Bola, Olahraga

Resmi! PSG Umumkan Thomas Tuchel Sebagai Pengganti Unai Emery

images: lequipe.fr

Kesuksesan Unai Emery memberikan gelar juara Liga Prancis, Piala Prancis dan Piala Liga tampaknya belum membuat manajemen PSG puas. Kegagalan di ajang Liga Champions pada akhirnya membuat kontrak pelatih asal Turki itu tak diperpanjang lagi di Parc de Princes. PSG akhirnya menunjuk Thomas Tuchel sebagai penggantinya.

Melalui akun twitter resminya, PSG mengumumkan telah menunjuk mantan manajer Borrusia Dortmund itu sebagai pengganti Emery mulai musim depan. Otomatis rumor tentang rencana mendatangkan Arsene Wenger, Luis Enrique sampai Max Alegri pun berakhir.

Tuchel diberikan kontrak selama 2 tahun untuk menangani Neymar dkk. Targetnya tentu saja masih sama dengan musim-musim sebelumnya yaitu menjuarai Liga Champions. Sebuah target yang sebenarnya cukup realistis mengingat komposisi skuat yang dimiliki PSG bisa dikatakan sangat mewah.

Berbeda dengan Emery yang pernah membawa Sevilla menjuarai Liga Eropa 3 musim berturut-turut, Tuchel belum pernah membawa klub yang dilatihnya berjaya di Eropa. Prestasi tertingginya adalah membawa Dortmund menjuarai DFB Pokal pada tahun 2017.

Namun yang membuat manajemen Dortmund memilihnya sebagai pelatih adalah karena ia memiliki filosofi bermain yang bagus. Pola gegenpressing warisan Klopp memiliki sedikit cela yang kemudian berhasil disempurnakan oleh Tuchel. Di bawah kepelatihan Tuchel, permainan Dortmund menjadi lebih dinamis.

“Dengan penuh kebahagiaan, kebanggaan, dan ambisi, saya bergabung dengan klub sepakbola dunia yang luar biasa ini; Paris Saint-Germain. Saya menantikan kerja sama dengan semua pemain hebat ini, yang ada di antara yang terbaik di planet ini,” demikian kata Tuchel dilansir dari detik.com (14/05/2018).

Dengan demikian, spekulasi bahwa Tuchel akan menjadi pengganti Arsene Wenger di Arsenal juga berakhir. Mungkin hal pertama yang akan mengganggu Tuchel adalah gosip tentang kepindahan Neymar ke Real Madrid. Klub kaya asal Spanyol itu dikabarkan siap menebus klausul kontrak Neymar yang harganya sangat tinggi.

“Dengan staf saya, kami akan melakukan segalanya untuk mendorong batasnya sampai tingkat internasional tertinggi. Ada potensi luar biasa di Paris dan ini adalah tantangan paling menarik yang datang kepada saya. Saya juga menantikan untuk bermain di Parc des Princes, stadion sepak bola legendaris Eropa dengan atmosfer fantastis,” tambahnya mengenai alasan kenapa bersedia menjadi pelatih PSG.

Semoga saja pilihan PSG kali ini mampu menuntaskan impian Nasser Al-Khealifi untuk membawa trofi Liga Champions ke kota Paris. Klub terakhir asal Prancis yang mampu menjuarai Liga Champions adalah Olimpique Marseille pada tahun 1993.

Comments

comments