepatnya di Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen banyak berjajar warung Sate Ambal. Ya, nama sate Ambal diambil dari asal sate tersebut yaitu kecamatan Ambal.

Bahan dasar yang digunakan sate ambal adalah daging ayam. Sebelum dibakar dengan arang batok kelapa, daging ayam direndam bumbu rempah yang dilengkapi dengan kecap dan gula merah. Maka tak heran jika dimakan tanpa bumbu tambahan pun sate Ambal sudah terasa gurih dan enak.

Bumbu Tempe

Berbeda dari sate ayam pada umumnya, sate Ambal tidak memakai bumbu kacang atau kecap sebagai bumbu pelengkap, melainkan menggunakan tempe rebus yang dihaluskan. Tapi mungkin kamu tidak menyangka bahwa bumbu yang digunakan adalah tempe yang dihaluskan, karena menurut kami cita rasa tempenya terasa samar. Yang terasa dari olahan bumbu tempe tersebut adalah gurih, sedikit pedas, dan cenderung manis. Tapi jika sudah dipadukan dengan sate yang dengan tusukan besar-besar khas ambal akan terasa perpaduan khasnya.

Porsi Besar

Porsi Sate Ambal Kebumen
img: instagram/denysaptiti

Sate ambal disajikan dengan lontong atau ketupat dan bumbu tempe yang dipisah. Tapi, ada yang spesial dari penyajian sate ambal. Sate ambal disajikan dengan porsi yang besar atau banyak. Sate ayam yang disajikan dalam satu porsi biasanya berjumlah 20 tusuk, dimana tiap tusuknya juga besar-besar. Hal tersebut sangat berbeda dari sate ayam kebanyakan yang biasanya hanya 5-10 tusuk per porsi.

Warung Pak Kasman

Salah satu warung sate ambal legendaris adalah warung sate ambal Pak Kasman Asli. Warung sate ini terletak 300 meter di Timur pasar Ambal. Konon, warung pak Kasman Asli sudah buka sejak tahun 1970 dan menjadi pelopor sate Ambal di daerah tersebut. Di warung sate Ambal Pak Kasman Asli, satu porsi sate ambal dapat dinikmati dengan harga 34 ribu rupiah saja. Harga yang pantas untuk satu porsi sate ayam dengan porsi tidak lazim.

Untuk kamu yang tidak suka sate ayam, ada juga warung sate yang juga menyediakan sate daging kambing di deretan warung sate Ambal. Nah, jika melintasi Jalan Raya Deandles jangan lupa mampir untuk mencicipi nikmatnya sate Ambal khas Kebumen ya..

Comments

comments